15 Cara FYP di TikTok Agar Cepat Viral dan Populer

Fitur FYP (For Your Page) adalah halaman tentang rekomendasi konten yang didasarkan pada sejumlah faktor seperti riwayat video yang disukai atau dilihat. Halaman ini yang sering membuat para pengguna viral. Ada sejumlah cara FYP di TikTok yang bisa membuat pengguna cepat populer.

Setelah content creator berhasil memasuki FYP, maka kontennya memiliki peluang untuk mendapatkan penonton dari jutaan pengguna TikTok. Tidak heran jika banyak contenct creator yang mencari cara untuk bisa FYP agar visibilitas akunnya meningkat.

Faktor Penentu FYP

Faktor Penentu FYP

1. Interaksi Pengguna di Aplikasi TikTok

User interaction atau interaksi pengguna merupakan faktor pertama yang bisa mendukung FYP TikTok. Semua video yang disukai, dikomentari, dan dibagikan oleh pengguna akan mempengaruhi berbagai konten yang disajikan dalam FYP.

2. Informasi Video TikTok yang Diunggah

Semua informasi tentang video TikTok seperti hastag, caption, dan latar musik bisa membantu suatu konten masuk ke halaman FYP TikTok. Penggunaan latar musik atau hastag yang sedang tren bisa memicu perhatian algoritma di TikTok.

3. Pengaturan Akun TikTok

Pengaturan seperti pemilihan bahasa, lokasi, negara, dan jenis perangkat yang digunakan sangat mempengaruhi algoritma TikTok untuk menampilkan video yang masuk FYP.

Baca Juga  2 Cara Membuat Filter Instagram dengan AR Studio & Picsart

Cara FYP di TikTok  dengan Mudah

Agar bisa muncul di halaman FYP TikTok memang tidak mudah, tetapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah FYP di TikTok yang bisa dicoba oleh pengguna TikTok.

1. Membuat Video Kreatif yang Menarik

Membuat Video Kreatif yang Menarik

Video TikTok yang kreatif selalu memiliki daya tarik dan membuat pengguna lain merasa penasaran. Konten yang kreatif lebih disukai dari pada konten yang membosankan. Berbagai konten yang sering diminati yakni:

  • Tutorial singkat
  • OOTD (Outfit of the Day)
  • Tutorial make up simple
  • Challenge TikTok yang sedang tren atau viral

2. Video yang Diunggah Berkualitas Tinggi

Video yang Diunggah Berkualitas Tinggi

Video berkualitas tinggi seperti gambar yang jernih, pengambilan anglenya bagus, dan pemilihan warnanya menarik membuat pengguna TikTok betah berlama-lama menonton video tersebut. Tidak perlu kamera bagus untuk membuatnya.

Kamera bawaan smartphone pun bisa digunakan untuk membuat video yang didukung dengan editing yang bagus.

3. Mengunggah Video TikTok di Waktu yang Tepat

Mengunggah Video TikTok di Waktu yang Tepat

Cara FYP di TikTok yang paling tepat adalah dengan memilih jam-jam yang paling ramai (prime time). Prime time merupakan waktu yang paling tepat untuk mengunggah video sebab pada waktu tersebut para pengguna TikTok paling aktif.

Berikut ini adalah waktu yang tepat mengunggah video agar muncul di FYP.

Hari Jam
Senin 14.00 WIB

18.00 WIB

21.00 WIB

Selasa 10.00 WIB

16.00 WIB

21.00 WIB

Rabu 11.00 WIB

19.00 WIB

20.00 WIB

Kamis 06.00 WIB

21.00 WIB

23.00 WIB

Jumat 02.00 WIB

16.00 WIB

24.00 WIB

Sabtu 06.00 WIB

07.00 WIB

22.00 WIB

Minggu 03.00 WIB

18.00 WIB

19.00 WIB

4. Membuat Caption Video yang Menarik

Membuat Caption Video yang Menarik

Buatlah caption menarik yang bisa mewakili isi video TikTok yang diupload untuk memancing komentar para pengguna TikTok. Caption bisa berupa pertanyaan-pertanyaan mudah. Jumlah karakter antara 100 hingga 300 karakter.

Menulis caption menarik merupakan salah satu cara FYP di Tiktok yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan banyaknya interaksi pada video yang diunggah, maka peluang masuk ke halaman FYP juga semakin besar.

Baca Juga  6 Cara Membuka Akun Facebook yang Terkunci Tiba-tiba

5. Mengikuti Challenge yang Sedang Tren

Mengikuti Challenge yang Sedang Tren

Setiap hari ada challenge di TikTok yang dibuat oleh para pengguna Tiktok. Challenge atau tantangan viral bisa meningkatkan traffic sekaligus follower TikTok. Buatlah tantangan unik yang bisa diikuti oleh semua orang agar cepat masuk halaman FYP.

6. Berkolaborasi dengan Content Creator Lain di TikTok

Berkolaborasi dengan Content Creator Lain di TikTok

Cara ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan exposure dari video TikTok yang telah dibuat. Berkolaborasi dengan content creator lain dan membuat challenge bersama bisa mendatangkan banyak komentar dari para pengguna TikTok lain.

Terlebih lagi jika video TikTok yang telah dibuat dan diunggah mendapatkan respon dari content creator yang diajak berduet, maka kesempatan untuk masuk halaman FYP semakin terbuka lebar.

7. Menyertakan Hastag di Setiap Video yang Dibuat

Menyertakan Hastag di Setiap Video yang Dibuat

Gunakan hastag yang relevan dengan video dan yang saat ini sedang trending agar memudahkan pengguna TikTok saat melakukan pencarian. Beberapa pengguna menggunakan hastag #FYP, #foryourpage, dan #foryou.

Berbagai hastag tersebut dipercaya ampuh meningkatkan popularitas dari video yang diunggah di TikTok.

8. Follow Akun yang Bercentang Biru

Follow Akun yang Bercentang Biru

Ikuti akun yang sudah memiliki centang biru agar video yang diunggah mudah masuk ke halaman FYP. Cara ini perlu perlu dilakukan jika sebelumnya sudah memiliki konten kreatif berkualitas tinggi.

Dengan mengikuti akun centang biru (verified), maka akun TikTok yang kamu miliki memiliki kesempatan masuk ke halaman FYP sebab ada kemungkinan para follower dari akun centang biru akan melihat video yang telah dibuat dan diunggah ke TikTok.

9. Menggunakan Lagu yang Sedang Viral

Menggunakan Lagu yang Sedang Viral

Lagu-lagu yang sedang viral di TikTok bisa digunakan untuk membuat video yang diunggah masuk ke halaman FYP. Cara tersebut cukup efektif jika lagu yang digunakan sesuai dengan isi video yang telah dibuat.

10. Melakukan Interaksi dengan Para Pengguna TikTok lainnya

Melakukan Interaksi dengan Para Pengguna TikTok lainnya

Sering melakukan interaksi dengan para pengguna TikTok lainnya bisa mempermudah video yang diunggah masuk ke halaman FYP. Berbagai interkasi tersebut seperti like atau komentar pada video yang diunggah oleh pengguna TikTok lain.

Baca Juga  Cara Download Video IGTV, Foto, dan Story, Reels Instagram Tanpa Aplikasi 2021

11. Membuat Video dengan Durasi Singkat

Membuat Video dengan Durasi Singkat

Video dengan durasi singkat lebih menarik di mata pengguna TikTok sebab tidak butuh waktu lama untuk menggeser video-video berikutnya.

12. Video dengan Tujuan yang Jelas

Video dengan Tujuan yang Jelas

Buatlah video yang memiliki maksud tertentu dan sesuai dengan ketentuan berlaku dari TikTok. Sertakan juga element of surprise dalam video yang diunggah agar penonton merasa penasaran dan betah menontonnya.

Video yang memiliki maksud jelas akan mudah dimengerti oleh penonton dan bisa mengundang lebih banyak penonton sehingga kesempatan untuk masuk ke halaman FYP semakin besar.

13. Membuat Video sesuai Tren yang Sedang Diminati Pengguna TikTok

Membuat Video sesuai Tren yang Sedang Diminati Pengguna TikTok

Tren TikTok hampir tidak pernah ada habisnya dan hampir setiap hari ada video TikTok yang viral dan populer. Selalu ikuti tren agar video yang diunggah diminati oleh para pengguna TikTok. Tapi sebisa mungkin pilihlah tren yang sesuai dengan preferensi.

Sebaiknya jangan asal mengikuti tren, buatlah karya yang lebih menarik dan memberikan elemen berbeda pada video tersebut agar hasilnya lebih menonjol di TikTok.

14. Tentukan Ciri Khas dari Konten

Tentukan Ciri Khas dari Konten

Menentukan tema atau niche konten lebih baik dari pada asal membuat konten yang bisa relate dengan pengguna lain. Konten apa saja yang relate dengan pengguna lain tidak menjamin bisa masuk ke halaman FYP.

Dengan memiliki ciri khas pada konten yang dibuat, maka pengguna TikTok lain akan dengan mudah mengenalinya sehingga bisa menjadi cara efektif untuk masuk ke halaman FYP.

15. Sisipkan Kata Kunci pada Caption yang Dibuat

Sisipkan Kata Kunci pada Caption yang Dibuat

Sebaiknya sisipkan kata kunci saat membuat caption agar para pengguna TikTok bisa dengan mudah menemukan konten tersebut. Pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan tema konten.

Memang tidak mudah untuk membangun akun dan mencari eksposure di TikTok. Oleh sebab itu, gunakan cara FYP di TikTok yang sudah dijelaskan tersebut agar video yang diunggah bisa masuk ke halaman FYP lebih cepat.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar