2 Cara Menghitung Rata Rata di Excel (AVERAGE) Otomatis & manual

Bukan sekedar membuat tabel, program Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah tertentu dengan berbagai rumus. Cara menghitung rata rata di Excel, sangat mudah dipahami khususnya untuk yang membuat  tentang nilai, keuangan, dan lainnya.

Excel memang menjadi program yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan numerik, bentuknya berupa lembar kerja berisi kolom dan baris. Ada berbagai fitur pendukung, dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan kerja terutama pembuatan laporan.

2 Cara Menghitung Rata Rata di Excel

Ada dua cara yang bisa dipakai, ketika ingin menghitung nilai rata-rata dari sekelompok angka. Bisa pakai cara manual atau pakai rumus yang sudah disediakan pada toolbars Excel.

1. Cara Manual

Kalau mau menggunakan cara manual, butuh beberapa langkah sampai menemukan angka rata-rata dari sejumlah nilai. Begini tahapannya:

  • Buka lembar kerja Excel, cari dokumen yang akan dicari nilai rata-ratanya.
  • Buat tabel dan tempatkan setiap angka pada baris berbeda, bisa di dalam satu kolom atau dalam satu baris memanjang ke samping
  • Setelah kolom atau baris angka terakhir, buat satu kolom atau baris lagi untuk menempatkan nilai rata-rata
  • Pada kolom rata-rata buat rumus : =(nilai 1+nilai 2+ dst sampai nilai terakhir)/jumlah urutan nilai yang ada

Pada kolom rata-rata buat rumus - =(nilai 1+nilai 2+ dst sampai nilai terakhir):jumlah urutan nilai yang ada

  • Klik “enter” maka nilai rata-rata akan muncul di kotak tersedia

2. Cara Otomatis

Jika tidak mau ribet dengan cara manual, ada juga cara menghitung rata rata di Excel yang lebih gampang. Bagaimana langkah penggunaannya?

  • Buka lembaran kerja Excel, pilih dokumen
  • Pada kotak paling bawah, setelah nilai terakhir ketik : =AVERAGE(block nilai dari baris paling atas sampai baris atau kolom terakhir)
Baca Juga  3 Cara Membuat Tabel di Word Mudah & Lengkap (Semua Versi)

Pada kotak paling bawah, setelah nilai terakhir ketik - =AVERAGE(block nilai dari baris paling atas sampai baris atau kolom terakhir)

  • Klik “enter” dan kamu akan mendapatkan nilai rata-rata tersebut

Contoh Penerapan Cara Menghitung Rata Rata di Excel

Contoh Penerapan Cara Menghitung Rata Rata di Excel

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa melihat contoh berikut ini. Sesuai dengan pilihan cara yang dipakai, apakah cara manual atau cara otomatis.

1. Contoh Cara Manual

Contoh cara manual ini, bisa dijadikan acuan ketika kamu mencari rata-rata manual.

Nilai matematika 10 siswa, masing-masing adalah 90,91,87,67,58,89,59,20,99,77. Maka untuk mencari rata-ratanya adalah:

  • Di kotak paling bawah setelah nilai 77, ketik =( 90+91+87+67+58+89+59+20+99+77)/10
  • Klik “enter” lalu akan muncul nilai rata-rata yaitu 73,7
  • Nilai tersebut bisa langsung dipakai untuk pembuatan laporan, bisa dengan memindahkannya ke tabel lain atau dicatat bila diperlukan

2. Contoh Cara Otomatis

Selanjutnya adalah contoh penerapan cara menghitung rata rata di Excel otomatis. Nilai bahasa Inggris murid kelas 6 tercatat di dalam tabel ada empat tertinggi yaitu 100,99,98,97 yang terletak pada baris C21-C24. Maka cara mencari nilai rata-ratanya adalah:

  • Ketik =AVERAGE pada sebuah kotak di luar tabel
  • Tambahkan tanda kurung buka “(“ lalu blok empat nilai tersebut dan tekan kurung tutup “)”
  • Rumusnya menjadi =AVERAGE(C21:C24)
  • Tekan tombol “enter” maka akan muncul nilai 98,5 yang merupakan nilai rata-ratanya

Cara Menghapus Rumus Average di Excel

Jika ternyata rumus Average tidak jadi digunakan dalam tabel laporan, maka kamu bisa dengan mudah menghapusnya. Cara menghapus ini juga berlaku untuk semua rumus yang sudah terlanjur dipakai, namun urung digunakan dengan berbagai alasan.

1. Buka Halaman Excel

Buka Halaman Excel

Kamu harus terlebih dahulu membuka halaman kerja yang ingin dihapus nilai rata-ratanya.

2. Pilih Kolom Nilai Rata Rata

  • Letakkan kursor pada kotak tempat nilai rata-rata dibuat
  • Lalu block dan klik kanan untuk memilih menu “copy”
  • Masih di halaman yang sama, klik menu “paste special”

Masih di halaman yang sama, klik menu “paste special”

  • Pilih opsi “value” dan klik “enter”

3. Hapus

Hapus

Rumus sudah otomatis dihapus oleh system, namun nilai rata-rata masih tercantum di dalam kotak tersebut. Kalau kamu sekaligus ingin menghilangkan angkanya, tinggal block saka kotalk average dan tekan tombol “delete” pada keyboard

Fungsi Rumus Average di Excel

Fungsi Rumus Average di Excel

Average atau rata rata, memiliki beberapa fungsi pada lembar kerja Excel saat proses input dan pembuatan laporan. Tentunya fungsi utama rumus ini adalah untuk menemukan nilai rata-rata dari data yang tersedia.

Baca Juga  3 Cara Membuat Kop Surat di Word (Manual & Otomatis)

Kemudian ada juga fungsi yang berhubungan dengan penentuan nilai untuk membuat data dan laporan, yang nantinya akan dipertanggung jawabkan. Misalnya, rata rata nilai kelas, rata-rata penghasilan, dan masih banyak lagi.

Hal yang Perlu Dipahami Tentang Rumus Average

Hal yang Perlu Dipahami Tentang Rumus Average

Penggunaan dari rumus rata rata, harus memenuhi standar yang sudah terstruktur dalam system Excel. Jadi, nantinya nilai yang muncul bisa dipakai sesuai fungsi.

  • Nilai yang bisa dihitung menggunakan rumus average adalah referensi dari sel dimana terdapat angka tertentu. Nama maupun rentang dari sejumlah nilai.
  • Nilai logika selain angka, tidak bisa menggunakan rumus rata rata
  • Nilai berupa argumen, tidak dapat dijabarkan dalam hasil rata rata
  • Kalau mau memasukkan nilai logika, harus menggunakan rumus lain yaitu averagea
  • Untuk rata rata nilai dengan kriteria khusus, maka rumusnya akan berbeda lagi yaitu Bisa juga pakai averageifs

Rumus Populer yang Sering Dipakai Selain Rata Rata

Rumus Populer yang Sering Dipakai Selain Rata Rata

Selain menggunakan rumus rata rata, ada sejumlah rumus yang juga sering digunakan. Tentunya sesuai dengan fungsi dan apa output.

Round

Rumus round dipakai untuk melakukan pembulatan dari angka-angka yang masih menggunakan beberapa desimal di belakang koma. Supaya, nantinya tampilan data lebih rapi dan mudah untuk dipahami. Contoh adalah: =round(14:12345678.2)

VLookUp

Ada lagi rumus VlookUp, yang dipakai untuk mencari item yang ada di dalam sebuah tabel. Sehingga nantinya bisa didapatkan data tambahan, yang akan membantu pembuatan sebuah laporan.

Contoh, pada lembar kerja tabel data karyawan perusahaan yang lengkap. Kamu mau mendapatkan informasi siapa yang lahir pada tanggal 17 agustus. Maka rumusnya adalah =vlookup(“17agustus”, A1:B14)

Sum

Adalah rumus untuk melakukan penjumlahan dari deretan nilai yang ada di dalam tabel. Bisa berupa nilai bulat, menggunakan decimal, rupiah, asalkan tidak ada huruf di dalamnya.

Baca Juga  Cara Membuat Nomor di Halaman Word dengan Rapi

Contohnya adalah, menghitung jumlah pengeluaran dalam satu bulan yang terdiri dari beberapa pos anggaran. Rumus yang dipakai adalah : =SUM(Nomor1, Nomor2, dst)

Count

Lain lagi dengan count yang akan membantu melakukan penghitungan, berapa jumlah cells pada lembar kerja Excel yang berisi angka.

Misalnya, pada tabel pendapatan yang disandingkan dengan tabel nama. Dengan menggunakan rumus count, akan didapat berapa buah cells yang hanya berisikan data pendapatan. Dimana nantinya data tersebut bisa diolah kembali menggunakan rumus lain.

IF

IF merupakan rumus yang dapat dipakai ketika akan menggunakan salah satu dari dua buai nilai, dengan pertimbangan tertentu. Tapi, semua data yang terkait dengan penggunaan rumus ini harus tercantum di dalam tabel.

Penggunaan rumus rata rata pada Excel, memang sangat membantu pembuatan laporan dan inventarisasi data. Dengan tahu dan paham cara menghitung rata rata di Excel, kamu tinggal mempraktekkannya saja menggunakan data yang sudah dibuat sendiri.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar