5 Cara Print di Excel agar Tidak Terpotong, Dijamin Rapi!

Cara print di Excel umumnya sedikit sulit untuk dilakukan karena kerap ada data yang terpotong. Apalagi beberapa pengguna sering sekali memanfatkan dokumen ini untuk membuat data yang sangat banyak dan juga lebar.

Jadi, untuk menghindari terjadinya masalah saat mencetak, disarankan untuk melakukan pengaturan terlebih dahulu. Itulah kenapa semua pengguna dari Excel harus tahu bagaimana cara melakukan proses cetak yang sesuai dan mudah dilakukan.

Karena jika tidak sesuai dengan pengaturan, kemungkinan besar bisa membuat semua dokumen terpotong. Jika smapai terpotong, berarti data tidak akan bisa terbaca sama sekali. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyimak cara print di Excel di bawah ini.

Cara Print di Excel yang Rapi

1. Sesuaikan Ukuran Kertas

Sebelum memulai cara print di Excel, ada baiknya untuk menyesuaikan dahulu ukuran dari kertas yang akan digunakan. Proses penyesuaian ini sama antara jenis Excel yang baru atau lama. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mulai menyesuaikan.

  • Buka dokumen atau file Ms Excel yang mau dicetak.
  • Pada menu di bagian bar atas bisa dipilih Page Layout.

Pada menu di bagian bar atas bisa dipilih Page Layout

  • Masuk ke Page Setup yang nantinya akan berisi pengaturan sheet sebelum cetak.
  • Pilih bagian Size dengan cara menyorot beberapa icon.
  • Tentukan atau pilih ukuran sesuai dengan jenis kertas atau file Excel.

Tentukan atau pilih ukuran sesuai dengan jenis kertas atau file Excel

  • Apabila ukuran kertas yang dimau tidak ada bisa menekan More Paper Sizes.
  • Pilih jenis kertas lain atau bisa juga melakukan custom.

Hal di atas sangat dasar dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Jadi, pastikan melakukan perubahan ini dan dibuat default pada Excel. Jadi, jika nantinya akan melakukan proses cetak tidak perlu dibuah lagi.

Baca Juga  Cara Menampilkan Ruler di Word Semua Versi (2007-2019)

2. Atur Margin dari Halaman

Pengaturan pada margin juga menjadi hal penting dan tidak boleh diabaikan. Ini dilakukan untuk membuat cetak dokume  Excel menjadi lebih mudah dan tidak berantakan. Misal margin terlalu besar atau terlalu kecil sehingga dokumen tidak proporsional.

  • Buka file Ms Excel yang akan dicetak isinya.
  • Pada menu di atas, pilih tab Page Layout.
  • Pilih Page Setup yang isinya pengaturan halaman dan kertas.
  • Pilih opsi Margins. Lakukan pengaturan secara langsung di sini sambil mengecek preview dari kertas yang akan dicetak.

Pilih opsi Margins. Lakukan pengaturan secara langsung di sini sambil mengecek

  • Jika ingin menyesuaikan margin sesuai keinginan dan tidak pakai default, bisa klik Custom Margin. Setelah itu bisa langsung menyesuaikan pada bagian atas, bawah, kiri, dan kanan sesuai keinginna.
  • Setelah diatur, pada Custom Margin jangan lupa memilih Center of Page. Ini akan membuat tabel yang dicetak berada di tengah.

3. Ubah Orientasi Halaman

Perubahan pada orientasi halaman ini sangat penting untuk dilakukan. Karena akan menentukan apakah dokumen ini dicetak dengan posisi standar atau bisa juga dicetak dengan posisi lanskap. Untuk melakukan perubahan itu bisa langsung menggunakan langkah berikut.

  • Siapkan file Ms Excel yang akan dicetak lalu buka.
  • Pilih pada bagian tab Page Layout.
  • Temukan bagian Page Setup.
  • Klik pada pilihan Orientation, lokasinya di dekat margin.

Klik pada pilihan Orientation, lokasinya di dekat margin

  • Akan ada dua pilihan yaitu ‘Potrait’ dan ‘Landscape’. Pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan.

Pemilihan ini penting dilakukan untuk menyesuaikan bagian dari dokumen yang akan melalui proses cetak. Jika isinya sudah sesuai dengan keinginan, berarti tidak ada masalah. Namun, jik ada bagian terpotong berarti arahnya salah.

4. Pilih Area Print

Apabila file di Excel yang nantinya dipakai ada banyak, pemilihan dari area cetak sangat penting untuk dilakukan. Karena jika tidak dipilih, semua akan dicetak dan kemungkinan besar hanya beberapa bagian saja yang akan muncul. Untuk memilih area print, ikuti langkah di bawah ini.

  • Siapkan halaman Excel yang akan dicetak dengan printer.
  • Coba lakukan blok atau menandai semua tabel atau area yang ingin dicetak. Jangan langsung dengan CTRL A.
Baca Juga  3 Cara Membuat Tabel di Word Mudah & Lengkap (Semua Versi)

Coba lakukan blok atau menandai semua tabel atau area yang ingin dicetak. Jangan langsung dengan CTRL A

  • Setelah itu cek menu di bagian atas dengan menekan tab Page Layout.
  • Cari Page Setup.
  • Pilih Print Area. Biasanya akan muncul dua pilihan yaitu ‘Set Print Area’ dan ‘Clear Print Area’.
  • Klik ‘Set Print Area‘.

Klik Set Print Area

  • Setelah itu bisa langsung melakukan proses cetak.

Saat memilih area usahakan yang tidak terlalu besar. Apalagi kertas yang nantinya digunakan juga tidak terlalu besar. Jadi, pastikan untuk menerapkan cara print Excel ini agar proses cetaknya tepat dan tidak terpotong.

5. Lakukan Pratinjau

Lakukan Pratinjau

Sebelum melakukan proses cetak biasanya disarankan untuk melakukan pratinjau terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan melakukan klik pada tombol print preview.

Dari sini bisa teringat dengan jelas seperti apa hasil cetak yang nantinya akan didapatkan. Jika hasil cetaknya ada bagian yang terpotong, berarti harus disesuaikan terlebih dahulu. Apabila sudah sesuai, berarti bisa langsung dijalankan.

Tips Sebelum Print Excel

Tips Sebelum Print Excel

Sebelum menerapkan cara print di Excel ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini. Lakukan dengan baik agar proses cetak bisa sesuai dengan kebutuhan.

1. Selalu Bagi Halaman

Salah satu tips sebelum menerapkan cara print di Excel adalah selalu membagi halaman. Karena mau bagaimanapun kertas yang nantinya digunakan pasti memiliki keterbatasan baik itu halaman ataupun luasnya.

Jadi, sebelum melakukan proses cetak bagi halaman menjadi beberapa bagian. Bisa menggunakan cara print area yang sudah dibahas di atas atau bisa juga dengan menggunakan cara yang manual.

Apabila jumlah halamannya terlalu banyak, bisa menerapkan page break. Dengan menggunakan cara ini maka seluruh halaman bisa dicetak pada tempat yang tepat serta pemotongannya juga sesuai.

2. Gunakan Ukuran Kertas Besar

Beberapa orang menyarankan untuk menggunakan ukuran kertas yang lebih besar apabila ingin melakukan proses print dari Excel. Apabila menggunakan kertas yang besar kemungkinan untuk terpotong di beberapa bagian akan sangat kecil.

Baca Juga  6 Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu, Mudah!

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk melakukan proses pengaturan pada jenis kertas. Yang paling penting atau tersebut bisa masuk ke dalam printer sehingga proses cetak yang dilakukan bisa sesuai dengan harapan.

3. Pertimbangkan Banyaknya Data

Selalu pertimbangkan banyaknya data sebelum melakukan cara print di Excel seperti tutorial di atas. Karena banyaknya data yang nantinya ada bisa menyusahkan proses cetak karena harus melakukan proses pemilahan.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pembagian data baik itu dengan print area atau dipisah. Dengan menggunakan cara ini proses untuk melakukan cetak bisa berjalan dan tidak akan ada data yang terpotong.

4. Pilih Ukuran Cetak yang Tepat

Usahakan untuk memilih ukuran cetak yang paling tepat. Pembelian ini biasanya tergantung dengan jenis printer dan kemampuannya dalam hal menampung jenis kertas.

Selama bisa menampung kertas dengan ukuran yang besar maka bisa melakukan custom margin dan ukuran. Namun, jika tidak bisa melakukan itu ada baiknya untuk menggunakan versi yang standar saja.

Cara print di Excel sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Namun, pastikan terlebih dahulu untuk memilih area yang tepat. Selanjutnya gunakan juga kertas yang tepat. Terakhir dan tidak kalah penting adalah bagi data agar bisa tercetak semuanya.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar