6+ Cara Melihat Tipe Laptop Windows dan MacBook, Mudah!

Cara melihat tipe laptop sangat penting diketahui terutama untuk orang-orang yang membeli laptop secara online ataupun melalui marketplace. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa barang yang sampai sudah sesuai dengan yang ingin dibeli.

Tidak hanya yang hendak membeli, orang yang ingin menjual laptopnya juga harus mengetahui tipe laptop dengan benar agar hasil pencarian pembeli lebih spesifik dan juga sesuai. Hal ini berlaku untuk laptop Windows maupun MacBook.

Cara Melihat Tipe Laptop Windows

Untuk pengguna laptop Windows dengan sistem operasi Windows 7 maupun 10, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tipe laptop sekaligus spesifikasinya.

1. Dus dan Buku Manual

Dus dan Buku Manual

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat dus atau kotak laptop. Cara ini biasanya digunakan untuk yang baru saja membeli laptop ataupun yang masih menyimpan dus dan juga buku manual laptop yang dimiliki.

Jika tidak menemukan tipe laptop pada dus laptop, coba cek pada buku manual. Informasi mengenai tipe laptop biasanya tertulis pada buku manual.

2. Stiker Laptop

Stiker Laptop

Jika dus dan buku manual laptop sudah tidak ada, coba lakukan cara berikutnya yaitu melihat stiker di laptop. Biasanya ada beberapa laptop yang menuliskan tipe laptop di stiker yang ditempelkan pada bagian palm rest (bagian kanan atau kiri touchpad/trackpad).

Baca Juga  4 Cara Melacak Nomor HP di PC/Komputer, Akurat!

3. System Information

Untuk menggunakan cara ini, lakukan hal berikut:

  • Buka menu Start dengan menekan logo Windows di kiri bawah layar atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Untuk pengguna Windows 10 bisa langsung menekan kolom pencarian di taskbar.
  • Pada kolom pencarian ketik “System Information” lalu klik pada pilihan yang muncul.

Pada kolom pencarian ketik “System Information” lalu klik pada pilihan yang muncul.

  • Setelah jendela baru terbuka, akan terlihat berbagai informasi pada menu System Summary. Untuk mengetahui tipe laptop lihat pada bagian “System Model”.

4. Windows PowerShell

Cara melihat tipe laptop juga bisa dilakukan melalui Windows PowerShell dengan cara berikut:

  • Buka menu Start dan ketik “Power Shell” pada kolom pencarian lalu klik pilihan yang muncul atau tekan enter.

Buka menu Start dan ketik “Power Shell” pada kolom pencarian lalu klik pilihan yang muncul atau tekan enter.

  • Setelah Windows PowerShell terbuka, ketik atau salin perintah dalam tanda petik berikut ini “Get-CimInstance -ClassName Win32_ComputerSystem” lalu tekan enter.
  • Beberapa informasi akan muncul yang salah satunya adalah tipe laptop yang berada di bawah kolom “Model”.

5. Cara Melihat Tipe Laptop dengan CMD

CMD atau Command Prompt juga bisa menjadi opsi untuk mengetahui tipe laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut”

  • Buka menu Start atau lakukan pencarian dengan kata kunci “CMD” sampai muncul aplikasi Command Prompt pada hasil pencarian lalu klik atau tekan enter.
  • Masukkan perintah “systeminfo” kemudian tekan enter.

Masukkan perintah “systeminfo” kemudian tekan enter.

  • Tunggu sampai proses selesai maka akan muncul beberapa informasi. Tipe laptop dapat dilihat pada baris “System Model”.

6. DxDiag

Cara berikutnya yaitu dengan memanfaatkan DirectX Diagnostic Tool atau biasa disingkat DxDiag.

  • Buka menu Run pada laptop dengan menekan tombol Windows + R.

Buka menu Run pada laptop dengan menekan tombol Windows + R.

  • Ketik “dxdiag” (tanpa tanda petik) lalu tekan tombol enter.
  • Setelah DirectX Diagnostic Tool terbuka, pada tab System akan terlihat informasi tipe laptop pada bagian “System Model”.

Cara Melihat Tipe Laptop MacBook

Pengguna MacBook tidak perlu khawatir karena untuk mengetahui tipe MacBook juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga  10 Cara Merubah PDF ke Excel dengan Rapi Secara Online & Offline

1. Melalui Menu About This Mac

Melalui Menu About This Mac

Cara pertama yang digunakan adalah dengan melihat di menu About This Mac yang bisa diakses dengan cara yang sangat mudah.

Pertama, buka menu Apple yang terdapat di pojok layar kemudian pilih “About This Mac”. Informasi mengenai tipe MacBook akan muncul pada bagian Overview.

2. Dengan Bantuan Siri

Mengetahui tipe MacBook juga bisa dilakukan dengan bantuan Siri melalui perintah suara. Pertama lakukan pemanggilan Siri lalu katakan “Open System Information”. Siri akan membuka menu yang menampilkan informasi mengenai MacBook tersebut.

Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dengan menggunakan fitur bawaan laptop, cara mengetahui tipe laptop juga bisa melalui aplikasi pihak ketiga. Biasanya terdapat fitur-fitur lain selain melihat tipe dan spesifikasi laptop saja di dalam aplikasi-aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi populer yang biasa digunakan misalnya saja CPU-Z dan juga Speccy. Tentu saja sebelum bisa digunakan, aplikasi ini harus diunduh dan di-install terlebih dahulu di laptop. Kedua aplikasi ini tersedia untuk laptop Windows maupun MacBook.

Salah satu kelebihan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah informasi yang diberikan sangat banyak dan mendetail cukup dengan membuka aplikasi tersebut. Dengan satu atau dua klik informasi mengenai laptop sudah terjabarkan dengan jelas.

Misalnya saja aplikasi CPU-Z yang juga bisa digunakan sebagai cara melihat tipe DDR RAM laptop dan juga sebagai cara melihat tipe bios pada laptop.

Manfaat Mengetahui Tipe Laptop

Manfaat Mengetahui Tipe Laptop

Dengan mengetahui tipe laptop, banyak informasi yang bisa didapatkan. Beberapa manfaatnya bisa digunakan oleh pengguna baru maupun pengguna lama, misalnya saja hal-hal berikut ini.

1. Mengetahui Tipe Charger

Pengguna laptop yang menggunakan laptop secara mobile dan berpindah-pindah biasanya sering menemui masalah pada charger laptop. Hal ini bisa dikarenakan kabel charger yang terlipat atau tertarik saat membawa maupun menggunakan laptop di berbagai tempat.

Baca Juga  Cara Mengatur Jam di Laptop Win 7, 8, 10, 11 Agar Tidak Berubah

Jika charger rusak atau bahkan hilang dan ingin mengganti dengan yang baru, tentu pemilik laptop harus memilih sesuai dengan tipenya. Cara melihat tipe charger laptop bisa dilakukan dengan mengetahui tipe laptop terlebih dahulu.

Setelah itu bisa lakukan pencarian di toko offline maupun online menggunakan tipe laptop tersebut. Tentu tidak lupa menyesuaikan informasi lain seperti daya maupun voltase dari charger laptop.

2. Mengetahui Jenis CPU Laptop

Saat ingin meng-install aplikasi ataupun game di laptop, tentu ada syarat spesifikasi minimal salah satunya adalah jenis CPU laptop. Agar aplikasi berjalan dengan baik, laptop harus dipastikan memenuhi syarat minimal yang diberikan.

Cara-cara mengecek tipe laptop juga bisa digunakan sebagai cara melihat jenis CPU laptop. Informasi ini kemudian bisa digunakan untuk memutuskan apakah aplikasi akan dipasang atau tidak.

3. Melihat Jenis dan Tipe Sistem Operasi

Ingin mengetahui cara melihat tipe Windows laptop sekaligus cara melihat tipe laptop 64bit atau 32bit? Tidak perlu susah-susah mencarinya karena cukup dengan melakukan salah satu langkah di atas saja sudah bisa mengetahuinya.

Misalnya dengan membuka menu System Information, maka pengguna laptop bisa mengecek apa sistem operasi dari laptop tersebut dan tipe sistemnya.

4. Sebagai Cara Melihat Tipe VGA Laptop

VGA sebagai salah satu komponen penting di laptop seringkali menjadi salah satu syarat minimal dari beberpa aplikasi atau game. Dan untuk mengetahui tipe VGA yang terdapat pada laptop, cukup lakukan salah satu cara di atas.

Ternyata cara melihat tipe laptop begitu beragam dan mudah, kan? Selain itu juga banyak informasi penting yang bisa didapatkan mengenai detail spesifikasi laptop.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar