5 Cara Membuat Range di Excel via Mouse, Shift, Extension, dll

Dalam menjalankan berbagai fungsi dan rumus saat menggunakan Microsoft Excel, seringkali banyak sel harus dipilih sekaligus. Jika sel dipilih satu per satu akan merepotkan dan memakan banyak waktu, oleh karena itu penting untuk memahami cara membuat range di Excel.

Dengan membuat range, sel-sel yang diperlukan di dalam fungsi atau rumus Excel bisa dipilih atau diblok dengan cepat dan praktis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat range di dalam Microsoft Excel dengan mudah.

5 Cara Membuat Range di Excel untuk Mempermudah Pekerjaan

Setidaknya ada 5 macam cara yang dapat digunakan untuk membuat rang di dalam Excel mulai dari memanfaatkan kursor mouse, kombinasi tombol pada keyboard maupun yang lainnya. Setiap cara bisa menjadi lebih baik dan lebih praktis untuk dipilih tergantung kondisi dan kebutuhannya.

1. Cara Membuat Range di Excel Menggunakan Kursor Mouse

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat range adalah memanfaatkan kursor dari mouse seperti melakukan blok pada umumnya. Cara ini terbilang cara paling simpel karena pengguna komputer sudah pasti terbiasa untuk melakukan blok pada item di komputer.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat range menggunakan mouse di MS Excel.

  • Pilih sel pertama yang akan diblok dengan cara menekan klik kiri pada mouse lalu tahan

Pilih sel pertama yang akan diblok dengan cara menekan klik kiri pada mouse lalu tahan

  • Masih dalam kondisi menekan klik kiri pada mouse, arahkan ke setiap sel yang hendak dipilih
  • Jika seluruh sel yang diinginkan sudah terblok yang ditandai dengan warnanya menjadi abu-abu, lepaskan tombol klik kiri
  • Wilayah yang terblok ini menjadi tanda bahwa kamu sudah membuat range dari sel-sel yang dibutuhkan dalam file Excel.
Baca Juga  3 Cara Membuat Kolom di Excel dan Menghapusnya

Cara ini memang terbilang simpel dan mudah digunakan, namun tidak semua kondisi bisa menggunakan cara ini dengan nyaman. Misalnya saja jika sel yang harus dibuat range sangat banyak hingga ratusan atau ribuan, tentunya cara ini akan memakan waktu lama.

Belum lagi jika tombol klik kiri tidak sengaja terlepas ataupun sudah tidak berfungsi dengan baik tentu saja proses blok atau pembuatan range menjadi terhenti di pertengahan sel. Oleh karena itu terdapat opsi lain untuk membuat range.

2. Membuat Range di Excel dengan Menggunakan Kombinasi Mouse dan Tombol Shift

Jika cara pertama dalam pembuatan range terlalu merepotkan karena harus menahan tombol klik kiri mouse, cara kedua ini bisa menjadi opsi. Cara ini mengkombinasikan antara tombol klik kiri di mouse dengan tombol shift di keyboard.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu menahan tombol klik kiri di mouse dengan lama jika jumlah sel yang harus diblok sangat banyak. Cara mengkombinasikan mouse dan tombol shift untuk membuat range di MS Excel adalah sebagai berikut.

  • Klik pada sel pertama yang akan dipilih dalam range
  • Tekan tombol shift pada keyboard lalu klik sel terakhir yang menjadi batas akhir dari range yang akan dibuat

Tekan tombol shift pada keyboard lalu klik sel terakhir yang menjadi batas akhir dari range yang akan dibuat

  • Seluruh sel yang ada di antara sel pertama dan sel terakhir akan terblok secara otomatis dan membentuk range

Cara ini terbilang mirip dengan cara pertama, hanya saja peran dari menahan tombol klik kiri dan menarik mouse hingga seluruh sel terpilih bisa digantikan dengan cara yang lebih mudah yaitu menekan tombol shift pada keyboard.

3. Cara Membuat Range di Excel dengan Tombol Shift

Jika kamu ingin membuat range namun tidak ingin menggunakan mouse, maka tombol shift di keyboard dapat melakukannya. Jika di cara sebelumnya perlu bantuan tombol klik kiri dari mouse, di cara ini pembuatan range dilakukan dengan menggunakan keyboad dan berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama pilih dulu sel yang akan menjadi posisi awal range dengan cara mengkliknya atau mengarahkan kursor dengan tombol panah di keyboard.
Baca Juga  3 Cara Membuat CV di Word yang Menarik, Dijamin Bagus!

Pertama pilih dulu sel yang akan menjadi posisi awal range dengan cara mengkliknya atau mengarahkan kursor dengan tombol panah di keyboard.

  • Tekan dan tahan tombol shift lalu pilih sel berikutnya dengan cara menekan tombol arrow (atas, bawah, kanan, kiri) sesuai keinginan sambil tetap menekan tombol shift.
  • Setelah semua sel sudah masuk ke dalam range yang ingin dibuat, lepaskan tombol shift pada keyboard.

Cara ketiga ini juga terbilang simpel seperti cara pertama, sehingga akan sulit untuk diterapkan dalam membuat range dengan jarak sel yang terlalu jauh atau melibatkan banyak sel. Tapi kamu juga dapat menahan tombol arah saat membuat range agar lebih cepat.

4. Cara Membuat Range di Excel dengan Kombinasi Tombol di Keyboard

Cara keempat untuk membuat range adalah dengan melakukan kombinasi tombol di keyboard atau biasa disebut dengan shortcut. Terdapat beberapa kombinasi tombol keyboard yang bisa digunakan untuk membuat range dengan berbagai fungsinya.

Yang perlu dilakukan adalah memilih sel pertama yang akn dijadikan patokan awal dari range. Setelah itu, gunakan kombinasi tombol keyboard berikut ini untuk membuat range sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

  • Gunakan kombinasi Shift + Home untuk membuat range dari sel terpilih ke sel di kolom pertama dalam baris tersebut.
  • Kombinasi Shift + Ctrl + Home dapat digunakan untuk membuat range dari sel terpilih ke sel pertama di dalam lembar kerja (sel A1).

Kombinasi Shift + Ctrl + Home dapat digunakan untuk membuat range dari sel terpilih ke sel pertama di dalam lembar kerja (sel A1).

  • Kombinasi Shift + Ctrl + End digunakan untuk membuat range dari sel yang dipilih ke sel terakhir yang memiliki data di dalamnya.
  • Kombinasi Shift + Spasi bisa digunakan untuk membuat range satu baris penuh (baris=horizontal).
  • Gunakan kombinasi Shift + Ctrl + Spasi untuk menjadikan seluruh sel dalam lembar kerja menjadi satu range.
  • Kombinasi tombol Shift + PageUp dapat membuat range dari sel yang dipilih hingga ke sel paling atas yang berada di kolom yang sama.
  • Tombol Shift + PageDown dapat digunakan untuk membuat range dari sel yang dipilih hingga ke sel paling bawah di kolom yang sama.
  • Kombinasi Shift + Ctrl + Tombol arah (Arrow) dapat digunakan untuk membuat range dari sel terpilih hingga sel terakhir yang memiliki data sesuai arah yang ditekan. Jika di arah yang ditekan tidak ada data maka range akan dibuat sampai sel terakhir di arah tersebut.
Baca Juga  2 Cara Memunculkan Penggaris di Word (Semua Versi) dan Menggunakannya

Cara membuat range dengan menggunakan kombinasi keyboard ini terbilang sangat praktis dan cepat. Kamu hanya perlu mengingat setiap kombinasi tombol keyboard serta fungsinya.

5. Cara Membuat Range di Excel dengan Menggunakan Mode Extension Tombol F8

Cara terakhir untuk membuat range di MS Excel adalah dengan memanfaatkan mode extension tombol F8 di keyboard dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pilih sel pertama yang akan dijadikan awalan range, kemudian tekan tombol F8 untuk mengaktifkan mode extension.

Pilih sel pertama yang akan dijadikan awalan range, kemudian tekan tombol F8 untuk mengaktifkan mode extension.

  • Kemudian pilih sel lainnya yang ingin dimasukkan dalam range menggunakan tombol arrow ataupun klik kiri pada mouse.
  • Jika sudah selesai, tekan kembali tomnbol F8 untuk menonaktifkan mode ini.

Mode ini adalah pengganti dari tombol shift atau menahan klik kiri sehingga pembuatan range bisa dilakukan tanpa menahan tombol apapun.

Kelima cara di atas merupakan cara membuat range di Excel yang dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi data untuk memilih cara mana yang ingin digunakan dalam pembuatan range.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar