2 Cara Tenda Router Login: via IP Address & DNS

Ingin mengubah password WiFi dari Tenda router login tetapi khawatir caranya rumit? Tenang, pada artikel ini, kami menyajikan cara login router merek Tenda beserta cara mengganti password-nya.

Sebagai informasi, login router perlu dilakukan supaya dapat mengatur IP address, mengatur jaringan, mengganti password, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tutorial ini sangat berguna, khususnya bagi pengguna internet dari WiFi.

Kelebihan dan Kekurangan Router Merek Tenda

Kelebihan dan Kekurangan Router Merek Tenda

Router merek Tenda mempunyai beragam fitur dan model yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, menyesuaikan dengan kebutuhan menjadi kunci utama saat memilih router.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki router merek Tenda:

1. Antena Internal: Bentuk Bodi yang Ringkas

Router ini memiliki desain dengan antena internal, sehingga lebih mengunggulkan bodinya yang ringkas. Dengan begitu, router jenis ini tidak mengganggu interior rumah dan dapat dipasang dimana saja, baik secara vertikal atau horizontal.

Nemun, antena internal mengakibatkan jaringan yang dipancar tidak lebih kencang dari router antena eksternal. Walaupun begitu, router merek Tenda efektif dipakai di bangunan dengan ukuran kecil yang terdiri dari satu lantai.

2. Antena Eksternal: Pancaran Jaringan Dapat Diatur

Selain antena internal, Tenda router juga memiliki antena eksternal. Router antena eksternal sangat cocok jika Anda ingin router yang dapat menjangkau area lebih luas. Selain itu, router ini dapat diatur arah pancaran sinyalnya, dengan cara merubah posisi antena.

Baca Juga  5 Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop yang Mulai Boros

Beberapa router merek Tenda juga sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat menembus penghalang, seperti dinding tebal. Tidak heran, jika router antena eksternal sangat ideal untuk bangunan ukuran besar yang memiliki lebih dari satu lantai.

Cara Tenda Router Login

Tenda router login digolongkan dalam 2 (dua) cara, yakni lewat alamat IP dan lewat DNS, dengan penjelasan lengkap sebagai berikut.

Dengan Alamat IP

Cara pertama untuk login ke router Tenda yaitu dengan memakai alamat IP. Nah, alamat IP ini dapat Anda temui di bagian belakang router atau di dalam pengaturan ponsel yang terhubung dengan router.

  • Hubungkan laptop atau PC ke kabel Anda juga bisa menggunakan jaringan nirkabel sebagai alternatif. Namun, penggunaan kabel lebih direkomendasikan untuk menghindari keluar dari sistem secara mendadak ketika menyimpan perubahan.
  • Kunjungi browser yang terdapat pada perangkat, boleh Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau yang lainnya.
  • Setelah itu, ketik IP address yang terdapat di bagian belakang router Tenda milik Anda.

Setelah itu, ketik IP address yang terdapat di bagian belakang router Tenda milik Anda.

  • Input nama pengguna (username) dan kata sandi (password) standar dari router lewat panel admin. Apabila tidak memiliki data login yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan salah satu password standar untuk router Tenda.

Dengan DNS Tenda WiFi

Selain menggunakan alamat IP, Tenda router login juga dapat dilakukan memakai DNS Tenda WiFi. Sebab, DNS menjadi alternatif lain jika perangkat ponsel tidak dapat masuk ke local host, berikut cara lebih lengkapnya:

  • Sambungkan laptop atau PC dengan kabel Anda juga bisa menggunakan jaringan nirkabel sebagai alternatif lain. Namun, penggunaan kabel lebih direkomendasikan untuk menghindari keluar dari sistem secara mendadak ketika menyimpan perubahan.
  • Kunjungi browser yang terdapat pada perangkat, bisa Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu, ketik tendawifi.com pada address bar, kemudian tekan Enter.
Baca Juga  Cara Top Up OVO Termudah Dan Cepat

setelah itu, ketik tendawifi com pada address bar, kemudian tekan Enter

  • Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) standar dari router melalui panel admin. Jika tidak mempunyai data login yang dibutuhkan, gunakan salah satu password standar pada router Tenda.

Alamat IP Standar untuk Tenda Router

Alamat IP Standar untuk Tenda Router

Alamat IP Nama Pengguna (Username) Kata Sandi (Password)
192.168.2.1 admin admin
192.168.0.1 admin (none)
192.168.0.1 (none) (none)

Cara Mengubah Password Router Tenda dari Ponsel

Mengubah password router Tenda dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu lewat Wireless Security Setup dan Advanced.

Jadi, jika di halaman router tidak terdapat opsi untuk mengubah kata sandi, Anda dapat menggunakan cara yang Advanced.

1. Lewat Menu Wireless Security Setup

  • Pertama-tama, sambungkan ponsel ke jaringan WiFi pada router terlebih dahulu.
  • Kemudian, buka aplikasi browser pada perangkat Android atau Apple milik Anda.
  • Jika sudah terbuka, ketik IP address default pada router Tenda, yakni http://192.168.0.1 atau IP address yang kami sebutkan di atas.
  • Lakukan login, dengan mengisi username dan password dengan kata “admin” (menggunakan huruf kecil).

Lakukan login, dengan mengisi username dan password dengan kata admin

  • Nantinya, akan muncul menu “Dashboard” yang terdapat pengaturan cepat “Wireless Security Setup” pada bagian bawah.
  • Ganti password WiFi di kolom “Security”

Ganti password WiFi di kolom Security

  • Tekan tombol “OK” supaya pembaruan dapat tersimpan.

Ketika berhasil mengubah password, maka semua pengguna yang terhubung dengan jaringan internet akan terputus dan perlu menyambungkan ulang menggunakan kata sandi baru jika ingin terhubung dengan jaringan internet lagi.

2. Lewat Menu Advanced

  • Hubungkan ponsel ke jaringan internet, lalu kunjungi browser pada perangkat.
  • Masukkan IP address router yaitu http://192.168.0.1
  • Lakukan login dengan menginput username dan password dengan kata “admin” (huruf kecil semua dan tanpa tanda petik)
  • Setelah berhasil login, klik opsi “Advanced”
Baca Juga  5 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Virtual Keyboard)

Setelah berhasil login, klik opsi Advanced

  • Klik tab “Tools”, lalu pilih “Change Password”
  • Buat kata sandi yang baru, lalu tekan “OK” untuk menyimpan perubahan.

Bagaimana? Sangat mudah untuk dilakukan bukan?

Namun, jika alamat IP ternyata sudah berganti, Anda bisa mencoba alamat IP lain yang sudah disebutkan atau langsung hubungi pihak provider.

Masalah yang Kerap Terjadi dan Solusinya

Masalah yang Kerap Terjadi dan Solusinya

Ketika melakukan Tenda router login, terkadang ada masalah yang kerap terjadi. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan solusi berikut ini.

Lupa Password Saat Login

Masalah yang kerap terjadi ketika akan login router adalah lupa password. Biasanya, karena pernah menggantinya tetapi tidak mengingatnya.

Cara mengatasinya cukup mudah, dengan menekan tombol hitam kecil yang ada di belakang router, lalu tahan selama 10 detik. Dengan begitu, pengaturan router akan ter-reset ke pengaturan pabrik.

Setelah itu, login kembali menggunakan password atau kata sandi standar dari Tenda.

Halaman Masuk Tidak Muncul

Umumnya, halaman masuk atau login tidak muncul karena koneksi internet tidak stabil atau terputus. Namun, bisa juga dikarenakan IP address (alamat IP) yang salah.

Apabila mengalami masalah ini, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat sudah terhubung ke WiFi dan IP address yang digunakan benar.

Masalah Lain

Saat memuat halaman atau kecepatan koneksi yang error kerap menjadi masalah saat login router. Ketika terjadi masalah ini, mungkin Anda sedang memakai IP address yang berbeda. Oleh karena itu, carilah daftar IP address pada router, lalu temukan IP address yang benar dan tepat.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Tenda router login dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni menggunakan alamat IP atau IP address dan menggunakan DNS Tenda WiFi. Jadi, silakan dipilih berdasarkan kemampuan, ya.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar