Kartu SIM Tidak Terbaca di Xiaomi? Ini Penyebab & Solusinya

Kartu SIM tidak terbaca di Xiaomi bisa saja terjadi karena adanya kesalahan pada sistem. Kondisi ini tentunya cukup meresahkan dan membingungkan bagi pengguna. Namun, tidak perlu khawatir kami akan memberikan sejumlah cara untuk mengatasinya, mari simak informasi selengkapnya di sini.

Tidak terbacanya kartu SIM di HP Xiaomi sebetulnya bukan suatu kesalahan yang sering terjadi karena brand HP satu ini terbilang jarang mengecewakan para peminatnya. Memiliki harga lebih murah, Xiaomi tetap menyematkan beragam spesifikasi unggul yang menjadi daya tarik bagi para pengguna gadget.

SIM card tidak terbaca bisa disebabkan karena banyak hal di antaranya posisi konektor yang tidak pas, slot kartu rusak, masa aktif sudah habis hingga kerusakan pada IC PA – IC PA. Dengan mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah mengetahui cara untuk mengatasinya jika suatu saat mengalaminya.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Xiaomi Android

SIM card tidak terbaca merupakan persoalan yang cukup mengganggu karena berhubungan dengan jaringan. Yang mana akan menghambat ketika mengakses beragam aplikasi media sosial atau internet secara bebas. Bagaimana memperbaikinya? Berikut beragam cara mengatasinya, di antaranya:

1. Melakukan Restart HP

Salah satu cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Xiaomi Redmi 4a, Redmi Note 8 atau lainnya yaitu dengan melakukan restart HP untuk memperbaiki kesalahan pada sistem.

Baca Juga  Cara Record Zoom di Laptop (Langsung & App Tambahan)

Sebab tidak terbacanya kartu SIM bisa terjadi karena pengguna kerap mengganti SIM card tanpa mematikan HP terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Pertama masuk ke menu setelan
  • Tekan setelan tambahan, cadangkan dan setel ulang
  • Masuk ke setelan pabrik lalu setel ulang telepon

Masuk ke setelan pabrik lalu setel ulang telepon

  • Konfirmasi menggunakan pola kunci atau kata sandi
  • Tunggu prosesnya hingga selesai

2. Pastikan Bagian Kuning Kartu SIM Bersih dan Tidak Cacat

Pastikan Bagian Kuning Kartu SIM Bersih dan Tidak Cacat

Bagian kuning SIM card cukup berpengaruh terhadap terbacanya kartu sehingga kamu perlu memastikan kebersihannya. Bagian kuning SIM card yang kotor dan cacat akan membuat kartu tidak terdeteksi oleh sistem HP Xiaomi. Untuk membersihkannya, bisa gunakan karet penghapus secara perlahan.

3. Periksa Pengaturan Pada HP Xiaomi

Periksa Pengaturan Pada HP Xiaomi

Jika kedua cara di atas belum berhasil untuk mengatasinya, silahkan periksa kembali menu pengaturan pada HP Xiaomi. Sebab bisa jadi kamu mengaktifkan mode pesawat dan lupa mematikannya kembali. Jika hal ini terjadi, maka dipastikan SIM card tidak akan terbaca sehingga perlu dicek kembali.

4. Lakukan Factory Reset

Lakukan Factory Reset

Melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan pabrik bisa kamu coba ketika SIM card tidak terbaca. Melalui factory reset, semua data yang terdapat di memori internal akan terhapus secara otomatis. Namun, sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu khawatirnya ada data penting.

5. Flash Ulang HP Xiaomi

Flash Ulang HP Xiaomi

Jika factory reset belum mampu memulihkan kartu SIM tidak terbaca di Xiaomi maka kamu bisa mencoba flash ulang HP. Ini berarti kamu akan menggunakan Rom Xiaomi terbaru sesuai dengan tipe yang dimiliki. Sama seperti factory reset, flash ulang akan menghapus seluruh data yang ada di memori internal.

6. Update Sistem

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca selanjutnya ialah dengan melakukan update pada sistem HP kamu untuk mengatasi bug yang menyebabkan eror pada ponsel. Hal ini bisa terjadi karena ruang penyimpanan terlalu penuh oleh aplikasi. Untuk langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan mudah, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke bagian menu setting di ponsel
  • Selanjutnya temukan pilihan “about phone”
  • Tunggu notifikasi pemberitahuan tentang sistem diperbarui
  • Pilih “update” atau perbarui sistem
Baca Juga  Cara Reset Laptop Windows 7, 10, 11 ke Pengaturan Pabrik

Pilih update atau perbarui sistem

7. Mengubah Prioritas Jaringan

Mengubah prioritas jaringan bisa dilakukan karena tidak semua lokasi tersedia. Misalnya jika di lokasi kamu hanya tersedia jaringan 3G maka pada menu pengaturan bisa merubahnya dengan prioritas LTE. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba ikuti, di antaranya:

  • Silahkan masuk ke menu setelan lalu pilih kartu SIM dan jaringan seluler
  • Langkah selanjutnya, masuk ke Tipe Jaringan Prioritas

Langkah selanjutnya, masuk ke Tipe Jaringan Prioritas

  • Terakhir, ganti jaringan yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal

8. Mengecek Ketersediaan IMEI

Hal yang tidak kalah penting ialah mengecek ketersediaan IMEI atau nomor identitas pada smartphone. Ini karena hilangnya IMEI bisa menyebabkan SIM card tidak terbaca. Untuk memastikan ketersediaannya bisa melalui menu pengaturan atau kode dial *#06#*. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk ke setelan
  • Pilih telepon > status, lalu informasi IMEI

Pilih telepon status, lalu informasi IMEI

  • Di bagian itu akan muncul informasi mengenai IMEI telah terdaftar

9. Coba Gunakan Kartu SIM Lain

Coba Gunakan Kartu SIM Lain

Adanya kemungkinan kartu SIM yang digunakan rusak atau sudah tidak aktif sehingga tidak bisa terdeteksi maka untuk mengatasinya silahkan menggunakan kartu lain di ponsel kamu dan HP lainnya. Jika masih sama tidak terdeteksi, ada kemungkinan kesalahan terletak pada HP Xiaomi kamu.

10. Service HP

Service HP

Jika sejumlah cara sebelumnya tidak kunjung membantu, ada kemungkinan beberapa komponennya telah mengalami kerusakan sehingga kartu SIM tidak terbaca. Apabila seperti itu maka perlu bantuan orang lain yang lebih memiliki keahlian untuk mengidentifikasi dan memperbaikinya.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca di Xiaomi

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca di Xiaomi

SIM card tidak terbaca di HP Xiaomi bisa terjadi karena beragam faktor seperti yang telah kami ulas sebelumnya. Mulai dari kartu posisi kurang pas, kuningan yang tidak pas, masa aktif, IMEI hilang hingga konfigurasi jaringan yang salah. Berikut informasi selengkapnya:

Baca Juga  Cara Memindahkan WA Android ke iPhone Tanpa Hilang Data

1. Usia Kartu Sudah Terlalu Lama

Salah satu penyebab SIM card tidak terbaca ialah pemakaian kartu yang sudah terlalu lama seperti di atas 3 tahunan. Alhasil material plastik dan kuningan mengalami degradasi. Jika terus dibiarkan, maka kerusakan tidak akan segera membaik.

2. Posisi Kartu Tidak Pas

Penyebab kedua ialah posisi kartu tidak pas sehingga tidak terbaca. Tidak hanya posisi, benturan pada HP dan terjatuh juga menyebabkan posisinya jadi bergeser atau longgar. Untuk memastikannya kamu bisa membuka dan mengeceknya kembali.

3. Konektor Kartu Sudah Rusak

Konektor kartu yang sudah rusak dan mengalami tekanan juga mempengaruhi kekuatan SIM card. Untuk memastikannya, kamu bisa melakukan uji coba dengan memasang kartu SIM ke smartphone lain atau sebaliknya.

4. Adanya Kerusakan pada Komponen IC PA

Komponen IC PA merupakan bagian dari smartphone yang memiliki fungsi untuk menangkap sinyal. Jadi jika HP kamu mengalami hilang sinyal yang mana bisa dilihat dengan tanda “X”, bisa jadi sebuah tanda bahwa komponen IC PA rusak.

5. Masa Aktif Kartu Sudah Habis

Penyebab terakhir SIM card tidak terbaca ialah masa aktif sudah habis, biasanya terjadi karena lupa mengisi pulsa dan memperpanjang masa aktif. Akibatnya kartu mengalami masa tenggang. Jika terus dibiarkan dan tidak segera diperpanjang, maka SIM akan dinonaktifkan oleh provider.

Kartu SIM tidak terbaca di Xiaomi bisa terjadi karena sejumlah kondisi di antaranya usia kartu sudah lama, posisi tidak pas, konektor rusak, komponen IC PA rusak, dan habisnya masa aktif. Untuk mengatasinya silahkan ikuti beberapa langkah yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar