7 Cara Mengatasi HP Ngeblank Layar Hitam/Putih, Ampuh!

HP yang ngeblank berwarna hitam/putih memang bisa membuat pemiliknya panik dan takut. Ketika hal tersebut terjadi umumnya kamu akan mengetuk layar, memukul sisi HP, dan menekan tombol power. Sayangnya, cara mengatasi HP ngeblank hitam/putih tidak bisa dilakukan dengan cara-cara tersebut.

Cara mengatasi masalah layar HP ngeblank cukup bervariasi dan bisa bergantung pada penyebab dari terjadinya masalah tersebut. Solusi dari masalah tersebut bisa dengan membuka memori, SIM, dan baterai kemudian memasangnya lagi atau dengan cara membersihkan socket layar HP dari debu dan kotoran.

Cara Mengatasi HP Ngeblank

HP yang ngeblank bisa disebabkan banyak hal, diantaranya sistem tidak stabil, sistem tidak bisa dimuat dengan baik, terjadi bootloop, baterai yang sudah rusak, dan layar yang sudah rusak. Apapun penyebab masalah tersebut, solusinya bisa disimak di sini.

1. Bersihkan Cache Sistem

Pada sistem operasi Android ada yang namanya cache. Cache merupakan bagian dari sistem yang berperan menyimpan beragam data yang masih memiliki keterkaitan dengan kinerja sistem. Data-data yang ada di sana lama kelamaan akan menumpuk dan bisa jadi beban serta mengakibatkan gangguan.

Sistem bisa menjadi error dan kerjanya terhambat. Umumnya, cache yang bermasalah membuat performa HP menurun, menimbulkan crash, dan termasuk mengakibatkan layar menjadi blank. Solusi untuk masalah tersebut adalah tentu saja dengan membersihkan cache sistem dari sampah yang tidak lagi diperlukan.

  • Matikan HP.
  • Tekan tombol Power + Volume Down atau Power + Volume Up.
  • Tunggu sampai HP masuk ke Recovery.

Tunggu sampai HP masuk ke Recovery

  • Di sana, pilih menu Wipe dan pilih opsi Wipe Cache.
Baca Juga  Cara Daftar Akun Rekening Jenius BTPN Online Terbaru

Di sana, pilih menu Wipe dan pilih opsi Wipe Cache

  • Cache akan dibersihkan kemudian.

Setelah cache dibersihkan, restart HP. Setelah menunggu beberapa saat, coba jalankan lagi HP untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Jika tidak terjadi blank lagi, maka betul cache yang banyak sampahnya adalah penyebabnya. Lakukan pembersihan cache secara rutin agar performa sistem HP selalu prima.

2. Keringkan Android Apabila Terkena Air

Layar blank hitam pada HP bisa diakibatkan oleh HP yang terkena air dan mendapatkan efek samping buruk karenanya. Periksa apakah di atas layar HP ada air atau HP sedikit basah karena banyaknya air yang ada di sekitar HP. Umumnya, HP yang terkena air masih bisa hidup meskipun sedikit bermasalah.

  • Periksa, lap, dan keringkan HP yang basah.

Periksa, lap, dan keringkan HP yang basah

  • Bersihkan juga bagian dalam HP dimana pembongkaran harus dilakukan.
  • Rendam HP ke dalam beras kurang lebih 2-3 hari.

Rendam HP ke dalam beras kurang lebih 2-3 hari

  • Touchscreen HP sebaiknya dilepas saja.
  • Jika sudah, coba hidupkan kembali HP tersebut.
  • Jika berhasil, maka layar blank hitam tidak akan terjadi lagi.

3. Bersihkan Socket pada Layar

Cara mengatasi HP ngeblank selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian socket pada layar. Layar HP yang ngeblank bisa diakibatkan oleh bagian touchscreen yang bermasalah. Tentu hal tersebut tidak selalu pasti. Pada bagian tersebut, kerusakan bisa ditemukan pada bagian konektor LCS dari layar HP.

Untuk itu, pembersihan dan pemeriksaan di bagian tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar.

  • Matikan HP.
  • Bongkar dan lepas casing belakang HP.

Bongkar dan lepas casing belakang HP

  • Perhatikan bagian samping dimana socket layar
  • Lepaskan kabelnya.
  • Ambil dan gunakan penghapus dan bersihkan bagian ujung kabel konektor.
  • Setelah selesai, sambung kembali.
  • Pasang baterai dan casing HP dengan baik.

Pasang baterai dan casing HP dengan baik

  • Nyalakan kembali HP dan periksa apakah layar blank kembali muncul atau tidak.

Konektor yang kotor dapat mengakibatkan layar HP tidak mampu menampilkan apapun, jadi terlihat blank saja. Cara ini hanya boleh dicoba untuk yang berpengalaman di bidang reparasi HP. Kamu bisa menyimak panduan membersihkan bagian ini di banyak sumber. Jangan lakukan jika tidak yakin melakukannya.

Baca Juga  6 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

4. Lepas Memori, SIM, dan Baterai

Untuk menyelesaikan masalah layar HP ngeblank, pembongkaran tampaknya harus kembali dilakukan. Kali ini, pembongkaran dilakukan dengan tujuan melepas memori, SIM, dan baterai untuk kemudian memasangnya kembali. Trik ini termasuk trik klasik yang umum digunakan untuk beragam masalah HP.

HP yang ngeblank bisa disebabkan oleh sistem yang tidak termuat sebagaimana mestinya. Melepaskan kartu memori, SIM, dan baterai bertujuan membuat sistem terestart dan masalah bisa diatasi.

  • Matikan HP.
  • Lepas kartu memori, kartu SIM, dan baterai.

Lepas kartu memori, kartu SIM, dan baterai

  • Tunggu beberapa menit, dan pasang kembali semuanya ke tempatnya.
  • Hidupkan kembali HP.
  • Jika sukses, layar HP ngeblank dijamin tidak akan muncul kembali.

Jika HP yang digunakan menggunakan baterai tanam, maka tidak perlu paksa lepas baterai. Lepas saja memori dan SIM yang terpasang di sana. Jika memang mampu dan mahir dalam melepas casing HP, lakukan saja. Lakukan hal tersebut dengan baik dan rapi agar tidak terjadi masalah baru di kemudian hari.

5. Coba Ganti Baterai

Coba Ganti Baterai

Mengganti baterai adalah cara mengatasi HP ngeblank yang bisa dicoba selanjutnya. Jika mencopot kartu SIM, memori, baterai dan kemudian memasangnya kembali tidak bekerja, coba untuk mengganti baterai. Bukan tidak mungkin baterai yang terpasang di HP sudah rusak sehingga memunculkan blank.

Untuk menguji kondisi baterai, coba pinjam baterai dari HP yang sama. Jika sudah diganti layar HP menjadi tidak blank, maka dipastikan kondisi baterai sudah rusak. Bisa juga coba gunakan baterai yang mungkin rusak di HP orang lain. Bisa jadi tegangan baterai lemah sehingga mengakibatkan layar menjadi ngeblank.

6. Reset HP

Reset atau lebih tepatnya factory reset dilakukan untuk membuat semua perubahan pada pengaturan sistem HP kembali ke kondisi semula layaknya HP ketika pertama kali dibeli. Perubahan kondisi ke kondisi awal akan menggugurkan semua penyebab munculnya layar blank yang diakibatkan masalah pada sistem.

Baca Juga  4 Cara Transfer Pulsa Indosat via SMS, Dial, Aplikasi

Reset bisa dilakukan sebagai langkah pamungkas untuk memperbaiki masalah yang muncul pada sistem operasi. Selain mengetahui caranya, reset hanya bisa dilakukan apabila HP masih bisa masuk ke System Recovery. Jika tidak, maka reset HP tidak bisa dilakukan. Berikut adalah cara melakukan factory reset HP.

  • Matikan HP dan tunggu beberapa saat.
  • Tekan tombol Power + Volume Down atau Power + Volume Up.
  • Tunggu sampai HP masuk ke Recovery.

Tunggu sampai HP masuk ke Recovery

  • Di sana, pilih menu Factory Reset.

Di sana, pilih menu Factory Reset

  • Dari sana Reset HP.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah coba nyalakan kembali dan uji apakah layar ngeblank masih muncul.

7. Servis HP

Servis HP

Apabila semua cara memperbaiki HP yang ngeblank sudah dicoba tetapi tetap tidak membuahkan hasil, kamu bisa mendatangi tukang servis HP terdekat atau langsung berkunjung ke pusat servis dari merek HP yang digunakan. Cara ini adalah cara terakhir ketika semua cara yang dicoba tidak membuahkan hasil.

Tukang servis atau teknisi di pusat servis mungkin akan melakukan apa yang dinamakan reflashing. Tujuan dari flashing HP adalah mengganti sistem lama HP dengan sistem HP yang baru. Jika yang bermasalah adalah perangkat kerasnya, maka perbaikan atau lebih buruk penggantian komponen harus dilakukan.

Cara mengatasi HP ngeblank layar hitam atau putih di atas bisa dilakukan secara mandiri. Jika masalah tersebut muncul, jangan biarkan dan langsung cari solusinya. HP layar ngeblank memang bikin panik, tetap tenang dan tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat HP menjadi rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar