2 Cara Membuat CV di HP Secara Online & via Aplikasi

Curriculum Vitae atau disingkat CV adalah berkas utama yang harus dilampirkan ketika melamar pekerjaan. Selama ini, pembuatan CV dilakukan dengan manual atau dengan aplikasi dan situs tertentu dari PC atau laptop. Saat ini, apakah ada cara membuat CV di HP?

Tentu saja, dengan segala perkembangan di zaman digital, kemudahan itu bisa diperoleh. Pembuatan CV tidak akan memakan waktu lama, apalagi jika laptop seseorang sedang digunakan untuk melakukan pekerjaan lain.

Cara Membuat CV di HP

Ponsel pintar hadir agar berbagai aktivitas yang merepotkan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, atau bisa dikatakan tidak perlu memerlukan keberadaan PC terlebih dahulu. Beberapa cara untuk menciptakan CV dari ponsel dapat disimak sebagai berikut.

1. Situs-Situs CV Builder

Salah satu cara utama yang paling praktis adalah di mana beberapa situs dikembangkan secara khusus dengan fitur pembuat curriculum vitae. Beberapa situs ini adalah rekomendasi paling populer dan praktis bagi para pengguna yang hendak memiliki CV dalam waktu ringkas.

 cvmenarik.com

Berikut ini adalah rincian langkah-langkah untuk membuat daftar riwayat hidup yang menarik dengan situs bernama CV Menarik.

  • Masuk ke situsnya di alamat cvmenarik.com.

Masuk ke situsnya di alamat cvmenarik com

  • Klik opsi Buat Resume Saya.
  • Pilih salah satu format yang menarik hati. Gulir ke kanan atau kiri untuk melihat template lain. Klik Pilih bila sudah menentukan pilihan.
  • Halaman baru terbuka, maka isi data pribadi serta kontak yang diminta; Nama, Alamat, Kota, Kode Pos, Nomor HP, serta alamat email. Klik Berikut sesudah rampung.

Halaman baru terbuka, maka isi data pribadi serta kontak yang diminta

  • Isi Pengalaman Kerja dengan klik Tambahkan Pekerjaan untuk membuat komponen. Beri ceklis pada Saat ini Saya bekerja di sini jika masih menjadi pekerja di perusahaan tersebut.
  • Klik Tambahkan Deskripsi untuk menuliskan deskripsi pekerjaan. Gunakan format font untuk menekankan beberapa kalimat. Klik Berikut jika sudah rampung.
  • Klik Tambahkan Pendidikan untuk menambahkan riwayat pendidikan. Klik Berikut jika sudah rampung.
  • Klik Tambahkan Keterampilan untuk memasukkan skill atau kemampuan, kemudian atur levelnya.
  • Pada kolom Ringkasan, tulis paragraf pendek mengenai skill, pengalaman, serta prestasi. Klik Berikut jika sudah rampung.
  • Pilih Format atau template CV, kemudian periksa kembali data pribadi yang sudah diisi.
  • Klik Unggah Foto dan unggah foto dalam format PNG atau JPG. Atur ukuran, lalu klik Simpan.
  • Isi bagian Tautan Situs Web & Media Sosial dengan beberapa akun penting.
  • Tambahkan beberapa info untuk menarik perhatian recruiter, seperti Publikasi, Pelatihan, Magang, dan sebagainya.
  • Klik Lanjut Untuk Mengunduh. Tap pada ikon X jika ingin mengubah beberapa informasi.
Baca Juga  10 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Tanpa & Dengan App

Cakeresume.com

Situs berikutnya adalah Cake Resume. Cara membuat CV di cakeresume dijamin ringkas dan mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka situsnya di alamat cakeresume.com.

Buka situsnya di alamat cakeresume com

  • Lakukan registrasi, kemudian klik Pencari Kerja.

Lakukan registrasi, kemudian klik Pencari Kerja

  • Pilih template, lalu isi data pribadi dan informasi yang tampil pada layar.
  • Tap pada Edit CV, kemudian klik Ubah.
  • Sesudah CV dimodifikasi, klik ikon tiga lingkaran di sudut kanan atas. Klik Download CV PDF.

2. Dengan Aplikasi

Selain menggunakan situs-situs online, ada pula alternatif lain untuk cara membuat CV di HP dengan praktis. Cara ini tentunya dengan mengunduh beberapa aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi di bawah ini cukup populer dan kerap dimanfaatkan banyak kalangan dalam membuat CV.

Aplikasi Canva

Rekomendasi aplikasi pertama adalah Canva. Dikenal sebagai aplikasi desain, ternyata Canva juga memiliki template khusus untuk membuat CV. Bagaimana caranya?

  • Buka aplikasi Canva, lalu ketik Daftar Riwayat Hidup pada kolom pencarian.

Buka aplikasi Canva, lalu ketik Daftar Riwayat Hidup pada kolom pencarian

  • Pilih salah satu template yang menarik hati, kemudian atur layout serta format tulisan di dalamnya.

Pilih salah satu template yang menarik hati, kemudian atur layout serta format tulisan di dalamnya

  • Rapikan isian informasi dan data ketika halaman desain sudah terbuka. Unggah foto, lalu atur komponen serta elemen yang ada.
  • Kreasikan semua tools yang dapat dipakai sehingga CV semakin terlihat rapi dan lengkap.
  • Klik Share, kemudian Download CV yang sudah didesain tadi.

Resume Builder

Berikutnya, ada aplikasi bernama Resume Builder. Sedikit berbeda dengan Canva, aplikasi ini menghadirkan lebih banyak jenis dan model template untuk para pencari kerja; tidak hanya Curriculum Vitae, tetapi juga cover letter, sampai fitur pembuat tanda tangan.

Lalu, bagaimana membuat CV-nya? Simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi, lalu pilih template CV yang diinginkan.

Buka aplikasi, lalu pilih template CV yang diinginkan

  • Isi seluruh data dan informasi yang diperlukan, kemudian atur format penulisan dan komponen lainnya.
  • Unduh CV dan simpan di dalam perangkat.
Baca Juga  5 Cara Cek Kuota Telkomsel via SMS, My Telkomsel, Online, dll

Unduh CV dan simpan di dalam perangkat

 

Aplikasi CV Builder untuk HP Lainnya

Aplikasi CV Builder untuk HP Lainnya

Di samping aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas, terdapat beberapa aplikasi lagi yang dapat mendukung dalam pembuatan CV. Beberapa di antaranya adalah aplikasi yang sudah populer, pun penggunaannya tidak kalah mudah.

1. CV Engineer

Rekomendasi aplikasi pertama adalah CV Engineer, di mana pengguna dapat mengimplementasikan cara buat CV di HP Android dengan mudah. Sedikit berbeda dengan Canva, pengisian data dilakukan pada formulir terlebih dahulu.

Sesudah seluruh data dan informasi terisi, maka nantinya akan digabung sampai terbentuk menjadi CV. Beberapa orang memang lebih suka mengisi informasi terlebih dahulu. Dengan ini, fokus akan tertuju pada isian sebelum melihat hasil yang tertera langsung.

2. Resume Builder & CV Maker

Sebelumnya, telah dibahas mengenai aplikasi bernama Resume Builder. Dengan nama yang hampir mirip, aplikasi ini pun tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya.

Selain memenuhi cara membuat CV di HP, aplikasi ini juga menghadirkan fitur untuk membuat cover letter. Berikutnya, pengguna dapat menambah dan mengedit seluruh informasi dan data untuk diisikan ke dalam CV.

Sesudah itu, template dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan, bergantung pada posisi yang dilamar. Dengan aplikasi ini, pengguna juga dapat memantau jumlah orang yang melihat serta mengunduh CV-nya.

3. CV Creator

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pendahulunya, dengan aplikasi ini, pengguna memulai penggunaan aplikasi dengan mengisi informasi dan data diri terlebih dahulu. Sesudah itu, lakukan pemilihan template, baik itu model profesional, eye-catchy, atau elegan.

Untuk bisa mengakses aplikasi ini, pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu; tersedia dalam versi gratis dan premium atau berbayar.

Baca Juga  9 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

4. Easy Resume Builder

Selanjutnya adalah aplikasi bagi pengguna yang sedikit malas memilih template atau merasa tidak cocok dengan template yang sudah disediakan dalam aplikasi. Easy Resume Builder hadir untuk memudahkan pengguna untuk dapat langsung mengisi informasi mengenai dirinya.

Setelah semua informasi tersusun lengkap dan rapi, maka isian tersebut dapat langsung dikonversi menjadi bentuk CV yang sederhana dan profesional dan dapat langsung diunduh ke dalam perangkat. Model ini akan mempermudah recruiter dalam membaca.

5. Resume Star

Mirip seperti Easy Resume Builder dan aplikasi lain, terdapat fitur untuk membuat cover letter dan resume melalui aplikasi ini. Pengguna pun dimudahkan dengan tidak perlu meng-copy-paste informasi diri dari catatan menuju desain CV.

Hal yang harus diingat adalah rekomendasi template dari aplikasi ini tersedia dan digolongkan berdasarkan lapangan pekerjaan pada job seeker, mulai dari senior manajer, real estate, dokter gigi, sampai petugas kebersihan.

Setelah CV rampung, maka file-nya bisa langsung diunduh dan disimpan, atau langsung dikirim ke email recruiter.

6. Resume Maker

Rekomendasi aplikasi terakhir ini dikhususkan bagi pengguna iPhone. Tidak sulit, setelah aplikasi diunduh, langkah-langkah pembuatan CV tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang kompatibel pada Android sebelumnya.

Bagi para jobseeker, sudah siap mengaplikasikan cara membuat CV di HP dengan panduan di atas? Semua sudah tersedia, baik dari template dan pilihan kategori. Hanya perlu menyesuaikan isian informasi diri agar recruiter tertarik untuk melamar!

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar