5 Cara Restart HP Xiaomi dengan & Tanpa Tombol Power, Terjadwal, dll

Cara restart HP Xiaomi relatif mudah dan bisa kamu lakukan melalui beragam cara. Xiaomi sendiri merupakan salah satu brand yang cukup populer karena harganya yang terjangkau dan memiliki sejumlah keunggulan yang tidak kalah dengan beberapa brand HP lainnya. Tidak heran jika banyak menjadi incaran.

Mengetahui cara restart HP Xiaomi penting kamu ketahui untuk memperbaiki sistem yang mengalami gangguan. Meskipun Xiaomi didukung oleh teknologi yang cukup mumpuni tetap saja suatu waktu bisa mengalami gangguan. Melalui restart HP, dipercaya Xiaomi bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Termasuk salah satu brand HP populer, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui terkait bagaimana cara restart HP Xiaomi. Berikut beberapa cara dan sejumlah langkah mengenai terkait restart HP Xiaomi yang bisa kamu ikuti dengan mudah dan tanpa ribet, simak terus di sini.

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Restart HP Xiaomi

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Restart HP Xiaomi

Sebelum melakukan restart HP Xiaomi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama restart HP akan membersihkan sejumlah file sampah dan cache yang tersimpan di dalam HP. Setelah itu ruang penyimpanan akan menjadi lebih luas dan membantu membersihkan sistem dari beragam gangguan virus.

Tujuan dari restart sendiri ialah untuk memulai seluruh program kembali dari awal. Proses ini tentunya berbeda dengan reset. Jika reset akan menghilangkan sejumlah data dan terhapusnya aplikasi maka restart tidak.

Jai restart adalah suatu kondisi di mana perangkat yang sedang kita gunakan akan mati dan dinyalakan kembali oleh sistem. Biasanya restart dilakukan untuk melakukan instalasi sebuah aplikasi atau membuat aplikasi. Penggunaannya jarang digunakan untuk mengatasi masalah pada perangkat.

Ketika melakukan restart HP, pastikan baterai penuh hingga di atas 50%, jika belum sebaiknya mencharger terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar ketika melakukan loading ke suatu menu, HP tidak bootloop  atau berhenti memproses secara tiba-tiba karena ponsel mati.

Beberapa Cara Restart HP Xiaomi

Cara restart HP Xiaomi bisa kamu lakukan melalui beberapa cara, baik dengan tombol power maupun tanpa tombol power. Berikut beberapa cara dan langkah-langkah restart HP Xiaomi, di antaranya:

1. Menggunakan Tombol Power

Cara pertama, kamu bisa menggunakan tombol power untuk melakukan restart pada HP Xiaomi. Cara ini dianggap paling praktis dan lebih cepat, berikut beberapa langkahnya:

  • Tekan tombol power dan volume up secara bersama-sama hingga muncul logo Xiaomi di layar ponsel kamu.
  • Jika kamu sudah berada di menu recovery mode, silahkan masuk ke menu “Wipe Data”. Untuk mengarahkan pilihan, kamu bisa menggunakan tombol volume up untuk bagian atas dan down pada bagian bawah.

Jika kamu sudah berada di menu recovery mode, silahkan masuk ke menu Wipe Data

  • Jika kamu sudah selesai silahkan masuk ke menu utama recovery mode dengan mengklik “Back to Main Menu”.
  • Masuk ke “Reboot to System”

2. Cara Restart HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Cara kedua banyak dilakukan untuk menghindari rusaknya tombol power dan volume. Metode satu ini dianggap tidak memiliki dampak lebih jika dibandingkan menggunakan tombol. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk terlebih dulu ke menu setting
  • Scroll ke bawah dan pilih menu Additional Settings

Scroll ke bawah dan pilih menu Additional Settings

  • Tekan menu Quick Ball
  • Aktifkan menu “Turn on Quick Ball

Aktifkan menu Turn on Quick Ball

  • Pilih Select Shortcuts
  • Pastikan kamu memilih menu “Long Press The Power Button” yang ada di daftar shortcuts
  • Jika tidak, pastikan sudah mengganti salah satu menu dengan Long Press The Power Button
  • Tekan Quickball di bagian sisi kanan layar
  • Setelah itu, opsi shortcuts akan muncul
  • Pilih reboot dan tunggu prosesnya hingga selesai

3. Menggunakan Recovery Mode

Menggunakan Recovery Mode

Cara selanjutnya bisa menggunakan recovery mode tapi ponsel harus dalam keadaan mati terlebih dahulu. Setelah itu, colokan USB cable ke listrik, tahan volume bagian bawah dan atas untuk masuk ke recovery mode. Di sini akan ada beberapa menu mode, kamu hanya perlu pilih exit di ponsel.

4. Menggunakan Aplikasi

Menggunakan Aplikasi

Cara restart HP Xiaomi selanjutnya bisa menggunakan third-party di Google Play Store, misalnya aplikasi Power Menu dan Shutdown. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan restart tanpa menggunakan tombol yaitu dengan memilih Open Power Menu.

5. Secara Terjadwal

Secara Terjadwal

Cara terakhir bisa ditempuh secara terjadwal karena HP Xiaomi memiliki fitur penyetelan untuk power On dan Off, sama halnya seperti alarm. Kamu bisa menyetel waktu ponsel mati pada pukul 11 malam dan mengatur nyala kembali pada pukul 7 pagi.

Fungsi Melakukan Restart HP

Fungsi Melakukan Restart HP

Melakukan restart pada HP Xiaomi ternyata bukan tanpa alasan melainkan ada beberapa fungsinya. Kira-kira apa saja fungsi restart HP Xiaomi? Berikut fungsi restart HP Xiaomi, di antaranya:

1. Baterai Jadi Tahan Lama

Salah satu fungsi restart HP Xiaomi ialah agar baterai ponsel tahan lebih lama. Ini karena banyak aplikasi yang belum tertutup seharusnya sehingga banyak aplikasi yang terbuka dan membuat daya ponsel jadi cepat habis. Sebagai solusinya ialah melakukan restart HP.

2. Mengatasi HP yang Hang

Fungsi restart HP selanjutnya ialah mengatasi HP yang hang. Ada beberapa faktor penyebab yang membuat HP mengalami kondisi ini seperti terlalu sering digunakan dan membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Maka dari itu untuk mengatasinya dengan menghidupkan kembali HP.

3. Mengosongkan Ram Penuh di Ponsel

Fungsi restart HP yang tidak kalah penting ialah mengosongkan RAM yang tengah penuh di ponsel. Kondisi ini bisa membuat HP tidak bekerja secara maksimal sehingga melambat maka solusinya ialah dengan melakukan restart HP.

Penyebab HP Restart Terus-Menerus dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Restart Terus-Menerus dan Cara Mengatasinya

Terkadang HP melakukan restart secara terus-menerus sehingga perlu segera kamu ketahui penyebabnya. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan HP Xiaomi tiba-tiba melakukan restart sendiri, berikut di antaranya:

  • Memori HP terlalu penuh sehingga sistem jadi eror
  • Cache atau file sampah terlalu banyak sehingga menghambat kinerja CPU, GPU dan Ram
  • HP terlalu panas karena terlalu lama dimainkan
  • Baterai ngedrop atau rusak
  • Terjadinya kerusakan pada file sistem
  • Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan

Untuk mengatasi HP yang melakukan restart secara terus-menerus bisa kamu lakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Melakukan restart manual agar sistem menjalankan fungsinya dengan normal kembali.
  • Menghapus file cache atau sampah pada perangkat agar kinerja Rom dan Ram jadi lebih ringan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Cleaner pada HP Xiaomi.
  • Menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting agar memori internal jadi lebih luas.
  • Melakukan update aplikasi secara berkala yaitu dengan masuk ke Google Play Store, klik profil pada bagian sudut atas, klik manage Apps dan Device lalu update all.
  • Cara terakhir ialah dengan melakukan factory reset namun dianjurkan untuk melakukan backup data terlebih dahulu

Cara restart HP Xiaomi bisa kamu lakukan dengan beragam cara dan mudah. Di antaranya menggunakan tombol power, tanpa tombol power, recovery mode, aplikasi pihak ketiga dan membuat jadwal restart sendiri.

Leave a Comment