4 Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Benar, Pasti Bersih!

Intensitas penggunaan laptop yang sering dalam aktivitas belajar maupun bekerja akan menyebabkan layar laptop mudah kotor dan berdebu. Namun masih banyak orang yang mengabaikan cara membersihkan layar laptop yang benar.

Berhati-hati dalam membersihkan layar laptop menjadi hal yang harus diperhatikan, agar tidak terjadi konsleting ataupun merusak layar LCD. Korsleting dapat terjadi karena cairan pembersih masuk ke celah mesin, sedangkan layar LCD laptop rentan rusak apabila tekanan jari terlalu menekan layar.

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Membersihkan layar laptop tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan karena dapat menyebabkan kerusakan pada laptop yang berakibat fatal. Tentunya, pengguna tidak mau laptop rusak akibat salah membersihkan.

Berikut ini adalah urutan cara membersihkan layar laptop yang benar:

1. Menonaktifkan Laptop

Menonaktifkan Laptop

  • Sebelum membersihkan layar laptop, pastikan terlebih dahulu bahwa laptop sudah dalam keadaan off untuk menghindari konsleting dari bahaya aliran listrik mesin laptop.
  • Nonaktifkan laptop dengan cara menonaktifkan mesin laptop seluruhnya, jangan hanya di mode sleep saja.

2. Siapkan Spon atau Kain Kering Berbahan Halus

Siapkan Spon atau Kain Kering Berbahan Halus

  • Gunakan spon atau kain kering yang berbahan halus sebagai alat untuk membersihkan layar laptop.
  • Membersihkan layar laptop dengan melakukan gerakan lembut dan perlahan dalam mengusap satu arah pada layar laptop.
  • Hindari tekanan jari yang berlebihan pada layar agar tidak terjadi konsleting
  • Hindari gerakan menggosok layar karna akan menyebabkan lecet pada layar.
Baca Juga  Cara Cek Bit Laptop Windows, MacBook, & Linux (Praktis)

3. Semprotkan Cairan Pembersih ke Kain

Semprotkan Cairan Pembersih ke Kain

  • Setelah membersihkan layar menggunakan spon atau kain, langkah selanjutnya yaitu membersihkan layar laptop menggunakan cairan pembersih.
  • Semprotkan terlebih dahulu cairan pembersih ke spon atau kain yang telah disiapkan.
  • Hindari menyemprotkan cairan langsung ke permukaan layar laptop karena dapat menyebabkan konsleting.
  • Membersihkan layar laptop dengan melakukan gerakan mengusap layar dengan

4. Pastikan Layar Laptop dalam Keadaan Kering Sebelum Digunakan

Pastikan Layar Laptop dalam Keadaan Kering Sebelum Digunakan

  • Sebelum laptop diaktifkan dan digunakan pastikan layar laptop sudah dalam keadaan kering dari bekas cairan pembersih.
  • Hindari mengoperasikan laptop saat masih lembab, karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan komponen pada laptop.
  • Setelah layar laptop kering, laptop sudah bisa digunakan kembali dengan aman.

Tentunya pengguna tidak menginginkan hal sepele dapat menyebabkan kerusakan pada laptop karena kurang berhati-hati pada saat membersihkan layar laptop. Jadi dengan menerapkan urutan langkah membersihkan layar laptop dengan benar dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada laptop.

Cairan Pembersih Layar Laptop

Cairan Pembersih Layar Laptop

Cairan yang dapat digunakan sebagai pembersih layar pada laptop ternyata beragam. Berbagai opsi cairan pembersih yang dengan mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Berikut ini adalah beberapa jenis cairan yang dapat digunakan untuk membersihkan layar di laptop:

1. Cairan Spray Pembersih Layar laptop

Cairan ini dirancang khusus untuk membersihkan layar laptop dari kotoran dan debu. Produk ini aman dan mudah digunakan untuk membersihkan layar laptop, sehingga cairan ini termasuk pembersih layar laptop terbaik.

2. Handsanitizer

Hand sanitizer tidak hanya digunakan untuk membersihkan tangan, namun juga bisa untuk membersihkan layar laptop. Menggunakan hand sanitizer juga sama praktisnya dengan cairan spray pembersih layar laptop.

Baca Juga  7 Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows (Semua Merk)

3. Alkohol

Mayoritas masyarakat memiliki P3K di rumah, salah satunya yaitu alkohol pembersih luka. Alkohol ini dapat digunakan untuk membersihkan layar laptop yang jamuran. Kandungan isopropil pada alkohol merupakan pelarut yang bertugas melarutkan kotoran dan minyak.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih biasanya digunakan oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa sebagai aromatherapy. Ternyata cara membersihkan layar laptop dengan minyak kayu putih juga bisa dilakukan.

5. Tisu Basah

Cara membersihkan layar laptop dengan tisu basah juga bisa dilakukan. Tisu basah sering digunakan untuk membersihkan tangan dan berbagai macam barang. Kandungan antiseptik dan bahan kimia yang aman pada tisu basah menjadi sebab utama sebagai produk multifungsi.

6. Air

Air memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Apabila ingin berhemat, membersihkan layar laptop juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan air sebagai pengganti cairan pembersih lainnya.

Manfaat Membersihkan Layar Laptop

Manfaat Membersihkan Layar Laptop

Memiliki laptop dengan layar yang bersih dan terawat tentunya menjadi keinginan banyak orang. Memiliki laptop yang terawat akan memperpanjang masa pemakaian. Rutin membersihkan layar laptop memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

  • Mempertajam penglihatan ke layar laptop karena tidak terhalang kotoran dan debu.
  • Merawat kebersihan layar pada laptop.
  • Meminimalisir terjadinya kotoran yang berkerak.
  • Meminimalisir terjadinya kerusakan pada layar laptop.
  • Mengantisipasi debu masuk ke celah layar.
  • Merawat laptop agar lebih tahan lama digunakan.

Merawat dan membersihkan layar layar laptop memang terlihat sederhana dan simple, namun tidak semua orang memperhatikan cara membersihkan layar laptop dengan benar. Masih banyak orang yang membersihkan layar laptop dengan cara asal-asalan, tanpa memperhatikan keamanan laptop.

Dampak Negatif Tidak Membersihkan Laptop

Dampak Negatif Tidak Membersihkan Laptop

Memiliki laptop pribadi yang awet dan bersih menjadi impian semua orang. Tentunya memiliki laptop yang awet dan bersih membutuhkan cara khusus dalam merawat laptop. Salah satu cara merawat laptop yang simple dan bisa dilakukan sendiri yaitu dengan rajin membersihkan laptop.

Baca Juga  4 Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet, Work 100%!

Rajin membersihkan laptop membuat laptop bersih dan awet mungkin terdengar sepele. Namun, kebanyakan kasus laptop terjadi kerusakan karena penyebab utamanya kotor dan berdebu. Apabila debu yang menempel pada laptop hanya sedikit, mungkin tidak jadi masalah.

Permasalahan yang terjadi yaitu ketika tidak pernah membersihkan laptop dalam jangka waktu yang lama, mungkin bisa jadi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sehingga debu menjadi tebal dan membandel. Berikut dampak negatif yang terjadi pada laptop apabila tidak dibersihkan:

1. Banyak Debu di Keyboard Laptop

Debu dapat menyebabkan beberapa tombol keyboard menjadi sangat keras ditekan. Ada juga yang menyebabkan tombol menjadi tidak berfungsi akibat kotoran yang masuk ke celah-celah keyboard tersebut.

2. Debu Masuk Celah Layar LCD atau LED

Jika tidak segera dibersihkan maka akan mengganggu tampilan di layar. Pada saat mengoperasikan laptop menjadi tidak nyaman saat melihat ke layar monitor akibat bercak yang timbul disebabkan oleh debu.

3. Debu Dapat Mengotori Memory Laptop

Debu yang mengotori memory laptop dapat menyebabkan laptop menjadi eror dan ngelag. Kasus memory kotor sering sekali terjadi.

4. Debu yang Mengotori Saluran Pembuangan Udara Laptop

Panas yang ditimbulkan dari processor yang seharusnya dibuang keluar, namun malah tetap terjebak di dalam laptop akibat ventilasi pembuangan udara yang tersumbat. Akibatnya laptop bisa saja mati dan tidak dapat digunakan.

5. Debu Masuk pada Celah Casing Komputer dan Mengotori Mainboard

Hal ini dapat mengakibatkan mainboard komputer menjadi rusak. Bahkan jika terjadi penyumbatan pada heatsink komputer, pastinya yang akan terjadi adalah proses pendinginan processor menjadi panas dan akan terganggu.

Rusaknya laptop akibat debu sering terjadi. Sebisa mungkin pengguna bisa merawat dan memahami cara membersihkan layar laptop dengan benar. Hal yang terpenting yaitu membersihkan bagian luar secara rutin. Merawat laptop akan memperpanjang masa penggunaannya.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar