7 Cara Cek RAM Laptop Windows (Semua Merk) dengan Mudah

RAM merupakan sebuah media penyimpanan yang terdapat di beberapa perangkat elektronik seperti laptop dan HP. Adapun fungsinya adalah sebagai media penyimpanan sementara. Jika kamu ingin menyimpan beberapa aplikasi besar tentu harus tahu cara cek RAM laptop terlebih dahulu.

Mampu tidaknya sebuah laptop dalam menampung beberapa aplikasi berat tergantung dengan seberapa besar RAM yang dimiliki.  Oleh sebab itu, untuk menghindari daya rusak pada laptop sebaiknya cek RAM yang tersedia di laptop dengan berbagai cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Cara Cek RAM Laptop Windows

RAM merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting di laptop. Data-data yang berasal dari aplikasi, program, atau sistem operasi akan disimpan di dalamnya. Komponen satu inilah yang menentukan tangguh tidaknya performa laptop saat menjalankan aplikasi atau tugas berat lainnya.

Artinya, semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak pula data yang bisa diproses hingga performa laptop juga baik. Selain kapasitas, performa laptop juga dipengaruhi dengan jenis RAM, mulai dari DDR 3, DDR 4, DDR 5 dan lainnya. Karena penting, kamu bisa mengecek RAM laptop dengan cara dibawah.

1. Menggunakan Shortcut Win + i

Menggunakan Shortcut Win + i

Cara mengecek RAM laptop pertama yang mudah untuk dicoba yaitu dengan menggunakan shortcut Win + i. Pencet tombol Win + i pada keyboard secara bersamaan dan layar akan segera menampilkan pintasan pengaturan laptop.

Selanjutnya, pilihlah opsi System dan lanjutkan memiliki tab About. Apabila berhasil, maka halaman akan menunjukkan spesifikasi laptop termasuk RAM juga.

2. Menggunakan Task Manager

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan task manager yang terdapat di laptop. Langkah-langkahnya pun cukup mudah untuk diikuti. Adapun untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard secara bersamaan untuk membuka pintasan taskbar. Taskbar juga bisa langsung diakses dengan cara mencarinya di laptop terlebih dahulu.
  • Jika taskbar sudah berhasil terbuka, selanjutnya klik pilihan Task Manager.
Baca Juga  6 Cara Mendownload Film di Laptop Gratis, via Telegram, dll

Jika taskbar sudah berhasil terbuka, selanjutnya klik pilihan Task Manager.

  • Pilihlah opsi Performance atau Kinerja yang terdapat pada halaman atas Task Manager kemudian pilih Memory.
  • Akan terdapat kotak merah dan penggunaan serta kapasitas RAM secara lengkap terdapat disana.

3. Menggunakan Command Prompt

Salah satu fitur penting di Windows yang dapat dimanfaatkan untuk memecahkan banyak masalah di laptop adalah Command Prompt. Fitur ini tentu juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif cara cek ram laptop dengan mudah.

Hal itu bisa dilakukan dengan serangkaian langkah berikut ini:

  • Untuk membuka Command Prompt di laptop, kamu bisa klik menu Start dan mengetikkan cmd di kolom pencarian yang tersedia.

Untuk membuka Command Prompt di laptop, kamu bisa klik menu Start dan mengetikkan cmd di kolom pencarian yang tersedia.

  • Jika Command Prompt berhasil terbuka, masukkan perintah wmic memphysical get MaxCapacity, MemoryDevices. Ikuti dengan persis, jangan merubah huruf kecil dan kapitalnya sama sekali.
  • Pastikan jika perintah yang dimasukkan sudah benar. Jika sudah yakin, tekan Enter pada keyboard dan layar akan menampilkan RAM yang terdapat di laptop.

Selain cara diatas, cara cek RAM laptop melalui Command Prompt juga bisa diakses dengan cara berikut ini:

  • Tekan tombol Windows + R di keyboard dengan bersamaan.

Tekan tombol Windows + R di keyboard dengan bersamaan.

  • Dialog bar Run akan muncul, jika sudah begitu ketiklah
  • Jika layar sudah menampilkan dialog CMD, selanjutnya ketiklah Systeminfo kemudian klik
  • Desktop pun akan menampilkan informasi lengkap laptop. Untuk mendapatkan informasi tentang kapasitas RAM, maka carilah Total physical Memory dan jumlah RAM akan terdapat

4. Menggunakan PowerShell

Selain menggunakan Command Prompt, RAM laptop juga bisa dicek menggunakan cara yang hampir sama, yaitu melalui PowerShell. Ddi beberapa tipe laptop, RAM yang ditunjukkan oleh PowerShell biasanya terbagi dua. Untuk mengetahui total semua RAM tinggal jumlahkan keduanya.

Mengecek RAM melalui PowerShell dapat dilakukan dengan serangkaian cara berikut ini:

  • Klik menu Start dan ketik PowerShell pada kolom pencarian yang tersedia untuk membuka fitur satu ini.
Baca Juga  5 Cara Mengecek Nomor Telkomsel Sendiri yang Lupa

Klik menu Start dan ketik PowerShell pada kolom pencarian yang tersedia untuk membuka fitur satu ini.

  • Apabila berhasil, maka PowerShell akan terbuka. Langsung saja masukkan perintah Get-CimInstance -ClassName Win32_PhysicalMemory | Format-Table Capacity, Manufacturer, MemoryType, FormFactor, Name, Configuredclockspeed, Speed, Devicelocator, Serialnumber –AutoSize
  • Pastikan perintah sudah dimasukkan dengan benar tanpa mengurangi satu karakter pun, baik spasi hingga besar kecil huruf. Karena perintah bisa tidak terdeteksi jika salah satu huruf saja.
  • Tekan Enter dan perangkat akan menampilkan jumlah RAM

5. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Selain  cara-cara yang telah diatas, terdapat pula cara cek RAM laptop yang jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu dengan memanfaatkan DirectX Diagnostic Tool. Walaupun jarang dikenal, cara ini juga tidak kalah mudahnya dengan cara-cara sebelumnya. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, bukalah jendela Run dengan cara menekan tombol Win + R di keyboard dengan bersamaan.

Pertama, bukalah jendela Run dengan cara menekan tombol Win + R di keyboard dengan bersamaan.

  • Setelah jendela terbuka, langsung ketikkan dxdiag kemudian tekan Enter.
  • Selanjutnya, tekan Yes dan jendela DirectX Diagnostic Tool akan muncul.
  • Lihatlah spesifikasi RAM laptop pada bagian Memory yang terdapat disana.

6. Cek di Kardus Laptop

Cek di Kardus Laptop

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk mengecek RAM pada laptop adalah dengan melihatnya di kardus laptop. Pada umumnya, informasi detail laptop akan terdapat pada kardusnya. Carilah tulisan RAM, dan lihat angka yang berada di sebelahnya, itu merupakan spesifikasi RAM pada laptop.

Cara Membersihkan RAM Laptop Windows

RAM merupakan sebuah chip memori yang memiliki fungsi untuk menyimpan data jangka pendek. Besar tidaknya kapasitas yang dimilikinya bisa menentukan performa sebuah laptop. Apabila laptop terasa berat dan ternyata RAM terlalu penuh, maka membersihkannya bisa menjadi jalan keluar yang baik.

Saat mengosongkan ruang RAM, laptop akan lebih lancar dalam melakukan tugasnya. Adapun cara membersihkan RAM terangkum pada langkah-langkah di ulasan ini.

  • Pertama, klik menu Start dan pada kolom pencarian yang tersedia, ketikkan Run kemudian tekan Enter. Selain itu, kamu juga langsung mengklik aplikasi Run pada hasil pencarian untuk membukanya.
  • Jika program sudah terbuka, ketikkan %temp% di bidang teks yang tersedia kemudian klik OK atau tekan Enter. Selanjutnya jendela akan menunjukkan folder di file manager dengan jalur nama laptop yang digunakan > AppData > Local > Temp.
  • Pilihlah semua file yang terdapat di folder tersebut dengan menekan Ctrl + A atau dengan menyeret kursor pada semua file.
  • Setelah semua file pada folder ini sudah terpilih, klik kanan kemudian klik hapus. Kemudian, prompt akan menanyakan apakah ingin memindahkan file ke Recycle Bin, maka klik
  • Jika sudah, klik lagi Start yang terdapat pada menu dan pada kolom pencarian ketik Run kemudian tekan Enter
Baca Juga  Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen & Sementara

Jika sudah, klik lagi Start yang terdapat pada menu dan pada kolom pencarian ketik Run kemudian tekan Enter

  • Pada kolom yang tersedia di jendela Run, ketik prefetch dan tekan Enter kemudian klik OK. Jendela akan menampilkan folder di file manager.
  • Sama seperti sebelumnya, pilih semua file yang ada di folder tersebut dengan menekan tombol Ctrl + A
  • Klik kanan kemudian klik delete dan klik dan klik
  • Langkah terakhir, tutup semua jendela dan mulai ulang laptop.

Berbagai cara cek RAM laptop diatas tentu bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa khawatir karena minim kesalahan. Jika merasa laptop terlalu berat dan bahkan hingga sama sekali tidak bisa gunakan, jangan ragu untuk segera membawanya ke orang yang lebih berpengalaman.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar