Cara Memblokir Akun Facebook Orang Lain yang Mengganggu

Cara memblokir akun Facebook yang cukup mengganggu bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, Facebook sendiri juga sudah menyiapkan fitur itu sehingga proses blokir bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah saja.

Pemblokiran dilakukan karena beberapa akun memang menyebarkan kebencian. Selain itu, akun tersebut juga sudah tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Jadi, daripada mengganggu lebih baik untuk diblokir.

Artikel ini akan membahas cara melakukan blokir yang tepat untuk dilakukan. Selain itu, pemblokiran juga terjadi karena beberapa alasan yang mungkin akan berbeda-beda di setiap individu yang melakukannya.

Cara Memblokir Akun Facebook

Cara memblokir akun Facebook bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini. Kamu bisa menerapkannya secara langsung untuk bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi.

  • Masuk ke profil orang yang akan diblokir.
  • Tekan titik tiga di bagian samping kanan.

Tekan titik tiga di bagian samping kanan

  • Pilih Block.

Pilih Block

  • Baca apa saja aturannya lalu lanjutkan tekan Block.

Cara ini bisa diaplikasikan secara langsung ke semua pengguna. Jadi, kalau mereka melakukan posting pada hal-hal yang tidak disukai kemungkinan besar tidak akan muncul.

Mengapa Akun Diblokir?

Mengapa Akun Diblokir

Ada beberapa alasan mengapa akun Facebook  ataupun fanpage harus diblokir. Berikut beberapa alasan yang mungkin akan berbeda-beda di setiap individu.

1. Menyebarkan Kebencian

Ada beberapa alasan kenapa pengguna dari Facebook suka memblokir akun yang dimiliki oleh orang lain. Salah satu alasannya adalah menyebarkan banyak sekali kebencian sehingga orang-orang jadi tidak bisa menikmati.

Karena apabila pada bagian beranda sering sekali muncul hal-hal yang berhubungan dengan kebencian, kemungkinan besar akan sulit untuk memahami. Apalagi jika kebencian itu berhubungan dengan hal-hal yang memang sangat berbahaya.

Jadi apabila terus-terusan mendapatkan hal-hal yang bersifat menghina seperti itu, lebih baik untuk langsung diblokir. Apabila diblokir, kemungkinan besar postingan yang mereka buat di luar tidak akan muncul kembali.

2. Melakukan Spam

Beberapa orang sering sekali melakukan spam atau mengirim postingan dengan tipe yang sama hingga berulang-ulang. Bahkan dalam satu hari bisa melakukan posting hingga puluhan kali dan cukup mengganggu apabila dilihat.

Biasanya orang-orang seperti ini sering sekali melakukan spam pada barang-barang atau dagangan yang mereka. Mereka melakukan posting pada hal yang sama dan membuat orang-orang yang ada di sekelilingnya menjadi bosan.

Dengan melakukan proses pemblokiran ataupun unfollow, kemungkinan besar postingan yang mereka miliki tidak akan muncul kembali. Jadi, kamu bisa dengan mudah untuk melakukan pengecekan dan membaca beranda yang lebih bersih.

3. Memposting Hal Sensitif

Usahakan untuk melakukan pemblokiran juga pada hal-hal yang sifatnya sangat sensitif. Indonesia memiliki banyak sekali hal yang sangat sensitif khususnya yang berhubungan dengan agama atau yang berhubungan dengan suku.

Apabila hal-hal seperti itu diposting, kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah. Pertentangan bisa saja terjadi dan menyebabkan masalah yang cukup serius. Salah satunya adalah pertengkaran antar suku dan agama.

Jadi apabila ada orang yang sering melakukan posting yang berhubungan dengan hal itu, lebih baik langsung dihapus ataupun dilakukan proses blokir. Dengan melakukan hal itu, beranda yang dimiliki menjadi lebih bersih dan aman.

4. Membagi Link Aneh

Disadari atau tidak, ternyata banyak sekali orang yang sering membagikan link atau tautan yang aneh. Biasanya link tersebut berisi hal-hal yang berhubungan dengan penipuan ataupun hal-hal yang bersifatnya tidak aman.

Apabila sering membagikan link seperti itu, kemungkinan besar akan buat kamu tidak sengaja terkena klik. Apabila hal ini terjadi kemungkinan besar bisa memicu masalah yang cukup serius. Bahkan kamu bisa membuka situs-situs yang berbahaya.

Hal seperti ini harus benar-benar dihindari, jika tidak kemungkinan besar akan menyebabkan ponsel ataupun gadget yang dimiliki terkena virus. Jadi, lebih baik untuk langsung melakukan pemblokiran pada akun yang dianggap berbahaya.

Manfaat Memblokir Akun

Manfaat Memblokir Akun

Berikut beberapa manfaat yang mungkin akan didapatkan. Kamu bisa memaksimalkan seluruh manfaat yang dimilikinya.

1. Mudah untuk Membatasi Beranda

Memblokir akun memiliki cukup banyak manfaat bagi para pengguna Facebook. Dengan memanfaatkan cara memblokir akun Facebook yang sudah dibahas di atas, mereka bisa melakukan proses pembatasan pada beranda.

Bagian beranda akan dibatasi dengan cukup mudah. Pembatasan ini akan membuat postingan-postingan yang muncul di sana hanyalah yang cukup aman. Jadi ketika membacanya, kamu tidak akan terdampak sama sekali.

Apabila isi yang ada pada beranda berhubungan dengan hal-hal yang berbahaya, kemungkinan besar akan membuat kamu sedikit sulit untuk bersantai. Karena begitu membacanya kemungkinan besar akan menyebabkan emosi atau kepikiran.

2. Lebih Aman dan Santai

Lebih aman dan juga santai apabila postingan yang ada pada beranda memang di filter. Dengan filter ini maka yang muncul di sana adalah hal-hal yang memang benar-benar kamu sukai saja. Bisa kamu sering melakukan like ataupun follow pada fanpage yang menarik.

Misal pada fanpage yang berhubungan dengan hewan lucu. Maka pada postingan beranda akan lebih banyak muncul hal semacam itu dibandingkan dengan postingan milik orang lain. Apalagi jika postingan milik orang lain itu bersifat cukup sensitif apabila dilihat.

Jadi pastikan hanya melakukan follow pada beberapa orang ataupun fanpage yang memang disukai. Selebihnya kamu bisa melakukan unfollow dan apabila ada yang cukup berbahaya bisa langsung dilakukan proses blokir.

3. Tidak Terpancing

Usahakan untuk tidak langsung terpancing dari postingan-postingan yang muncul pada beranda. Karena apapun yang ada pada media sosial biasanya akan sulit untuk dipercaya. Itulah kenapa, disarankan untuk tidak mudah terpancing.

Apabila ada sensitif yang muncul di sana lebih baik untuk dipikirkan dengan kepala yang dingin. Jadi, kamu bisa lebih santai menghadapi berbagai hal tanpa mengalami masalah sama sekali.

Bahkan, kamu bisa menjalani kehidupan yang jauh lebih baik lagi. Karena fokusnya mungkin akan berubah ke hal-hal yang lebih bersifat positif. Karena hal-hal yang bersifat negatif sudah dihapus atau diblokir secara cepat.

4. Fokus ke Relasi Saja

Usahakan untuk lebih berfokus pada relasi yang memang sangat sehat pada Facebook. Pemblokiran ini akan menyelesaikan beberapa relasi yang memang benar-benar kamu sukai atau memberikan dampak positif pada kehidupan sehari-hari.

Apabila mereka memberikan dampak negatif berarti bisa langsung diblokir saat itu juga. Itulah kenapa disarankan untuk tidak langsung melakukan follow,  ataupun meminta pertemanan pada orang-orang yang tidak pernah dikenal sebelumnya. Apabila dilakukan mungkin akan berbahaya.

Fokus hanya pada orang-orang yang memang kamu kenal meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Yang paling penting relasi pada akun Facebook bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguan sama sekali.

Cara memblokir akun Facebook yang cukup mengganggu bisa dilakukan dengan menerapkan langkah yang sudah dituliskan di atas. Pemblokiran bisa dilakukan dengan mudah asalkan kamu mengetahui akun yang tidak disukai.

Apabila sudah diblokir akun tersebut tidak akan terlihat sama sekali. Jadi, pada bagian beranda yang dimiliki oleh Facebook tidak akan terlihat pesan-pesan yang mungkin akan mengganggu.

Leave a Comment