10 Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Nyala

Cara mengatasi laptop black screen bisa dilakukan dengan berbagai cara. Masalah ini memang cukup menjengkelkan, apalagi sering terjadi pada saat laptop sedang digunakan.

Ketika laptop black screen saat dinyalakan, kamu tidak perlu khawatir. Karena masalah ini memang sudah umum terjadi pada laptop.

Masalah pada layar laptop akan mempengaruhi penggunaannya. Kamu sama sekali tidak akan mengoperasikan laptop dengan baik ketika masalah ini terjadi. Solusinya tentu harus segera mencari penyebab dan memperbaikinya.

10 Cara Mengatasi Laptop Black Screen dengan Mudah

Penting untuk mengidentifikasi penyebab laptop black screen, tujuannya agar tindakan yang dilakukan sesuai.

1. Bersihkan RAM

Bersihkan RAM

RAM merupakan salah satu komponen yang penting pada sebuah laptop. Jika komponen ini mengalami masalah, bisa membuat laptop black screen. Jika masalah tersebut bersumber dari RAM, lepas komponen tersebut terlebih dahulu. Kemudian bersihkan menggunakan tisu atau penghapus pensil yang bersih secara perlahan.

Sebelum melakukannya, pastikan laptop sudah dalam kondisi mati terlebih dahulu. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti konsleting. Pasang kembali jika RAM sudah dalam kondisi bersih, setelah itu coba untuk menghidupkan laptop kembali.

2. Masuk ke Safe Mode

Jika menggunakan cara ini, perhatikan baik-baik pada saat menghidupkan laptop. Kamu harus menekan tombol F8 untuk bisa masuk ke Safe Mode.

  • Nyalakan laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan F8 sebelum muncul logi windows.
  • Jika berhasil, akan muncul program-program yang ada pada laptop kamu.
  • Setelah itu, pilih Safe Mode dan tunggu karena laptop akan secara otomatis melakukan booting kembali.
Baca Juga  7 Cara Mengatasi HP Ngeblank Layar Hitam/Putih, Ampuh!

setelah itu, pilih Safe Mode dan tunggu karena laptop akan secara otomatis melakukan booting kembali

  • Ketika proses booting berhasil, pilih Safe Mode. Caranya dengan membuka Start > All programs > Accessories > System Tools > System Restore > System, lalu pilih System Restore.
  • Langkah berikut nya, shutdown laptop dan nyalakan kembali.

Cara mengatasi laptop black screen ini memang cukup efektif. Tapi ada kalanya metode ini tidak berhasil, kamu bisa mencoba metode yang lainnya.

3. Restart laptop

Restart laptop

Untuk mengatasi laptop black screen Acer atau merk lainnya bisa dengan melakukan restart laptop. Mungkin kamu akan ragu dengan cara yang satu ini, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Pertama, nyalakan terlebih dahulu laptop kamu, pastikan tidak ada mouse, flashdisk atau perangkat lain yang terhubung.

Masalah black screen ini bisa saja karena adanya perangkat lain yang terhubung. Jika berhasil, layar laptop kamu akan kembali normal dan bisa digunakan kembali.

4. Cek Bagian Layar Laptop

Cek Bagian Layar Laptop

Karena gangguannya ada pada layar, kamu bisa mengecek bagian ini untuk memastikan ada masalah atau tidak. Layar laptop black screen juga bisa disebabkan oleh layar yang sudah rusak atau bermasalah. Coba untuk menghubungkan laptop dengan monitor eksternal.

Hubungkan laptop dengan monitor eksternal dengan kabel HDMI agar lebih mudah. Ketika tampilan di monitor eksternal normal, berarti ada masalah pada layar laptop. Solusi terbaiknya tentu harus mengganti layar dengan yang baru.

5. Gunakan Task Manager

Perlu kamu ketahui, cara memperbaiki laptop black screen ini hanya untuk laptop yang belum parah. Pastikan ada bagian yang masih bisa untuk mengontrol laptopnya.

  • Langkah pertama, nyalakan laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian tunggu proses booting laptopnya.
  • Jika muncul black screen, tekan tombol ctrl + alt+ delete secara bersamaan.
  • Setelah menekan tombol tersebut, pilih Task Manager, kemudian klik Add New Task.
Baca Juga  4 Cara Melacak Nomor HP di PC/Komputer, Akurat!

Setelah menekan tombol tersebut, pilih Task Manager, kemudian klik Add New Task

  • Kemudian masukkan namaexe pada kolom yang tersedia. Lalu buka aplikasi explore, secara otomatis laptop akan memulainya kembali

6. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Sembarang menggunakan aplikasi akan membahayakan laptop kamu. Bukan hanya akan mudah terserang malware, bisa juga membuat laptop mengalami black screen. Kamu bisa menguninstall aplikasi yang memang mencurigakan agar masalah laptop black screen ASUS bisa teratasi.

Gunakan aplikasi antivirus yang mampu melakukan scanning aplikasi-aplikasi mencurigakan. Agar terhindar dari masalah ini, pastikan hanya menginstal aplikasi dari pengembang resmi. Bukan tanpa alasan, aplikasi-aplikasi Windows memang banyak yang berbahaya, terlebih jika kamu tidak menggunakan antivirus.

7. Atur Ulang ke Pengaturan Default BIOS

Masalah black screen biasanya terjadi di laptop yang sering diotak-atik pengaturan BIOSnya. Kamu mungkin salah ketika melakukan pengaturan BIOS yang menyebabkan masalah ini terjadi. Cara mengatasi laptop black screen paling mudahnya bida dengan atur ulang ke pengaturan default BIOS.

Untuk masuk ke BIOS, nyalakan laptop terlebih dahulu. Sebelum masuk ke sistemnya, tekan F10, F2, F12, F1, atau DEL. Sesuaikan tombol yang ditekan dengan merk laptop yang kamu gunakan.

  • Jika sudah masuk ke BIOS, buka menu Exit.
  • Setelah itu, pilih Load Setup Defaults, kemudian Enter.

Setelah itu, pilih Load Setup Defaults, kemudian Enter

  • Secara otomatis akan muncul peringatan Load default configuration now ?, kemudian Enter pada opsi Yes.

Secara otomatis, laptop akan booting kembali. Dan tunggu sampai berhasil masuk ke sistem dengan baik. Jika cara ini berhasil, layar laptop kamu akan kembali normal.

8. Install Ulang Windows

Install Ulang Windows

Untuk cara mengatasi laptop black screen ini memang sedikit merepotkan. Jika kamu belum terbiasa, sebaiknya menonton video tutorial di YouTube terlebih dahulu.  Sebelum melakukan instal ulang, pastikan data-data pentingnya sudah dibackup.

Gunakan laptop atau komputer untuk melakukan backup. Karena pada saat instal ulang, semua datanya akan terhapus secara otomatis. Kamu bisa mencoba menggunakan Windows dengan versi yang berbeda.

Baca Juga  5 Cara Efektif Cek Nomor XL Sendiri via USSD, SMS, Aplikasi, dll

Instal ulang Windows ini memakan waktu yang cukup lama. Namun jika laptop sudah menggunakan SSD, prosesnya akan jauh lebih cepat. Ini merupakan tutorial mengatasi laptop yang black screen dengan cara yang mudah.

9. Atur Ulang Mode Tampilan

Atur Ulang Mode Tampilan

Jika masih belum berhasil, kamu bisa mencoba cara mengatasi laptop Lenovo black screen ini. Caranya dengan mengatur ulang mode tampilan pada laptop kamu. Tidak perlu membongkar laptop, cukup dengan menekan tombol Windows + Ctrl + Shift + B.

Kemudian lepas secara bersamaan, cara ini berfungsi untuk menyegarkan tampilan layar laptop. Memang terkesan simpel, namun tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini.

10. Cek Hardisk

Cek Hardisk

Peran hardisk dalam sebuah laptop sangatlah penting. Jika komponen ini rusak, bisa menyebabkan layar laptop black screen. Selain itu juga menyebabkan laptop tidak bisa booting dan masuk ke sistem.

Beruntung jika laptop masih bisa menyala, dan hanya bermasalah pada layarnya yang hitam. Untuk mengecek rusak atau tidaknya, lepas hardisk terlebih dahulu.

Setelah itu, pasang hardisk di laptop atau komputer lain untuk memastikan. Jika tidak ada masalah pada hardisk, kamu bisa mencoba cara mengatasi laptop black screen yang lain.

Saat ini, jauh lebih efektif menggunakan SSD, selain lebih kencang juga lebih awet. Meskipun harga SSD lebih mahal dari pada hardisk yang biasanya.

Cara mengatasi laptop black screen ini bisa kamu aplikasikan sendiri. Asalkan bisa melakukannya dengan benar, masalah black screen mudah diatasi. Masalah ini memang sangat mengganggu dalam penggunaan laptop.

Apalagi saat ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Tidak perlu datang ke tukang service, kamu bisa mencoba beberapa cara di atas terlebih dahulu. Jika masih belum bisa, baru datangi tukang service yang memang berpengalaman agar masalah lebih cepat selesai.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar