Cara Memindahkan WA Android ke iPhone Tanpa Hilang Data

Cara memindahkan WA Android ke iPhone bisa dilakukan tanpa menggunakan komputer. Selama ini, pemindahan hanya bisa dilakukan dengan komputer. Selain itu hasilnya bisa saja tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Untungnya saat ini WhatsApp sudah bisa memiliki kemampuan untuk pemindahan secara resmi. Jadi tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mungkin saja. Tetapi bisa menggunakan aplikasi bawaan yang dikeluarkan oleh Apple.

Untuk mengetahui bagaimana cara memindahkan WA Android ke iPhone bisa menyimak dalam artikel ini. Selain itu kamu juga harus mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan pemindahan.

Cara Memindahkan WA Android ke iPhone, Data Aman!

Cara memindahkan WA Android ke iPhone bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi resmi. Untuk melakukan itu, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Download terlebih dahulu Move to iOS di Playstore.

Download terlebih dahulu Move to iOS di Playstore

  • Setelah itu bisa langsung menyalakan ponsel iPhone dan melakukan proses backup.
  • Pilih backup Whatsapp. Akan muncul kode.

Pilih backup Whatsapp. Akan muncul kode

  • Masukkan kode di WhatsApp Android.
  • Ikuti langkah mulai dari backup chat dan data lainnya.
  • Tunggu proses pemindahan berjalan hingga selesai.
  • Setelah itu Whatsapp di Android akan Logout.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Syarat yang Harus Dipenuhi

Ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila ingin melakukan proses pemindahan. Jadi, tidak semua gadget bisa melakukan ini.

1. Android dan iOS Terbaru

Apabila ingin melakukan proses pemindahan harus memanfaatkan Android versi yang paling baru. Minta menggunakan Android versi 5 agar bisa melakukan proses pemindahan dengan mudah.

Baca Juga  9 Cara Mengatasi Laptop Lemot & Penyebabnya, Ampuh!

Selain itu apabila ingin menggunakan iOS maka harus menggunakan versi 15.5 atau yang lebih baru. Apabila dua syarat itu sudah terpenuhi maka proses pemindahan bisa dilakukan dengan mudah.

2. WhatsApp Terbaru

WhatsApp yang digunakan baik itu pada ponsel Android ataupun nanti yang dipasang pada iOS harus baru. Jadi usahakan untuk melakukan proses update terlebih dahulu sebelum melakukan proses pemindahan data.

Biasanya WhatsApp yang masih dalam status beta bisa digunakan untuk melakukan pemindahan ini. Apabila jarang melakukan update pada WhatsApp kemungkinan besar akan sulit melakukan pemindahan atau backup.

3. Menggunakan WiFi yang Sama

Usahakan untuk memanfaatkan wi-fi yang sama. Intinya sumber dari koneksi internet harus dari tempat yang sama untuk melakukan pemindahan dengan cepat dan tanpa harus memanfaatkan data terlalu banyak.

Apabila pemindahan dilakukan dengan menggunakan jaringan yang berbeda, kemungkinan besar tidak akan bisa berjalan dengan cepat. Jadi pastikan untuk menggunakan wi-fi yang sesuai atau yang kecepatannya tinggi.

4. Pakai Nomor Sama

Karena proses backup ini dilakukan pada WhatsApp, berarti akun yang digunakan harus sama. WhatsApp yang ada pada ponsel Android dan juga pada ponsel iPhone harus memanfaatkan nomor yang sama.

Apabila tidak menggunakan nomor yang sama, kemungkinan besar tidak akan bisa melakukan backup sama sekali. Data-data sudah terlanjur dipindah pada iPhone tidak akan bisa dikembalikan.

5. Harus Pakai iPhone Baru/Reset

iPhone yang nantinya digunakan untuk cara pemindahan WA Android ke iPhone harus dalam kondisi baru. Apabila tidak dalam kondisi baru paling tidak iPhone tersebut sudah mengalami reset.

Tips Memindah yang Benar

Tips Memindah yang Benar

Beberapa tips harus diperhatikan apabila ingin melakukan pemindahan data WhatsApp dari Android ke iPhone. Berikut beberapa yang harus kamu lakukan.

Baca Juga  7 Cara Recovery Windows 10 yang Paling Mudah, Anti Gagal!

1. Lakukan Backup secara Berkala

Usahakan untuk melakukan proses backup secara berkala paling tidak setiap satu bulan sekali. Ini dilakukan untuk memudahkan proses pemindahan data apabila dibutuhkan di kemudian hari.

Selain itu proses backup juga harus dilakukan dengan pemberian nama tertentu. Pastikan memanfaatkan akun Google sehingga proses backup bisa dilakukan secara langsung pada Google Drive.

2. Pindah Data Ukuran Besar

Usahakan untuk melakukan proses pemindahan data terlebih dahulu khususnya yang memiliki ukuran terlalu besar. Karena ukuran yang terlalu besar ini biasanya akan sulit dilakukan proses backup.

Jadi coba pindahkan terlebih dahulu dengan menggunakan flashdisk dan memanfaatkan kabel OTG. Apabila sudah berpindah maka proses backup bisa dilakukan atau ketika melakukan reset juga tidak ada masalah.

3. Gunakan Akun Sama

Usahakan untuk menggunakan akun yang sama apabila ingin melakukan proses backup.  Jika tidak menggunakan akun yang sama maka pemindahan tidak bisa berjalan.

Jadi pastikan nomor HP yang nantinya digunakan untuk login harus sama. Jadi apabila nomornya bermasalah atau nomornya mati berarti pemindahan tidak akan bisa digunakan.

4. Gunakan Koneksi yang Sama

Koneksi yang sama harus dilakukan sehingga wajib menggunakan wi-fi terlebih dahulu. Jadi lebih baik mencari jaringan wi-fi yang sama dan bisa disambungkan pada kedua perangkat.

Masalah Selama Pemindahan

Masalah Selama Pemindahan

Saat melakukan proses pemindahan mungkin akan ada beberapa masalah yang muncul. Berikut beberapa hal yang harus diwaspadai.

1. Tidak Bisa Tersambung

Salah satu masalah terbesar apabila ingin melakukan proses backup adalah tidak bisa tersambung sama sekali. Hal ini bisa muncul karena koneksi justru terganggu akibat stabilitas yang tidak sesuai.

Apabila hal ini terjadi lebih baik untuk ditunda terlebih dahulu proses backup atau pemindahan data. Karena jika tetap dilakukan bisa menyebabkan masalah seperti adanya data yang mengalami hilang atau mengalami corrupt.

2. Pemindahan Gagal

Meskipun masih bisa tersambung dengan baik Ada kemungkinan proses pemindahan justru mengalami kegagalan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal Salah satunya adalah kegagalan dalam pemindahan secara menyeluruh.

Baca Juga  15 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan & Tanpa App

Ini bisa muncul apabila kamu tidak memanfaatkan aplikasi yang paling baru. Selain itu ada juga kemungkinan kamu melakukan proses pemindahan data yang ukurannya terlalu besar.

3. Waktu Pindah Lama

Proses pemindahan biasanya tergantung dengan jaringan yang digunakan. Selamat jaringan yang digunakan stabil biasanya tidak akan ada masalah sama sekali. Sebaliknya jika jaringannya terganggu bisa menyebabkan pemindahan jadi lemot.

Apabila pemindahan membutuhkan waktu yang lama berarti kamu harus menunggu dengan sabar. Apabila diinterupsi di tengah pemindahan bisa menyebabkan beberapa data mengalami hilang atau backup mengalami gagal.

Itulah kenapa biasanya disarankan untuk memindah beberapa data yang memiliki ukuran terlalu besar. Jadi proses backup tidak akan menemui masalah sama sekali.

4. Ponsel Mati

Ada kemungkinan ponsel mengalami mati sehingga kamu tidak akan bisa menggunakannya secara maksimal. Apabila ponsel yang kamu gunakan mati maka prosesnya bisa terhenti di tengah jalan dan tidak bisa berlanjut.

Apabila salah satu atau kedua manusia memiliki masalah dengan baterai, ada baiknya diisi dahulu. Dengan begitu proses pemindahan bisa berjalan dengan lebih mudah. Bahkan bisa sesuai dengan kebutuhan.

Yang paling penting sudah memiliki persyaratannya disebutkan di atas. Selebihnya proses pemindahan akan berjalan seperti biasa.

Cara memindahkan WA Android ke iPhone bisa dilakukan dengan sempurna. Bahkan seluruh pesan yang ada di dalam Android bisa berpindah termasuk dengan beberapa data berbentuk foto dan juga sejenisnya.

Meski demikian selalu perhatikan beberapa syarat yang diminta. Salah satunya adalah dengan menggunakan versi dari WhatsApp tertentu serta kondisi dari iPhone. Apabila iPhone tidak dalam kondisi baru atau dalam kondisi reset biasanya tidak akan bisa dipakai.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar