Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo, ASUS, HP, dll

Dewasa ini, cara menyalakan lampu keyboard laptop menjadi suatu topik yang banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan banyaknya series dan merk laptop yang kini menghadirkan fitur lampu keyboard di produk mereka.

Dengan adanya lampu keyboard, para pengguna semakin dimudahkan karena tidak perlu bersusah payah jika ingin mengetik di tengah suasana yang minim cahaya. Selain itu, bagi para pengguna yang lain, lampu keyboard dapat menambah daya esthetic laptop itu sendiri

Latas, bagaimana cara untuk menyalakan lampu keyboard? Dengan merek di dunia per-laptop-an, tentu tidak semuanya memiliki cara yang sama untuk menghidupkan fitur ini. Untuk itu, kamu bisa menyimak cara menyalakan lampu keyboard pada berbagai merek melalui ulasan berikut.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Pada Berbagai Merk Laptop

Keyboard laptop yang dapat menyala merupakan fitur yang kini  banyak dihadirkan oleh beberapa laptop. Walaupun begitu, tidak semua merek memiliki fitur ini. Kamu bisa cek kelengkapan fitur laptop terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Terlepas dari itu, jika laptop sudah memiliki fitur lampu keyboard, kemudian bagaimana cara untuk menyalakannya? Karena setiap merk dan series memiliki cara tersendiri, berikut cara menyalakan lampu keyboard laptop pada berbagai merk.

1. Cara Menghidupkan Lampu Keyboard pada Laptop HP

Jika kamu memiliki laptop HP dan ingin menyalakan lampu keyboardnya, maka yang pertama harus dilakukan adalah dengan cek series terlebih dahulu. Karena tidak semua series HP menyediakan fitur backlight pada keyboardnya.

Baca Juga  10 Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Nyala

Apabila dapat dipastikan bahwa laptop memang memiliki fitur lampu pada keyboardnya, maka berikut cara untuk menyalakannya di laptop HP.

  • Tekanlah tombol F5 pada keyboard laptop

Tekanlah tombol F5 pada keyboard laptop

  • Apabila lampu keyboard menyala, maka laptop HP tersebut sudah dilengkapi dengan fitur backlight keyboard.

Untuk menyalakan lampu keyboard di laptop HP memang sangat simpel dan mudah, yaitu dengan menekan satu tombol saja. Jika lampu tidak dapat menyala setelah menekan F5, maka kemungkinan laptop tidak memiliki fitur tersebut.

2. Cara Menghidupkan Lampu Keyboard pada Laptop Lenovo

Pada laptop Lenovo, fitur lampu keyboard hanya terdapat pada tipe Thinkpad. Jika termasuk pengguna laptop Lenovo tipe ini, maka kamu bisa menyalakan lampu keyboard dengan mudah. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini cara menyalakan lampu keyboard pada laptop Lenovo.

  • Langkah pertama, lihat terlebih dahulu apakah terdapat simbol backlight pada keyboard spasi laptop
  • Jika pada keyboard spasi terdapat simbol tersebut, maka tekan tombol Fn + Spasi di keyboard dalam waktu bersamaan.

Jika pada keyboard spasi terdapat simbol tersebut, maka tekan tombol Fn Spasi di keyboard dalam waktu bersamaan

  • Lampu juga bisa diubah dalam beberapa mode yaitu mat, rendah, dan juga tinggi dengan menggunakan kombinasi antara tombol di keyboard tersebut.
  • Lampu keyboard berhasil menyala.

Pada laptop Lenovo terdapat tiga mode ketajaman cahaya dari lampu keyboard yang bisa dipilih. Tentu ini memudahkan para pengguna yang terkadang merasa lampu keyboard terasa remmang atau terlalu cerah.

3. Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Pada Laptop ASUS

Sama seperti cara menyalakan lampu keyboard laptop pada merek lain yang telah dibahas diatas, ASUS juga menggunakan kombinasi tombol untuk menyalakan fitur tersebut. Namun, perlu diketahui terlebih dahulu  jika tidak semua tipe laptop ASUS memiliki fitur lampu keyboard.

Salah satu tipe laptop ASUS yang memiliki fitur lampu keyboard yaitu ASUS Vivobook A 412 FL dan juga laptop ASUS seri TUF Gaming FX505GT i5 gen 9. Kedua jenis ini memiliki cara menyalakan lampu keyboard yang berbeda. Berikut cara menyalakan lampu keyboard ASUS Vivobook A 412 FL.

  • Untuk menyalakan lampu keyboard ASUS series ini, cukup tekan tombol F7 pada keyboard. Selain menekan tombol F7, juga terdapat alternatif lain yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol Fn + F4 yang ditekan secara bersamaan.
Baca Juga  12 Cara Setting Router (Atur SSD Sampai Cek Koneksi)!

Untuk menyalakan lampu keyboard ASUS series ini, cukup tekan tombol F7 pada keyboard

  • Sementara, untuk mengubah mode lampu keyboard atau mengatur tingkat kecerahannya, bisa menekan tombol F7 hingga kecerahan sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, mengubah mode kecerahan juga bisa menggunakan kombinasi tombol Fn + F3.

Diatas merupakan cara untuk menyalakan lampu keyboard pada series laptop ASUS Vivobook A 412 FL. Jika membicarakan ASUS series TUF Gaming FX505GT i5 gen 9, maka caranya sudah beda lagi. Kamu bisa menyalakan lampu keyboard series ASUS yang satu ini dengan cara dibawah:

  • Untuk menyalakan lampu keyboard, tekanlah tombol Fn + Page Up pada keyboard secara bersamaan.
  • Apabila ingin mengubah mode lampu, maka tekan Fn + Page Up dan kecerahan lampu akan berubah.

4. Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Pada Laptop Toshiba

Pada laptop Toshiba, cara untuk menyalakan lampu keyboard tidak sesimpel laptop jenis merek lain. Lampu keyboard pada laptop Toshiba bisa dinyalakan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama, tekan tombol Start pada keyboard laptop Toshiba.
  • Setelahnya, tekan tombol Shift dan tahan beberapa saat.
  • Nanti akan muncul beberapa pilihan, jika sudah begitu pilih
  • Tekan tombol Power pada laptop kemudian tekan
  • Jika berhasil, maka tampilan Boot Menu akan muncul. Dari situ, pilihlah Enter Setup
  • Perangkat akan menampilkan beberapa pilihan, pilihlah Keyboard Backlight Control Mode kemudian enter.

Perangkat akan menampilkan beberapa pilihan, pilihlah Keyboard Backlight Control Mode kemudian enter

  • Jika sudah, langkah selanjutnya aktifkan mode tersebut.
  • Sebagai langkah terakhir tekan tombol F10 maka keyboard laptop dapat menyala.

5. Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Pada Laptop ACER

Bagi para pengguna laptop ACER, maka beberapa series dari produk ini telah menghadirkan fitur lampu pada keyboard yang bisa dinyalakan. Diantara dari series ACER yang dilengkapi dengan fitur ini yaitu ACER A515 51G, ACER Predator, hingga ACER Aspire VX15.

Baca Juga  2 Cara Ganti Password WiFi TPLink via Browser dan Aplikasi

Walaupun cara menyalakan lampu keyboard laptop ACER juga simpel dan mudah, tetapi ini berbeda dengan merek yang lainnya. Untuk mengetahuinya, simak ulasan cara menyalakan keyboard ACER berikut ini.

  • Untuk menyalakan lampu keyboard, maka cukup dengan menekan tombol Fn + F9 pada keyboard secara bersamaan.

Untuk menyalakan lampu keyboard, maka cukup dengan menekan tombol Fn F9 pada keyboard secara bersamaan

Jika berhasil dengan cara diatas, maka lampu keyboard ACER akan menyala. Sementara itu, pada ACER tidak terdapat mode tingkatan cahaya yang bisa diatur.

Alternatif Lain Ketika Lampu Keyboard Laptop Tidak Bisa Menyala

Alternatif Lain Ketika Lampu Keyboard Laptop Tidak Bisa Menyala

Dari banyaknya series laptop yang ada, tentu tidak semuanya memiliki fitur lampu keyboard yang bisa menyala. Jika laptop terkendala karena fitur yang tidak tersedia, atau sudah mencoba cara menyalakan lampu keyboard laptop di atas tetapi lampu tetap tidak menyala, maka ini alternatif yang bisa dicoba!

1. Membeli Keyboard USB

Apabila perangkat tidak menyediakan fitur keyboard yang bisa nyala, maka membeli keyboard USB yang bisa menyala bisa menjadi alternatif yang bisa dicoba. Caranya cukup sambungkan USB pada perangkat dan keyboard menyala sudah siap digunakan.

2. Menggunakan Lampu Belajar

Terkadang lampu keyboard dibutuhkan oleh seseorang yang ingin mengetik dalam ruangan yang gelap. Alasannya pun macam-macam, menginginkan ketenangan atau pun alasan yang lain. Untuk mengatasinya, lampu belajar bisa menjadi jalan keluar.

Dengan menggunakan lampu belajar di saat mengetik, lampu utama ruangan bisa padam, tetapi kegiatan mengetik masih bisa dilakukan karena pencahayaan cukup.

Lampu keyboard yang bisa menyala tentu membuat laptop terlihat lebih estetik. Dalam hal lain, ini juga berguna bagi pengguna yang ingin menggunakan keyboard di tengah pencahayaan yang minim. Untuk itu, kamu bisa menggunakan cara menyalakan lampu keyboard laptop yang telah dibahas, ya!

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar