9 Cara Mengatasi HP Lelet (Lemot), Dijamin Ampuh 100%

Masalah ponsel lemot sering terjadi, hampir di semua merk. Tentu ini sangat menjengkelkan, karena aktivitas akan menjadi terganggu. Tidak heran, kenapa banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi HP lelet.

Ada banyak faktor yang membuat HP menjadi lelet, salah satunya penggunaan memori dan RAM yang hampir penuh. Untuk membuat HP yang tadinya lemot menjadi lancar kembali, ada beberapa metode yang bisa digunakan.

Ampuh! Ini Cara Mengatasi HP Lelet

Nah buat yang belum tahu cara mengatasi HP Lelet, maka bisa menyimak panduannya berikut ini.

1. Mengurangi Widget

Mengurangi Widget

Kehadiran Widget biasanya sangat membantu karena dapat membuat tampilan ponsel menjadi lebih menarik.

Namun sebenarnya jika terlalu banyak pemakaian Widget ternyata bisa membuat kinerja ponsel menjadi lelet.

Pada dasarnya setiap Widget yang dipasang, memerlukan waktu untuk menampilkannya. Tidak hanya itu, fitur ini juga memakan RAM yang dapat berdampak ke ponsel, salah satunya menjadi lemot.

Maka dari itu, untuk mengatasi smartphone yang lemot sebaiknya mengurangi penggunaan Widget. Gunakan beberapa Widget saja yang dianggap penting.

2. Menyeleksi Auto Sync

Menyeleksi Auto Sync

Faktor lain yang membuat smartphone Android menjadi lemot ketika dipakai Yaitu tugas yang dikerjakan terlalu banyak, misalnya Auto Sync ke banyak akun.

Meskipun ini memudahkan penggunanya ketika sedang memerlukan sesuatu secara tiba-tiba. Namun apabila dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, maka Auto Sync bisa membuat kinerja smartphone menjadi sangat berat.

Pasalnya setiap saat seluruh yang tersinkronisasi harus dijalankan oleh ponsel yang dapat membuat tugas RAM menjadi menumpuk sehingga berdampak ke kinerja HP yang menjadi lemot.

Jadi cara untuk mengatasi ponsel Android yang lemot adalah memilih apa saja yang sebaiknya disinkronkan secara otomatis dan menonaktifkan Auto Sync di akun yang jarang dipakai.

3. Clear Cache Secara Berkala

Clear Cache Secara Berkala

Cara mengatasi HP lelet selanjutnya adalah dengan melakukan clear Cache secara berkala. Mungkin banyak yang belum tahu. Cache adalah suatu data yang sifatnya sementara dan dibuat oleh aplikasi aplikasi di dalam ponsel Android.

Kehadiran Cache ini memudahkan dalam proses pembukaan aplikasi karena sebelumnya sudah ada data yang disimpan.

Namun harus diperhatikan, menyimpan Cache yang terlalu lama juga bisa berdampak kurang baik untuk kinerja smartphone Android.

Cache yang menumpuk dan jarang dibersihkan maka akan memakan kapasitas memori internal yang sangat besar. Jika hal ini dibiarkan HP akan menjadi lelet.

Maka dari itu penggunanya harus rutin membersihkan berkas cache dari Android. Jangan khawatir penghapusan cache tidak akan membuat data-data mama hilang karena sifat cache adalah data sementara yang dapat langsung dibuat kembali.

4. Kurangi Pemakaian Memori & RAM

Kurangi Pemakaian Memori & RAM

Salah satu faktor penting dari smartphone Android yang bisa menjadikan kinerja menjadi lancar yaitu memori internal dan RAM. Apabila kedua faktor ini penuh maka ponsel Android akan menjadi sangat lemot.

Yang harus diketahui kelancaran pemakaian Android tidak dapat mengukur hanya dari memori RAM saja. Meskipun kapasitas RAM sudah lega, namun memori internal penuh maka bisa membuat ponsel Android menjadi lelet.

Maka dari itu sangat penting untuk mengurangi pemakaian penyimpanan internal serta RAM saat pemakaian sehari-hari. Dengan cara rutin memperhatikan pemakaian memori internal serta RAM.

Dengan begitu kapasitas memori internal dan RAM yang tersedia dapat terpantau secara baik. Tujuannya sendiri supaya tidak kelebihan penyimpanan yang bisa berdampak ke kinerja smartphone Android menjadi lelet.

Intinya salah satu cara mengatasi HP lelet agar lancar kembali ya mengurangi penggunaan memori internal dan RAM. Jangan sampai kapasitas keduanya penuh.

5. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Cara mengatasi HP lelet berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. Pasalnya ini hanya akan membuat kapasitas memori internal dan RAM termakan.

Pengguna ponsel Android yang lemot bisa menghapus salah satu aplikasi yang sangat jarang digunakan. Dengan penghapusan aplikasi tersebut maka bisa membuat ruang memori internal dan RAM menjadi lebih lega.

Dengan begitu kinerja ponsel Android akan menjadi lancar kembali. Biasanya para pengguna Android tidak sadar membiarkan aplikasi yang sudah tidak digunakan dalam kondisi terinstal.

Jadi ketika kamu mengalami HP Android yang lelet, maka bisa mengecek aplikasi apa saja yang jarang banget digunakan. Apabila sudah ketemu maka bisa dilakukan uninstall.

6. Pasang Aplikasi Perlindungan

Pasang Aplikasi Perlindungan

Tidak ada salahnya apabila melindungi Android dari resiko virus yang dapat menempel di file yang berasal dari internet. Namun kesalahan yang sebaiknya dihindari yaitu jangan menginstal aplikasi antivirus lebih dari satu.

Pasalnya ini akan membuat ponsel Android menjadi lemot. Karena kapasitas memori internal yang dipakai semakin besar. Terlebih lagi jika aplikasi anti virus tersebut berjalan di latar belakang, dan pastinya akan memakan RAM yang lebih besar.

Sebaiknya memasang aplikasi antivirus 1 yang terbaik untuk mengatasi HP Oppo lelet. Tidak hanya itu kinerja HP Android akan semakin lancar untuk pemakaian sehari-hari.

7. Rutin Memperbarui Sistem

Rutin Memperbarui Sistem

Bisa dibilang hal ini jarang disadari oleh para pengguna smartphone Android, yakni rajin melakukan update sistem. Biasanya pihak pengembang secara berkala akan memberikan Update system untuk smartphone yang yang kamu gunakan.

Fungsi dari update sistem ini pastinya untuk meningkatkan performa smartphone tersebut serta meningkatkan keamanan. Apabila penggunaannya jarang melakukan update sistem maka dapat berdampak menjadi sangat lemot.

Pasalnya sistem yang dipakai dinilai sudah versi lama atau sudah tidak cocok dipakai. Melakukan update sistem Android secara berkala akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik.

8. Kurangi / Matikan Animasi

Kurangi : Matikan Animasi

Animasi merupakan salah satu fitur yang memakan banyak RAM di ponsel Android. Jadi cara untuk mengatasi HP Android yang lemot adalah dengan mengurangi atau mematikan animasi.

Adapun untuk caranya:

  • Masuk ke menu pengaturan. 
  • kemudian pilih Developer Options. 
  • Setelah itu ubah nilai Animator duration scale, Transition animation scale dan Windows animation scale nilai terkecil. Atau bisa dibuat off.

9. Nonaktifkan Aplikasi Berjalan

Nonaktifkan Aplikasi Berjalan

Cara mengatasi HP Xiaomi lelet adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan. Ketika penggunanya menginstal sebuah aplikasi di perangkat Xiaomi, terkadang aplikasi tersebut dapat berjalan di latar belakang.

Dan yang menjadi masalah yaitu pada saat aplikasi tersebut ternyata memakan pemakaian RAM yang cukup banyak.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut maka penggunanya dapat menonaktifkan aplikasi dengan cara berikut ini:

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu menu pengaturan. 
  • Kemudian masuk ke dalam menu aplikasi terinstal. 
  • Setelah itu pilih kategori menjalankan. 
  • Selanjutnya tekan paksa berhenti atau uninstall di aplikasi berjalan yang tidak digunakan.

Catatan:

Efek apabila terdapat suatu aplikasi yang memakan banyak memori dan ram maka sisa ruang dari memori internal serta RAM akan menurun secara otomatis. Sehingga membuat HP Xiaomi tersebut menjadi lemot, bahkan parahnya bisa hang.

Cara mengatasi HP lelet bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Karena kamu bisa memakai salah satu cara diatas. Apabila tidak berhasil, cara yang paling ampuh untuk kamu terapkan adalah dengan melakukan reset factory.

Leave a Comment

x