5 Cara Reboot HP Xiaomi Sendiri untuk Semua Seri

Cara reboot HP Xiaomi kerap menjadi sebuah pertanyaan, entah itu baik yang tidak tahu mengenai bagaimana caranya dan lain-lain. Xiaomi sendiri merupakan sebuah merek ponsel yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

Karena memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan berbagai ponsel mahal lainnya serta memiliki harga yang cukup relatif murah. Wajar bila HP Xiaomi banyak dibeli oleh berbagai kalangan.

Namun seperti merek handphone pada umumnya, HP Xiaomi juga tetap saja bisa mengalami sebuah gangguan. Baik itu error, stuck, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kami hadir untuk menyajikan beberapa cara reboot pada HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan.

Cara Reboot HP Xiaomi Secara Umum

Sebenarnya cara reboot HP Xiaomi sangat beragam, tujuannya untuk mengatasi kerusakan pada handphone yaitu dengan cara melakukan restart. Satu hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan reset.

Lakukan back up data pada ponsel terlebih dahulu. Mengapa perlu back up? Karena proses tersebut dapat menghapus seluruh data pada ponselmu secara permanen.

Maka dari itu, alangkah baiknya melakukan back up data terlebih dahulu. Sebenarnya untuk melakukan reboot pada HP Xiaomi tidak dapat dikerjakan secara sembarangan atau asal-asalan.

Karena setiap tipenya berbeda-beda, maka cara dalam melakukannya pun berbeda-beda pula. Apabila dilakukan secara asal-asalan maka bisa berakibat fatal, bahkan bisa terjadi bootloop.

Baca Juga  6 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Maka dari itu, penting bagimu untuk memahami langkah-langkah cara reboot HP Xiaomi dengan benar serta sesuai dengan tipenya masing-masing. Berikut cara melakukan reset pada HP Xiaomi yang umum dilakukan.

Ketika handphone dalam keadaan menyala, kamu hanya perlu menekan dua buah, yaitu tombol power dan volume atas/up secara bersamaan selama beberapa waktu. Kemudian layar akan memperlihatkan logo Mi pada ponsel. Maka secara otomatis ponsel akan masuk ke dalam recovery mode.

  • Untuk melakukan operasi reset data, pilih opsi wipe data atau factory reset.
  • Kemudian klik menu wipe all data, dan tekan yes.
  • Tunggulah hingga proses tersebut selesai, bila telah selesai kamu bisa memilih menu reboot atau restart pada HP Xiaomi milikmu.

Tunggulah hingga proses tersebut selesai, bila telah selesai kamu dapat melakukan reboot atau restart pada HP Xiaomi mu.

  • Lalu sisanya cukup ikuti saja instruksi untuk login ke email dan memasukkan password. Hingga handphone dapat digunakan kembali dengan performa serta tampilan seperti ponsel baru.

Cara Reset pada HP Xiaomi Berdasarkan Tipe

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, setiap merek pada ponsel memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan proses reset atau reboot. Bahkan dalam satu merek pun terdapat bermacam-macam cara karena tipe yang berbeda-beda.

1.  Cara Reset HP Xiaomi 6A

Tekan Kombinasi Tombol Power Volume

Di bawah ini akan dijelaskan tentang cara reset HP Xiaomi 6A. Perhatikan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

  • Pertama, pastikan ponsel dalam keadaan off, kemudian tekan dua tombol, yaitu power dan volume up secara bersamaan.
  • Lalu pilih bahasa English, lalu pilih pada menu wipe and reset.
  • Kemudian klik tombol wipe all data lalu pilih opsi yes.
  • Lalu klik tombol power.
  • Terakhir, klik pada menu reboot.

2. Cara Reset HP Xiaomi Redmi 5, Note 5, Note 5A, dan Note 5A Prime

Di bawah ini akan dijelaskan tentang langkah mereset HP Xiaomi Redmi 5, Note 5, Note 5A, dan Note 5A Prime. Amati dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan.

Pertama, pastikan ponsel kamu dalam keadaan telah mati, lalu tekan tombol power dan volume up secara bersamaan.

  • Pertama, pastikan ponsel dalam keadaan mati, kemudian tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Berikutnya, tekan opsi English.
  • Langkah berikutnya adalah klik opsi wipe and reset, lanjut klik pada opsi wipe all data.
  • Selanjutnya tekan yes dan tekan serta tahan tombol power dan reboot.
Baca Juga  3 Cara Mengecek Garansi Xiaomi Resmi di Indonesia & Cara Klaimnya

3. Cara Reset HP Xiaomi Redmi 4,  4A,  4A Prime,  4X, dan 4X Prime

Di bawah ini akan dijelaskan tentang tutorial reset HP Xiaomi Redmi 4, 4A, 4A Prime, 4X, dan 4X Prime. Cermati secara seksama.

  • Pertama pastikan ponsel dalam keadaan mati, kemudian tekan dan tahan pada tombol power dan volume up bersamaan.
  • Pilih opsi English, lalu klik pada menu wipe data atau factory reset, kemudian tekan tombol yes.
  • Klik pada menu reboot system now dan tunggu hingga proses selesai.

Pilih reboot system now dan tunggu hingga proses selesai.

4. Cara Reset HP Xiaomi Redmi 2, 2A, 2 Pro, dan 2 Prime

Ini dia langkah-langkah cara reset HP Xiaomi Redmi 2, Redmi 2A, Redmi 2 Pro, dan Redmi 2 Prime. Perhatikan dengan teliti.

  • Pertama, pastikan ponsel kamu sudah dalam posisi power off, berikutnya tekan serta tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Kedua, klik pada opsi English, lalu klik tombol wipe and reset.
  • Kemudian klik pada menu wipe all data lalu klik opsi yes. Tekan pada tombol power dan klik menu reboot dan tunggu hingga proses selesai.

Pilih opsi english, lalu pilih wipe and reset, Kemudian pilih wipe all data lalu pilih yes. Tekan tombol power dan pilih reboot dan tunggu hingga proses selesai.

5. Cara Reset HP Xiaomi 1S

Tutorial terakhir ini menjelaskan cara reset HP Xiaomi 1S. Perhatikan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

  • Pertama, matikan smartphone Xiaomi terlebih dahulu, lalu tekan serta tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.

Pertama, pastikan ponsel dalam keadaan mati, lalu tekan tombol power dan volume up secara bersamaan.

  • Sekarang klik pada opsi English, lalu pilih tombol wipe and reset.

Pilih opsi english, lalu pilih wipe and reset.

  • Kemudian klik pada menu wipe all data lalu tekan ok.
  • Terakhir, kamu hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai.

Manfaat Melakukan Reset pada Ponsel Xiaomi

Manfaat Melakukan Reset pada Ponsel Xiaomi

Melakukan reset pada ponsel tentunya bukan dengan tanpa sebab. Terdapat manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mereset ponsel. Di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga  3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi (Semua Seri)

1. Dapat Membuat Performa Ponsel Lancar Kembali

Seperti yang telah diketahui apabila ponsel terlalu penuh penyimpanannya dan lain-lain, maka dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat. Dengan memilih langkah factory reset, keadaan ponsel kamu akan kembali lagi seperti saat pertama kali dipakai.

2. Berfungsi Menghilangkan Virus atau Malware

Manfaat lain dari melakukan reset ponsel yaitu dapat menghapus seluruh virus serta malware yang terdapat pada ponselmu. Karena selama proses ini berlangsung, maka semua virus serta malware juga turut hilang secara bersamaan.

Bahaya dari malware serta virus tersebut adalah dapat menyebabkan kinerja pada ponsel menjadi sangat lambat dan sering mengalami lag. Karena itu proses reset dapat membasmi virus serta malware yang berbahaya tersebut.

Bahaya Melakukan Reset pada Ponsel Xiaomi

Bahaya Melakukan Reset pada Ponsel Xiaomi

Selain bermanfaat, melakukan reset pada ponsel Xiaomi juga memiliki beberapa risiko yang mungkin perlu dipertimbangkan. Beberapa bahaya tersebut di antaranya:

1. Berpotensi Menghapus Seluruh Aplikasi

Saat akan melakukan reset pada ponsel, maka seluruh aplikasi yang terpasang pada ponsel juga akan ikut terhapus. Maka dari itu, jangan bingung apabila seluruh aplikasi yang telah kamu unduh sebelumnya malah menghilang entah ke mana.

2. Bisa Menyebabkan Ponsel Mengalami Bootloop

Salah satu bahaya lain yang terjadi saat kamu melakukan reset yaitu terjadinya proses bootloop. Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa bootloop merupakan proses yang terjadi ketika proses reset tidak berjalan sampai tuntas.

Bootloop juga merupakan sebuah proses di mana keadaan ponsel kamu tidak dapat memuat sistem sehingga berhenti dalam berproses. Penyebab smartphone mengalami bootloop mungkin dikarenakan perawatan serta penggunaan HP yang tidak sesuai.

Beberapa cara dalam melakukan reset pada HP Xiaomi, manfaat, dan bahaya yang dapat ditimbulkan. Sering serta rajinlah dalam merawat dan menjaga ponsel. Jika harus melakukan reset, sudah kami sajikan beberapa cara reboot HP Xiaomi untuk segala tipe yang bisa dicoba.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar