11 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Sampingan

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang di era yang serba digital ini. Berbagai platform online bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah TikTok. Cara mendapatkan uang dari TikTok bisa dibilang gampang-gampang susah.

Tiktok merupakan salah satu media yang sudah populer di Indonesia untuk menghasilkan banyak uang. Salah satu fitur di TikTok yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menghasilkan uang adalah fitur Toko di TikTok.

Tahap Agar Mendapat Uang di TikTok

Tahapan yang Perlu Dilakukan untuk Mendapatkan Uang dari TikTok

1. Membentuk Branding Sendiri

Branding atau merek merupakan kunci dan jati diri pemilik akun agar bisa dikenal pengguna lain dengan mudah. Unggahan video TikTok yang konsisten serta memiliki branding sendiri bisa dijadikan tahap pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Buatlah merek yang berkesan agar bisnis tersebut bisa menghasilkan lebih banyak uang.

2. Membuat Konten yang Disukai oleh Banyak Orang

Buatlah konten yang menarik serta selalu perbarui konten tersebut tanpa harus melakukan perubahan branding. Hal tersebut bisa membuat pengguna lain merasa nyaman dan ingin terus mengikuti perkembangan konten tersebut.

3. Dapatkan Pengikut Sebanyak Mungkin

Jika ingin melakukan monetisasi di TikTok minimal harus memiliki 10.000 pengikut atau follower. Agar bisa mendapatkan follower secara organik, maka pahamilah target pasar serta unggah konten-konten yang berkualitas.

Baca Juga  2 Cara Melihat Arsip Cerita di Facebook (Story) via HP dan PC

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

1. Jual Produk Melalui TikTok Shop

Jual Produk Melalui TikTok Shop

Buatlah iklan barang dagangan di live streaming TikTok dan juallah barang tersebut secara langsung di TikTok Shop. Sertakan tautan toko di bio agar pengguna lain mudah untuk menemukan produk tersebut.

2. Jual barang atau Jasa ke Penggemar Konten Tertentu

Jual barang atau Jasa ke Penggemar Konten Tertentu

Menjual barang seperti merchandise ke penggemar konten tertentu merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Monetisasi akun dengan menjual merchandise berdesain menarik bisa dilakukan dengan cepat jika jumlah pengikutnya sudah banyak.

Cara julannya bisa dilakukan dengan metode on demand atau sesuai dengan permintaan customer. Merchandise bisa digunakan untuk meningkatkan promosi di dua produk pengguna yakni pengguna itu sendiri dan bentuk merchandise yang dijual secara khusus.

3. Melakukan Live Streaming TikTok untuk Mengumpulkan Virtual Gift

Melakukan Live Streaming TikTok untuk Mengumpulkan Virtual Gift

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan mengumpulkan virtual gift dari para pengikut. Virtual gift bisa ditukarkan dengan cara pembayaran sesuai mata uang yang berlaku.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengumpulkan virtual gift melalui tayangan live streaming yakni:

  • Pilih waktu yang tepat untuk live streaming yakni saat sebagian besar follower sedang online.
  • Lakukan analisa tentang minat penonton.
  • Pertahankan waktu live streaming dengan durasi waktu yang agak lama.
  • Gunakan hastag atau tagar pada TikTok.
  • Sebelum mulai live streaming pastikan koneksi internetnya stabil.
  • Patikan juga segala macam urusan teknis terkait live streaming aman dan jaun dari segala gangguan.
  • Gunakan filter untuk menyaring gangguan dari penonton yang memberi komentar buruk.

4. Buatlah Iklan Menggunakan TikTok Ads

Buatlah Iklan Menggunakan TikTok Ads

Manfaatkan fasilitas TikTok Ads untuk mengembangkan pengguna dalam monetisasi akun. TikTok Ads menjadi langkah yang efektif jika telah memiliki lebih dari 10.000 pengikut.

5. Gabung dengan TikTok Creator Fund

Gabung dengan TikTok Creator Fund

Cara mendapatkan uang dari TikTok melalui creator fund sebenarnya cukup bervariasi, dari satu pengguna TikTok ke pengguna TikTok yang lain serta dihitung berdasarkan beberapa faktor seperti ukuran audiens, keterlibatan pengguna, dan frekuensi unggahan video.

Baca Juga  2 Cara Menonaktifkan Instagram Sementara & Permanen

Untuk bergabung dengan creator fund ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi pengguna, diantaranya:

  • Minimal usia pengguna adalah 18 tahun.
  • Berada di Negara Amerika, Italia, Prancis, Jerman, Inggris, dan Spanyol.
  • Jumlah minimal followernya 10.000.
  • Dalam 30 hari hari terkahir sudah memiliki capaian video yang sudah ditonton oleh audiens sebanyak 10.000 kali.
  • Pengguna harus mematuhi pedoman dari komunitas TikTok serta persyaratan layanan TikTok.

6. Lakukan Crowdfunding atau Galang Dana

Lakukan Crowdfunding atau Galang Dana

Buatlah proyek penggalangan dana melalui akun TikTok misalnya penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam atau dana untuk pembangunan fasilitas-fasilitas umum di tempat tertentu.

Penggalangan dana dilakukan untuk meningkatkan engagement follower secara sosial serta untuk meningkatkan kesadaran kolektif diantara para pengguna dan pengikutnya. Selain itu penggalangan dana juga bisa digunakan untuk meningkatkan citra content creator.

Content creator bisa terus dihargai oleh para followernya. Jika penggalangan dana dikelola dengan cara-cara tertentu, maka bisa digunakan untuk membantu mengamankan aliran pendapatan.

7. Buatlah Konten Bersponsor

Buatlah Konten Bersponsor

Konten bersponsor bisa dijadikan pilihan utama untuk mendapatkan uang dari TikTok bagi content creator yang memiliki pengikut dalam jumlah besar. Content creator bisa membuat suatu unggahan konten bersponsor untuk berbagai macam kepentingan.

Biasanya beberapa content creator media sosial mau menerima kerjasama dengan sponsor sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak tersebut. Keikutsertaan content creator dengan konten bersponsor menjadikannya mitra dari brand tersebut.

8. Sebagai TikTok Influencer

Sebagai TikTok Influencer

Seorang TikTok Influencer bisa mendapatkan uang dengan mencapai beberapa hal berikut ini:

  • Dengan menjadi brand ambassador suatu produk.
  • Mengunggah video atau konten bersponsor di TikTok.
  • Melakukan marketing afiliasi dengan suatu marketplace.
  • Melakukan endorsement suatu produk.

9. Membangun Agensi untuk Influencer

Membangun Agensi untuk Influencer

Apabila jumlah pengikut di TikTok sudah banyak maka pengguna bisa membangun agensi influencer untuk mendapatkan uang tambahan. Setelah membangun agensi influencer, agensi memiliki beberapa tugas sebagai berikut:

  • Menjadi penghubung antara brand-brand yang ingin produknya diiklankan oleh seorang influencer TikTok yang telah dipilihnya.
  • Menjadi koordinator dalam iklan untuk suatu brand
  • Mengelola kerjasama dengan brand
  • Mengatur konsep iklan
  • Menjadi marketing suatu produk.
Baca Juga  Cara Memblokir Akun Facebook Orang Lain yang Mengganggu

10. Mengarahkan Follower ke Platform yang Lainnya

Mengarahkan Follower ke Platform yang Lainnya

Cara mudah lainnya untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan mengunggah konten dan menautkan link ke platform yang lainnya seperti Facebook, Instagram, Youtube. Dengan cara ini, pengguna bisa mendapatkan engagement organik dari TikTok.

11. Lakukan Promosi Musik

Lakukan Promosi Musik

Bagi pengguna TikTok yang berprofesi sebagai penyanyi maupun produser di bidang musik bisa melakukan promosi musik untuk menambah penghasilan. Hal ini berlaku juga untuk penyanyi pendatang baru.

Penyanyi pendatang baru bisa menyanyikan lagu ciptaannya atau mengcover lagu untuk membuat konten TikTok. Jika beruntung, penyanyi pendatang baru tersebut bisa bertemu dengan produser terkenal yang akan mempromosikan lagunya.

Jika telah bergabung dengan label musik, bisa mempromosikan lagu-lagunya di TikTok. Saat ini sudah banyak pengguna TikTok menggunakan lagu-lagunya sebagai backsound video yang akhirnya lagu tersebut viral dan mendapatkan banyak perhatian dari publik.

Tips Monetisasi di TikTok

1. Buatlah Konten Secara Konsisten atau Terus Menerus

Jangan pernah berhenti membuat konten di TikTok agar para pengikut tidak beralih ke pengguna lain. Pastikan konten yang dibuat disukai oleh para pengikut.

2. Kembangkan Jumlah Pengikut Serta Selalu Libatkan Pengikut

Cara melibatkan pengikut adalah dengan melakukan QnA (Question and Answer) dengan para pengikut, menjawab komentar-komentar pengikut, dan lain sebagainya.

3. Promosikan Konten di Lintas Platform

Meskipun semua platform media sosial saling bersaing, tetapi pembuat konten tetap bisa mengembangkan konten TikTok di berbagai platform media sosial demi meningkatkan engagement personalnya.

Menghasilkan uang dari TikTok memang tak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu, pahami baik-baik cara mendapatkan uang dari TikTok agar bisa memperoleh penghasilan tambahan. Selain itu diperlukan pula konsistensi dan kerja keras untuk membuat konten yang menarik.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar