7 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Semua Seri (Redmi, dll)

HP Xiaomi sudah banyak dikenal orang sebagai HP yang memiliki kapasitas baterai yang besar.  Namun masih banyak orang yang bertanya-tanya, cara menghemat baterai HP Xiaomi yang boros. Karena baterai yang memiliki kapasitas besar belum tentu bisa tetap awet seharian.

Baterai HP yang boros tentu akan merepotkan penggunanya terutama saat melakukan aktivitas di luar. Tidak semua tempat menyediakan stop kontak untuk mengisi daya HP yang telah habis. Tanpa adanya daya dari baterai, HP tidak akan bisa digunakan.

Memiliki baterai yang awet dan minim intensitas pengisian merupakan impian setiap orang. Itulah mengapa banyak orang mencari HP dengan kapasitas baterai yang besar. Namun tetap saja jika tidak diimbangi dengan cara-cara yang tepat baterai HP akan cepat habis.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Baterai merupakan komponen penting yang digunakan sebagai penunjang seluruh aktivitas di HP seperti chatting, telepon, bermain game hingga browsing. Tentu saja baterai HP yang boros akan menghambat aktivitas-aktivitas tersebut.

Sekarang ini HP Xiaomi juga dilengkapi oleh berbagai fitur untuk menghemat daya baterai. Dengan memaksimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut dan mengaplikasikan beberapa tips menghemat baterai maka HP akan bisa tetap digunakan seharian.

Berikut merupakan berbagai cara menghemat baterai HP Xiaomi yang bisa diterapkan :

 1. Aktifkan Mode Hemat Daya yang Terdapat pada HP Xiaomi

Mengaktifkan mode hemat daya sangat efektif untuk menghemat baterai pada HP Xiaomi. Fitur ini akan mengubah pengaturan pada sistem agar penggunaan daya menjadi hemat, seperti membatasi kinerja, menurunkan kecerahan dan menghentikan beberapa aplikasi di latar belakang.

Cara untuk mengaktifkan mode ini sangatlah mudah, yaitu dengan membuka panel Notification Bar dan aktifkan fitur ini. Selain itu, ada juga cara lain untuk mengaktifkan fitur ini yaitu melalui menu Pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Klik option Baterai & kinerja.
  • Aktifkan option mode Penghemat baterai.

Aktifkan option mode Penghemat baterai.

  • Selesai.

2. Matikan Konektivitas yang Tidak Perlu

Matikan Konektivitas yang Tidak Perlu

Konektivitas cukup menguras daya baterai HP. oleh sebab itu mematikan beberapa konektivitas yang tidak terlalu diperlukan bisa lebih menghemat baterai. Konektivitas yang bisa dimatikan antara lain GPS, WiFi, Bluetooth, Mi Share, Hot Spot WiFi, NFC, dan lainnya.

3. Aktifkan Fitur Auto Brightness

Aktifkan Fitur Auto Brightness

Sumber terbesar konsumsi daya baterai yaitu terdapat pada kecerahan layar. Dengan adanya fitur Auto Brightness secara otomatis kecerahan dapat berubah menyesuaikan kondisi cahaya lingkungan di sekitar. Jadi tidak perlu repot bolak-balik untuk mengatur tingkat kecerahan layar.

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah, yaitu dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih Display selanjutnya pada Brightness level pilih Automatic Brightness.

4. Gunakan Mode Gelap

Gunakan Mode Gelap

Fitur terbaru ini akan mengubah latar belakang menjadi dominan berwarna hitam. Selain dapat menghemat baterai HP Xiaomi fitur ini juga membuat tampilan layar menjadi lebih menarik karena visual atau teks terlihat lebih menonjol dari warna latar belakang.

Menggunakan mode gelap juga membuat mata terasa lebih nyaman saat memandang layar HP dibandingkan jika menggunakan mode terang.

5. Matikan Beberapa Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa aplikasi terkadang masih tetap berjalan pada latar belakang walaupun sudah ditutup. Aplikasi ini tentu saja secara diam-diam dapat menguras daya baterai HP. Cara menghemat baterai HP Xiaomi yaitu dengan membatasi aplikasi tersebut.

Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur background process limit yang terdapat pada developer options. Berikut, langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Pengaturan tambahan.
  • Buka pada Opsi pengembangan.

Buka pada Opsi pengembangan

  • Gulirkan ke bawah menuju ke bagian aplikasi.
  • Masuk ke pilihan Batasi proses latar belakang.
  • Pilih pada opsi Tidak ada proses latar belakang.

6. Nonaktifkan Mode Getar dan Suara

Nonaktifkan Mode Getar dan Suara

Menghemat baterai dapat dilakukan dengan menonaktifkan mode getar dan suara melalui Status Bar atau menu Pengaturan. Mode getar dan suara juga bisa membuat baterai HP menjadi boros. Lebih baik menggunakan mode senyap agar konsumsi baterai lebih sedikit.

7. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Aktifkan beberapa saja notifikasi yang dianggap penting. Menyalakan terlalu banyak notifikasi akan membuat HP terus-terusan menyala sehingga baterai menjadi boros.

Faktor Penyebab Baterai Hp Xiaomi Cepat Habis

Baterai yang mudah habis tentu saja diakibatkan oleh beberapa faktor. Mengetahui faktor penyebab dari borosnya daya HP dapat menjadi antisipasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut merupakan faktor-faktor penyebabnya:

1. Penggunaan HP Xiaomi yang Berlebihan

Penggunaan HP Xiaomi yang Berlebihan

Semua peralatan elektronik pasti memiliki waktu batas penggunaanya masing-masing. Jika memaksa menggunakan secara berlebihan tentu akan membuat mesin bekerja terlalu keras.  Dalam hal ini, bisa disebabkan oleh:

a. Penggunaan HP yang Tidak Wajar

Penggunaan HP terus menerus selama berjam-jam tentu akan sangat menguras konsumsi daya baterai. Terutama bagi pengguna yang gemar bermain game di HP. Tanda dari baterai yang terkuras secara berlebihan yaitu suhu HP yang cepat naik.

Gunakanlah HP sewajarnya saja jangan terlalu berlebihan agar kesehatan baterai HP tidak terganggu sehingga HP lebih awet tidak mudah rusak. Ini berlaku untuk semua aktivitas yang dilakukan di HP tidak hanya pada saat bermain game.

b. Widget pada Home Screen Berlebihan

Widget yang terlalu banyak di home screen akan membebani RAM pada HP yang menyebabkan program yang berjalan akan meningkat melebihi kondisi normal. Hal tersebut bisa menjadi penyebab baterai pada HP menjadi cepat habis.

c. Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Program yang masih berjalan di latar belakang tentu membutuhkan RAM yang besar sehingga kinerja HP akan meningkat dan pasti membutuhkan daya yang sebanding juga. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi seperlunya saja dan uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting .

2. Pengaturan Ponsel Tertentu

Pengaturan Ponsel Tertentu

Borosnya penggunaan baterai pada HP Xiaomi juga bisa disebabkan oleh pengaturan tertentu yang diatur oleh pengguna HP. Berikut contohnya:

a. Mematikan Mode Power Saving

Terkadang beberapa orang kurang memahami atau mengabaikan kegunaan penting dari fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis sistem HP akan mematikan beberapa fitur yang sekiranya terlalu banyak menguras daya baterai.

Mode power saving juga dapat mengatur suhu agar lebih stabil. Hal tersebut tentu saja akan membuat baterai menjadi tidak boros.

b. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Kecerahan layar yang terlalu kontras akan membebani HP sehingga konsumsi daya baterai juga akan meningkat. untuk bisa menghemat baterai pada HP bisa dilakukan dengan memilih opsi untuk mengaktifkan fitur Auto Brightness.

3. Melakukan Overclock pada HP

Melakukan Overclock pada HP

Fitur ini memang bisa membuat kinerja di HP Xiaomi menjadi lebih cepat sehingga sangat diidam-idamkan pengguna HP Xiaomi. Namun efek samping dari fitur ini yaitu dapat menyebabkan suhu HP cepat meningkat. Kondisi demikian tentu menyebabkan baterai HP menjadi cepat habis.

Bahkan yang lebih parah apabila terjadi overheating dan HP menjadi hang atau kerestart secara tiba-tiba. Hal tersebut akan berdampak terhadap memendeknya umur processor sehingga HP menjadi cepat rusak.

Banyak cara menghemat baterai HP Xiaomi yang bisa dilakukan. Memaksimalkan fitur-fitur penghemat yang ada dan menggunakan HP dengan tidak berlebihan akan membuat baterai HP menjadi awet seharian dan HP menjadi tidak mudah rusak.

Leave a Comment