6 Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone Agar Tidak Lemot

Cara hapus data aplikasi di iPhone bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Ada yang menggunakan pengaturan standar pada ponsel, selain itu ada juga yang menggunakan aplikasi tambahan. Jadi, bisa memilih sendiri mana yang paling tepat.

Penghapusan bisa dilakukan untuk seluruh data aplikasi atau sebagian saja. Itulah kenapa disarankan untuk melakukan proses pemilihan dengan tepat. Jika tidak, kemungkinan besar bisa menghilangkan beberapa data yang penting.

Proses penghapusan data ini harus dilakukan secara terus-menerus ataupun berkala. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan fungsi dari aplikasi. Jadi, ponsel tidak akan lemot lagi.

Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone

Ada beberapa cara hapus data Aplikasi di iPhone yang bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Hapus Cache Browser

Apabila ingin melakukan penghapusan dengan menghilangkan beberapa data pada browser Safari, bisa mengikuti beberapa cara ataupun langkah di bawah ini dengan seksama.

  • Masuk ke dalam pengaturan atau setting terlebih dahulu.
  • Geser ke bawah sampai menemukan Safari.

Geser ke bawah sampai menemukan Safari

  • Selanjutnya bisa langsung memilih Clear History and Website Data.

Selanjutnya bisa langsung memilih Clear History and Website Data

Penghapusan ini akan dilakukan untuk menghilangkan berbagai data yang tersimpan pada browser Safari. Jadi apabila kamu pernah login ke akun tertentu dengan memakai situs ini berarti harus dilakukan lagi.

2. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya untuk penghapusan data secara langsung ke dalam aplikasi, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Settings > General > iPhone Storages.

Settings General iPhone Storages

  • Pilih aplikasi terlebih dahulu yang akan dihapus datanya.
  • Masuk ke Documents & Data.
  • Hapus data di Delete App.

Hapus data di Delete App

Data-data pada aplikasi tertentu yang jumlahnya ada banyak, bisa langsung terhapus. Jadi, ada baiknya untuk memilih aplikasi yang tepat dan jangan menghapus secara sembarangan.

3. Reset iPhone

Reset iPhone

Apabila data yang dimiliki oleh iPhone sudah terlalu banyak dan menyebabkan ponsel menjadi sangat lemot. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu dan menghilangkan semua data.

Apabila kamu ingin melakukan ini ada baiknya untuk melakukan proses terlebih dahulu ke beberapa data penting. Misal melakukan backup pada beberapa galeri yang ada di dalamnya.

Dengan melakukan proses backup ini, kamu bisa langsung mengembalikan semua data. Jadi beberapa data aplikasi yang memang tidak dilakukan proses backup bisa dihilangkan atau dihapus secara menyeluruh.

4. Pakai Aplikasi Cleaner

Pakai Aplikasi Cleaner

Cara terakhir yang bisa dilakukan cara hapus data aplikasi di iPhone adalah dengan memanfaatkan cleaner. Aplikasi ini bisa didownload secara langsung dengan menggunakan app store yang tersedia.

Aplikasi ini bisa melakukan proses deteksi pada aplikasi. Deteksi ini bisa dilakukan dengan mudah sehingga kamu bisa melakukan proses penghapusan secara cepat tanpa ada masalah.

Untuk jenisnya kamu bisa memilih apapun. Cukup masukkan kata kunci yang paling sesuai. Misal dengan memasukkan kata kunci berupa cleaner. Setelah itu bisa memilih aplikasi yang memiliki rating paling tinggi atau banyak digunakan.

Tips Bersihkan Memori iPhone

Tips Bersihkan Memori iPhone

Kebiasaan beberapa orang melakukan penghapusan data karena ponsel mereka menjadi sangat lemot. Untuk menghindari hal itu bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini.

1. Hapus Aplikasi Tidak Dipakai

Satu hal yang menjadi kekurangan apabila memanfaatkan ponsel iPhone adalah memori internalnya yang tidak terlalu besar. Disadari atau tidak memori internal yang dimiliki oleh ponsel ini hanya 64 GB untuk yang kecil.

Artinya kita memang harus melakukan proses penghematan pada memori internal. Proses penghematan bisa dilakukan dengan tidak memasang aplikasi yang memang tidak perlu. Selain itu juga bisa melakukan penghapusan.

Itulah kenapa penghapusan harus dilakukan dengan benar. Apa saja aplikasi yang memang tidak dipakai atau jarang digunakan bisa langsung dihapus begitu saja. Jadi, tidak akan membuat kamu merasa kesulitan ketika memakainya.

2. Hapus Foto Tidak Diperlukan

Foto yang dimiliki oleh iPhone biasanya memiliki resolusi yang cukup tinggi. Ini membuat ukuran dari foto juga semakin besar sehingga akan sulit untuk disimpan dalam jumlah yang sangat banyak. Jika tidak, memori akan cepat penuh.

Jadi apabila kamu sering sekali mengambil foto dengan menggunakan ponsel ini, pastikan untuk melakukan penghapusan. Hapus beberapa foto yang memang tidak diperlukan lagi. Jadi, kamu tidak akan mengalami masalah ketika memorinya terlalu kecil.

Selain itu penghapusan foto ini juga akan membuat ponsel menjadi lebih ringan. Jika ada beberapa foto yang mungkin masih dibutuhkan, kamu bisa melakukan proses backup. Jadi proses penyimpanan tidak akan dilakukan pada ponsel saja.

3. Hapus Video di WhatsApp

Selain foto yang bisa memenuhi memori internal dari iPhone, ternyata penghapusan video juga akan membuat ponsel menjadi lebih lega. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan proses penghapusan secara berkala.

Setelah melakukan perekaman video dengan menggunakan iPhone, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan backup atau dihapus beberapa yang tidak perlu. Lakukan ini hingga berkali-kali.

Apabila kamu berhasil melakukannya, kemungkinan besar tidak akan ada masalah sama sekali. Jadi meskipun sering merekam video, memori yang dimiliki oleh HP akan selalu aman. Apalagi kamu memiliki iCloud yang ukurannya lebih besar.

Biasanya beberapa orang akan menyewa iCloud dalam beberapa bulan atau langsung 1 tahun dengan volume yang lebih besar. Jadi apapun bisa langsung disimpan di sana untuk diakses apabila membutuhkannya.

4. Backup secara Rutin

Usahakan untuk melakukan proses backup secara rutin. Paling tidak setiap satu minggu sekali ataupun satu bulan sekali kamu harus melakukan proses backup data yang sangat penting.

Proses backup data penting ini akan memudahkan kamu dalam mengelola memori yang dimiliki oleh ponsel. Jadi kamu tidak akan mendapatkan ponsel yang terlalu penuh sehingga tidak bisa digunakan secara maksimal.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk menyewa iCloud dengan ukuran yang lebih besar. Apalagi jika kamu ingin memanfaatkannya secara maksimal dan berhubungan dengan pekerjaan. Jadi menyewa ini akan sangat penting untuk dilakukan.

5. Hati-hati Saat Menghapus

Saat melakukan proses penghapusan data khususnya yang berhubungan pada game, ada baiknya untuk selalu berhati-hati. Karena jika dihapus secara sembarangan bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dipakai.

Itulah kenapa disarankan untuk selalu berhati-hati ketika akan menghapus. Pastikan untuk menggunakan aplikasi tambahan dan jangan melakukan proses penghapusan secara manual. Jika dilakukan dengan manual bisa memicu kerusakan sistem.

Intinya penghapusan bisa dilakukan agar ponsel tidak mengalami lemot. Namun cara hapus data aplikasi di iPhone harus dilakukan dengan benar. Jadi, beberapa data yang dibutuhkan tidak sengaja terhapus.

Ponsel bisa mengalami lemot apabila data yang ada di dalamnya sudah sangat dipenuhi. Jadi disarankan untuk memahami cara hapus data aplikasi di iPhone secara berkala. Paling tidak setiap satu bulan sekali.

Apabila tidak dilakukan proses penghapusan, data-data yang ada di dalamnya akan sulit untuk dimaksimalkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk memindahkan data-data yang memang dibutuhkan. Apabila tidak dibutuhkan lagi bisa langsung dihapus.

Leave a Comment