3 Cara Reset Laptop Asus Windows 7, 8, 10, 11

Melakukan reset pada laptop adalah salah satu solusi ketika laptop sudah bermsalah dan susah untuk diperbaiki. Semua laptop punya cara yang hampir sama dalam melakukan reset termasuk cara reset laptop Asus.

Reset berarti mengembalikan setelan laptop ke awal seperti masih baru. Tentu saja untuk melakukan hal ini pemilik laptop harus sangat berhati-hati karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Karena ada banyak risiko apabila terjadi kesalahan pada saat proses reset laptop Asus atau merk lainnya.

Di sini kami tidak hanya akan membagikan bagaimana cara reset laptop Asus atau merk lain, tapi juga membagikan tips agar kamu selalu berhati-hati dalam melakukannya. Untuk informasi selengkapnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Reset

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Reset

Ada hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum melakukan reset pada laptop. Mengingat hal yang akan cukup berisiko, maka sebaiknya lakukan beberapa hal berikut agar proses reset bisa berjalan lancar aman.

1. Backup File

Dengan melakukan reset, artinya laptop akan kehilangan semua file terutama yang disimpan di drive C. Apabila laptop yang akan direset tidak membagi penyimpanannya, maka semua file akan hilang ketika proses reset selesai.

Hilangnya file tentu saja bukanlah hal yang baik apalagi jika file tersebut merupakan file-file penting. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan backup file sebelum melakukan reset pada laptop.

Ada banyak media backup yang bisa dilakukan seperti mem-backup ke memori eksternal dengan kapasitas besar, atau yang lebih aman yakni backup ke layanan cloud. Namun untuk cloud, pastikan kamu punya cukup koneksi untuk upload dan download ketika proses reset sudah selesai nanti.

Baca Juga  5 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard tanpa Mouse/Touchpad

2. Pastikan Laptop Dicharge

Sebelum proses cara reset laptop Asus atau merk lain dimulai, pastikan dulu laptop tersebut terhubung ke charger. Hal ini dilakukan untuk menghindari laptop kehabisan daya di tengah-tengah proses reset. Karena proses reset sendiri umumnya berlangsung cukup lama dan memakan waktu.

Hal yang dikhawatirkan apabila hanya mengandalkan daya di dalam baterai saja adalah apabila sewaktu-waktu ternyata laptop mati ketika proses reset belum selesai, maka bisa saja terjadi berbagai macam error yang berakibat fatal.

3. Siapkan Instalasi Sistem Operasi

Ketika proses reset selesai nanti, laptop akan masuk ke mode DOS atau kosong tanpa sistem operasi. Nah, pastikan kamu telah menyiapkan peralatan untuk install ulang sistem operasi.

Sistem operasi yang digunakan sendiri bisa berbagai macam sesuai dengan selera pengguna seperti Windows, Linux, atau Mac OS.

4. Siapkan Instalasi Driver

Meskipun tidak selalu terjadi, namun hardware laptop yang tidak bisa berfungsi setelah reset bisa saja terjadi. Hal ini bisa terjadi lantaran driver yang mungkin belum terintstall atau bahkan sudah tidak kompatibel dengan sistem operasi yang baru saja digunakan.

Jadi, disarankan untuuk menyiapkan instalasi driver sebelum melakukan reset pada laptop. Kamu bisa mengunduhnya melalui situs resmi atau menggunakan paket yang didapat ketika pembelian laptop.

3 Cara Reset Laptop Asus Semua Seri Windows

1. Melalui Menu Settings

Cara pertama yang akan kami bagikan di sini adalah menggunakan fitur dasar yang ada di Windows yakni Settings. Cara ini dianggap cara paling mudah dan cepat untuk mereset sebuah laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti :

  • Klik Start Menu di Taskbar layar
  • Pilih opsi Settings
  • Lalu pada jendela yang muncul, pilih Update & Security
Baca Juga  Cara Top Up OVO Termudah Dan Cepat

Lalu pada jendela yang muncul, pilih Update & Security

  • Setelah itu pilih tab Recovery
  • Masuk ke bagian Reset this PC
  • Klik Get Started
  • Akan ada dua opsi untuk mereset laptop yang bisa dipilih yakni Keep my Files dan Remove Everything. Pilih sesuai kebutuhan
  • Pilih opsi mode reinstall Windows yang diinginkan, ada dua pilihan yakni Cloud Download dan Local Reinstall
  • Apabila kamu memilih Keep my Files, maka ada pengaturan tambahan yang bisa diberi yakni dengan memilih change settings dan ubah sesuai dengan kebutuhan
  • Terakhir lakukan konfirmasi reset laptop.

Jika memilih keep my files, maka file-file yang ada di laptop akan dipertahankan jadi ketika setelah proses reset nanti, semua file masih ada.

Sedangkan mode remove everything akan membersihkan semua data (clean data) dan benar-benar membuat laptop kembali seperti setelan pabrik. Cara reset laptop Asus dengan mode ini memang tampak berisiko namun ini yang direkomendasikan Microsoft untuk benar-benar mereset laptop.

Selain itu jika kamu memilih remove everything, maka proses reset akan memakan waktu jauh lebih lama daripada keep my files. Proses akan memakan waktu hingga berjam-jam.

2. Menggunakan Advanced Startup

Jika mengalami kendala sehingga tidak bisa melakukan cara sebelumnya, maka menggunakan advanced startup bisa menjadi alternatif yang dilakukan untuk cara reset laptop Asus Windows. Langkah-langkahnya mungkin akan sedikit berbeda dari sebelumnya, namun fungsinya tetap sama.

Langsung saja berikut ini langkah-langkah untuk reset laptop menggunakan advanced startup :

  • Pertama kamu harus menyiapkan flashdisk yang sudah ter-bootable CD instalasi Windows atau sistem operasi Windows
  • Setelah itu masuk ke Windows Setup
  • Pilih Bahasa
  • Jika sudah klik Next
  • Berikutnya pilih opsi Troubleshoot

Berikutnya pilih opsi Troubleshoot

  • Lalu pilih Reset this PC
  • Berikutnya tinggal ikuti instruksi yang sudah cukup jelas pada sistem
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.
Baca Juga  4 Cara Memunculkan Emoji di Laptop Windows 11, 10, 8, dan 7

Setelah melakukan cara di atas, sistem operasi harus diinstall secara manual memanfaatkan flashdisk yang telah di-bootable tadi. Untuk cara instalasi ini bisa mengikuti cara yang pertama atau mengikuti langkah-langkah yang banyak tersebar di internet.

3. Untuk Pengguna Windows 8

Jika laptop Asus-mu masih menggunakan Windows 8, maka cara resetnya berbeda dari cara yang sudah kami bagikan di atas. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti apabila masih menggunakan Windows 8 :

  • Pertama masuk ke Start Menu dan pilih Settings
  • Pilih Change PC Settings
  • Setelah sebuah jendela terbuka, pilih opsi General
  • Scroll ke bawah dan klik Remove everything and reinstall Windows

Scroll ke bawah dan klik Remove everything and reinstall Windows

  • Klik Get Started untuk memulai prosesnya
  • Klik Reset pada pop-up yang muncul
  • Pilih salah satu mode diantara Just remove my files dan Clean the driver fully
  • Setelah itu klik lagi Reset dan proses reset laptop akan benar-benar dimulai.

Mode just remove my files hanya akan menghapus sebagian file pada di sistem, sedangkan clean the driver fully akan membersihkan semua file yang ada pada laptop dan membuat laptop kembali ke setelan pabrik.

Just remove my files membuat proses reset berjalan beberapa menit saja. Sedangkan clean the driver fully akan membuat prosesnya berjalan lebih lama. Bahkan bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Sesuaikan pilihan ini dengan kebutuhan.

Ada banyak mode yang dipilih pada saat pengguna melaksanakan cara reset laptop Asus. Pemilihan mode ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menghindari risiko yang bisa terjadi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan reset laptop.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar