2 Cara Mengunci Galeri di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara mengunci galeri di iPhone ternyata sudah bisa dilakukan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan mulai dari mengatur kunci hingga menggunakan aplikasi. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri mana saja cara yang paling sesuai.

Karena beberapa cara mungkin ada yang bisa digunakan, tetapi ada juga yang sulit untuk diaplikasikan. Itulah kenapa kamu harus menyiapkan mana saja foto ataupun galeri yang ingin dikunci.

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengunci galeri di iPhone dengan pengaturan atau menggunakan aplikasi. Jadi, kamu bisa dengan mudah melakukan proses penguncian yang paling sesuai dengan keinginan.

Cara Kunci Galeri di iPhone Tanpa Aplikasi

Cara kunci galeri di iPhone tanpa menggunakan aplikasi bisa dilakukan dengan beberapa pengaturan. Kamu bisa memilih salah satu dari pengaturan di bawah ini.

1. Pakai Restrictions

Cara mengunci galeri di iPhone yang pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur larangan atau restriction. Untuk melakukan itu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka iPhone masuk ke Settings.
  • Masuk ke opsi General.
  • Pilih Restrictions.

Pilih Restrictions

  • Aktifkan fitur Restrictions, tekan tombol Enable Restrictions.
  • Pilih dan tentukan aplikasi, dalam hal ini Photo.

Pilih dan tentukan aplikasi, dalam hal ini Photo

  • Penguncian akan berjalan secara otomatis dan jika ingin masuk harus menggunakan kata sandi.

2. Menggunakan Touch ID

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan touch ID pada beberapa iPhone khususnya yang memiliki versi cukup tinggi. Ikuti langkah berikut untuk memanfaatkannya.

  • Masuk ke Pengaturan atau Settings.
  • Temukan Touch ID & Password.

Temukan Touch ID & Password

  • Masukkan kata sandi yang dimiliki.
  • Aktifkan Touch ID untuk aplikasi foto atau Galeri.
  • Keluar dan masuk lagi ke Settings.
  • Cari Passcode & Touch ID dan aktifkan.
Baca Juga  8 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Touch Id, Siri, dll

Cari Passcode & Touch ID dan aktifkan

  • Pilih Galeri untuk dikunci.

Aplikasi untuk Kunci Galeri

Aplikasi untuk mengunci galeri sebenarnya cukup banyak. Kamu bisa menggunakan salah satu yang akan dibahas di bawah ini.

1. KeepSave Vault

KeepSave Vault

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat beberapa bagian atau aplikasi pada iPhone jadi terkunci. Jadi kamu bisa melakukan pemilihan kira-kira mana saja yang harus dikunci dan mana saja yang tidak.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu harus mengapa beberapa password yang nantinya digunakan. Karena setiap aplikasi biasanya bisa diperlakukan password yang berbeda-beda.

Meski demikian kamu tetap dianjurkan untuk menggunakan password yang sama terlebih dahulu. Apabila menggunakan password yang sama maka bisa dengan mudah untuk membuka apapun.

2. Folder Lock

Folder Lock

Meski memiliki nama folder Lock ternyata bisa juga digunakan untuk melakukan penguncian pada aplikasi. Jadi kamu bisa mengunci aplikasi tertentu atau menu pada ponsel iPhone yang tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Selanjutnya pada bagian galeri, kamu juga bisa melakukan pengujian pada folder tertentu. Misal pada folder yang dianggap penting, kamu bisa melakukan proses pengujian secara langsung. Jadi, ketika dibuka harus memasukkan password.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tetapi seluruh fungsinya ada di dalamnya tidak akan bisa maksimal. Jadi, memang sarankan untuk menggunakan versi berbayar atau premiumnya.

3. Photo and Video Locker

Photo and Video Locker

Aplikasi ini memang sengaja dibuat untuk melakukan proses pengujian pada foto ataupun video. Jadi kamu bisa dengan mudah untuk melakukan proses pengujian yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Melakukan proses pengujian foto dan video tertentu baik secara langsung ataupun dalam folder. Jadi apapun yang ada di dalam folder itu bisa langsung dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  7 Cara SS di Laptop (Screenshot) Windows & Macbook

4. iProtect

iProtect

Memproteksi dengan menggunakan aplikasi tambahan mungkin akan memberikan banyak sekali manfaat. Karena kamu bisa mengunci apapun dengan lebih mudah, serta menyesuaikan mana saja yang ingin dilindungi.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini terlebih dahulu. Jika ingin melakukan penguncian pada foto ataupun galeri di iPhone. Gunakan aplikasi yang paling baru agar seluruh fungsi ada di dalamnya bisa dimaksimalkan.

Selain itu selalu ingat password yang nantinya akan digunakan. Dengan begitu maka kamu tidak akan kesulitan apabila ingin membuka apapun. Jika sampai lupa maka kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.

5. DisableLaunch Pro

DisableLaunch Pro

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengujian pada galeri yang mudah dilakukan. Hanya saja apabila ingin memanfaatkannya, disarankan untuk memilih password yang tepat.

Selain itu juga pilih mana saja folder yang nantinya akan dikunci. Apabila salah memilih folder maka tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Karena masih ada cara untuk membuka yang lain sehingga meskipun dikunci file masih bisa dibuka.

Pastikan untuk selalu menggunakan versi yang paling baru. Jadi suruh fungsi yang dimiliki oleh aplikasi bisa berjalan dengan sempurna.

Tips Mengunci Galeri

Tips Mengunci Galeri

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan proses pengujian galeri. Dengan begitu proses penguncian bisa lebih sesuai dengan kebutuhan.

1. Pastikan Hafal Password

Biasanya apabila menggunakan password seseorang sering memanfaatkan kata-kata atau sesuatu yang cukup sulit. Apabila ini dilakukan bisa saja di kemudian hari kamu justru mengalami lupa dan tidak bisa masuk.

Ada doa alternatif yang bisa dilakukan untuk menghindari kamu lupa dengan beberapa password yang dipakai. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba menulis secara manual password itu pada kertas.

Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk membuka ban menutup galeri hingga beberapa kali. Dengan melakukan itu maka kamu akan terbiasa untuk melakukannya sehingga bisa membuka tanpa khawatir mengalami lupa.

Baca Juga  7 Cara Menghapus Kontak di iPhone Sekaligus, yang Tidak Bisa Dihapus, dll

2. Hindari Aplikasi Berbahaya

Sinari untuk menggunakan aplikasi yang cukup berbahaya apabila memanfaatkan iPhone. Aplikasi yang digunakan untuk memodifikasi memang cukup banyak. Tetapi pastikan untuk memilih yang paling sesuai dan juga aman.

Apabila kamu tidak bisa memilih dengan aman, kemungkinan besar tidak akan bisa dimanfaatkan. Jadi hanya pasang aplikasi memang tersedia pada app store saja dan jangan memasang aplikasi yang berasal dari luar sana.

Selain itu coba juga untuk memahami kira-kira apakah aplikasi itu aman atau tidak dari ulasan. Dengan melakukan itu maka kamu akan tahu apakah aplikasi ini memberikan efek buruk atau justru sebaliknya.

3. Buat Backup

Coba lakukan proses backup terlebih dahulu pada beberapa data yang ada di galery. Apabila tidak dilakukan proses backup maka ada kemungkinan data itu mengalami hilang atau kamu tidak sengaja menghapusnya.

Proses backup bisa dilakukan dengan memanfaatkan iCloud atau bisa juga memanfaatkan cara yang lain. Dengan melakukan proses backup ini maka penguncian pun juga tidak ada masalah bahkan dari kamu lupa.

Jadi meskipun kamu lupa dan tidak bisa membuka galeri yang sudah terkunci, kamu masih bisa memanfaatkan file backup. Jadi apabila membutuhkan sesuatu dan cukup urgent bisa langsung didapatkan dari sana secara langsung.

Cara mengunci galeri di iPhone ternyata bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan yang sesuai. Namun, pastikan kamu selalu mengetahui password yang nantinya digunakan untuk melakukan proses buka kunci.

Selain itu gunakan juga beberapa aplikasi yang sudah direkomendasikan di atas. Ada aplikasi yang bisa langsung dipakai, tetapi ada juga aplikasi berbayar yang membutuhkan membership. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar