6 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi merupakan pembahasan yang sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Karena pada zaman sekarang ini pihak developer aplikasi selalu mengembangkan fiturnya sehingga ukuran yang dihasilkan lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Permasalahan umum yang dirasakan oleh para pengguna smartphone adalah sering terjadi lag karena penyimpanan penuh. Biasanya diakibatkan dari ukuran file aplikasi yang sudah dipasang pada layar smartphone.

Hal yang biasa mereka para pengguna perhatikan ketika membeli sebuah smartphone ialah kapasitas RAM dan internalnya. Semua aplikasi berat bisa diakses apabila kondisi spesifikasi mendukung. Maka dari itu, jangan salah pilih.

Bagaimana Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi?

Bagaimana Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu produk elektronik terbaik di dunia dan telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai warga negara. Tentunya tidak perlu diragukan lagi kualitas yang ditawarkan oleh pihak perusahaan Xiaomi.

Harganya juga relatif terjangkau dibandingkan dengan merek selain Xiaomi. Tetapi sangat disayangkan, produk tersebut belum memiliki fitur memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Namun, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara melakukan beberapa metode alternatif. Zaman sekarang sudah dihadirkan beberapa layanan gratis dan tentunya sangat memuaskan, mulai dari untuk mendesain hingga programing.

Satu hal yang biasa dijadikan solusi ketika penyimpanan habis adalah dengan memindahkan data ke kartu SD atau Memory Card. Cara tersebut sudah terbukti dan efektif bagi pengguna yang kehabisan penyimpanan internal.

Perlu diketahui bahwa di smartphone lain bisa dikatakan lebih mudah memindahkan aplikasi dengan metode Cut dan Paste dari fitur bawaannya. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada ponsel merek Xiaomi.

Baca Juga  6 Cara Print Screen di Laptop Semua Merek (Windows & MacOS)

Alasan utamanya adalah karena perangkat Xiaomi tidak memiliki fitur bawaan yang bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan praktis. Jadi kamu harus melakukan root terlebih dahulu untuk mendapatkan akses bebas.

Tetapi itu semua bisa diatasi dengan menggunakan metode tanpa root. Pastinya informasi tersebut sangat ditunggu tunggu.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Tanpa Root

Untuk kamu yang ingin mencoba cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi, harus mempersiapkan PC atau laptop untuk melakukannya. Berikut informasi secara lengkapnya yang perlu disimak baik-baik:

1. Download Aplikasi Format Kartu SD

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah nyalakan terlebih dahulu komputernya.
  • Kemudian hubungkan pada jaringan internet. Jangan lupa siapkan juga kuota internetnya karena langkah ini bertujuan untuk mendownload aplikasi.
  • Kemudian setelah komputer menyala dan internet terhubung, maka download aplikasi format kartu SD di media internet.
  • Pilih website mana saja, utamakan link yang berada pada urutan paling teratas karena pada dasarnya website tersebut telah diakses oleh banyak orang.
  • Setelah itu, pengguna harus mengunduh aplikasi format kartu SD dari pihak ketiga yang bernama ATFISS. Silahkan download lalu ekstrak.

Setelah itu, pengguna harus mengunduh aplikasi format kartu SD dari pihak ketiga yang bernama ATFISS

  • Berikutnya, install dan tunggu beberapa saat hingga proses pemasangannya selesai.

2. Aktifkan Mode Debugging

Aktifkan Mode Debugging

Sesudah proses aplikasi terpasang, maka kamu harus masuk pada menu pengaturan smartphone dan cari opsi USB debugging, lalu aktifkan fiturnya. Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, harus mengaktifkan Developers Options.

Semua tipe smartphone Xiaomi telah pasti dilengkapi dengan fitur USB Debugging. Di mana berfungsi untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan komputer yang menjalankan Android SDK sebagai penghubung operasi lanjutan.

Pastikan mode tersebut telah aktif dan tidak terjadi masalah. Apabila fitur USB Debugging belum aktif juga, bisa matikan lalu nyalakan kembali smartphonenya. Cara itu sudah dibuktikan oleh banyak orang dan tentunya berhasil.

Baca Juga  5 Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci Akun Mi Dengan & Tanpa PC

3. Hubungkan HP Xiaomi ke PC

Hubungkan HP Xiaomi ke PC

Setelah fitur USB Debugging diaktifkan, maka langkah selanjutnya adalah colokan smartphone ke PC dengan kabel USB. Jika sudah ada notifikasi terkoneksi, maka buka script yang sudah di download sebelumnya (kamu bisa mencari scriptnya di berbagai sumber internet).

Pastikan tempat menyimpan file script tersebut diketahui agar memudahkan ketika proses pemasangannya.

4. Pilih Perintah Format

Pilih Perintah Format

Langkah berikutnya adalah pilih perintah format. Tapi tunggu dulu, setelah menghubungkan smartphone ke komputer maka selanjutnya adalah masuk pada aplikasi tersebut dan nantinya ada tampilan seperti bahasa pemrograman.

Terdapat tiga pilihan nomor yang harus kamu pilih salah satunya. Setiap nomer tersebut memiliki arti yang berbeda beda. Berikut penjelasan secara lengkapnya:

  • Nomor 1 artinya 10 persen kartu SD dipakai sebagai memori internal.
  • Kemudian untuk nomor 2 adalah 50 persen kartu SD dipakai sebagai memori internal.
  • Kemudian terakhir nomor 3 merupakan 90 persen kartu SD dipakai sebagai memori internal.

Sebagai contoh kami akan menggunakan kartu SD dengan kapasitas 32 GB dan memilih nomor 2. Apabila nomer tersebut dipilih, maka 50 persen dari kapasitas kartu SD akan berubah. Tentunya menjadi memori internal dan sisanya akan tetap sebagai kartu SD.

Maka dari itu, ketika kamu sudah mengetahui cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi tersebut jangan khawatir lagi ketika internal sudah penuh. Tetapi langkah yang tadi kami sebutkan sebelumnya belum selesai.

Setelah memilih nomor tersebut, maka script itu akan memproses format kartu SD sehingga bisa bekerja layaknya memori internal. Apabila proses tersebut sudah selesai, maka langkah terakhir adalah lepaskan kabel data yang terhubung pada komputer tadi.

5. Download Aplikasi Activity Launcher

Download Aplikasi Activity Launcher

Walaupun sudah memformat kartu SD menjadi memori internal, namun beberapa aplikasi tidak akan berpindah secara otomatis. Kamu harus memindahkannya dengan cara manual melalui aplikasi yang bernama Activity Launcher.

Baca Juga  4 Cara Registrasi Kartu Indosat via SMS, Online, Gerai, Tlp, dll

Aplikasi Activity Launcher merupakan aplikasi gratis dan bisa digunakan pada smartphone Android. Kemudian juga akan berjalan disemua jenis ponsel merek Xiaomi tanpa memerlukan akses root.

Pastikan ruang penyimpanan dan koneksi jaringan stabil karena itu semua akan menyebabkan hambatan ketika sedang proses download di Play Store. Biasanya pihak Play Store mengizinkan download ketika tersedia ruang penyimpanan minimal 200 MB.

6. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

  • Selanjutnya langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memindahkan aplikasi ke kartu SD melalui Activity Launcher.
  • Setelah mengunduhnya, maka buka aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat hingga menampilkan beberapa pengaturan All Activities.
  • Setelah terlihat tampilan pengaturan All Activities yang di mana kamu bisa melihat semua pengaturan tersembunyi pada HP Xiaomi, maka berikutnya adalah pilih opsi menu Manage Apps.
  • Pada bagian menu Manage Apps akan terdapat beragam aplikasi yang sudah terpasang atau terpasang pada layar smartphone kamu.
  • Silahkan pilih salah satu aplikasi yang akan dipindahkan pada kartu SD Xiaomi.

Silahkan pilih salah satu aplikasi yang akan dipindahkan pada kartu SD Xiaomi

  • Untuk mempermudah, kami akan memberikan satu contoh dengan memilih aplikasi WhatsApp
  • Kemudian akan muncul App info.
  • Setelah mendapatkan tampilan App Info, selanjutnya klik bagian Storage.
  • Selanjutnya akan muncul ombol change.
  • Silahkan tekan tombol tersebut.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan kamu bisa merasakan keluasan pada penyimpanan internal.

Semua itu bisa dilakukan secara mudah dan semua informasi terkini mengenai Xiaomi akan tersedia di berbagai media internet. Hanya saja kamu haru menggunakan kuota internet untuk mengaksesnya, termasuk untuk cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar