2 Cara Menonaktifkan Instagram Sementara & Permanen

Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler saat ini dan menjadi favorit banyak orang. Lebih dari 2 miliar pengguna dari seluruh dunia telah menggunakan Instagram. Tapi bagaimana dengan cara menonaktifkan Instagram jika pengguna ingin menghapusnya.

Selain menjadi platform hiburan Instagram juga bisa menjadi platform bisnis yang menguntungkan. Tapi tak sedikit juga pengguna yang ingin menonaktifkannya misalnya karena bosan atau memang ada hal lain yang membuat akun IG tersebut harus dihapus.

Akun Instagram ini bisa dinonaktifkan baik secara permanen maupun secara sementara saja. Tapi untuk yang sementara ada batas waktunya yang ditentukan oleh pihak Instagram. Sedangkan yang permanen seluruh data akan terhapus selamanya.

Cara Menonaktifkan Instagram di HP

Menonaktifkan Instagram baik sementara maupun permanen harus diikuti dengan keyakinan yang kuat, bahwa akun tersebut memang tidak akan aktif. Apalagi untuk menonaktifkan secara permanen yang dimana datanya akan terhapus semua selamanya.

Berikut ini beberapa cara menonaktifkan Instagram di HP baik sementara maupun permanen:

1. Cara Menonaktifkan Instagram Sementara

Untuk menonaktifkan Instagram secara sementara maka akun bisa diaktifkan kembali di kemudian hari. Pada saat diaktifkan lagi, jumlah followers tidak akan berkurang serta foto dan video yang dipasang di sana juga tidak akan hilang.

Maksimal waktu menonaktifkan Instagram ini adalah seminggu, selebihnya akun akan aktif kembali. Cara menonaktifkannya adalah dengan langkah berikut:

  • Masuk ke akun Instagram terlebih dulu melalui ponsel saja.
  • Kemudian klik profil yang ada di sudut kanan bawah.
  • Lalu klik Edit Profil.

Lalu klik Edit Profil

  • Pilih lagi Nonaktifkan Sementara Akun Saya jika ingin menonaktifkannya secara sementara.

Pilih lagi Nonaktifkan Sementara Akun Saya jika ingin menonaktifkannya secara sementara

  • Tentukan alasan mengapa akun akan dinonaktifkan dari pertanyaan yang tertera yaitu, Mengapa Anda menonaktifkan Akun.
  • Setelah itu masukkan kata sandi dari akun.
  • Klik lagi Nonaktifkan Sementara Akun Saya.

Ketika pengguna IG menonaktifkan akunnya untuk sementara maka para followers tidak akan bisa melihat timeline/linimasanya, dan tidak bisa mencari nama akunnya. Tapi untuk history DM masih ada dan masih bisa dilihat.

Selain itu saat akun IG sedang tidak aktif sementara nama penggunanya akan berubah menjadi Instagrammers. Informasi akun masih tersimpan rapi di akun tersebut sehingga saat diaktifkan lagi tidak akan ada yang hilang.

2. Cara Menonaktifkan Instagram Permanen

Ingin menonaktifkan akun IG selamanya atau secara permanen? Tentu saja bisa dan caranya pun mudah. Cara menonaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram terlebih dulu sambil mengklik profil yang ada di pojok kanan bawah.
  • Kemudian klik lagi Pengaturan di bagian kanan atas.
  • Tahap berikutnya adalah Pilih Bantuan > Pusat Bantuan.
  • Cara menonaktifkan akun IG secara permanen adalah dengan mengklik Kelola Akun Anda > Hapus Akun Anda.

Cara menonaktifkan akun IG secara permanen adalah dengan mengklik Kelola Akun Anda Hapus Akun Anda

  • Setelah itu pilih lagi Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram Saya.
  • Klik Hapus halaman Akun Anda.

Klik Hapus halaman Akun Anda

  • Pilih alasan mengapa akun ini harus dinonaktifkan secara permanen.
  • Masukkan password.
  • Setelah itu klik lagi Hapus Akun Saya Secara Permanen.

Cara Menonaktifkan Instagram di Web Secara Permanen

Tak hanya menonaktifkan melalui HP saja tapi menonaktifkan IG bisa juga melalui web, yaitu dengan langkah berikut ini:

  • Masuk kecom terlebih dulu.
  • Setelah itu masuk ke akun Instagram.
  • Pilih alasan mengapa akun IG tersebut dinonaktifkan secara permanen.

Pilih alasan mengapa akun IG tersebut dinonaktifkan secara permanen

  • Kata sandi akun IG dimasukkan kembali.
  • Selanjutnya klik Hapus Akun Saya Secara Permanen.

Selanjutnya klik Hapus Akun Saya Secara Permanen

Alasan Mengapa Pengguna Instagram Menonaktifkan Akunnya

Alasan Mengapa Pengguna Instagram Menonaktifkan Akunnya

Tak sedikit juga pengguna media sosial terfavorit ini yang menonaktifkan akun Instagramnya sampai saat ini. Ada banyak alasan dibalik menghapus atau menonaktifkan Instagram baik secara permanen maupun sementara saja. Berikut ini beberapa alasan mengapa orang-orang menonaktifkan akun IG:

1. Capek dan Bosan Menggunakan Instagram

Sekitar 4% responden pengguna Instagram mengaku menonaktifkan akunnya karena merasa capek dan bosan saat menggunakannya. Tujuan dari dibuatnya media sosial ini memang untuk menghibur, memposting foto dan video, kegiatan sehari-hari, atau mencari berita.

Tapi lama kelamaan aktifitas itu menjadi sesuatu yang membosankan, sehingga seorang pengguna bisa memutuskan untuk menonaktifkan akunnya.

Untuk pengguna dengan jumlah followers banyak atau menjadi terkenal di Instagram, bisa jadi capek dengan para netizen yang merundungnya. Media sosial ini juga rawan haters yang sering menuliskan komentar-komentar buruk.

2. Akunnya Diretas

Alasan lainnya mengapa seseorang menghapus atau menonaktifkan akunnya adalah karena akun IG mereka telah diretas. Apalagi media sosial Instagram ini memang sangat mudah terkena retasan orang tak bertanggung jawab.

Maka besar kemungkinan akunnya pun akan menghilang dan tidak bisa digunakan sehingga si pengguna memutuskan untuk menghapus saja akunnya.

3. Boros Pemakaian Paket Data

Pertimbangan lainnya yang menjadi alasan seseorang menonaktifkan akun IGnya adalah karena borosnya penggunaan paket data. Fitur yang menampilkan banyak video dan foto ini memang akan menguras paket data saat pengguna sedang mengaksesnya.

Ditambah lagi dengan banyaknya orang yang juga menggunakan media sosial ini. Tapi ketika pemakaian paket datanya terlalu boros maka tak heran si pengguna menghapus saja akunnya karena dirasa memberatkan pemakaian kuota.

Tapi banyak juga yang masih bertahan dengan menggunakan akun IG karena merasa media sosial ini adalah hiburan, dan bisa menjadi sarana yang tepat untuk berkomunikasi dengan teman atau pengguna lainnya.

4. Membuang-buang Waktu

Ada juga pengguna Instagram yang beranggapan bahwa ternyata pemakaian IG ini sangat membuang waktu percuma. Menggunakan media sosial seperti Instagram memang terkadang membuat candu, sehingga banyak orang yang melupakan aktivitas/kegiatannya.

Artinya hal itu akan membuang-buang waktu si pengguna karena kegiatan menggunakan IG ternyata banyak menyita waktunya. Tak heran jika pengguna akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakannya lagi dan menonaktifkannya.

5. Kurangnya Percaya Diri

Media sosial Instagram memang terlihat beda dari yang lain sejak awal kemunculan aplikasinya. Instagram memungkinkan penggunanya untuk memposting foto dan video apapun di sana.

Maka postingan tersebut akan dilihat oleh banyak orang terutama oleh followersnya. Tapi lama kelamaan media sosial ini menjadi ajang pamer bagi orang-orang menengah ke atas, atau seperti para selebgram, artis, tokoh ternama, dan sebagainya.

Visual kehidupan seseorang di Instagram memang terlihat lebih keren, glamour, mewah dan sebagainya. Hal itu bisa membuat para pengguna yang bukan termasuk kalangan menengah ke atas merasa minder dengan kehidupannya.

Daripada ia terganggu dengan perasaan kurang percaya dirinya maka lebih baik ia pun menonaktifkan akunnya.

Keuntungan Menghapus Akun Instagram

Keuntungan Menghapus Akun Instagram

Ternyata banyak juga keuntungan yang diperoleh pengguna dalam menonaktifkan akun IG-nya, seperti misalnya bisa lebih fokus pada kegiatan/pekerjaannya. Dengan tidak menggunakan akun IG maka pengguna akan lebih fokus dengan kegiatan atau pekerjaannya sehari-hari.

Tidak menggunakan akun IG juga akan membuat sehat secara emosional, karena banyak netizen yang sering berkomentar negatif mengenai sesuai di akun seseorang. Orang-orang yang toxic itu bisa dihindari karena pengguna sudah tidak mengaktifkan IGnya.

Untuk itu mengetahui cara menonaktifkan Instagram adalah hal yang sangat penting, bagi orang-orang yang ingin menghapus atau menonaktifkannya baik secara permanen maupun sementara.

Leave a Comment