2 Cara Mengecek Layar Xiaomi Rusak atau Tidak, Mudah Kok!

Salah satu komponen penting yang perlu diperiksa sebelum membeli handphone adalah layar atau LCD, termasuk ketika membeli handphone Xiaomi. Harga layar LCD Xiaomi berada di kisaran seratus sampai lima ratus ribu Rupiah. Jangan sampai boros dengan berbagai cara mengecek layar Xiaomi berikut ini.

Berbagai cacat mungkin saja terjadi pada Berbagai jenis cacat seperti touchscreen mati, tidak bisa multi touch, burnIn, dead pixel, over sensitive, dan screen bleeding merupakan masalah yang sering terjadi pada LCD handphone.

Simak berbagai cara mengecek layar Xiaomi, jangan sampai membuang uang berlebih untuk membeli dan memperbaiki LCD handphone Xiaomi yang baru dibeli.

Cara Mengecek Layar Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara yang paling mudah untuk mengecek layar Xiaomi adalah melalui nomor dial. Mirip seperti saat mengecek pulsa, Xiaomi memiliki nomor dial yang bisa dipakai untuk mencari berbagai informasi mengenai handphone Xiaomi.

Fitur ini dianggap merupakan fitur yang paling efisien karena sudah terintegrasi dengan handphone Xiaomi. Seiring dengan upgrade pada OS (operating system) Xiaomi, maka fitur ini juga akan semakin baik kedepannya.

Untuk menggunakan metode ini, caranya mudah sekali. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

1. Cek Touch Sensor

  • Buka menu telepon/call.
  • Masukkan nomor dial yaitu *#*#64663#*#*, lalu panggil nomor tersebut.

Masukkan nomor dial yaitu 64663, lalu panggil nomor tersebut

  • Masuk ke menu halaman depan user Xiaomi.
  • Pilih nomor 4, yaitu menu Touch Sensor.
  • Pilih menu color lalu ikuti panduan dan instruksi yang diberikan oleh pihak Xiaomi.
  • Pilih menu touchscreen, lalu ikut panduan dan instruksi tertulis.

Xiaomi akan memulai proses pengecekan dan layar akan merespon sentuhan melalui touchscreen dan menampilkan warna ketika disentuh. Apabila LCD Xiaomi tidak mengalami perubahan warna atau berwarna putih, maka dapat dipastikan telah terjadi kerusakan pada layar handphone Xiaomi tersebut.

Baca Juga  3 Cara Cek Garansi Xiaomi, Klaim Garansi Jadi Mudah!

2. Cek Jenis Layar LCD Xiaomi

Jenis layar LCD Xiaomi juga perlu dicek. Jenis LCD Xiaomi bermacam-macam dan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Cek terlebih dahulu spesifikasi LCD orisinil milik Xiaomi di mesin pencari seperti Google dan catat jenis LCD orisinil yang dimiliki oleh seri handphone Xiaomi tersebut.

Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa saja handphone Xiaomi yang akan kamu beli memakai LCD berbeda dari spesifikasi. Hal ini bisa karena kesalahan produksi ataupun karena ada kerusakan dari LCD asli yang membuat penjual mengganti dengan LCD berkualitas lebih rendah.

Kualitas LCD sangat penting, terutama jika kamu menggunakan handphone untuk streaming YouTube, menonton drama korea, series netflix, menonton pertandingan olahraga, ataupun tontonan lain. Kualitas 720 atau 1080 pixels tetap terlihat buram jika kualitas LCD yang digunakan rendah.

Untuk menggunakan metode ini, caranya mudah sekali. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Buka menu telepon/call.
  • Masukkan nomor dial yaitu *#*#64663#*#*, lalu panggil nomor tersebut.
  • Masuk ke menu halaman depan user Xiaomi.
  • Pilih menu software version.

Pilih menu software version

  • Scroll ke bawah hingga menemukan tulisan LCM.
  • Cek apakah tipe LCD sesuai dengan tipe orisinil.

Selain untuk mengecek kesehatan layar, kode rahasia milik Xiaomi memiliki berbagai fitur lain. Kode ini dapat dipakai untuk mengecek kode IMEI, sensor, bluetooth, akurasi GPS/lokasi, Wi-fi, volume suara, dan keypad.

Cara Mengecek Layar Xiaomi Melalui Aplikasi Tambahan

Xiaomi menggunakan sistem operasi berbasis Android untuk handphone keluaran mereka. Melalui Google Play Store, berbagai aplikasi bisa menjadi pilihan untuk mengecek kesehatan layar handphone yang akan kalian beli.

Berbagai masalah dapat terjadi pada LCD, tidak hanya masalah touchscreen yang dapat diperiksa melalui kode dial milik Xiaomi. Ada empat aplikasi pilihan sebagai cara mengecek layar HP Xiaomi melalui google playstore.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Xiaomi Tanpa & Dengan App

1. Touchscreen Test

Touchscreen Test

Touchscreen test adalah aplikasi rekomendasi pertama. Dengan satu juta unduhan, banyak pengguna yang memakai aplikasi ini untuk melakukan tes kesehatan touchscreen LCD handphone mereka.

Permasalahan touchscreen merupakan masalah yang sangat pelik bagi pengguna handphone. Kerusakan pada touchscreen membuat pengguna tidak bisa menyentuh beberapa titik pada layar handphone. Apalagi jika terjadi di keyboard, sering membuat typo dan mengganggu komunikasi.

Cara mengecek layar Xiaomi menggunakan aplikasi ini sangat mudah, sentuh layar di LCD handphone kalian dan layar yang masih berfungsi dengan baik akan berubah warna menjadi warna hijau. Jika ada bagian LCD yang bermasalah, maka layar akan tetap berwarna putih.

Kelebihan aplikasi ini dibandingkan kode dial bawaan Xiaomi adalah titik touchscreen yang sangat detail. Bisa saja meskipun layar LCD handphone Xiaomi terlihat aman tetapi ternyata memiliki masalah touchscreen di ujung layar.

2. Display Tester

Display Tester

Kerusakan pada layar LCD handphone tidak hanya masalah touchscreen tetapi juga bisa masalah mengenai warna pada layar. Layar yang buram, tidak cerah, atau ada warna yang hilang menjadi permasalahan yang menjengkelkan.

Display Tester adalah aplikasi yang melakukan tes kesehatan LCD dengan menyediakan berbagai tes. Tes utama yang digunakan adalah defective pixel detection. Tes ini memperlihatkan warna yang seharusnya sesuai dengan tulisan. Jika berbeda, maka ada masalah warna di LCD handphone.

Ada dua belas tes yang dapat kamu coba menggunakan aplikasi display tester yaitu:

  • Defective pixel detection
  • Burnin detection
  • Banding, contrast, saturation
  • Gamma detection
  • Viewing angle
  • Wide gamut color test
  • Multi touch counter
  • Real world photos
  • Touch screen test
  • Touch pressure test
  • Display DPI measurement
  • Gradient image generator
Baca Juga  Cara Withdraw / Transfer Saldo PayPal ke Bank Lokal Terbaru 2022

3. Dead Pixels Test and Fix

Dead Pixels Test and Fix

Dead pixels adalah salah satu kerusakan LCD dimana layar tidak dapat menampilkan warna yang seharusnya. Tanda-tandanya adalah terkadang resolusi pecah maupun muncul bercak hitam pada layar. Cara mengecek masalah ini adalah dengan menggunakan aplikasi dead pixels test and fix.

Dead pixels sering terjadi pada handphone Xiaomi, terutama bagi versi Xiaomi yang menggunakan LCD jenis amoled maupun super amoled. Lakukan pengecekan menggunakan aplikasi ini secara rutin agar terhindar dari permasalahan dead pixels.

Aplikasi ini tidak hanya mencari dead pixels pada layar LCD, tetapi juga dapat memperbaiki dead pixels yang terjadi karena masalah seperti virus atau gangguan pada sistem operasi.

4. Multitouch Test

Multitouch Test

Apakah kamu seorang gamer? Salah satu masalah LCD yang sangat menjengkelkan bagi para gamer adalah masalah multi-touch pada touchscreen. Terkadang layar LCD tidak dapat menerima respon sentuhan jari pada 2 tempat atau lebih secara bersamaan.

Misalnya saja ketika sedang bermain permainan tembak-menembak seperti PUBG Mobile atau Free Fire yang mengharuskan pemain untuk menyentuh berbagai bagian layar untuk berjalan dan menembak di waktu bersamaan, masalah multi touch bisa membuat pemain kalah, menyebalkan bukan?

Aplikasi Multitouch Test dapat mengecek masalah ini dengan meminta pengguna untuk menekan beberapa bagian layar secara bersamaan. Jangan sampai sudah membeli handphone tetapi ternyata LCD bermasalah pada bagian ini.

‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’. Kutipan ini juga berlaku untuk layar LCD handphone. Sering-sering lakukan berbagai cara mengecek layar Xiaomi agar bisa mencegah dan terhindar dari masalah yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar