6 Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Apakah Rusak atau Tidak

Inovasi baru HP touchscreen rentan mengalami kerusakan karena layar sangat sensitif. Mengalami kerusakan layar HP Xiaomi memang merugikan karena bisa mengganggu kenyamanan. Untuk mengatasinya diperlukan cara mengecek touchscreen Xiaomi.

Touchscreen teknologi layar dengan inovasi terbaru yang menggunakan aliran arus listrik bergerak. Cara kerjanya yaitu membutuhkan dua konduktor antara layar dengan kulit manusia karena kulit manusia juga bisa menghantarkan listrik.

Jadi ketika layar HP bersentuhan dengan kulit manusia, akan timbul persimpangan yang terjadi di antara kedua konduktor tersebut. Dengan begitu, kinerja sebuah HP bisa berjalan dengan perintah jari tangan pengguna HP.

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara mengecek touchscreen HP Xiaomi tanpa aplikasi ada 2, cara yaitu:

1. Menggunakan Dial Number Kode Xiaomi

  • Melakukan panggilan pada kode *#*#64663#*#* yang biasa digunakan untuk melakukan hardware test.

Melakukan panggilan pada kode 64663 yang biasa digunakan untuk melakukan hardware test

  • Secara otomatis akan muncul beberapa menu untuk melakukan tes performa HP Xiaomi.
  • Pilihan yang bisa dipilih untuk mengecek touchscreen adalah dengan tes layar sentuh.

2. Menguji Tingkat Sensitivitas Layar HP Xiaomi

  • Silahkan tekan kode *#*#64663#*#*.
  • Kemudian
  • Secara otomatis pada layar HP akan muncul informasi halaman pemeriksaan Xiaomi.
  • Silahkan pilih saja touch sensor.

Silahkan pilih saja touch sensor

  • Terdapat kotak dan pengguna diwajibkan menekan kotak tersebut hingga mengalami perubahan warna.
Baca Juga  Cara Membeli Emas di Aplikasi Tamasia Mulai 10.000'an Aja!

Apabila pemeriksaan touchscreen dengan dial number selesai, maka disitu bisa diketahui bahwa apakah touchscreen HP Xiaomi masih berfungsi dengan bagus atau tidak.

Touchscreen dikatakan dalam keadaan masih bagus jika layar menampilkan semua warna yang ada di setiap kotak. Akan tetapi jika layar hanya menampilkan warna putih saja dan tidak ada perubahan, maka touchscreen HP Xiaomi mengalami gangguan.

Cara Mengecek Touchscreen HP Xiaomi dengan Aplikasi

Untuk cara lainnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi cek touchscreen. Terdapat berbagai macam aplikasi cara mengecek touchscreen pada Play Store. Cara mengecek touchscreen Xiaomi bisa diunduh dan work dengan HP Xiaomi yaitu:

1. Display Tester

Display Tester

Aplikasi yang bisa membantu dalam menguji kualitas layar dan mendeteksi masalah dengan sangat mudah. Pengguna akan bisa mendeteksi pixel mati, menguji warna dengan bantuan tes kontras, gradien, atau saturasi.

Dengan memanfaatkan kalibrasi warna abu-abu, merah, hijau dan biru, melihat tes sudut, kemudian memperbaiki burn-in dengan cara scroll bilah hitam dan putih, lebihnya lagi bisa menguji performa sentuhan ganda.

Pengguna bisa mengetahui cara mengecek touchscreen Xiaomi yang mengalami layar tiba-tiba redup dan bahkan warna pada layar sudah mulai pudar seolah hilang, maka pengguna bisa coba menggunakan aplikasi Display Tester.

2. Touchscreen Test

Touchscreen Test

Aplikasi ini menggunakan suatu metode dimana akan ditemukannya bintik-bintik mati yang ada pada layar HP Xiaomi. Cara kerjanya sangat sederhana yaitu dengan memunculkan lingkaran pada layar HP Xiaomi.

Selanjutnya pengguna wajib menyentuh semua lingkaran tersebut sehingga muncul hasil tes touchscreen bila layar normal, pada lingkaran akan menyala warna hijau.

Aplikasi ini sudah tersedia melalui google play store. Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk mengecek kondisi layar dan terdapat menu untuk mengetahui kondisi warna yang dihasilkan.

3. Multi Touch Test

Multi Touch Test

Beberapa kondisi layar HP Xiaomi yang sering mengalami kegagalan dalam menjalankan perintah ketika menggunakan dua jari atau lebih. Jadi dibutuhkan aplikasi yang bisa mengetahui apa penyebab kegagalan tersebut.

Baca Juga  7 Cara Downgrade Windows 11 ke 10, 100% Berhasil Tanpa Gagal

Merupakan sebuah aplikasi yang bisa merespon dan menangani sentuhan layar multi touch. Di sini multi touch yang mengalami kerusakan juga bisa diketahui secara langsung.

4. Dead Pixel Detect and Fix

Dead Pixel Detect and Fix

Dead pixel merupakan kondisi dimana salah satu dari ribuan pixel yang ada pada layar HP Xiaomi mengalami kerusakan dan tidak dapat bekerja kembali sebagai mana mestinya.

Penyakit ini (dead pixel atau stuck pixel) memang sudah biasa ditemukan di berbagai macam elektronik terutama pada HP. Apabila HP sudah terjangkit penyakit ini tidak harus diganti dengan yang baru karena ada solusi terbaik dengan menggunakan aplikasi.

Untuk bisa memperbaiki dead pixel HP Xiaomi, maka pengguna bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus mengganti HP Xiaomi yang baru.

Tips Agar HP Xiaomi Bisa Lebih Awet dan Tahan Lama

Tips Agar HP Xiaomi Bisa Lebih Awet dan Tahan Lama

Cara mengecek touchscreen Xiaomi sangat mudah dilakukan. Agar terhindar dari berbagai kerusakan, alangkah baiknya jika pengguna HP Xiaomi melakukan beberapa tips perawatan layar touchscreen.

1. Menggunakan Pelindung Layar

Pengguna wajib menggunakan pelindung layar dengan tujuan bisa menjaga layar touchscreen HP Xiaomi terhindar dari goresan, lecet, dan pecah. Tidak hanya itu, adanya pelindung layar maka HP akan tetap bersih terhindar dari kotoran.

Tentunya banyak penjual yang menyediakan anti gores atau tempered glass yang bagus sehingga bisa melindungi HP Xiaomi ketika tidak sengaja terjatuh atau terkena benturan yang keras.

2. Tidak Menekan Layar Terlalu Keras

Hal ini biasa terjadi pada pengguna yang sering bermain game. Karena keseruan bermain game tersebut biasanya tanpa disadari bahwa dalam menekan layar terlalu keras terbawa suasana game yang sedang dimainkan.

Apabila hal ini terjadi secara berulang-ulang, maka bisa menjadikan layar touchscreen HP Xiaomi mengalami kerusakan. Sebagai solusi sebaiknya pengguna mulai mengontrol diri dan bisa lebih berhati-hati lagi agar performa layar touchscreen terjaga keawetannya.

Baca Juga  5 Cara Reboot HP Xiaomi Sendiri untuk Semua Seri

3. Hindari Pemakaian Kuku untuk Scroll HP

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa teknologi HP Xiaomi saat ini sudah dirancang dengan merespon perintah dari sentuhan jari. Bila yang terjadi adalah kuku ikut digunakan untuk scroll HP, maka berakibat adanya goresan pada layar.

Efek goresan tersebut bisa mengganggu kebersihan layar HP dan bisa mengakibatkan kerusakan layar. Untuk itu bagi yang memiliki kuku panjang sangat tidak disarankan untuk scroll HP terlalu sering menggunakan kuku meski hanya sedikit yang tergores.

4. Membersihkan Layar dengan Microfiber

Bila layar HP kotor karena debu atau berminyak, jangan sekali-kali mengelapnya menggunakan kain selain kain microfiber. Pasalnya, layar touchscreen sangat sensitif dan diperlukan kain yang super lembut untuk membersihkannya agar terhindar dari goresan.

Apabila tidak ada kain microfiber, pengguna juga bisa menggunakan tisu yang berbahan lembut untuk membersihkan layar hingga kamera depan dan kamera belakang.

5. Menggunakan Pelindung HP atau Casing

Untuk memberikan perlindungan maksimal untuk HP Xiaomi, selain menggunakan anti gores, pengguna juga perlu menggunakan pelindung HP atau casing. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada layar HP apabila terjadi benturan yang keras saat terjatuh.

6. Penyimpanan HP Xiaomi Harus Tepat

Bila HP berada di dalam tas, sebaiknya ada dompet khusus untuk menyimpan HP agar lebih aman. Bila mengantongi HP juga harus hati-hati, hindari mengantongi HP pada celana yang ketat agar terhindar dari tekanan dan goresan.

Beberapa cara mengecek touchscreen Xiaomi yang dijelaskan di atas memang mudah. Dimulai dari metode bawaan hardware test hingga menggunakan aplikasi tambahan untuk mengetahui kondisi layar HP Xiaomi. Selamat mencoba!

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar