Cara Settings APN iPhone Agar Koneksi Internet Cepat

Settings APN iPhone dilakukan agar internet ponsel menjadi lebih cepat. Karena setiap APN ataupun access point name akan memiliki kestabilan yang bervariasi. Jadi, harus bisa memilih mana saja APN yang paling cepat untuk operator tertentu.

Normalnya APN ini akan terpasang secara otomatis begitu memasukkan kartu SIM. Namun pengaturan tersebut adalah default, sehingga ada kemungkinan kecepatannya tidak akan mengalami perubahan sama sekali.

Itulah kenapa kamu harus tahu bagaimana cara settings APN iPhone yang benar. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah membuat koneksi menjadi lebih lancar. Jadi meskipun tidak menggunakan wi-fi internet bisa ngebut.

Cara Settings APN iPhone

Apabila ingin mengetahui bagaimana cara pengaturan APN pada iPhone, bisa menyimak beberapa pembahasan berikut.

  • Masuk ke Settings – Cellular – Cellular Data Options – Cellular Network.

Masuk ke Settings Cellular Cellular Data Options Cellular Network

  • Setelah itu bisa ganti APN.

Setelah itu bisa ganti APN

  • Buat sendiri APN dengan memasukkan nama dan format APN.

Daftar APN Tercepat

Daftar APN Tercepat

Daftar APN biasanya tergantung dengan jenis operatornya. Jika ingin memakai, bisa mengikuti beberapa daftar berikut ini.

  • Telkomsel

APN: internet atau telkomsel

  • XL

APN: internet atau www.xl4g.net

  • Axis

APN: internet atau celcom3g,

  • Indosat

APN: indosatgprs atau LTE

  • Tri (3)

APN: 3data

Pada bagian nama atau password bisa dikosongi terlebih dahulu. Namun, apabila ingin memberikan nama juga tidak ada masalah karena tidak berpengaruh.

Hal yang Harus Diperhatikan

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang mungkin harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pengaturan pada APN. Dengan begitu proses pengaturan tidak akan melakukan kesalahan.

Baca Juga  Cara Merekam Suara di Laptop Windows & Mac OS

1. Tidak Salah Masukkan APN

Cara setting APN iPhone harus dilakukan dengan tepat tanpa melakukan kesalahan sama sekali. Seperti yang sudah dituliskan di atas jika setiap operator akan memiliki APN yang berbeda-beda satu dengan yang lain.

Setiap APN akan memiliki fungsi yang bervariasi. Namanya juga beragam mulai dari nama standar seperti internet atau bisa juga menggunakan nama yang spesifik. Jadi usahakan untuk tidak menulis atau mengetik APN yang salah.

Biasanya apabila salah mengetik APN kemungkinan besar tidak bisa digunakan secara maksimal. Bahkan, internet yang dimiliki oleh HP bisa saja menjadi sangat lemot sehingga tidak bisa digunakan lagi.

2. Cek Kecocokan dengan Operator

Usahakan untuk melakukan pengecekan APN yang dimiliki oleh operator dengan jaringan. Karena biasanya jaringan asli ataupun default yang dimiliki oleh operator belum tentu sesuai. Itulah kenapa disarankan untuk melakukan uji coba.

Uji coba ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah apa yang cocok digunakan atau tidak. Apabila cocok digunakan maka bisa langsung dimanfaatkan untuk melakukan download atau sekedar melakukan browsing.

Sebaliknya apabila tidak cocok lebih baik diganti dengan yang lain. Sebenarnya ada cukup banyak yang bisa digunakan, beberapa diantaranya disediakan secara langsung oleh pihak operator. Jadi coba setting ke default terlebih dahulu apabila apn-nya salah.

3. Simpan dan Reset

Ketika melakukan perubahan pada APN jangan lupa untuk melakukan proses penyimpanan. Ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan melakukan proses penyimpanan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan data yang sesuai.

Apabila tidak dilakukan proses penyimpanan biasanya akan menggunakan yang paling baru. Ini belum tentu berhasil apabila dimanfaatkan karena bisa saja APN yang dimasukkan ternyata mengalami kesalahan.

Jika kamu terlanjur mengubah dan tidak bisa digunakan lagi, coba lakukan proses rasa terlebih dahulu. Ini akan membuat jaringan kembali lagi seperti semula. Jadi kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  7 Cara Rekam Layar HP Android (Samsung, Xiaomi, dll) & Iphone

Cara Mempercepat Koneksi dengan APN

APN bisa dipercepat, itulah kenapa kamu harus memilih APN yang paling sesuai. Apa saja yang bisa mempercepat? Bisa disimak di bawah ini.

1. Gunakan Sesuai Jaringan

Gunakan Sesuai Jaringan

Usahakan untuk menggunakan APN yang sesuai dengan jaringannya. Apabila kamu menggunakan operator Telkomsel, jangan menggunakan APN untuk operator yang lain meskipun sudah menjalin kerjasama.

Karena jika menggunakan APN jaringan yang lain kemungkinan besar akan mengalami kemacetan. Jadi, benar-benar tidak akan bisa digunakan lagi sehingga jaringan akan menjadi sangat lemot. Ini akan membuat koneksi tidak tersambung sama sekali.

Usahakan untuk menggunakan jaringan yang ada atau paling tidak memanfaatkan versi yang asli. Meskipun ada kemungkinan lemot yang besar, penggunaan jaringan yang asli akan memudahkan proses koneksi yang stabil.

2. Ganti Sesuai Program

Daftar APN Tercepat

Usahakan untuk mengganti APN sesuai dengan program ataupun paket yang sedang kamu gunakan. Disadari atau tidak, biasanya setiap paket tertentu yang dikeluarkan oleh operator juga memiliki APN yang berbeda.

Jadi, hp-an yang nanti digunakan akan berbeda jika dibandingkan dengan APN standar. Itulah kenapa disarankan untuk memilih yang paling sesuai dengan program yang kamu pakai. Jadi, koneksi yang dimiliki akan lebih stabil.

Apabila tidak ada perubahan sama sekali lebih baik diganti ke versi yang standar. Biasanya versi standar ini bisa dipakai untuk berbagai program meskipun terkadang tidak stabil.

3. Hindari Pakai VPN

Hindari Pakai VPN

Beberapa orang memiliki koneksi yang tidak terlalu stabil apabila menggunakan VPN. Itulah kenapa disarankan untuk tidak memanfaatkan VPN terlebih dahulu apabila kamu memutuskan untuk melakukan modifikasi pada jaringan.

Karena jika menggunakan VPN kemungkinan besar bisa memicu masalah yang cukup rumit. Beberapa APN biasanya juga melakukan pemblokiran pada VPN sehingga jaringan yang nantinya digunakan justru semakin lemot.

Baca Juga  3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone (Settings, Bluetooth, USB)

Matikan saja VPN apabila ingin menggunakan APN tertentu. Jangan begitu koneksi akan kembali lagi seperti biasa ataupun lebih stabil. Tetapi jika menggunakan versi default biasanya VPN tetap bisa berjalan meskipun sedikit lemot.

4. Lakukan Reset Jaringan

Lakukan Reset Jaringan

Usahakan untuk melakukan riset jaringan terlebih dahulu apabila sudah melakukan penggantian pada APN. Proses penggantian jaringan bisa dilakukan dengan menyalakan mode pesawat terlebih dahulu selama beberapa saat.

Setelah itu bisa dimatikan lagi agar jaringan reset. Setelah melakukan itu maka koneksi akan kembali lagi seperti biasa. Stabilitas bisa terjaga dengan baik tanpa menyebabkan masalah yang cukup beresiko.

Jika reset jaringan yang dilakukan ternyata tidak berfungsi sama sekali. Coba matikan ponsel selama beberapa saat lalu nyalakan lagi. Biasanya koneksi yang ada di sana akan kembali dan kamu masih bisa melakukan browsing tanpa ada hambatan.

5. Hapus yang Tidak Terpakai

Hapus yang Tidak Terpakai

Ada baiknya untuk melakukan penghapusan pada beberapa APN yang mungkin sudah tidak digunakan lagi. Dengan penghapusan itu maka peluang untuk melakukan kesalahan sambung akan semakin kecil.

Karena selama ini kita sering sekali menyimpan banyak sekali APN yang tidak bermanfaat. Tetapi pada kondisi tertentu justru APN itu digunakan untuk melakukan sambungan.

Cara settings APN iPhone ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah dengan memilih APN yang paling sesuai. Jadi pastikan memilih ataupun menemukan terlebih dahulu.

Setelah itu bisa dilakukan proses uji coba seperti apa yang sudah dituliskan di atas. Jadi, kamu akan mengetahui kira-kira mana saja APN yang paling sesuai. Jangan lupa untuk melakukan modifikasi ataupun mengganti secara berkala.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar