3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi (Semua Seri)

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi saat ini banyak dicari tahu karena beberapa orang membutuhkan privasi agar orang lain tidak bisa melihat aplikasi apa saja yang ada di ponselnya. Ini merupakan solusi tepat jika mengunci layar dan aplikasi belum cukup untuk menjaga privasi dan rahasia.

Perangkat Xiaomi sendiri memiliki fitur bawaan untuk mengamankan sejumlah aplikasi yang terdapat di smartphone. Jika perangkat kamu sudah didukung oleh fitur ini maka untuk melakukan penyesuaian bisa langsung masuk ke menu pengaturan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terjamin aman.

Untuk cara menyembunyikan aplikasi sendiri relatif mudah, praktis dan kami telah menyediakan seluruh informasinya melalui ulasan berikut ini. Kamu tidak perlu lagi bingung terkait bagaimana cara untuk menyembunyikannya. Terlebih jika HP sering dipinjam oleh anak, simak terus penjelasannya di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi relatif mudah dan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari menggunakan fitur bawaan, ruang kedua hingga aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa cara dan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, di antaranya:

1. Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Fitur bawaan

Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Fitur bawaan

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi tanpa aplikasi, kamu bisa menggunakan fitur bawaan. Cara ini tidak akan memakan memori karena tidak perlu mengunduh aplikasi lagi. Menggunakan fitur bawaan relatif lebih aman dari malware dan virus.

Untuk langkah-langkah menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi bisa berbeda tergantung versi MIUI yang terpasang. Maka dari itu, kamu harus mengetahui versi MIUI yang terpasang terlebih dahulu. Berikut beberapa cara berdasarkan versi MIUI HP yang dikenakan, di antaranya:

● HP Xiaomi MIUI 13

Pertama masuklah ke aplikasi “security” yang mana merupakan bawaan default dari HP Xiaomi, gulirkan ke bawah hingga menemukan opsi “hide apps” lalu ketuk dan pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

● HP Xiaomi versi 11 dan 12

Buka menu “pengaturan”, pilih “aplikasi atau Apps”, pilih “apps lock”, masukan kata sandi untuk mengamankan aplikasi, aktifkan fitur “fingerprint atau facelock jika perlu dan device sudah mendukung. Terakhir pilih “hidden apps” dan seleksi aplikasi yang ingin disembunyikan.

● HP Xiaomi MIUI versi lawas

Untuk HP Xiaomi dengan versi lebih lawas caranya masuk ke menu pengaturan, masukan kata kunci “App Invisible” pada kolom pencarian, klik cari, centang aplikasi yang ingin disembunyikan dan klik ok untuk menyimpan pada pengaturan.

2. Menggunakan Fitur Ruang Kedua

Bagi seluruh pengguna MIUI versi 9 ke atas bisa menggunakan fitur “ruang kedua” untuk menyembunyikan beberapa aplikasi di ponsel. Mirip dengan fitur sebelumnya, kamu bisa menambahkan password untuk melindungi beberapa aplikasi dan file yang terdapat di dalamnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu setelan di ponsel
  • Ketik “Ruang Kedua” di kolom pencarian

Ketik Ruang Kedua di kolom pencarian

  • Masuk ke jendela “Ruang Kedua”

Masuk ke jendela Ruang Kedua

  • Aktifkan fitur ruang kedua dengan menggeser toggle atau menambahkan centang biru
  • Masukan beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan di “Ruang Kedua”
  • Atur password untuk mengamankan beberapa aplikasi yang kamu sembunyikan

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Pilihan terakhir menyembunyikan aplikasi dengan bantuan pihak ketiga. Ada sejumlah aplikasi yang bisa kamu pilih, salah satunya AppLock sebagai alternatif. Caranya cukup mudah yaitu hanya perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka dan jalankan aplikasi AppLock
  • Buat password terlebih dahulu untuk membatasi akses

Buat password terlebih dahulu untuk membatasi akses

  • Pilih aplikasi yang akan disembunyikan

Pilih aplikasi yang akan disembunyikan

  • Berikan akses data pada “App Lock Usage”
  • Kembali ke halaman awal AppLock dan aplikasi sudah disembunyikan

Rekomendasi Aplikasi untuk Menyembunyikan Aplikasi

Sekarang rasanya semakin mudah untuk melakukan banyak hal di HP dengan bantuan beberapa aplikasi, termasuk menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin diketahui oleh banyak orang. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk menyembunyikannya:

1. Hide It Pro

Hide It Pro

Salah satu aplikasi yang bisa kamu unduh untuk menyembunyikan aplikasi ialah dengan menggunakan audio manager. Aplikasi ini pada dasarnya untuk menurunkan dan menaikan volume audio. Namun jika ditekan dengan cukup lama maka akan menampilkan semua aplikasi yang ingin dirahasiakan.

2. Notepad Vault

Notepad Vault

Notepad Vault merupakan penyembunyi aplikasi yang bisa disamarkan sebagai pembuat catatan. Tidak hanya itu, ada juga fitur gallery module untuk menyimpan video dan foto secara terpisah dari aplikasi galeri utama. Kamu juga bisa mengkloning aplikasi dengan menggunakan dua akun secara terpisah.

3. APP Hider

APP Hider

App Hider merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan Apps dengan sederhana dan proses yang mudah. Kamu hanya perlu memasukan beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan di APP Hider dan menghapus aplikasi salian asli di layar beranda sehingga tidak terlihat.

4. Calculator- Hide Photos

Calculator Hide Photos

Calculator hide photos bisa kamu gunakan secara gratis dan sederhana untuk menyembunyikan beberapa aplikasi. Aplikasi ini disamarkan sebagai kalkulator sehingga tidak akan ada yang curiga namun saat diluncurkan aplikasi ini berisi beberapa file media yang telah disembunyikan sebelumnya.

5. Apolo Launcher

Apolo Launcher

Apolo launcher memungkinkan setiap penggunanya untuk menyembunyikan beberapa aplikasi. Tidak hanya itu, aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk mengubah tema default HP. Di sini bisa memilih wallpaper beranda dan desain ikon aplikasi yang sesuai dengan selera karena terdapat beberapa pilihan.

Manfaat dan Keamanan Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Manfaat dan Keamanan Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Dengan mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi tentunya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, khususnya menyembunyikan tanpa root. Manfaat yang pertama tentunya tidak perlu melakukan root pada HP.

Kedua menyembunyikan aplikasi bermanfaat bagi orang tua yang HPnya kerap dipinjam oleh anak sehingga jauh lebih aman. Sedangkan manfaat terbesarnya ialah tidak dicurigai oleh orang lain karena tidak terlihat mengunci.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi terbilang aman jika kamu melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Namun jika menggunakan aplikasi tambahan maka tingkat keamanannya bergantung pada sumber aplikasi tersebut apakah bisa dipercaya atau tidak.

Demi keamanan, kamu harus memastikan kepercayaan dan keamanan aplikasi pihak ketiga yang akan diunduh. Dengan begitu akan jauh lebih aman. Jika keamanan aplikasinya tidak terjamin sebaiknya hindari menggunakan aplikasi tersebut.

Keamanan dari suatu aplikasi menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan agar sejumlah data yang dimasukan tidak dicuri. Terlebih saat ini banyak sekali jual-beli data dan data disebarkan tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Akan lebih aman jika menggunakan fitur yang sudah tersedia di HP Xiaomi itu sendiri untuk menyembunyikan beberapa aplikasi yang telah ditandai. Salah satunya dengan masuk ke menu pengaturan di HP dan mengikuti beberapa langkahnya.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi saat ini bisa dilakukan dengan mudah, baik itu menggunakan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi. Namun pastikan juga keamanan aplikasi pihak ketiga yang digunakan. Sejumlah langkahnya bisa diikuti di atas, pastikan tidak ada yang terlewat.

Leave a Comment