3 Cara Update iOs Terbaru Langsung di Perangkat via iTunes

Pada tahun 2022 tepatnya di Bulan September, iPhone resmi mengumumkan tentang sistem iOs terbarunya. Semua pengguna Apple bisa menggunakan cara update iOs jenis iOs 16, tentu saja ini adalah momen yang paling dinantikan bagi pengguna Apple.

Setiap iOs versi terbaru pasti dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang semakin membantu pengguna untuk menggunakan ponsel tersebut. Salah satu contoh fitur menarik itu adalah customize lock screen yang merupakan fitur untuk memudahkan pengguna dalam memodifikasi tampilan kunci.

Selain itu pengguna juga bisa menambahkan widget yang disukainya pada tampilan tersebut. Tentu saja untuk menikmati beragam fitur lainnya, setiap pengguna Apple harus tahu bagaimana cara yang untuk memperbarui sistem iOs. Di bawah ini ada uraian selengkapnya, kamu bisa simak.

Update Sistem Terbaru iOs

Setiap tahunnya Apple memang selalu meluncurkan sistem iOs terbaru, sedangkan untuk saat ini sistem yang banyak digunakan adalah sistem 15.5. Lalu untuk pengguna iPhone 8 ke atas bisa menikmati versi iOs terbaru yaitu 16. Berikut ini cara untuk memperbarui sistemnya.

1. Perbarui Sistem iOs dengan OTA

Apple memang menyediakan fitur OTA atau Over the Air untuk memperbarui sistem iOs. Lewat sistem OTA ini nantinya pengguna juga bisa mengunduh atau melakukan instalasi untuk memperbarui sistem operasi dari ponsel tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan iPhone kamu lalu masuk ke menu pengaturan dengan memilih tombol roda bergerigi
  • Gulir layar ponsel ke bawah lalu masuk ke menu general atau umum dalam Bahasa Indonesia
  • Cari menu pembaruan perangkat lunak lalu klik menu tersebut
Baca Juga  2 Cara Mengunci Galeri di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Cari menu pembaruan perangkat lunak lalu klik menu tersebut

  • Tunggu selama beberapa saat sampai sistem bisa memuat data pembaruan iOs, setelah sistem iOs muncul di layar, langsung klik unduh dan instal

Tunggu selama beberapa saat sampai sistem bisa memuat data pembaruan iOs, setelah sistem iOs muncul di layar, langsung klik unduh dan instal

  • Hal terpenting adalah dengan memastikan bahwa jaringan internet dalam kondisi stabil selama melakukan pembaruan. Ini penting karena jika tidak stabil maka pembaruan bisa terhambat
  • Setelah selesai memperbarui, pengguna akan diminta untuk melakukan instalasi ke iOs 16
  • Biasanya proses instalasi iOs ini memakan waktu setidaknya setengah jam
  • Ketika ponsel sedang melakukan proses instalasi, pengguna tidak boleh mengotak-atik ponsel apalagi sampai mematikan daya
  • Sebelum memproses, pastikan bahwa baterai ponsel penuh, minimal 50% agar tidak mati ketika melakukan pembaruan
  • Tanda bahwa cara update iOs 16 gagal adalah ponsel tidak bisa memuat ulang atau tidak mau menyala

Jika gagal maka pengguna bisa memulai lagi dari awal dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Pastikan tidak melakukan kesalahan seperti mengisi daya baterai terlebih dahulu agar proses instalasi berlangsung lancar.

2. Update Pembaruan Lewat iTunes

iTunes merupakan salah satu platform milik Apple yang fungsinya menjadi penghubung antara ponsel dengan perangkat lain. Salah satu fungsi dari iTunes ini adalah untuk membantu pengguna dalam memperbarui sistem iOs dengan mengikuti langkah di bawah:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat yang akan dihubungkan dengan ponsel sudah dilengkapi dengan iTunes versi terbaru
  • Biasanya jika menggunakan sistem operasi MacOs, maka iTunes akan memperbarui sistem dengan sendirinya, atau jika menggunakan Windows bisa mengunduh iTunes terlebih dahulu
  • Setelah iTunes terunduh, pengguna bisa langsung menghubungkan ponsel dengan perangkat menggunakan kabel port USB lightning
  • Tunggu sampai muncul pemberitahuan push di layar untuk melakukan verifikasi. Jika perangkatnya terpercaya, iTunes akan langsung membuka dan mensinkronisasi dengan sendirinya
  • Setelah selesai, pengguna bisa langsung memilih ikon ponsel pada bagian atas layar agar bisa masuk ke menu setting
Baca Juga  5 Cara Cek IMEI iPhone Resmi/Asli dan Fungsinya

Setelah selesai, pengguna bisa langsung memilih ikon ponsel pada bagian atas layar agar bisa masuk ke menu setting

  • Setelah itu cari menu summary sampai muncul keseluruhan informasi mengenai iPhone tersebut
  • Informasi itu biasanya berupa nomor model, tipe ponsel, versi iOs dan sebagainya
  • Kemudian cari menu update pada bagian summary, nantinya iTunes akan memulai proses untuk mengunduh sistem operasi tersebut

Kemudian cari menu update pada bagian summary, nantinya iTunes akan memulai proses untuk mengunduh sistem operasi tersebut

  • Tunggu sampai proses selesai yang memakan waktu setidaknya 30 menit
  • Setelah selesai diunduh, pengguna akan diminta untuk menginstal ke iPhone
  • Jangan melepas ponsel dari perangkat terhubung karena bisa menghentikan proses instalasi

3. Cara Update iOs Tanpa Jaringan Internet

Muncul pertanyaan mengenai apakah bisa menginstal ulang pembaruan iOs tanpa menggunakan jaringan internet? Jawabannya bisa! Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna yaitu sebagai berikut:

  • Hubungkan perangkat iPhone dengan sebuah desktop menggunakan kabel USB
  • Lalu masuk ke aplikasi iTunes

Lalu masuk ke aplikasi iTunes

  • Cari perangkat yang akan di update sistem iOsnya
  • Kemudian gulir layar sampai menemukan menu ringkasan kemudian masuk ke menu periksa pembaruan

Kemudian gulir layar sampai menemukan menu ringkasan kemudian masuk ke menu periksa pembaruan

  • Sebelum menginstal ulang iOs terbaru, pengguna akan diminta untuk klik menu unduh kemudian perbarui
  • Setelah itu akan muncul kolom kata sandi di layar, pengguna bisa menambahkan password apabila memang diminta
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Menggunakan cara update iOs di iTunes tanpa jaringan internet ini memang seringkali mengalami kendala, namun pengguna bisa langsung melakukan restart saja

Fitur Terbaru dari iOs 16

Fitur Terbaru dari iOs 16

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk memperbarui sistem iOs menjadi versi 16, ada beberapa fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Ini dia beberapa fitur penting dari iOs terbaru:

1. Memilih Konten

Memperbarui iOs menjadi versi terbaru itu akan memudahkan pengguna dalam memilih konten untuk mengaktifkan layar yang terkunci. Untuk memilih konten, pengguna hanya tinggal menggeser layar kunci.

Baca Juga  Cara Cek Bit Laptop Windows, MacBook, & Linux (Praktis)

Lalu untuk beberapa aplikasi seperti mail, safari, pesan dan kalender hanya akan menampilkan konten-konten yang diinginkan oleh pengguna.

2. Memperbarui Fitur Pesan

Setelah memperbarui sistem operasi iOs, pengguna iPhone bisa memperbarui fitur pesan. Pengguna bisa menandai pesan dengan tanda belum dibaca, memulihkan pesan yang baru masuk serta mengedit pesan yang baru dikirim.

Selain itu akan terdapat tambahan fitur bernama SharePlay yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konten pada ponsel sembari mensinkronisasikan dengan lagu atau film.

3. Fitur Live Text

Setelah menerapkan cara update iOs, pengguna bisa menikmati fitur baru yaitu live text. Live text merupakan sebuah fitur untuk menambahkan teks pada keseluruhan gambar tampilan pada iOs 16. Selain itu pengguna juga bisa menambahkan teks pada video yang sedang diputar.

Tidak hanya itu, keunggulan lainnya adalah dengan adanya fitur live text maka pengguna bisa dengan mudah melakukan sinkronisasi untuk menerjemahkan teks dan mata uang. Ada juga fitur Visual Look yang dibuat untuk mengenali patung, serangga dan burung.

4. Perubahan Pada CarPlay

CarPlay adalah sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi, kini sudah dibuat lebih menarik dengan mengintegrasikan pada perangkat keras dalam mobil. Dengan CarPlay, pengguna bisa menikmati konten yang tampil di layar mobil.

Selain itu pengguna juga bisa mengatur suhu kendaraan lewat ponsel serta mengatur radio. Akan muncul juga informasi mengenai musik dan cuaca pada dashboard mobil.

Ada 3 cara update iOs yang bisa kamu pilih untuk memperbarui sistem operasi. Jika terkendala jaringan maka bisa menerapkan cara ketiga, setelah itu pengguna bisa memanfaatkan semua fitur terbaru dari versi iOs 16.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar