9 Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP (Semua Merk)

Sebagai pengguna aktif ponsel, banyak individu yang mengalami masalah mengenai kemunculan tanda headset di layar, padahal kabelnya tidak tersambung. Untuk mengatasinya, tentu cara menghilangkan tanda headset di HP adalah solusi yang dicari-cari.

Hal ini disebabkan masalah kecil seperti ini ternyata cukup mengganggu bagi sebagian pengguna. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada cara untuk menghilangkan gangguan itu. Bagaimana cara yang bisa dilakukan?

Bagaimana Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP?

Untuk menghilangkan tanda ini sesungguhnya tidak sulit. Dikatakan begini asalkan penyebabnya bukan kerusakan dari komponen ponsel. Solusi seperti itu hanya bisa diselesaikan dengan service, namun bila tidak, ikuti saja langkah-langkah berikut.

1. Dengan Aplikasi

Menghilangkan tanda headset bisa dilakukan dengan berbagai jenis metode. Untuk metode pertama, pengguna memerlukan bantuan aplikasi yang wajib dipasang terlebih dahulu pada ponsel. Beberapa aplikasi rekomendasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Lesser Audio Switch

Lesser Audio Switch merupakan aplikasi yang pada dasarnya berfungsi untuk melakukan switch audio pada ponsel; dari headset ke speaker atau sebaliknya. Gunakan aplikasi ini untuk menukar mode HP agar kembali ke speaker. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Sesudah aplikasi diunduh dan di-install pada perangkat, buka aplikasi.
  • Tap pada menu Speakers, lalu perhatikan apakah kolom Output telah beralih dari Headphones ke Speakers. Konklusinya, apabila output telah menjadi Speakers, umumnya tanda headset akan hilang.
Baca Juga  5 Cara Efektif Cek Nomor XL Sendiri via USSD, SMS, Aplikasi, dll

Tap pada menu Speakers, lalu perhatikan apakah kolom Output telah beralih dari Headphones ke Speakers

 

Earphone Toggle

Rekomendasi aplikasi ke dua untuk melangsungkan cara menghilangkan tanda headset di HP adalah Earphone Toggle. Aplikasi ini memiliki fungsi dasar dalam menonaktifkan mode headset dengan sistem manual. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi melalui Play Store, lalu pasang pada perangkat.

Unduh aplikasi melalui Play Store, lalu pasang pada perangkat

  • Buka aplikasi, kemudian sambungkan kembali headset dengan ponsel.
  • Tap pada simbol Speakers, lalu lepas lagi kabel headset.

Tap pada simbol Speakers, lalu lepas lagi kabel headset

  • Periksa suara dari ponsel. Jika tanda headset masih muncul, ulangi langkah-langkah di atas.

Soundabout

Solusi selanjutnya adalah dengan mencoba aplikasi bernama Soundabout. Fitur di dalamnya memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai pengaturan suara di HP. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat membantu menghilangkan tanda headset.

Bagaimana cara kerja aplikasinya? Simak langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh aplikasi di Play Store, langsung install agar terpasang pada perangkat.
  • Masuk ke menu Connectable Devices, kemudian klik Wired Headset Settings.

Masuk ke menu Connectable Devices, kemudian klik Wired Headset Settings

  • Hilangkan simbol ceklis pada Wired Headset Detection.

2. Menjalankan Speaker Test

Berikutnya adalah cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut dengan metode menjalankan speaker test. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Dial Pad pada smartphone, kemudian ketik *#0*#.

Buka Dial Pad pada smartphone, kemudian ketik 0

  • Setelahnya, layar akan menampilkan Mode Pengecekkan. Tap pada tulisan Speaker.
  • Apabila suara terdengar, maka speaker masih aktif.
  • Keluar dari Mode Pengecekan, kemudian perhatikan bahwa tanda headset hilang.

3. Lepas-Pasang Headset

Solusi selanjutnya yang dapat dicoba adalah dengan melepas-pasang headset berulang-ulang. Beberapa orang mengatakan bahwa metode ini efektif. Berikut ini adalah tips dalam melaksanakan solusi satu ini.

  • Nyalakan musik, lalu sambungkan kabel headset pada ponsel.
  • Lepaskan headset, kemudian tunggu lima detik untuk memasang headset

Lepaskan headset, kemudian tunggu lima detik untuk memasang headset

  • Lepaskan headset kembali, kemudian pasang dan tunggu selama satu detik.
  • Lepaskan headset untuk terakhir kali, lalu perhatikan tanda headset yang sudah hilang.

4. Membersihkan Lubang Headset

Membersihkan Lubang Headset

Keadaan di mana lubang sedang kotor dapat menjadi faktor mengapa tanda headset tidak hilang. Keberadaan debu bisa menyebabkan error dan bug. Karena itu, sesudah mencoba cara-cara di atas tapi tanda juga belum hilang, cobalah untuk membersihkan lubang.

Baca Juga  Cara Router HUAWEI Login dengan Password & User (Indihome)

Membersihkan lubang headset ini bisa dilakukan dengan memakai jarum atau cotton bud. Selain itu, lakukan pembersihan dengan rutin dan berkala.

5. Restart HP

Restart HP

Kebanyakan orang akan melakukan restart atau reboot ketika ada error yang menyerang ponsel. Cara ini dapat menjadi salah satu solusi agar sistem dapat diperbaiki secara otomatis. Beberapa mengatakan bahwa metode ini ampuh.

Tidak hanya untuk menghilangkan tanda headset, tetapi juga menyelesaikan kendala terkait jaringan internet, koneksi bluetooth, dan masalah yang bervariasi. Metode ini pun dikatakan cukup praktis dan mudah, tidak perlu pengetahuan khusus dalam melakukannya.

6. Lepas-Pasang Kartu SIM

Lepas-Pasang Kartu SIM

Apabila melakukan reboot atau restart tidak juga dapat menyelesaikan masalah, maka ada cara lain untuk memperbaiki sistem yang tengah mengalami error. Pada solusi lain, beberapa orang akan melakukan lepas-pasang pada kartu SIM.

Setelah melepas kartu, biarkan selama beberapa detik. Selain itu, dapat pula melepas-pasang kartu Micro SD atau kartu memori eksternal. Urutan solusi ini harus beruntun, di mana ponsel harus dinonaktifkan terlebih dahulu agar sistem tidak semakin rusak.

7. Reset HP ke Setelan Pabrik

Reset HP ke Setelan Pabrik

Bila tanda headset masih belum hilang juga, maka solusi terakhir adalah dengan me-reset ponsel kembali ke setelan pabrik. Solusi ini memang ampuh, namun juga dapat menimbulkan beberapa risiko, seperti kehilangan data.

Jadi, ada baiknya bila memilih metode ini, semua data di-back up terlebih dahulu. Perlu pertimbangan yang matang sebelum melakukan reset yang satu ini.

8. Update OS

Update OS

Rekomendasi solusi untuk cara menghilangkan tanda headset di HP adalah dengan meng-upgrade sistem operasi ponsel. Sistem yang sudah terlalu lama kemungkinan akan berpotensi menimbulkan bug yang menyebabkan tanda headset muncul terus-menerus.

Karena itu, periksa OS kembali dan lakukan update dengan segera!

Baca Juga  Penyebab Blue Screen Windows 10 dan Solusinya

9. Meniup Lubang Headset

Meniup Lubang Headset

Cara sederhana ini bisa dilakukan dengan meniup lubang headset dengan perlahan, berjaga-jaga apabila ada debu yang mengganjal di sana.

Hal ini didukung dengan kemungkinan bahwa keberadaan debu akan dianggap ponsel sebagai earphone atau headset yang masih terpasang pada lubang.

Tips Menjaga Lubang Jack

Tips Menjaga Lubang Jack

Ingin menjaga lubang jack agar masalah-masalah serupa tidak muncul lagi? Simak penjelasan pada poin-poin berikut ini.

1. Memakai Penutup

Tips pertama adalah dengan memakaikan penutup pada lubang jack. Umumnya, pada casing beberapa merk ponsel sudah memiliki penutup. Namun, apabila tidak ada, cobalah membeli penutup tambahan untuk menjauhkan lubang jack dari kemasukan debu.

2. Menjauhkan Ponsel dari Debu

Seperti penjelasan singkat sebelumnya, debu dapat membuat ponsel menganggap bahwa masih ada kabel yang menyumbat lubang. Karena itu, usahakan agar ponsel terhindar dari debu oleh karena sebagian debu dapat memuat listrik negatif.

3. Hindari Kemasukan Air

Cara ini termasuk hal yang harus dihindari secara mutlak. Air dapat menyebabkan korslet atau kontak arus listrik tertentu pada komponen internal ponsel. Selain itu, air berpotensi membuat logam berkarat, tak terkecuali port jack audio pada HP.

4. Membersihkan Jack Audio dengan Rutin

Lakukan pembersihan dengan rutin, paling sekali dua minggu. Gunakan cotton bud untuk membersihkan lubang jack, dan bersihkan dengan pelan-pelan. Tidak perlu terlalu sering membersihkan, karena ini malah berpotensi merusak.

5. Memakaikan Kabel Headset dengan Perlahan

Tips terakhir agar tanda headset dapat hilang ketika kabel sudah dicabut adalah dengan memasangkan kabel perlahan-lahan. Tidak perlu terburu-buru atau terlalu kuat. Hal ini dapat menjadikan port jack audio mengalami lecet bahkan rusak secara total.

Segera terapkan cara menghilangkan tanda headset di HP tersebut jika masalah itu sangat mengganggu kegiatan saat menggunakan ponsel. Pastikan kembali apabila tidak ada komponen internal yang rusak, atau cara finalnya adalah membawa ke toko service.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar