Cara Menonaktifkan Facebook untuk Sementara (Data Tidak Akan Hilang)

Cara menonaktifkan Facebook untuk sementara waktu bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ataupun website. Langkah ini diambil oleh seseorang yang ingin berhenti sementara dari akun media sosial tersebut.

Beberapa orang menganggap Facebook sebagai tempat yang nyaman, tetapi ada kalanya juga cukup merepotkan. Itulah kenapa, mereka sering sekali menonaktifkan akun ini untuk berhenti sementara dan akan aktif lagi dalam beberapa minggu kedepan.

Cara menonaktifkan Facebook hampir mirip dengan menghapus secara permanen. Hanya saja, kamu hanya akan memilih bagian nonaktif sehingga akun akan tetap ada tetapi tidak akan bisa ditemukan oleh orang lain.

Cara Menonaktifkan Facebook Sementara

Pengguna bisa menggunakan cara menonaktifkan Facebook yang akan dibahas di bawah ini. Ikuti dari awal sampai akhir untuk menghindari kesalahan ketika melakukan non aktif pada akun.

  • Masuk ke profil Facebook
  • Pilih Pengaturan & Privasi
  • Masuk ke Pengaturan

Masuk ke Pengaturan

  • Klik Informasi Facebook di kolom sebelah kiri
  • Masuk ke bagian Penonaktifan dan Penghapusan
  • Pilih Penonaktifan Akun

Pilih Penonaktifan Akun

  • Masukkan kata sandi
  • Akun berhasil dibuat tidak aktif.

Hindari Ini Saat Menonaktifkan Facebook

Hindari Ini Saat Menonaktifkan Facebook

Ada baiknya untuk menghindari beberapa hal di bawah ini saat menonaktifkan Facebook. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah sehingga akun Facebook justru terhapus.

1. Salah Memilih

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika ingin mewakilkan non aktif pada akun Facebook. Salah satu yang harus dihindari adalah salah pilih. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada dua pilihan ketika akan melakukan proses nonaktif.

Apabila kamu salah pilih, kemungkinan besar akan memilih pada bagian penghapusan akun. Jika akun ternyata dihapus, kemungkinan besar akan sulit untuk dikembalikan lagi. Jadi, lebih baik selalu berhati-hati ketika akan melakukan proses.

Selama kamu memilih dengan tepat, biasanya tidak akan ada masalah sama sekali. Jadi disarankan untuk selalu menggunakan komputer saja ketika akan melakukan proses. Dengan begitu, pemilihan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

2. Hapus Data Sembarangan

Beberapa orang biasanya khawatir apabila melakukan proses nonaktif, beberapa data yang ada pada Facebook masih bisa dicari oleh orang lain. Jadi, mereka melakukan penghapusan secara massal pada beberapa postingan.

Sebenarnya, hal ini tidak perlu dilakukan lagi. Apabila sudah melakukan proses non aktif, berarti kamu bisa langsung menyembunyikan berbagai hal yang ada di sana. Ini akan membuat beberapa data jadi tidak bisa terbuka.

Intinya tidak perlu melakukan proses penghapusan terlebih dahulu. Jadi, kamu tidak boleh khawatir apabila ada data-data yang harus dihapus atau tidak di backup. Karena, proses ini bisa berjalan dengan lebih mudah.

3. Tidak Membaca Aturan Nonaktif

Usahakan untuk melakukan proses membaca pengaturan sebelum melakukan proses non aktif. Karena biasanya sudah langsung dijelaskan apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan.

Aturan yang diterapkan oleh Facebook biasanya juga akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Itulah kenapa aku mah disarankan untuk selalu membaca beberapa aturan yang terbaru agar proses non aktif berjalan dengan baik.

Intinya kamu tidak perlu khawatir apabila ingin melakukan proses non aktif. Karena proses ini bisa berjalan dengan mudah dan tidak akan melakukan penghapusan pada beberapa data yang ada di dalamnya.

4. Memberi Tahu Rekan

Usahakan untuk selalu memberitahu rekan terlebih dahulu apabila ingin melakukan proses nonaktif. Apabila hal ini dilakukan maka mereka bisa langsung mencari kamu pada media ataupun channel yang tepat.

Beberapa orang biasanya melakukan proses pencarian dengan cukup sulit. Apabila sudah diketahui sebelumnya, maka mereka akan tahu gimana cara mencari yang paling mudah dilakukan.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk selalu memberikan informasi paling tidak seminggu sebelum melakukan proses yang aktif. Jadi, apabila ada sesuatu yang bersifat urgent atau mendadak bisa langsung menghubungi kontak yang lain.

Pertanyaan Seputar Nonaktifkan Facebook

Pertanyaan Seputar Nonaktifkan Facebook

Ada banyak sekali pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang ingin menonaktifkan Facebook. Berikut beberapa pertanyaan dan juga jawabannya.

1. Apakah Akun Akan Tetap Aman?

Sebenarnya tidak akan ada masalah sama sekali dengan aku yang nantinya akan digunakan. Karena akun akan tetapi bisa digunakan lagi di kemudian hari meskipun sudah dilakukan proses non aktif terlebih dahulu.

Proses nonaktif ini berbeda dengan melakukan proses penghapusan. Apabila proses penghapusan maka seluruh data akan hilang dan habis putus saja. Saat melakukan proses nonaktif, berarti tidak akan ada data yang hilang sama sekali.

Akunya kamu gunakan hanya tidak bisa diakses oleh orang lain saja. Meski demikian, kamu masih bisa melakukan login dan melihat seluruh isi yang ada di dalamnya.

2. Bisakah Dicari Orang Lain?

Karena akun sudah dinonaktifkan untuk sementara waktu, berarti orang lain tidak akan bisa melakukan proses. Meskipun mereka mencari dengan menggunakan kata yang tepat atau menggunakan link yang sesuai kemudian besar tidak muncul.

Karena ketika sudah melakukan proses non aktif, berarti seluruh data yang ada di dalamnya tidak akan bisa dibuka. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan ini apabila merasa terganggu dan ingin berhenti sementara waktu dari media sosial.

Itulah kenapa apabila ada hal yang bersifat penting disarankan untuk memberitahu orang lain terlebih dahulu. Jadi, mereka tidak akan mengakses Facebook yang kamu miliki untuk menjalin komunikasi.

3. Cara Aktivasi Akun Lagi

Cara aktivasi akun bisa dilakukan dengan menggunakan cara yang sama. Jadi kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah dilakukan di atas. Biasanya akan ada pilihan untuk melakukan proses aktivasi lagi pada akun yang digunakan.

Apabila akun sudah dilakukan proses aktivasi lagi, berarti bisa langsung digunakan saat itu. Namun, biasanya akan ada beberapa penyesuaian sehingga akan sulit untuk langsung dilakukan proses pencarian.

Normalnya dalam jangka waktu 24 jam biasanya akun akan kembali seperti biasa. Setelah akun kembali, berarti orang lain bisa melakukan komunikasi atau mengirim pesan secara langsung.

4. Bisa Bertahan Berapa Lama?

Apabila melakukan proses penghapusan berarti seluruh data yang ada di dalamnya akan terhapus secara. Sebaliknya, apabila ingin melakukan proses nonaktif, berarti beberapa data yang ada di dalamnya akan tetap berada di sana.

Mengenai waktu yang bisa dilakukan untuk non aktif, semua bisa dilakukan sesuai keinginan. Untuk waktunya bisa bervariasi bahkan bisa berjalan hingga bertahun-tahun. Artinya tidak ada batasan yang diterapkan oleh Facebook.

Jadi apabila kamu ingin melakukan proses non aktif selama 1 tahun penuh sekalipun tidak ada masalah. Selanjutnya ketika ingin diaktifkan lagi, berarti seluruh data yang ada di dalamnya masih tersedia.

Cara menonaktifkan Facebook untuk sementara waktu sudah dibahas dengan cukup rinci. Biasanya seseorang melakukan ini untuk puasa sementara dari media sosial dan menenangkan pikiran. Selain itu, mereka juga ingin berhenti untuk bermalas-malasan.

Karena terkadang terlalu aktif pada Facebook juga tidak baik. Jadi beberapa orang lebih memilih untuk menonaktifkan dan memutus komunikasi sementara. Jadi beberapa pengganggu pikiran ataupun distraksi bisa sedikit untuk dihilangkan.

Leave a Comment