2 Cara Membuat Filter Instagram dengan AR Studio & Picsart

Instagram menyediakan fitur filter untuk mempercantik instastory agar menarik, bahkan ada tutorial cara membuat filter Instagram agar pengguna bisa membuat filter sesuai selera.

Hal ini tentunya sangat disukai oleh para kreator yang punya sisi kreatif, karena bisa menuangkan ide-ide kreatif dan membuat karya filter menarik yang nantinya dipakai oleh banyak pengguna Instagram.

Namun tidak harus menjadi orang kreatif dulu untuk membuat filter, cukup tau teknik dasarnya dan alatnya lalu buat sesederhana mungkin sebagai permulaan.

Membuat Filter Instagram di Laptop VS Smartphone

Membuat Filter Instagram di Laptop VS Smartphone

Umumnya untuk membuat filter Instagram disarankan memakai laptop atau PC, karena proses desain grafis akan jauh lebih nyaman dan ringan dilakukan jika dibanding memakai smartphone.

Proses membuat filter memakai aplikasi khusus seperti Spark AR Studio. Jika kamu termasuk orang  sabar dan teliti, proses pembuatan filter akan jauh lebih mudah dilakukan.

Penjelasan mengenai aplikasi Spark AR Studio dan cara pakainya bisa di simak pada artikel berikut.

Penjelasan Singkat Aplikasi Spark AR Studio

Penjelasan Singkat Aplikasi Spark AR Studio

Spark AR Studio merupakan aplikasi Windows yang digunakan untuk membuat efek dan filter. Filter yang dihasilkan akan berbentuk AR (augmented Reality), lalu filter tersebut bisa digunakan dan di share ke sosial media.

Aplikasi bisa digunakan oleh semua kalangan sekalipun kamu tidak bisa desain. Karena Spark AR Studio punya template yang memudahkan pengguna membuat efek dan filter.

Spark AR Studi memberikan tampilan sederhana yang membuat pengguna dapat membayangkan bagaimana hasil dari efek dan filter yang dibuat sendiri.

Memang pemakaian Spark AR Studio disarankan lewat PC atau laptop, tapi pengguna masih ada cara membuat filter Instagram lewat smartphone.

Caranya dengan download dan install aplikasi Spark AR Studio lewat Google Play Store atau App Store. Lalu ikuti tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Filter Instagram Pakai Spark AR Studio

Setelah membaca penjelasan singkat mengenai aplikasi Spark AR Studio, sekarang saatnya mempelajari bagaimana cara membuat filter dengan aplikasi tersebut.

1. Download Aplikasi Spark AR Studio

Download Aplikasi Spark AR Studio

Aplikasi Spark AR Studio bisa didapatkan secara gratis lewat website resminya, Google Play Store atau App Store.

Download aplikasi dan lakukan proses install aplikasi sesuai arahan yang ada sampai semua prosesnya selesai.

2. Buka aplikasi Spark AR Studio

Buka aplikasi Spark AR Studio

Setelah proses install selesai, login ke Spark AR Studio pakai alamat email, nomor handphone atau akun Facebook.

Nanti akan muncul beberapa sample project yang bisa dibuka satu per satu, untuk mengetahui jenis filter apa saja yang sekiranya bisa dipakai untuk instastory.

  • Siapkan objek atau gambar, boleh yang bercorak atau tanpa background, pastikan format gambarnya PNG.
  • Selanjutnya, klik tombol create new di kiri layar, lalu klik blank project. Setelah itu silahkan mulai membuat filter instastory.

3. Tambahkan objek ke filter yang dibuat

Tambahkan objek ke filter yang dibuat

Setelah menyiapkan objek yang dibutuhkan, sekarang tambahkan objek tersebut ke dalam filter yang sedang dibuat.

  • Caranya tinggal klik +add asset di pane Assets yang ada di kiri layar. Lalu klik tombol Animation Sequence, jangan lupa untuk kasih nama di layer yang tertera.
  • Lalu klik tombol Choose File di kanan layar, dan masukkan objek yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Tambahkan fitur face tracker

Tambahkan fitur face tracker

Fitur face tracker berfungsi membuat filter Instagram mampu mendeteksi wajah penggunanya. Caranya tinggal klik kanan di panel scene, klik add, lalu klik fitur face tracker.

Setelah itu, klik kanan di facetracker0 yang sudah dibuat pada panel Scene sebelumnya. Klik Add dan klik plane.

5. Atur bagian plane

Atur bagian plane

Plane merupakan tempat objek yang mau dipakai dan nantinya akan muncul di wajah pengguna. Makanya diperlukan mengatur plane agar posisi objek pada filter yang dibuat sudah tepat.

  • Klik Plane yang sudah dibuat saat di panel Scene, lalu klik tanda pause yang ada di sebelah kiri menu.
  • Terakhir gerakkan plane di tempat yang diinginkan, bisa di atas kepala, wajah, dan pipi. Selalu ingat untuk mengatur ukuran plane agar hasilnya sempurna.

6. Beri tekstur pada plane

Kasih tekstur pada plane

Klik plane yang sudah dibuat di panel scene, silahkan u ah Shadee Type yang ada di kanan layar.

Cara ini berguna untuk memilih dan membuat tekstur sesuai keinginan. Ada tekstur flat, physically based, blended, standar, dan face paint.

Masih ditempat yang sama, klik Choose File di menu Texture, lalu pilih objek yang sudah disiapkan sebelumnya.

7. Export filter tersebut ke Instagram

Export filter tersebut ke Instagram

Cara untuk export filter ke Instagram yaitu dengan klik file si Spark AR Studio, lalu klik export. Pastikan sudah memberi tanda centang di semua pilihan, dan tanda centang berubah warna menjadi hijau.

  • Klik export dan pilih tempat penyimpanan filter tersebut, jangan lupa untuk kasih nama pada filternya.
  • Lalu buka link tersebut : www.facebook.com/sparkarhub, pastikan sebelumnya sudah login ke akun Facebook.
  • Klik tombol upload effect, lalu pilih Instagram, kasih nama untuk filternya, dan klik tombol next.
  • Di effect icon, tambahkan objek yang menggambarkan tentang filter tersebut, kasih tanda centang di legal agreement,lalu klik upload and continue.

8. Publish filter di Instagram

Publish filter di Instagram

Jika sudah yakin kalau filter yang dibuat tidak membutuhkan perubahan kembali, maka filter tersebut sudah bisa di publish ke Instagram.

  • Di halam preview silahkan klik next step, lalu pilih kategori yang sesuai sama filter. Klik tombol next, sampai ke halaman terakhir.
  • Klik tombol submit for review, di tahap ini hanya perlu menunggu feedback atau persetujuan dari pihak Instagram mengenai pengajuan filter baru.

Membuat Filter Instagram Pakai PicsArt

Selain aplikasi Spark Ar Studio, aplikasi PicsArt juga bisa digunakan untuk membuat filter Instagram lewat smartphone.

Membuat filter Instastory lewat smartphone (Android atau iPhone) memang bisa dilakukan. Cara pemakaiannya juga cukup mudah.

Walaupun ada perubahan pada langkah-langkahnya, namun proses yang dibutuhkan hampir sama. Bahkan membuat filter di smartphone masih harus memakai aplikasi Spark AR Studio.

Karen pemakaian efek hanya bisa dilakukan pakai Spark AR Studio, PicsArt hanya bisa kasih efek visual seperti sticker atau hapus background. Caranya sebagai berikut:

Klik menu mulai mengedit untuk memulai prosesnya

  • Masukkan facemestracker yang sudah dibuat atau diunduh. Beri tanda pada wajah yang mau dikasih filter, lalu close layar facemash tracker.
  • Tambahkan stiker pada bagian yang ditandai. Jika sudah klik tombol share untuk menyimpan file.

Jadi begitulah cara membuat filter Instagram memakai aplikasi Spark AR Studio. Sampai proses dari pembuatan filter Instagram masih memerlukan bantuan aplikasi, walau caranya cukup panjang tapi hasilnya tidak mengecewakan.

Leave a Comment