5 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dan Penyebabnya

Error pada Windows 10 memang sangat mengganggu, apalagi ketika kamu sedang butuh laptop untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satu error yang dialami oleh pengguna yaitu blue screen. Lalu, bagaimana cara mengatasi blue screen Windows 10?

Blue screen adalah masalah yang sering muncul bagi pengguna Windows yang ditandai dengan munculnya tulisan “Your PC ran into a problem and needs to restart”. Jika mengalami masalah ini, jangan panik terlebih dahulu.

Ketahuilah penyebab dari blue screen serta cara mengatasinya dengan benar agar permasalahan ini dapat segera diatasi. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai blue screen ini, silahkan tutorial berikut.

Penyebab Blue Screen Windows 10

Penyebab Blue Screen Windows 10

Sebelum mengetahui cara mengatasi blue screen Windows 10, pahami dulu penyebab blue screen Windows 10 ini. Blue screen biasa terjadi ketika kamu sedang menjalankan komputer atau bahwa saat update Windows 10.

Tentu ini adalah hal yang mengganggu dan harus segera diatasi. Blue screen pada dasarnya adalah error yang terjadi ketika ada masalah pada sistem operasi komputer. Ada berbagai kode pada blue screen yang menunjukkan penyebab dari permasalahan tersebut.

Laptop atau komputer yang mengalami blue screen biasanya akan melakukan restart secara otomatis untuk memperbaikinya kembali menjadi normal. Penyebab utamanya adalah karena ada masalah pada hardware atau software.

Ada juga error yang disebabkan karena software yang bersifat low level. Kamu bisa mengetahuinya dari kode error blue screen di Windows 10. Berikut beberapa diantaranya:

  • CRITICAL_PROCESS_DIED: masalah blue screen yang disebabkan ada proses error yang biasanya akan data ada yang corrupt.
  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLE: masalah error yang ada di bagian driver Windows sehingga tidak bisa diatasi.
  • IRI_NOT_LESS _OR_EQUAL: permasalahan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti error memori, driver, atau antivirus yang ada di laptop.
  • VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED: tidak ada respon pada drive untuk video.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA: menunjukkan bahwa terjadi kesalahan pada kode yang ada di antivirus atau driver di laptop kamu.
  • SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION: Windows tidak bisa menerjemahkan atau gagal untuk memproses kode yang ada di driver.
  • DPC_WATCHDOG_VIOLATION: ada error ketika pengguna memakai Hyper V tersebut dan ada kesalahan dalam Hyper V-nya.
Baca Juga  Windows 10 Lemot? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa penyebab dari blue screen yang terjadi di Windows 10. Error ini bisa menyebabkan data menjadi crash sehingga ada kemungkinan data hilang. Jadi, perlu untuk mengatasinya dengan cepat.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Jika terjadi masalah blue screen, kamu bisa mengatasinya melalui cara-cara berikut ini.

1. Restart PC Atau Laptop

Restart PC Atau Laptop

Cara ini adalah langkah awal untuk mengatasi blue screen di Windows 10. Hal ini penting karena pemulihan dengan restart umumnya akan memperbaiki error yang ada di laptop sehingga dapat bekerja seperti semula.

Jika laptop atau PC tidak mengalami crash yang parah, maka cara restart akan mampu mengembalikannya dengan mudah.

2. System Restore

Cara mengatasi blue screen di Windows 10 berikutnya adalah melakukan system restore. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Advanced Startup. Ketika sudah menyalakan laptop, akan muncul logo Windows di layar.

Setelah itu, klik dan tahan tombol power yang berfungsi untuk menghentikan boot pada PC. Lakukan secara berulang dua kali. Selanjutnya, ketika pengulangannya sudah tiga kali, maka akan muncul menu Advanced Startup.

Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Advanced Startup.

Buka menu Advanced Startup

  • Klik Troubleshoot dan pilih System Restore.

Klik Troubleshoot dan pilih System Restore

  • Pilih akun Windows mana yang akan diperbarui.
  • Berikutnya adalah memasukkan kata sandi atau password.
  • Klik Continue atau Selanjutnya.
  • Berikutnya adalah klik Next dan pilih restore point.
  • Selanjutnya, pilih Scan for Affected Programs yang bertujuan untuk memeriksa apakah ada program yang terpengaruh.
  • Setelah selesai, klik Close > Next.
  • Terakhir, tekan tombol Finish untuk menyelesaikannya.

Dengan melakukan system restore, maka program akan dikembalikan sebelum mendapatkan perubahan. Dengan demikian, update, driver, aplikasi, dan berbagai perubahan lainnya dapat dikembalikan lagi ke sebelumnya saat sistem dalam keadaan normal.

Baca Juga  5 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 (Cepat)

3. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Melalui Safe Mode

Cara mengatasi blue screen juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Safe Mode. Fitur ini adalah fitur yang memunculkan pengaturan secara desktop serta berguna untuk mengatasi sistem yang rusak.

Caranya dengan mengaksesnya lewat Advanced Startup ketika baru menyalakan laptop atau bisa dengan memakai software yang ada di Windows 10. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menggunakan troubleshoot terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memperbaiki error pada laptop. Fitur ini merupakan software bawaan dari Windows sehingga error bisa diperbaiki secara otomatis.
  • Setelah terdeteksi, akan muncul kode error. Silahkan cek kode tersebut dengan menggunakan aplikasi ketiga. Contohnya dengan memakai BluescreenView.
  • Langkah selanjutnya yaitu hapus aplikasi yang baru saja diinstall karena ini bisa menjadi penyebab blue screen.
  • Install ulang dengan menggunakan VGA. Disarankan juga untuk update ke versi terbarunya agar menghindari error. Namun, perlu diingat untuk menggunakannya sesuai dengan sistem yang ada di laptop apakah kompatibel atau tidak.
  • Hapus file sementara yang ada di laptop. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows +R. Lalu, ketikkan tempt. Lalu, hapus semua file temporary tersebut.

Hapus file sementara yang ada di laptop. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows R. Lalu, ketikkan tempt

  • Lalu, lakukan update Windows 10. Update ini berfungsi untuk menyaring malware yang mungkin masuk serta membuat browsing menjadi lancar.
  • Cek suhu dari laptop tersebut. Pasalnya, laptop dengan suhu yang panas juga menyebabkan laptop sering error dan muncul blue screen.
  • Lakukan pengembalian sistem dengan menggunakan BIOS default. Selain itu, hindari overclocking dengan menghentikan seluruh kegiatannya.

Lakukan pengembalian sistem dengan menggunakan BIOS default

  • Lihat komponen yang ada di laptop atau PC apakah masih berjalan dengan baik atau tidak.
  • Gunakan scan antivirus untuk mengatasi error yang disebabkan oleh malware atau virus yang bisa merusak file pada laptop.
  • Untuk opsi terakhir, silahkan untuk menginstal Windows 10.
Baca Juga  6 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

4. Bersihkan RAM

Bersihkan RAM

Meski jarang terjadi, RAM yang kotor juga menjadi pemicu munculnya blue screen. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan RAM.

Caranya adalah dengan membuka casing pada PC. Kemudian, bersihkan komponen RAM yang berbentuk logam kuningan. Bersihkan dengan kain serat halus seperti pada kain kacamata.

Jika komputer Anda sudah lama dipakai, besar kemungkinan adanya kotoran atau debu yang menempel pada RAM sehingga menyebabkan blue screen.

5. Periksa Hardware

Periksa Hardware

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi blue screen pada Windows 10, periksa hardware atau perangkat keras pada laptop atau komputer yang digunakan. Blue screen tidak hanya disebabkan oleh kerusakan pada software, tetapi juga hardware.

Hardware yang rusak ini dapat menyebabkan BSOD atau blue screen. Jadi, periksa satu-persatu komponen dari hardware ini apakah ada kerusakan. Mulai dari CPU, keyboard, monitor, dsb.

Windows 10 saat ini memiliki kemampuan yang lebih stabil sehingga sebenarnya jarang terjadi blue screen. Namun, apabila mengalaminya, gunakan cara mengatasi blue screen Windows 10 berdasarkan petunjuk di atas. Pahami juga penyebabnya agar bisa mengatasinya lebih efektif.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar