5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Sebagian & Total

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh bisa kamu coba dengan mudah melalui beberapa cara. Mulai dari restart, membersihkan layar HP, menggunakan multi touch tester hingga melepas kartu SIM. Mari cari tahu informasi selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini.

HP Xiaomi tidak bisa disentuh bisa terjadi karena beragam penyebab, salah satunya terkena air. HP tidak bisa disentuh karena air merupakan akibat dari human error atau kelalaian pengguna ketika menggunakan smartphone. Kondisi ini otomatis merusak bagian layar.

Kerusakan pada bagian layar juga bisa terjadi karena sering digunakan bermain gim, pengisian baterai yang salah, software mengalami bug, dan HP terjatuh. Permasalahan pada software kerap terjadi saat HP Xiaomi melakukan update firmware sehingga layar tidak bisa disentuh sebagian maupun sama sekali.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Bagi kamu yang memiliki HP Xiaomi namun layarnya tidak bisa disentuh, tidak perlu panik. Ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh sehingga tidak perlu memutuskan melakukan service terlebih dahulu untuk menghemat pengeluaran, berikut di antaranya:

1. Melakukan Restart HP

Melakukan Restart HP

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh pertama ialah dengan melakukan restart. Cara ini cukup ampuh jika perangkat mengalami kerusakan ringan karena sistem mengalami bug. Kamu bisa menekan tombol power hingga beberapa detik dan ponsel mati.

Baca Juga  7 Cara Rekam Layar HP Android (Samsung, Xiaomi, dll) & Iphone

2. HP Terlalu Panas

HP Terlalu Panas

HP Xiaomi tidak bisa disentuh bisa disebabkan karena HP terlalu panas. Kondisi ini kerap terjadi jika terlalu lama bermain gim di ponsel. Agar tidak panas, sebaiknya mulai mengatur waktu dalam penggunaannya agar ponsel tidak gampang rusak dan lebih tahan lama.

  • Terdapat Kesalahan Sistem: Kesalahan pada sistem turut menjadi penyebab layar perangkat tidak bisa disentuh sehingga perlu di restart. Jauh sebelum itu, pengguna bisa mengatasinya dengan melakukan update sistem pada perangkat lunak dengan versi terbaru.
  • Bug Aplikasi: Penyebab selanjutnya ialah bug aplikasi. Sebelum melakukan restart, pengguna bisa menghapus aplikasi tertentu yang menyebabkan layar HP tidak bisa disentuh. Menghapus aplikasi bug bisa memberi ruang lebih pada Ram.
  • Membersihkan Bagian Layar HP: Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan bagian layar HP karena bisa jadi kotor sehingga membuat ponsel tidak bisa disentuh.

Maka dari itu, silahkan coba bersihkan layar ponsel hingga benar-benar bersih karena dalam beberapa kasus sering terjadi layar HP kotor akibat sering dipakai.

3. Menggunakan Kalibrasi Layar

Menggunakan Kalibrasi Layar

Kalibrasi eror bisa terjadi karena ponsel sering panas akibat bermain gim dalam waktu lama. Jika kondisi ini terjadi, silahkan lakukan kalibrasi layar di HP pada menu pengaturan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Melalui aplikasi, layar ponsel akan melakukan kalibrasi secara otomatis.

4. Menggunakan Multi Touch Tester

Menggunakan Multi Touch Tester

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Multi Touch Tester untuk memperbaiki layar sentuh yang mati. Selain bisa mengetahui bagian layar yang mati, aplikasi Multi Touch Tester memiliki fitur kalibrasi. Cukup install dan pilih fitur tester.

5. Lepas Kartu SIM

Lepas Kartu SIM

Cara mengatasi layar tidak bisa disentuh, kamu bisa melepas kartu SIM Card dengan begitu ponsel akan melakukan refresh secara otomatis. Ketika refresh, ponsel akan melakukan pemulihan termasuk pada kondisi LCD yang mati, jadi silahkan lepas sim card ponsel ketika layar sentuh mati.

Baca Juga  4 Cara Menyambungkan Bluetooth Laptop Ke Speaker (Win 7,8,10,11)

Cara Mengecek Kondisi Layar HP Xiaomi

Selain cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh, cara mengecek kondisi layar HP Xiaomi juga penting kamu ketahui sebagai upaya pencegahan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengeceknya:

1. Mengecek Secara Manual

Mengecek Secara Manual

Cara pertama mengecek kondisi layar HP Xiaomi bisa dilakukan secara manual dari segi tampilan fisik. Ketika kamu membeli ponsel bekas inilah hal pertama yang bisa dilakukan sebab tampilan fisik bisa mempengaruhi kinerja touchscreen. Berikut beberapa bagian yang bisa dicek:

a. Cek Keretakan pada Bagian Layar

Mengecek secara manual bisa dilihat dari bagian layar apakah layarnya retak atau tidak yang mungkin bisa terjadi karena adanya benturan atau terjatuh. Untuk mengecek bagian ini silahkan gunakan senter dari HP lain agar terlihat jelas bagian yang retak.

b. Cek Warna Layar

Mengecek warna pada bagian layar bisa dilakukan untuk memastikan kondisi touchscreen. Sebab perubahan warna seperti menguning atau cokelat bisa jadi pertanda adanya masalah pada bagian layar. Kondisi ini tentunya akan mengganggu kenyamanan saat menggunakannya.

c. Bagian Layar Terasa Longgar

Ketika membeli HP Xiaomi, sebaiknya tekan-tekan bagian layarnya terlebih dahulu. Jika terasa stabil dan menempel maka tidak ada masalah pada bagian layar. Namun jika terasa goyang dan tidak permanen, bisa jadi tanda pernah terbentur keras dan bisa mempengaruhi sensitivitas layar.

2. Cek Menggunakan Kode Dial

Selain secara manual, kondisi layar HP Xiaomi juga bisa dideteksi dengan menggunakan kode dial untuk mengakses fitur tertentu. Misalnya pengecekan layar ada menu color untuk mengecek warna touchscreen dan touchscreen edge untuk mengecek kondisi responsivitas layar sentuh. Berikut beberapa langkahnya:

  • Masukan kode rahasia *#*#64663#*#* pada bagian Dial Pad lalu klik call
Baca Juga  Windows 10 Safe Mode: Jenis-jenis, Cara Masuk & Keluar

Masukan kode rahasia pada bagian Dial Pad lalu klik call

  • Tekan color dan ikuti beberapa panduannya
  • Pengetesan warna dilakukan dengan menggunakan 3 warna yaitu Red, Blue dan Green. Jika warna sesuai dengan spesifikasi maka tidak ada masalah
  • Setelah itu kembali ke tampilan menu
  • Tekan menu Touchscreen edge/Touch sensor
  • Setelah muncul kotak-kotak dengan garis tertentu, sentuh dan geser mengikuti garis kotak. Jika semua kotak yang disentuh berubah warna hijau dan biru maka baik-baik saja.

3. Cek Kondisi Layar Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pengecekan pada layar. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan dan terbukti berhasil mendeteksi beragam masalah pada layar. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan:

a. Touchscreen Test

Touchscreen Test

Aplikasi touchscreen test bisa kamu gunakan untuk mengecek kondisi layar secara keseluruhan mulai dari bagian ujung hingga menemukan bagian yang tidak responsif terhadap sentuhan “dead zone”. Caranya cukup disentuh nanti akan muncul lingkaran/garis/titik yang menandakan layar responsif.

b. Menggunakan Aplikasi Display Tester

Menggunakan Aplikasi Display Tester

Display tester bisa digunakan untuk mengecek layar ponsel yang meredup dan memiliki warna seolah hilang. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendeteksi titik hitam atau dead pixel yang tersembunyi. Selain itu, display tester bisa memperbaiki masalah layar gelap melalui menu repair burn-in.

c. Aplikasi Multi Touch Test

Aplikasi Multi Touch Test

Aplikasi Multi Touch Test untuk mendeteksi berapa jari yang bisa dideteksi oleh layar. Misalnya ketika mengambil screenshot, ada kalanya layar ponsel tidak mendeteksi cara lain. Caranya dengan menempelkan jari pada layar sekaligus nantinya tiap jari akan muncul warna berbeda.

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh bisa dilakukan dengan beragam cara di antaranya restart pada HP, membersihkan bagian layar, menggunakan kalibrasi layar, multi touch tester hingga melepas kartu sim. Jika tidak berhasil, risiko terburuk adalah harus segera mengganti touchscreennya.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar