4 Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan Mi Cloud, IMEI, dll

Cara melacak HP Xiaomi yang hilang, misal terjatuh atau dicuri, dapat dilacak dengan beberapa metode. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan untuk melacak alat komunikasi yang satu ini dari jarak jauh.

HP dari masa ke masa terus meningkatkan teknologi yang semakin canggih dan fitur-fitur yang menarik. Mulai dari hanya berfungsi sebagai mengirim dan menerima dan pesan, melakukan dan menerima telepon, kini HP dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

Salah satu teknologi yang pada HP adalah GPS (Global Positioning System). Guna melacak keberadaan HP, GPS bekerja dengan mencari titik lokasi dari titik koordinat melalui satelit. Cara untuk melacak HP Xiaomi yang hilang dapat disimak penjelasan di bawah ini.

Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang

1. Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan Mi Cloud

HP Xiaomi memiliki fitur akun Mi Cloud yang berfungsi sebagai penyimpanan media dan dokumen. Saat mengoperasikan HP Xiaomi baru, jangan lupa untuk membuat akun Mi Cloud.

Ada dua pilihan untuk membuat akun ini. Pertama, dapat menggunakan nomor telepon, kedua dapat menggunakan email. Pastikan nomor telepon atau email aktif saat membuat akun. Nantinya akan memerlukan verifikasi yang dikirim ke salah satunya.

Satu cara melacak HP Xiaomi yang hilang ini untuk HP dalam keadaan online. Langkah untuk melacak HP Xiaomi yang hilang dengan Mi Cloud sebagai berikut.

  • Masuk ke akun Mi Cloud yang didaftarkan di HP Xiaomi yang hilang dengan mengunjungi laman https://i.mi.com/.
  • Pilih tipe HP Xiaomi yang akan dilacak.
  • Klik menu Find Device/Temukan Perangkat.

Klik menu Find Device_Temukan Perangkat

  • Sistem akan langsung melacak keberadaan HP Xiaomi yang hilang dengan menampilkan peta. Zoom peta tersebut untuk mengetahui lokasi akurat HP yang hilang.

Sistem ini melacak berdasarkan “Geo Location” yang artinya melacak di mana terakhir kali HP Xiaomi online. Pada laman tersebut terdapat tiga opsi yang dapat digunakan untuk mendukung pencarian HP Xiaomi yang hilang.

Lost Mode: Opsi ini berguna untuk mengunci HP Xiaomi yang hilang. Fitur ini dapat mengamankan data-data di HP. HP tidak akan digunakan sampai memasukkan akun Mi Cloud yang terdaftar.

Noise Mode: Opsi ini hanya berguna jika HP yang hilang tidak terlalu jauh. Saat mengaktifkan fitur ini, HP akan berdering selama 5 menit.

Wipe Device: Jika kemungkinan besar HP yang hilang tidak akan ditemukan, lebih baik menggunakan opsi ini untuk menghapus seluruh data di HP Xiaomi yang hilang. Hal ini untuk mencegah data pada HP disalahgunakan.

2. Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan Email

Selain memasukkan akun Mi Cloud, tentunya pengguna juga memasukkan akun email di HP. Salah satu cara melacak HP Xiaomi yang hilang dengan email, dalam hal ini Gmail. Untuk cara ini hanya bisa dilakukan jika HP yang hilang dalam keadaan aktif.

  • Masuk ke akun Gmail yang terkoneksi dengan HP yang hilang menggunakan komputer atau laptop di https://myaccount.google.com/.
  • Pilih fitur Google Temukan Perangkat Saya.

Pilih fitur Google Temukan Perangkat Saya

  • Tunggu hingga hasil muncul di layar. Google akan menunjukkan peta lokasi secara lengkap dan nama perangkat yang tersambung di HP.

Sama seperti cara sebelumnya, Google juga memiliki fitur Lock (mengunci perangkat), Play Sound (menghidupkan alarm), dan Erase (Menghapus data).

3. Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan Google Maps Location History

Cara yang satu ini mirip dengan cara melacak HP Xiaomi yang hilang dengan email. Namun, dengan mengunjungi laman yang berbeda. Pastikan bahwa HP yang hilang terkoneksi dengan Gmail.

Sama halnya dengan cara sebelumnya, HP yang akan dilacak harus dalam keadaan aktif dan terkoneksi jaringan internet. Berikut cara melacak HP Xiaomi yang hilang dengan Google Maps Location History.

  • Buka akun Gmail lalu pilih Setting.
  • Klik Account.
  • Lalu Klik Google Account.
  • Klik Data Personalization.
  • Klik Location History.
  • Hidupkan Location History.
  • Lalu buka Google Maps di aplikasi atau browser. Masukkan akun Gmail.
  • Buka menu Your Timeline.

Buka menu Your Timeline.

  • Lalu akan muncul perpindahan lokasi HP yang hilang dan waktu terakhir HP terlihat di peta.
  • Dari peta tersebut dapat dijadikan titik pencarian HP yang hilang.

4. Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan IMEI

IMEI adalah nomor identitas internasional yang dimiliki setiap HP. IMEI pada HP Xiaomi tediri dari 15 digit angka. Cara melacak HP Xiaomi yang hilang dengan IMEI tidak serta merta mengetahui lokasi HP terkini.

Nomor IMEI dapat digunakan untuk menonaktifkan jaringan seluler pada HP. Dalam hal ini HP akan di-black list dari semua jaringan operator. Namun, cara ini terbilang cukup rumit.

Nomor IMEI ditautkan ke basis data kartu SIM operator seluler sehingga untuk melacak HP yang hilang memerlukan surat keterangan dari polisi untuk diberikan kepada operator.

Tujuan yang tertera dalam surat keterangan tersebut adalah melacak HP yang hilang dengan IMEI. Setelah mendapatkan surat keterangan hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghubungi service center operator SIM Card HP yang hilang.

Sampaikan tujuan dan berikan nomor IMEI kepada operator. Operator akan meminta surat keterangan yang dikeluarkan oleh pihak polisi.

Jika HP masih dalam keadaan hidup dan terpasang SIM Card, operator akan mengetahui lokasi HP terkini. SIM Card otomatis akan terhubung ke tower terdekat dan IMEI akan tercatat.

Namun, jika HP dalam keadaan mati atau misal pencuri mencabut SIM Card, operator hanya akan mengetahui lokasi HP sesaat sebelum mati.

Cara melacak HP Xiaomi yang hilang dilakukan setelah HP hilang. Namun, perlu juga melakukan antisipasi pada HP jika suatu saat HP terjatuh atau dicuri, HP dapat dilacak keberadaannya. Cara antisipasi di bawah ini dapat diterapkan.

Antisipasi yang Perlu Dilakukan pada HP

1. Kunci HP dengan Sandi yang Kuat

Kunci HP dengan Sandi yang Kuat

HP memiliki fitur lock screen atau kunci layar sebagai lapisan keamanan. Terdapat kunci pola, nomor, huruf, fingerprint, dan bahkan face ID. Terapkan salah satu kunci layar pada HP. Pastikan untuk membuat sandi yang sulit ditebak.

Untuk menerapkan kunci layar pada HP Xiaomi, buka menu Setting –> Security –> pilih jenis kunci layar.

2. Aktifkan Fitur “Temukan Perangkat Saya” atau “Find My Device”

Aktifkan Fitur “Temukan Perangkat Saya” atau “Find My Device”

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fitur “Find My Device” ini sangat penting untuk diaktifkan, bahkan tidak perlu dimatikan. Untuk mengaktifkan fitur ini buka menu Setting –> Security –> Find My Device –> Aktifkan Toggle.

3. Jagalah HP Saat Berada di Tempat Publik

Jagalah HP Saat Berada di Tempat Publik

Kehilangan HP tentu saja akan merepotkan. Apalagi jika HP dalam keadaan mati. Terlebih jika tidak dapat ditemukan. Membeli HP baru atau bekas tentunya menjadi pilihan yang tak terelakkan. Maka, selalulah menjaga HP saat berada di luar atau di tempat publik.

Bagi pengguna HP Xiaomi, jika suatu saat HP hilang, coba untuk tetap tenang. Cara melacak HP Xiaomi yang hilang pada penjelasan di atas dapat dilakukan secara berurutan. Pilihlah metode yang sekiranya dapat segera dilakukan sesaat menyadari HP hilang.

Leave a Comment