7 Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Baterai menjadi nyawa dari sebuah Smartphone. Untuk itu penting sekali agar mengetahui bagaimana cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100. Secanggih apapun ponsel yang dimiliki, tidak akan berguna apabila tidak memiliki baterai yang bagus.

Bagi para pengguna iPhone, maka harus mengetahui kesehatan baterai. Apabila baterai bermasalah, maka harus bisa mengembalikan kesehatan dari baterai tersebut. Kelebihan dari iPhone yaitu, pengguna dapat mengetahui bagaimana kesehatan baterai iPhone.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone Ke 100

Perlu diketahui bahwa kesehatan baterai yang semakin bagus otomatis kondisi ponsel yang digunakan juga mampu bertahan lebih lama. iPhone memang sangat cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Apabila melakukan pembelian iPhone baru tentu saja pada saat melakukan pengecekan kesehatan baterai berada di angka 100%. Akan tetapi apabila melakukan pembelian iPhone dalam kondisi second pastinya kondisi kesehatan baterai tersebut bisa berkurang.

Berikut ini beberapa cara untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100, di antaranya:

1. Menggunakan Kalibrasi Baterai

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan kalibrasi baterai iPhone. Ini merupakan proses normalisasi dari baterai supaya kapasitas daya mampu terbaca sistem iPhone secara akurat dan benar. Biasanya proses ini dilakukan agar bisa menghindari sistem yang salah.

Terutama saat melakukan pendeteksian pada bagian baterai. Untuk proses kalibrasi baterai itu sendiri juga sangatlah mudah, karena hanya membutuhkan beberapa waktu saja. Pengguna dapat mencoba melakukan kalibrasi dengan cara seperti berikut:

  • Silakan charger HP terlebih dahulu hingga berada di angka 100%.

Silakan charger HP terlebih dahulu hingga berada di angka 100

  • Kemudian gunakan HP untuk melakukan aktifitas apapun hingga baterai habis, bahkan mati secara otomatis.
Baca Juga  7 Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone (Semua Seri & iOS)

Kemudian gunakan HP untuk melakukan aktifitas apapun hingga baterai habis, bahkan mati secara otomatis

  • Selanjutnya charger kembali sampai full.
  • Disarankan agar tidak menggunakannya terlebih dahulu.
  • Apabila sudah terisi full barulah mengulangi cara yang pertama yaitu menggunakan sampai habis kemudian charger lagi sampai full.
  • Silakan lanjutkan mengulangi proses yang sama.
  • Ini merupakan proses kalibrasi dan proses sudah selesai.
  • Ini memang menjadi cara yang paling mudah untuk mengetahui kesehatan baterai. Akan tetapi waktu yang dibutuhkan pastinya juga lebih lama. Terlebih lagi apabila kondisi baterai masih dikatakan normal tentu saja waktu untuk menghabiskan baterai juga lebih lama.
  • Untuk cara yang ada di atas bisa dilakukan secara berulang-ulang dan otomatis HP iPhone bisa melakukan kalibrasi pada baterai dengan cara melakukan perbaikan.

2. Melalui Charger Original

Melalui Charger Original

Demi menjaga kesehatan baterai Smartphone, maka setiap pengguna disarankan agar menggunakan charger original. Tentu saja menggunakan charger original dapat menjaga baterai agar dalam kondisi yang baik dan tidak mudah rusak.

Alasannya karena dengan charger original tentu saja bisa menjadikan arus yang masuk lebih stabil. Sebab itulah sangat tidak direkomendasikan apabila menggunakan charger iPhone KW. Pastikan bahwa proses pengisian dana dalam suhu yang rendah.

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone jadi 100 paling mudah yaitu dengan tidak menggunakan iPhone ketika sedang mengisi baterai. Kondisi baterai yang panas maka arus listrik yang masuk tidak stabil. Ini merupakan alasan paling utama yang menimbulkan baterai cepat habis.

3. Charger Sebelum Habis

Charger Sebelum Habis

Baterai lowbat pada biasanya seringkali memunculkan peringatan ketika baterai berada di angka 20% dan hal ini memunculkan opsi penghemat baterai. Apabila memilih penghematan baterai maupun baterai server, maka hal ini ditandai dengan icon baterai yang berwarna kuning.

Sebaiknya charger iPhone sebelum berada di angka nol persen. Apabila baterai seringkali habis dan sampai ponsel mati maka secara tidak langsung hal ini dapat merusak baterai. Terutama komponen lain yang bisa menimbulkan kerusakan juga.

Baca Juga  6 Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone Agar Tidak Lemot

Permasalahan pengisian daya memang menjadi bagian terpenting agar bisa menjaga kesehatan baterai. Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 ini bisa dilakukan pada sistem operasi Android juga.

4. Reset Iphone

Reset Iphone

Agar dapat mengembalikan kesehatan pada baterai iPhone, maka pengguna diminta untuk melakukan reset iPhone sesuai dengan setelan pabrik. Dengan cara inilah, maka data-data yang menumpuk akan secara otomatis dihapus dan hal ini bisa meringankan beban ponsel.

Akan tetapi sebelum melakukan reset maka silahkan lakukan backup data terlebih dahulu. Tujuannya supaya data-data yang ada di dalam iPhone tersebut tidak hilang.

5. Melakukan Pembaruan Secara Rutin

Melakukan Pembaruan Secara Rutin

Pembaruan yang dimaksud disini yaitu melakukan pembaruan di bagian perangkat lunak untuk menggunakan versi sistem operasi yang terbaru. Keluaran terbaru ini pada biasanya akan membawa fitur yang terpenting bagi iPhone.

Termasuk fitur yang lebih memungkinkan bagi pengguna iPhone agar bisa menjaga kesehatan pada baterai. Contohnya seperti pembaruan yang dimiliki oleh sistem operasi versi iOS 13 maupun versi di atasnya.

Pihak dari Apple itu sendiri telah menghadirkan fitur yang lebih memungkinkan bagi iPhone agar berhenti melakukan pengisian baterai secara otomatis. Terutama ketika berada dalam kondisi daya yang sudah 80%.

Jika perangkat yang digunakan tersebut secara intens menghindari suhu tinggi, maka cara yang paling mudah untuk melakukan pencegahan pada iPhone yang bisa merusak baterai yaitu menghindari lingkungan yang memiliki temperatur tinggi.

Apple itu sendiri telah menjelaskan bahwa iPhone secara sengaja dirancang untuk dapat bekerja pada kisaran suhu antara 16 sampai 22 derajat Celcius. Untuk itu hindari suhu ruangan yang lebih tinggi.

Alasannya karena suhu ruangan yang tinggi secara tidak langsung dapat merusak dari kapasitas baterai iPhone yang secara permanen. Tidak hanya itu saja, ternyata melakukan charger di lokasi yang memiliki suhu ruangan tinggi dapat merusak kesehatan baterai.

Baca Juga  7 Cara Menghapus Kontak di iPhone Sekaligus, yang Tidak Bisa Dihapus, dll

iPhone bisa menghentikan pengisian daya jika sudah berada di atas 80% ketika adanya aktivitas yang menimbulkan temperatur perangkat meningkat yang melebihi batas suhu.

6. Melepas Casing iPhone

Melepas Casing iPhone

Ketika melakukan pengisian daya, maka sebaiknya melepas casing iPhone atau karet dari pelindung ponsel. Hal ini dikarenakan kondisi HP yang tertutup casing maka dapat menimbulkan suhu panas yang berlebihan.

Tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kondisi baterai. Melepas casing menjadi cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 yang paling mudah dilakukan. Jangan charger terlalu penuh apabila ingin menggunakan iPhone dan jangka waktu yang lama.

Untuk itu, hindari melakukan pengisian iPhone hingga full. Alasannya apabila pengisian baterai yang berlebihan dapat mengurangi sebagian besar dari kapasitas maksimalnya. Sehingga disarankan untuk melakukan pengisian baterai hanya 50%.

7. Hindari Pengisian Lebih Dari 80%

Hindari Pengisian Lebih Dari 80

Demi menjaga kesehatan baterai iPhone supaya tetap 100%, maka dapat dilakukan dengan melakukan pengisian daya yang tidak lebih dari 80%, terutama saat iPhone digunakan secara intens.

Sementara penggunaan yang dimaksud di sini yaitu seperti merekam video dengan durasi yang lama maupun bermain game. Secara otomatis kondisi seperti ini menjadikan temperatur iPhone akan menjadi naik. Setelah itu ditambahkan dengan pengisi daya dengan waktu yang lama.

Sehingga menimbulkan adanya temperatur iPhone yang semakin meningkat. Sedangkan paparan suhu panas secara ekstrem yang ada di iPhone dapat mempengaruhi kesehatan baterai yang secara drastis menurun.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan baterai pada smartphone agar bertahan lebih lama. Untuk itu para pengguna Apple sangat direkomendasikan agar mengetahui cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 melalui beberapa cara yang mudah seperti penjelasan di atas.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar