4 Cara Membuat Grafik di Excel dan Mengedit Datanya

Salah satu fungsi dari program Excel besutan Microsoft adalah, membantu penggunanya membuat sebuah grafik yang punya nilai informasi tinggi. Cara membuat grafik di Excel juga tidak sulit, asalkan paham detail langkah-langkahnya.

Buat kamu yang pernah membuat laporan atau membaca data presentasi, tentu banyak menemukan bentuk dan penjabaran sebuah grafik. Semua itu, dibuat menggunakan Excel dengan memanfaatkan tools yang tersedia.

Cara Membuat Grafik di Excel

Pembuatan grafik melalui program Excel, bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Secara umum, setiap versi Microsoft memiliki cara relatif sama, hanya tampilan dan posisi tools yang berbeda-beda.

1. Buat Tabel

Untuk memulai proses pembuatan grafik, aktifkan dulu PC atau laptop. Kemudian kamu bisa membuka program Excel untuk melakukan input data. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Buka program Excel, pilih menu “file” dan pilih opsi “new worksheet” lalu klik pada tombol “create”

Buka program Excel, pilih menu “file” dan pilih opsi “new worksheet” lalu klik pada tombol “create”

  • Di halaman baru sheet Excel tersebut, buatlah tabel menggunakan menu “insert” dan pilih jumlah kolom dan baris untuk tabel tersebut
  • Buat judul tabel dan isi setiap baris dengan data, yang ingin dikonversi menjadi grafik
  • Cek data yang sudah diinput, pastikan sudah benar

2. Block Data

Block Data

Pada tahapan ini, kamu akan mulai melakukan konversi sebuah tabel yang akan menjadi grafik tertentu. Caranya adalah:

  • Letakkan kursor pada tabel
  • Block data yang akan dikonversi menjadi sebuah grafik
  • Pastikan semua data yang akan dipakai untuk grafik, sudah masuk dalam area blocking tersebut

3. Buat Grafik dari Tabel

Selanjutnya adalah, proses membuat grafik dengan memanfaatkan menu recommended chart pada bagian toolbars halaman Excel.

  • Setelah data yang akan dikonversi di block, pilih menu “insert”
  • Klik pada menu “recommended charts”, pilih jenis grafik yang akan diaplikasikan untuk data tabel

Klik pada menu “recommended charts”, pilih jenis grafik yang akan diaplikasikan untuk data tabel

  • Pilih menu “all chart” untuk lebih detail memilih dari semua daftar grafik tersedia
  • Grafik akan muncul sesuai dengan data tabel di sampingnya
  • Posisikan grafik sesuai kebutuhan tampilan halaman Bisa diletakkan di samping tabel atau di bagian bawahnya

4. Pengaturan Grafik

  • Klik pada tulisan yang letaknya di bagian atas grafik, ganti dengan judul grafik yang kamu inginkan
  • Tekan “enter” untuk memastikan judulnya sudah berubah

Cara Cepat Untuk Editing Grafik di Excel

Terkadang tampilan sebuah grafik dinilai masih kurang sempurna meskipun sudah membuat cara membuat grafik di Excel, dalam hal menyajikan informasi dari data tabel. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan tools editing untuk membantu pengaturan berbagai elemen grafik.

1. Mengganti dan Merubah Data Grafik

Editing yang paling banyak dilakukan adalah, tentang perubahan data utama dari grafis yang sangat berhubungan dengan data di dalam tabel. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Klik pada logo saringan di sisi kanan grafik

Klik pada logo saringan di sisi kanan grafik

  • Jika ingin menghilangkan salah satu kelompok data, pilih menu “value” lalu hilangkan centang pada kategori data yang ingin dihilangkan dari grafik
  • Jika ingin mengubah nama dari setiap data grafik, bisa memilih menu “names” kemudian pilih kategori yang ingin diubah namanya.
  • Kemudian ketik pada kolom tersedia, nama baru yang akan dimasukkan ke dalam informasi grafik

2. Mengganti Warna dan Tampilan Grafik

Kamu juga bisa mengganti warna dan tampilan grafik menjadi lebih enak dilihat, bukan sekedar menyajikan data dalam bentuk berbeda. Jadi, orang tidak bosan ketika harus berkutat dengan grafik tersebut.

  • Klik pada tombol kuas di sisi kanan grafik
  • Jika ingin mengganti tampilan atau style dari grafik, pilih menu “style” lalu pilih jenis style pilihan kamu

Jika ingin mengganti tampilan atau style dari grafik, pilih menu “style” lalu pilih jenis style pilihan kamu

  • Jika ingin mengganti perpaduan warna grafis, maka kamu tinggal memilih menu “colour” dan pilih warna untuk setiap elemen grafis

3. Menambahkan Elemen Pendukung Grafik

Apa itu elemen? Yaitu simbol penegas informasi pada grafik, sehingga orang yang melihat bisa mudah memahami maksud dari grafik tersebut. Elemen bisa berupa garis tambahan dan bentuk lainnya.

  • Klik pada ikon tanda “+” di samping kanan atas grafik

Klik pada ikon tanda “+” di samping kanan atas grafik

  • Akan muncul daftar elemen tambahan yang bisa dipakai
  • Untuk tanda centang, artinya elemen sudah masuk ke dalam tabel. Jika mau menambahkan elemen lain tinggal centang pada sisi kiri elemen pilihan
  • Lihat hasil editing yang sudah berhasil dilakukan, apakah sudah sesuai atau belum.
  • Jika ada yang salah dan ingin dihapus kembali, tinggal klik tanda “+” lalu hilangkan centang pada elemen yang akan dihapus

Jenis Grafik Paling Populer Digunakan di Excel

Jenis Grafik Paling Populer Digunakan di Excel

Ada enam jenis grafik dari pilihan pada toolbars program Excel, bisa dipilih melalui cara membuat grafik di Excel. Masing-masing memiliki fungsi dan bentuk yang unik, bisa menjabarkan berbagai jenis data dengan jelas.

Pie Chart

Ada yang menyebutnya sebagai grafik pie, karena berbentuk bulat kemudian ada bagian-bagian dengan warna-warna yang berbeda. Jenis grafik ini biasanya untuk menjelaskan pembagian data-data dalam bentuk persentase

Surface

Ini adalah jenis grafik terkini dengan bentuk tiga dimensi, bisa dipakai untuk menampilkan sebuah peta lokasi berdasarkan kategori tertentu.

Column

Grafik ini adalah yang paling standar digunakan, berbentuk kolom dan garis vertikal dengan kurva X dan Y sebagai pembatasnya.

Untuk sumbu vertikal akan menjelaskan satu kategori data, sedangkan sumbu horizontal akan menjelaskan kategori pembandingnya.

Area

Beda lagi dengan grafik jenis area, yang lebih mengedepankan penginformasian data dalam bentuk sebuah alur, yang diarsir berdasarkan area-area. Semua data tabel akan tersaji dalam bentuk grafik ini, dengan penjelasan detail yang bisa ditambahkan.

Bar Chart

Berbentuk batang, yang akan memberikan informasi tentang perbandingan antara data-data yang tersaji. Biasanya digunakan untuk melihat perkembangan sebuah trend,seperti saham dan informasi survei.

Line

Ada lagi grafik jenis line, untuk membandingkan beberapa data dalam jangka waktu tertentu. Dalam sebuah portofolio perusahaan sering dipakai sebagai penjelas pencapaian kinerja perusahaan tersebut.

5 Elemen Penting dari Sebuah Grafik di Excel

5 Elemen Penting dari Sebuah Grafik di Excel

Empat elemen penting ini, merupakan hal yang tak terpisahkan dari sebuah grafik di program Excel. Setiap grafik yang dibuat, akan memiliki elemen tersebut.

Vertical Axis

Jika dilihat pada sebuah grafik, elemen ini sama dengan sumbu Y vertikal, yang akan menjadi penjabaran data dari kolom tabel

Data Series

Detail hubungan antara masing-masing data yang tampil pada sebuah grafik

Chart Title

Merupakan bagian judul dari sebuah grafik, bisa diubah namanya berdasarkan kebutuhan pembuat grafik. Misalnya, grafik pertumbuhan ekonomi di kota A selama tahun 2022.

Legend

Komponen pendukung isi data dengan warna-warna yang berbeda, sehingga memudahkan identifikasi data grafis

Horizontal Axis

Merupakan elemen yang berada pada sumbu X grafis, menjelaskan kategori yang ada pada data tabel

Apakah kamu sudah paham bagaimana cara membuat grafik di Excel? Sekarang saatnya untuk mencoba membuat sendiri, dengan mengacu pada tahapan pembuatan yang benar. Selamat mencoba.

Leave a Comment