5 Cara Mematikan iPhone Semua Tipe/Seri

iPhone adalah salah satu merk ponsel yang terkenal di dunia karena memiliki banyak fitur yang akan memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah fitur untuk mematikan ponsel tanpa menggunakan tombol. Tentu saja ada cara mematikan iPhone lainnya yang penting untuk Anda ketahui.

Sebenarnya orang-orang yang sudah lama menggunakan iPhone tahu bahwa cara biasa dapat digunakan untuk menonaktifkan perangkat. Akan tetapi di beberapa kondisi cara ini tidak bisa digunakan sehingga membuat pengguna kebingungan.

Tenang saja karena ada cara-cara lain yang bisa dilakukan oleh pengguna. Pada kondisi perangkat sedang error atau baterai hampir habis memang perlu untuk mematikan ponsel. Ada beberapa cara berikut yang dapat diterapkan.

Tips Mematikan iPhone dengan Cepat

Setiap tipe memiliki cara yang berbeda-beda dalam menonaktifkan perangkatnya. Hal ini dikarenakan setiap sistem iOs memiliki fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum menerapkan cara berikut pengguna harus tahu tipe ponselnya apa.

1. Mematikan iPhone X, 11 dan 12

Khusus pengguna yang bertanya mengenai bagaimana cara mematikan iPhone 11 bisa menerapkan cara berikut ini. Tidak hanya untuk pengguna iPhone tipe 11 saja, cara ini juga bisa diaplikasikan ke iPhone X dan 12. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Cari tombol volume up dan down lalu tekan kemudian lepas secara cepat secara bergantian
  • Cari tombol power lalu tekan serta tahan sampai muncul logo Apple pada layar ponsel

Cari tombol power lalu tekan serta tahan sampai muncul logo Apple pada layar ponsel

  • Untuk mematikan perangkat bisa slide to power off ke sebelah kanan lalu tunggu hingga beberapa detik

Untuk mematikan perangkat bisa slide to power off ke sebelah kanan lalu tunggu hingga beberapa detik

  • iPhone akan langsung nonaktif

Cara ini mungkin berbeda dibanding iPhone tipe di bawahnya yang menggunakan tombol home. Ketiga jenis iPhone di atas tidak memiliki tombol home jadinya menggunakan tombol volume atas dan volume bawah. Cara ini sebenarnya hampir sama apabila pengguna ingin memulai kembali perangkat.

2. Mematikan Ponsel Tanpa Menggunakan Tombol

Berikutnya apabila iPhone sudah lama dan mendadak error serta tombolnya tidak bisa berfungsi kamu bisa menerapkan cara yang satu ini. Cara ini bisa menjadi alternatif apabila cara di atas tidak bisa bekerja. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka iPhone lalu masuk ke menu pengaturan
  • Cari menu aksesibilitas

Cari menu aksesibilitas

  • Gulir menu hingga menemukan opsi sentuh lalu klik untuk mengaktifkan assistive touch
  • Akan muncul menu sesuaikan menu level atas
  • Tambahkan ikon dengan bantuan menu + atau edit ikon yang sudah tersedia
  • Cari menu SOS jika sudah selesai pilih menu selesai di pojok kanan atas layar
  • Kembali ke menu home lalu pilih tombol assistive touch berwarna abu transparan atau putih
  • Pilih menu SOS sampai layar menampilkan menu geser

Pilih menu SOS sampai layar menampilkan menu geser

  • Geser menu ke arah kanan lalu ponsel akan langsung mati

Cara ini memang sedikit rumit dibandingkan cara sebelumnya, jadi pengguna bisa menerapkan cara ini dalam keadaan darurat saja.

3. Mematikan Ponsel dengan Paksa

Ada cara lain yang juga menjadi alternatif selain dua cara di atas yaitu dengan mematikan ponsel secara paksa. Cara ini juga sama yaitu hanya digunakan apabila keadaan sedang darurat saja karena lebih baik menggunakan cara nomor 1. Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkahnya.

  • Tahan dan tekan tombol power serta tombol home secara bersama-sama
  • Apabila menggunakan iPhone 7 dan 8 tekan volume down dan tombol power bersamaan sebagai ganti dari tombol home

Apabila menggunakan iPhone 7 dan 8 tekan volume down dan tombol power bersamaan sebagai ganti dari tombol home

  • Tunggu beberapa saat sampai ponsel berubah menjadi hitam

Tunggu beberapa saat sampai ponsel berubah menjadi hitam

  • Lepaskan kedua tombol tersebut dan ponsel sudah nonaktif
  • Nantinya setelah mematikan ponsel akan restart dan bisa normal kembali

4.  Mematikan iPhone X

Untuk semua seri iPhone X seperti XR, XS, X dan XS Max memiliki cara yang sama apabila pengguna ingin menonaktifkannya. Keempat seri ini memiliki fitur yang sama oleh karena itu cara mematikan iPhone XS Max juga sama yaitu dengan cara berikut:

  • Pastikan iPhone dalam keadaan menyala atau tidak dikunci
  • Tahan agak lama tombol volume up dan down secara bersama-sama
  • Tunggu beberapa detik sampai muncul pemberitahuan slide to power off di layar

Tunggu beberapa detik sampai muncul pemberitahuan slide to power off di layar

  • Geser layar ke kanan sampai iPhone mati dengan sendirinya

Cara ini terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Mengapa menggunakan tombol volume up dan down? Karena iPhone seri ini tidak memiliki tombol home seperti iPhone seri lainnya oleh karena itu memanfaatkan tombol volume.

5. Mematikan iPhone X Tanpa Tombol

Jika cara keempat tidak bisa dilakukan, khusus pengguna seri iPhone X bisa menggunakan cara lain yaitu tanpa menggunakan tombol volume up dan down. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka iPhone kemudian menuju ke menu pengaturan
  • Gulir layar sampai menemukan menu general umum

Gulir layar sampai menemukan menu general umum

  • Gulir layar ke bawah sampai menemukan menu shutdown/matikan

Gulir layar ke bawah sampai menemukan menu shutdown matikan

  • Pilih tulisan tersebut maka layar ponsel akan langsung mati

Cara kelima ini bisa menjadi alternatif apabila cara di atas tidak berfungsi. Tentu lebih mudah dibandingkan dengan cara mematikan ponsel iPhone seri lainnya. Bagi kamu yang masih awam bisa menerapkan hal ini. Cara ini juga berlaku pada ponsel iPhone 11 dan 11 Pro Max.

Manfaat Mematikan Ponsel Ketika Tidur

Manfaat Mematikan Ponsel Ketika Tidur

Setelah mengetahui bagaimana cara mematikan iPhone berikutnya adalah mengenai manfaat dari mematikan ponsel khususnya ketika hendak tidur. Mematikan iPhone ketika pergi tidur itu akan melindungi kamu dari gangguan yang biasanya terjadi.

1. Mendapatkan Ketenangan

Seperti yang sudah pengguna diketahui bahwa manfaat dari mematikan ponsel ketika hendak tidur adalah akan mendapatkan ketenangan. Pengguna tidak akan terpapar dengan informasi sembarangan yang biasanya muncul di ponsel.

Selain itu juga tidak akan terdengar suara notifikasi yang sangat mengganggu aktivitas tidur. Ketenangan ini dapat memberikan kesempatan agar bisa menjaga kualitas tidur dan bisa tidur cukup yaitu selama 8 jam. Mematikan iPhone akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Terhindar dari Blue Light

Manfaat berikutnya adalah terhindar dari yang namanya blue light. Blue light ini adalah cahaya biru yang biasanya muncul dari ponsel dan berdasarkan penelitian cahaya biru ini ternyata menghambat produksi dari hormon melatonin jadi tidur akan terganggu.

3. Menghemat Kuota

Bagi pengguna yang setiap harinya menggunakan paket internet sepertinya harus rajin mematikan ponsel khususnya ketika hendak tidur. Alasannya tidak lain adalah untuk menghemat kuota jadi sebaiknya ponselnya dinonaktifkan saja.

Selain itu kuota internet kamu juga tidak akan cepat habis apabila ponsel tidak digunakan. Oleh karena itu sebaiknya jika ingin menghemat kuota maka nonaktifkan ponsel setidaknya selama tidur saja.

4. Terhindar dari Radiasi Elektromagnetik

Terakhir adalah melindungi pengguna dari terjadinya radiasi elektromagnetik. Ponsel atau perangkat elektronik lainnya memang memiliki radiasi elektromagnetik yang bisa membuat kesehatan tubuh terancam. Apalagi jika terlalu lama terpapar dengan radiasi tersebut, harus diperhatikan.

Beragam cara mematikan iPhone di atas bisa kamu terapkan karena ada beberapa tipe yang memang cara menonaktifkannya berbeda. Selain itu penting juga untuk menonaktifkan ponsel selama tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Leave a Comment