5 Cara Menjumlahkan di Excel ke Bawah, Samping, Sheet Berbeda, dll

Menggunakan cara menjumlahkan di Excel memang terbukti bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Bagaimana tidak, dengan adanya Excel, kamu bisa menghitung beberapa data sekaligus. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi melakukan penjumlahan dengan cara manual.

Bahkan ketika menggunakan kalkulator saja, kamu harus memasukkan datanya satu per satu. Namun memang, untuk bisa melakukan penjumlahan menggunakan Excel, kamu harus tahu rumusnya. Rumus ini mutlak harus diketahui untuk mendapatkan hasil penjumlahan sesuai dengan yang diinginkan.

Penjumlahan menggunakan Excel bisa dengan mengetikkan langsung angkanya ke dalam rumus, memasukkan angka ke dalam sel, penjumlahan dilakukan antar sheet dan sebagainya. Tentunya penjumlahan ini dilakukan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai ya.

Istilah Dalam Melakukan Perhitungan Menggunakan Excel

Istilah Dalam Melakukan Perhitungan Menggunakan Excel

Sebelum membahas lebih lanjut soal penjumlahan menggunakan Excel, terlebih dahulu perlu diketahui istilah-istilah dasar yang ada di Microsoft Excel. Tujuannya untuk mempermudah pemahaman kamu nantinya.

Dalam Excel, dikenal dua cara dasar dalam melakukan perhitungan, yaitu menggunakan fungsi dan menggunakan rumus. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

1. Menggunakan Fungsi

Fungsi pada dasarnya ialah rumus yang telah ditentukan oleh Excel. Contoh fungsi ialah =SUM(A1:A5). Maksud dari fungsi ini ialah perhitungan akan dilakukan terhadap semua nilai yang ada di dalam sel A1 hingga sel A5. Biasanya fungsi seperti ini banyak digunakan untuk kepentingan analisis data.

2. Menggunakan Rumus

Kalau rumus, ini adalah ekspresi untuk menghitung nilai sel. Jumlahnya bukan hanya satu, namun bisa menyeluruh bahkan lebih dari satu baris yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, =B1+B2+B3 yang artinya perhitungan akan dilakukan terjadap sel B1, B2 dan B3

Baca Juga  Cara Menggunakan Excel untuk Pemula (Operasi Hitung, Grafik, dll)

Ragam Pilihan Cara Menjumlahkan di Excel

1. Cara Melakukan Penjumlahan Menggunakan Perhitungan Dasar

Cara yang pertama ini adalah cara yang banyak digunakan saat seseorang ingin menjumlahkan angka-angka yang ada dalam beberapa sel. Ambil contoh dalam hal ini, kamu ingin menghitung 2+3, maka langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pilih sel di mana hasil penjumlahan akan ditampilkan

Pilih sel di mana hasil penjumlahan akan ditampilkan

  • Selanjutnya, ketikkan tanda sama dengan (=)
  • Masukkan angka 2 langsung setelah tanda =
  • Masukkan tanda + dan masukkan angka 3
  • Tekan Enter, maka hasilnya akan segera keluar dalam sel yang sudah dipilih tadi

Kalau dalam contoh di atas, angka-angka yang ditambahkan hanya ada 2, yakni angka 2 dan angka 3. Namun dalam praktiknya, kamu bisa menjumlahkan banyak angka sekaligus.

Contoh =2+3+4+5 dan sebagainya. Intinya, kamu hanya perlu menambahkan tanda + di antara dua angka yang ingin dijumlahkan. Selain dengan memasukkan angkanya langsung ke dalam rumus, kamu juga bisa melakukan penjumlahan dengan cara memasukkan alamat sel.

Alamat sel yang dimaksud dalam hal ini misalnya A1, artinya sel yang berada di kolom A baris pertama atau C7 artinya sel yang berada di kolom C baris 7. Tentunya, harus dipastikan bahwa sel yang akan digunakan berisi angka ya.

Ambil contoh dalam hal ini, kamu memasukkan angka 25 di sel A1, kemudian masukkan angka 25 di dalam sel B1 dan hasil penjumlahan ingin ditampilkan pada sel C1. Maka pada sel C1 ini kamu bisa ketikkan =A1+B1 lalu tekan Enter.

Kalau mengetikkan alamat sel terlalu rumit, setelah mengetikkan tanda sama dengan (=), gunakan kursor untuk klik sel A1. Kemudian ketikkan tanda + lalu klik sel B1 dan tekan Enter, maka hasil penjumlahan akan segera keluar.

Selain dengan memasukkan angka dan alamat sel, kamu juga bisa mengombinasikan keduanya loh. Contoh, di sel A1 kamu mengetikkan angka 25 dan ingin ditambah dengan 30. Maka kamu bisa ketikkan =A1+30 dan tekan Enter untuk melihat hasilnya.

Baca Juga  3 Cara Membuat Kop Surat di Word (Manual & Otomatis)

2. Cara Melakukan Penjumlahan dari Atas ke Bawah

Cara menjumlahkan di Excel yang kedua ini bisa dipilih kalau kamu ingin menjumlahkan data-data yang ada dalam kolom yang sama. Misalnya kolom A dari sel 1 hingga sel 10. Untuk melakukan penjumlahan tersebut, kalau dengan cara manual kamu bisa mengetikkan atau klik sel satu per satu seperti ini.

  • Tentukan sel di mana hasil perhitungan akan ditampilkan
  • Gunakan rumus sederhana seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, yakni ketikkan

Gunakan rumus sederhana seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, yakni ketikkan

  • =A1+A2+A3+A4+A5+A6+A7+A8+A9=A10
  • Tekan Enter untuk menampilkan hasil perhitungan

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara berikut yang lebih praktis dan simpel:

  • Ketikkan tanda =SUM(A1:A10). Selain dengan mengetikkan alamat sel seperti itu, kamu bisa juga dengan langsung klik sel A1 setelah menuliskan tanda kurung. Dari sel A1, seret ke bawah kotaknya hingga sel A10, lalu berikan tanda tutup kurung
  • Tekan Enter agar hasilnya bisa keluar

Dalam menghitung menggunakan Excel, khususnya saat menggunakan cara ini,  tanda sama dengan (=) dan tanda kurung merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, tanda ini jangan sampai dilupakan dan jangan sampai keliru penulisannya atau hasil perhitungan yang diinginkan tidak akan keluar.

3. Cara Melakukan Penjumlahan ke Samping

Cara Melakukan Penjumlahan ke Samping

Pada dasarnya, cara melakukan penjumlahan ke samping itu sama dengan cara menjumlahkan dari atas ke bawah. Hanya saja, alamat selnya berbeda. Contoh kalau kamu ingin menghitung data dari sel A1, B1, C1 hingga D1.

Maka penulisan rumusnya nanti =SUM(A1:D1) lalu tekan Enter. Jangan lupa, sebelum menuliskan rumus tersebut, pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan sel yang akan dijadikan tempat untuk menampilkan hasil perhitungan ya.

Selain menggunakan alamat sel seperti itu, tentunya kamu juga bisa langsung menghitung dengan cara memasukkan angka-angka yang terdapat dalam sel A1, B1, C1 dan juga D1. Jangan lupa, diantara angka-angka tersebut berikan tanda + ya.

Baca Juga  2 Cara Menghitung Rata Rata di Excel (AVERAGE) Otomatis & manual

4. Cara Menjumlahkan Data yang Ada Dalam Sheet Berbeda

Cara Menjumlahkan Data yang Ada Dalam Sheet Berbeda

Meskipun berada pada lembar yang berbeda, data-data masih bisa dijumlahkan menggunakan Excel loh. Memang ada sedikit trik untuk melakukannya nanti. Agar lebih paham, mari ambil skenario di mana kamu ingin menjumlahkan data yang ada di sel A1 pada sheet 1 dengan data di sel A7 tapi di sheet 2.

Untuk melakukan perhitungan ini, rumus yang bisa kamu gunakan ialah =Sheet1!A1+Sheet2!A7 lalu tekan Enter. Hasilnya akan segera keluar dalam sel yang sudah kamu tentukan. Ingat, perhatikan betul cara penulisan rumusnya ya.

Sekali lagi, dalam penulisan rumus Microsoft Excel, tidak perlu ditambahkan spasi. Kemudian, perhatikan juga tanda-tanda yang digunakan, mulai dari tanda seru, tanda plus maupun tanda-tanda lainnya sesuai dengan kebutuhan perhitungan.

Rumus di atas juga berlaku untuk sheet berapapun dan sel berapapun yang ingin dihitung ya. Jadi, kalau kamu menemukan kasus seperti ini, ikuti saja rumus tersebut. Tinggal ganti alamat sel dan sheetnya saja.

5. Cara Menjumlahkan Dengan Paste Spesial

Paste Special merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung jumlah data  yang merubah nilai asli menjadi hasil. Misalnya, ada data dalam kolom C yang diurutkan mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil.

Masing-masing data tersebut akan ditambahkan dengan angka 10. Maka cara perhitungannya seperti ini.

  • Masukkan angka 10 dalam sel E1 untuk dijadikan tambahan nilai
  • Copy sel E1 tersebut
  • Blok kolom range C1:C10
  • Selanjutnya klik Home, pilih Paste lalu pilih Paste Special

Selanjutnya klik Home, pilih Paste lalu pilih Paste Special

  • Pilih Add dan tekan OK

Sangat mudah diikuti bukan tutorial atau cara menjumlahkan di Excel di atas? Diharapkan dengan mengaplikasikan cara-cara tersebut, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan segera. Selamat mencoba.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar