3 Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi, Jangan Panik Dulu!

Cara mengatasi fastboot Xiaomi bisa dilakukan oleh siapa saja dan sangat mudah tentunya. Maka dari itu, kami akan membuat pembahasan mengenai metode tercepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Smartphone memiliki 3 unsur penting, diantaranya hardware, software, dan firmware. Di mana ketika ketiga aspek tersebut berjalan, maka sistem akan bekerja secara normal. Perlu diketahui penyakit paling sering dialami oleh para penggua adalah tiba tiba masuk menu fastboot.

Walaupun smartphone kamu adalah kelas menengah atas atau flagship, bukan berarti aman dari permasalahan software atau lainnya. Semua akan terjadi apabila ada penyebabnya dan itu semua akan kami bahas tuntas pada artikel ini.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika HP Xiaomi Fastboot?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika HP Xiaomi Fastboot

Sebelum membahas tentang cara mengatasi fastboot Xiaomi, maka ada baiknya jika mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika HP Xiaomi mengalami fastboot. Langkah simpelnya adalah menekan tombol daya hingga terdapat tampilan reboot. Tunggu beberapa saat.

Setelah menekan tombol tersebut ditekan akan terlihat tampilan reboot atau restart yang biasanya berbentuk gambar robot sedang diperbaiki. Cara tersebut sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sayangnya, tidak semua cara tersebut berjalan dengan lancar dengan sebagaimana mestinya. Ada juga yang stuck ada diam pada logo robot saja sehingga harus menunggu baterainya habis (apabila baterai tanam).

Tentunya sebagai pengguna smartphone ketika terjadi permasalahan seperti itu akan membawanya ke tempat service HP dan pastinya membutuhkan biaya tambahan untuk memperbaikinya. Tetapi, ada beberapa cara untuk keluar dari fastboot Xiaomi.

Baca Juga  5 Cara Flash HP Xiaomi Matot/Eror (Bisa Pakai PC atau Tidak)

Penjelasan tersebut akan dijelaskan pada artikel kami yang selalu menyediakan informasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa baca sampai akhir.

Sekilas Penjelasan Mengenai Fastboot

Sekilas Penjelasan Mengenai Fastboot

Perlu diketahui bahwa fastboot itu bukan berarti sistem smartphone tersebut mengalami kerusakan. Tetapi pernyataan tersebut tidak bisa dibenarkan. Oleh karena itu, kami akan membahas secara lengkap mengenai penjelasan fastboot, simak ulasannya.

Fastboot merupakan menu atau sebuah sistem yang di mana layanan tersembunyi ada disana. Ketika terjadi kerusakan pada software smartphone, maka jalan satu satunya adalah masuk ke menu recovery atau fastboot.

Disana kamu dapat menemukan beberapa opsi pilihan, di antaranya hard reset, pemilihan data untuk mengganti tema smartphone biasanya, dll. Setiap tukang service pasti selalu menggunakan menu recovery sebagai jalur utama dalam menyelesaikan masalah.

Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi

Selanjutnya kami akan membahas penjelasan yang sangat ditunggu tunggu oleh kamu yaitu Cara mengatasi fastboot Xiaomi.

Ketika masuk ke dalam model fastboot bukan rusak atau terjadi kesalahan pada sistem Android. Jangan sampai salah paham, nantinya kamu akan dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu sehingga bisa merugikan pihak yang bersangkutan (korban).

Untuk kamu pengguna smartphone merek Xiaomi jangan khawatir ketika terjadi fastboot. Ada beberapa cara mudah dan praktis yang bisa bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Berikut penjelasan secara lengkapnya:

1. Tekan Kombinasi Tombol Power + Volume

Tekan Kombinasi Tombol Power Volume

Xiaomi telah didesain terbaik yang bertujuan untuk bisa masuk ke dalam fastboot menggunakan kombinasi tombol tertentu. Begitu juga dengan ketika ingin mengeluarkannya dari menu tersebut.

  • Caranya sangat mudah, yaitu saat Xiaomi dalam mode fastboot, tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Kemudian tunggu beberapa saat hingga HP tersebut restart.
  • Setelah melakukan cara di atas, maka selanjutnya akan muncul logo MI dan lepaskan tombolnya.
  • Tunggu hingga HP selesai loading sistem. Jika cara tersebut tidak ampuh, maka bisa melakukannya sebanyak 2 kali.
Baca Juga  Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo, ASUS, HP, dll

Apabila cara masih tidak bisa diandalkan, gunakan cara ini, yaitu:

  • Langkah pertama pastikan smartphone Xiaomi kamu dalam keadaan masuk menu fastboot.
  • Kemudian tekan tombol power selama 8 hingga 10 detik. Tunggu beberapa saat hingga HP mati.
  • Berikutnya nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power selama 3-4 detik lamanya. Maka ada kemungkinan menu fastboot akan hilang dengan sendirinya.

Dari kedua cara tersebut bisa digunakan dan ampuh untuk semua tipe smartphone merek Xiaomi di mana tidak sengaja masuk pada tampilan fastboot. Sudah banyak dicoba oleh sebagian besar pengguna setia Xiaomi.

2. Menggunakan Perintah CMD

Apabila cara pertama tidak ampuh juga, maka bisa menggunakan metode yang kedua ini. Tetapi kamu harus menggunakan komputer untuk menjalankan perintah di Command Prompt atau CMD.

Cara tersebut bisa dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut penjelasan secara lengkapnya:

  • Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah klik kanan file ADB fastboot, kemudian ekstrak here. Nantinya akan masuk pada tampilan awal yaitu, folder fastboot.
  • Kemudian, hubungkan smartphone merek Xiaomi kamu yang stuck di mode fastboot dengan kabel data dan dihubungkan pada komputer.
  • Di folder ADB Fastboot > klik kanan > tekan Open Command Windows Here. Lalu akan muncul Command Prompt.

Di folder ADB Fastboot klik kanan tekan Open Command Windows Here. Lalu akan muncul Command Prompt

  • Setelah muncul Command Prompt, maka langkah berikutnya adalah ketik Fastboot Devices, lalu klik enter.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses tersebut selesai hingga nantinya akan restart dengan sendirinya.

Metode tersebut sangat dijamin ampuh dalam mengatasi stuck di menu fastboot. kamu bisa mencobanya sekarang juga dengan menggunakan penjelasan dari artikel kami. Ikuti langkah langkahnya secara teratur.

3. Lepas Baterai

Lepas Baterai

Apabila cara ampuh nomor dua tersebut masih gagal juga, maka metode terakhir adalah copot baterai secara paksa. Maksudnya walaupun ketika layar smartphone menyala, kamu bisa melepaskannya secara langsung.

Baca Juga  7 Cara Membuka HP Xiaomi yang Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Sebagian besar smartphone merek Xiaomi pada saat ini menggunakan baterai tanam sebagai opsi utamanya. Namun, ada juga tipe lainnya yang masih menggunakan baterai lepas atau tanpa tanam. Tetapi sebenarnya baterai tanam juga bisa dilepas jika kamu mengetahui caranya.

Ketika smartphone kamu tiba tiba masuk ke dalam menu fastboot, pastinya akan merasakan khawatir akan terjadinya kerusakan. Namun itu semua bisa diatasi dengan cara melepaskan baterai secara paksa walaupun layarnya masih menyala.

Setelah melepaskan baterai, maka harus dipasangkan kembali supaya menyala dengan normal. Setelah itu, tekan tombol power selama 4-5 detik lamanya dan menu fastboot tersebut akan hilang secara otomatis.

Penyebab HP Xiaomi Fastboot

Penyebab HP Xiaomi Fastboot

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kerusakan pada smartphone tidak akan terjadi apabila tidak ada penyebabnya. Oleh karena itu, analisis terlebih dahulu sebelum membawanya ke pihak jasa service HP.

Penyebab HP Xiaomi menampilkan tampilan fastboot yang bergambar boneka dan robot kecil hijau di antaranya sebagai berikut.

1. Tertekan Tombol Volume Down Bersamaan dengan Tombol Power

Apakah kamu pernah tidak sengaja menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan? Mungkin itu penyebab dari munculnya tampilan menu recovery atau fastboot. Terkadang seringkali merasa kesulitan dan heran.

Untuk cara mengatasinya, bisa menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Tombol Volume Down Rusak

Ketika tombol down rusak biasanya ketika menyalakan smartphone dengan menekan tombol daya beberapa detik akan terjadi masuknya menu recovery atau fastboot. Oleh karena itu, analisis terlebih dahulu dan periksa kembali.

Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan dan mengatasi beberapa permasalahan pada smartphone. Oleh karena itu, pahami dulu penyebabnya baru mencari tahu cara untuk mengatasinya. Hal ini juga berlaku untuk cara mengatasi fastboot Xiaomi.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar