4 Cara Mengecek Penghasilan TikTok Sendiri & Orang Lain

TikTok sebagai salah satu aplikasi yang sedang populer saat ini bisa digunakan sebagai media untuk menambah penghasilan. Untuk mengetahui berapa jumlah yang didapat maka perlu diulas cara mengecek penghasilan TikTok yang didapatkan.

Penghasilan tersebut didapatkan dari konten video yang dibuat. Pengguna Tiktok bisa bergabung dengan fitur-fitur TikTok seperti TikTok Shop, TikTok Affiliate, TikTok Creator Fund dan lainnya untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok.

Nominal penghasilan yang didapat perlu dipantau dan ditinjau untuk mengatur pendapatan yang diperoleh dari aplikasi TikTok. Yuk ikuti selengkapnya terkait cara mengecek penghasilan yang didapatkan dari TikTok!

4 Cara Mengecek Penghasilan TikTok 2022

1. Pengecekan Melalui Aplikasi TikTok di Android atau IOS

  • Masuk ke aplikasi TikTok
  • Klik menu profil
  • Pilih menu garis tiga pada sudut kanan atas
  • Ketuk pilihan Creator Tools
  • Kemudian pilih TikTok Creator Funds

Kemudian pilih TikTok Creator Funds

  • Lalu jumlah penghasilan akan muncul

2. Pengecekan Melalui Website Exolyt

  • Kunjungi salah satu situs seperti Exolyt.com
  • Isikan username atau nama pengguna akun TikTok yang dimiliki dan sudah terdaftar di Tiktok Creator Funds
  • Tekan tombol Calculate Earnings
  • Lalu akan muncul beberapa data yang memuat jumlah subscribers atau followers dan video TikTok yang sudah diunggah sebelumnya

Lalu akan muncul beberapa data yang memuat jumlah subscribers atau followers dan video TikTok yang sudah diunggah sebelumnya

  • Kemudian akan ditampilkan penghasilan yang sudah didapatkan (minimal dan maksimal) untuk masing-masing video yang diunggah

3. Pengecekan Melalui Influencer Marketing Hub

Masukkan username akun Tiktok

  • Isikan jumlah likes dan followers yang dimiliki
  • Kemudian geser ikon jumlah video yang muncul
  • Jumlah penghasilan TikTok akan muncul dalam mata uang Dollar

4. Pengecekan Melalui Website Likigram

Isikan username TikTok

  • Kemudian klik pilihan Pencarian
  • Tunggu hingga muncul nominal penghasilan TikTok yang diperoleh

Syarat Terdaftar di TikTok Creator Funds

Syarat Terdaftar di TikTok Creator Funds

Untuk mendapatkan penghasilan di TikTok harus terdaftar sebagai anggota TikTok Creator Funds. Agar bisa terdaftar sebagai anggota TikTok Creator Funds, harus memenuhi syarat berikut ini.

  • Mempunyai akun TikTok sesuai dengan aturan pedoman komunitas TikTok
  • Followers yang dimiliki minimal 10.000 followers
  • Penonton organik mencapai 100.000 orang dalam kurun waktu satu bulan
  • Konten TikTok yang diunggah merupakan konten asli dan original milik sendiri sesuai dengan panduan Pedoman Komunitas TikTok
  • Sudah berumur minimal 18 tahun ke atas dan sanggup mematuhi semua aturan yang diajukan oleh pihak TikTok

Apabila kelima syarat terpenuhi, maka untuk mendaftar sebagai anggota TikTok Creator Funds akan menjadi lebih mudah.

Mendapatkan Penghasilan dari TikTok

Mendapatkan Penghasilan dari TikTok

Setelah mengetahui cara mengecek penghasilan TikTok, maka perlu diketahui bagaimana cara mendapatkan penghasilan tersebut.

TikTok adalah aplikasi yang menampilkan banyak konten video yang kreatif dan setiap harinya selalu berubah-ubah. Melalui video itulah TikTok bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dan pastinya bisa menambah penghasilan.

Bahkan saat ini banyak orang yang mendapatkan penghasilan dalam jumlah banyak dari aplikasi TikTok salah satunya seperti yang dilakukan oleh Content Creator. Content Creator bisa meraih keuntungan dari hasil promosi produk orang lain (endorse) dimana untuk sebuah video promosi bisa berharga jutaan.

Kesempatan itu tentunya didapatkan oleh Content Creator yang mempunyai banyak followers dan konten video yang kreatif pula. Bagi seorang pemula yang ingin mendapatkan penghasilan dari TikTok harus memperhatikan Content Creator yang ada sebagai referensi dalam membuat konten promosi produk.

Video promosi tersebut bisa dalam bentuk promosi produk pakaian, produk elektronik seperti TV, smartphone, dan perangkat komputer, bahan makanan dan masih banyak lagi. Biasanya Content Creator mempromosikan barang yang sudah dikirim sebelumnya oleh pemilik bisnis.

Selain itu, Content Creator juga seringkali membuat konten berisikan tantangan untuk menarik perhatian penonton (viewers) agar tertarik untuk membeli produk yang sedang dipromosikan. Semakin banyak jumlah viewers dan likers dari video promosi tersebut, maka estimasi promo yang didapat juga meningkat.

5 Cara Tingkatkan Penghasilan Lewat TikTok

Tak hanya promosi produk seperti yang dijelaskan tersebut, berikut ini akan ditambah 5 peluang yang bisa dijadikan untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok.

1. Payout Coins Live Streaming

Payout Coins Live Streaming

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara mengadakan siaran langsung atau live streaming melalui aplikasi TikTok dengan syarat mempunyai jumlah followers minimal 1000 orang. Nantinya saat penonton menonton siaran langsung akan ada Gift Item yang bisa ditukar dengan uang.

Untuk mendapatkan saweran atau gift item, sebelumnya pastikan mempunyai akun TikTok dengan followers cukup banyak, mempersiapkan konten live yang menarik, dan hal-hal lainnya.

2. Jasa TikTok Manager

Jasa TikTok Manager

TikTok Manager adalah kegiatan mengelola akun TikTok dari sebuah brand atau produsen barang yang ingin membuat akunnya lebih berkembang dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Ini juga termasuk mengelola akun tersebut untuk kebutuhan promosi produk.

Tugas dari TikTok Manager adalah meningkatkan jumlah followers, like dan jumlah tayangan video yang ditonton oleh pengguna TikTok lainnya. Kemudian mengatur strategi marketing agar pemasaran produk berjalan sesuai target.

Selanjutnya TikTok Manager juga bertanggung jawab untuk mengembangkan ide kreatif untuk konten TikTok berikutnya. Terakhir, harus bisa mengelola tawaran kerja sama dan membangun koneksi dengan mitra bisnis lainnya.

Tiktok Manager dituntut untuk bisa kreatif dan mempunyai ide cemerlang untuk mengembangkan pemasaran produk menjadi lebih baik dan target pasar semakin meluas.

3. TikTok Marketing

TikTok Marketing

Selain TikTok Manger, juga ada peluang TikTok Marketing. Fokusnya pada pemasaran produk yang ingin dipasarkan melalui aplikasi TikTok. Fitur yang digunakan adalah TikTok Ads. TikTok Ads mempunyai prinsip yang sama dengan Instagram atau Facebook Ads.

Kelebihan dari TikTok Ads adalah algoritma yang dimiliki oleh TikTok bisa mencapai sasaran target yang diinginkan. Contohnya, apabila ingin memasarkan produk kecantikan, maka konten promosi tersebut akan sering muncul di for your page (FYP) pengguna yang mempunyai minat di produk kecantikan.

Tak hanya itu, prinsip algoritma dari TikTok juga selalu melakukan remarketing sehingga konten promosi yang sudah muncul akan tampil kembali ke pengguna yang sebelumnya sudah melihat konten promosi tersebut.

4. Sponsored Content Post

Sponsored Content Post

Setelah terdaftar sebagai influencer di TikTok, maka kamu bisa mempromosikan produk dari berbagai brand untuk mendapatkan uang. Biasanya brand tersebut akan melirik influencer yang mempunyai jumlah followers dan like yang banyak.

Hal ini dikarenakan jumlah followers yang banyak bisa meningkatkan target pemasaran, sehingga produk bisa terjual dalam jumlah banyak.

5. Bermain TikTok Lite

Bermain TikTok Lite

TikTok mempunyai versi aplikasi yang lebih ringan yaitu TikTok Lite. TikTok Lite bisa menambah penghasilan dengan cara mengajak bermain TikTok Lite. Jika berhasil mengajak orang untuk menggunakan TikTok Lite, maka akan mendapatkan sejumlah koin.

Koin tersebut bisa dijadikan uang karena masuk ke dalam saldo e-money di aplikasi DANA.

Mengetahui jumlah penghasilan dengan cara mengecek penghasilan TikTok tentunya akan menambah semangat dalam memperoleh keuntungan dari TikTok. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa peluang dalam meraih keuntungan di aplikasi TikTok.

Leave a Comment