9 Cara Cek iPhone Asli atau KW Lewat IMEI, Garansi, dll

iPhone menjadi salah satu produk terbaik Apple yang banyak peminatnya. Hal ini menjadi peluang besar untuk membuat iPhone palsu tanpa diketahui orang. Cara cek iPhone asli ini sangat penting diketahui agar tidak salah membeli ponsel.

Hal ini membuat banyak orang merasa was-was ketika membeli ponsel baru apakah asli atau tidak. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir walaupun diluar sana banyak orang menjual ponsel palsu, ada cara mengetahui keaslian dari iPhone tersebut.

Pengguna bisa melakukan pengecekan sendiri, selain itu iPhone juga sudah dilengkapi dengan sebuah fitur unik yang tidak dimiliki oleh ponsel lainnya. Untuk memudahkan pengecekan apakah itu iPhone palsu atau tidak silahkan simak uraian di bawah ini.

Cara Cek Keaslian iPhone

Agar tidak curiga, sebelum membeli iPhone ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara mengecek keasliannya. Cara-cara di bawah ini bisa pengguna gunakan untuk mengecek keaslian dari semua tipe iPhone mulai dari iPhone 6 sampai iPhone 13.

1. Melihat Tombol Fisik pada iPhone Pengguna

Melihat Tombol Fisik pada iPhone Pengguna

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah dengan melihat tombol fisik pada iPhone tersebut. Cobalah untuk melakukan pengecekan pada bagian home atau tombol kuncinya, iPhone asli memiliki tombol-tombol yang rekat dan kuat.

Berbeda dengan iPhone palsu yang memiliki tombol-tombol sedikit longgar serta pemasangannya juga kurang tepat. Jadi ketika pengguna mendapatkan iPhone yang tombolnya longgar, bisa dipastikan bahwa itu adalah iPhone palsu.

Baca Juga  3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone (Settings, Bluetooth, USB)

Tentu saja pengguna harus berhati-hati ketika akan membeli iPhone, jadi pastikan bahwa pengguna sudah menerapkan salah satu cara cek iPhone asli atau KW. Carilah iPhone asli dengan tombol-tombol yang saling melekat dan tidak longgar.

Selain itu, untuk iPhone palsu biasanya terdapat fitur berupa slide to unlock yang tidak dimiliki oleh iPhone palsu. Membeli iPhone palsu itu jelas akan merugikan pengguna karena fitur-fiturnya tidak sebagus iPhone asli.

2. Tidak Memiliki Slot Untuk Tempat Memori Eksternal

Tidak Memiliki Slot Untuk Tempat Memori Eksternal

Ciri-ciri kedua yang bisa diperhatikan adalah ada atau tidaknya slot untuk memori eksternal. Jika iPhone itu asli, maka tidak akan terdapat slot untuk memori eksternal. Hal ini dikarenakan iPhone selalu mengeluarkan seri terbaru dengan kapasitas memori penyimpanan internal yang besar.

Tidak jarang pengguna dengar bahwa slot penyimpanan internal iPhone mencapai 256 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut cukup besar untuk ukuran ponsel, berbeda dengan Android yang masih menyediakan slot untuk memori eksternal.

Hal ini menandakan bahwa apabila pengguna menemukan iPhone dengan slot memori eksternal itu tandanya adalah palsu. Oleh karena itu ketika membeli ponsel harus hati-hati, penting untuk mengecek bagian ini.

3. Mengecek Bagian Keyboard

Mengecek Bagian Keyboard

Tips berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian keyboard. Cara ini jarang diketahui padahal keyboard adalah fitur penting pada ponsel. Apabila iPhone tersebut palsu maka pada bagian keyboard tidak memiliki tulisan space serta diikuti tombol koma.

Sedangkan untuk iPhone asli terdapat tulisan space atau spasi pada bagian keyboardnya. Kemudian di sampingnya terdapat tombol emoji. Jadi ini adalah salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah iPhone tersebut palsu atau tidak, jangan asal beli lagi ya!

4. Dapat Dideteksi Menggunakan Platform iTunes

Dapat Dideteksi Menggunakan Platform iTunes

iTunes adalah salah satu platform buatan Apple yang berguna untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat lain seperti komputer. Lalu cara cek iPhone asli ibox bisa dideteksi menggunakan iTunes. Pengguna bisa langsung menghubungkan ponsel ke desktop untuk mengecek.

Baca Juga  5 Cara Mematikan iPhone Semua Tipe/Seri

Apabila iTunes berhasil mendeteksi ponsel tersebut maka iPhone itu asli, sedangkan jika tidak terdeteksi, sudah pasti itu adalah iPhone yang palsu. Hal ini dikarenakan iTunes merupakan salah satu fitur pada iPhone yang memiliki banyak manfaat.

5. Mengecek Warna Pada Baterai

Mengecek Warna Pada Baterai

Selain melakukan pengecekan pada keyboard, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengecek warna pada baterai. Untuk iPhone yang asli atau original warna tampilan pada persentase baterainya itu putih.

Jika pengguna membeli iPhone dan warna persentase baterainya di home screen tidak berwarna putih, kemungkinan besar itu adalah palsu. Cara ini sangat mudah dicek karena tinggal melihat layar home screennya.

6. Mengecek Garansi iPhone

Mengecek Garansi iPhone

Penting juga untuk mengetahui garansi dari iPhone tersebut sebagai penunjuk apakah itu iPhone asli atau palsu. Apabila pengguna membeli iPhone langsung di distributor resmi Apple, maka pengguna akan mendapatkan garansi resmi.

Selain itu pengguna juga bisa langsung mengecek di situs resmi Apple untuk mengetahui perihal garansi tersebut. Sebaliknya, jika pengguna membeli ponsel di counter dekat rumah, kemungkinan besar yang dijual adalah iPhone palsu.

Oleh karena itu pengguna bisa memastikan terlebih dahulu mengenai garansi yang diberikan melalui situs resmi Apple. Untuk berjaga-jaga, pengguna bisa langsung membeli iPhone di distributor resmi Apple saja seperti ibox atau Digimap.

7. Nyalakan Siri

Nyalakan Siri

Nyalakan siri adalah salah satu cara cek iPhone asli atau palsu. Biasanya iPhone menyediakan aplikasi siri, jika ada maka pengguna bisa mengeceknya apakah aplikasi tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Dari sini dapat diketahui mengenai keaslian dari iPhone itu.

Jika aplikasi siri tidak bisa berfungsi dengan baik maka kemungkinan besar itu adalah iPhone palsu. Sedangkan apabila itu iPhone asli maka aplikasi siri bisa berfungsi dengan benar.

Baca Juga  5 Cara Cek IMEI iPhone Resmi/Asli dan Fungsinya

8. Mengecek Lewat Aplikasi Bawaan iPhone

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek aplikasi bawaan dari iPhone tersebut. Aplikasi-aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya di iPhone bisa menjawab keaslian ponsel, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka app store pada ponsel

Buka app store pada ponsel

  • Apabila ponsel tidak terhubung ke app store kemungkinan besar itu iPhone palsu
  • Coba untuk melakukan screenshots pada ponsel dengan menekan tombol lock + home

Coba untuk melakukan screenshots pada ponsel dengan menekan tombol lock home

  • Pastikan bahwa iPhone tersebut menggunakan sistem dari MAC bukan dari Android

9. Mengecek Nomor IMEI

Mengecek Nomor IMEI

IMEI adalah serial number yang terdiri dari 15-17 digit angka untuk mengetahui keaslian dari iPhone. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor IMEI tersebut yaitu sebagai berikut:

Mengecek Lewat Menu Pengaturan

  • Buka iPhone lalu masuk ke menu pengaturan
  • Gulir layar ke bawah sampai menemukan menu general
  • Pilih menu about
  • Salin nomor IMEI pada kolom dengan label IMEI

Cek IMEI Lewat PC

  • Pastikan iPhone terhubung dengan jaringan internet
  • Masuk ke situs https://appleid.apple.com
  • Tambahkan ID Apple tersebut di kolom yang tersedia
  • Masuk ke bagian device atau perangkat
  • Lihat pada bagian nomor seri untuk mengetahui nomor seri IMEI kamu

Cek IMEI Lewat USSD

  • Buka iPhone lalu masuk ke menu panggilan
  • Ketik nomor *#06# pada keypad ponsel
  • Klik OK atau panggilan
  • Tunggu sampai nomor IMEI muncul

Mudah sekali untuk menerapkan cara cek iPhone asli atau palsu dengan ciri-ciri di atas. Jadi sebelum membeli ponsel, pastikan dulu keaslian dari produk tersebut karena sekarang banyak orang tidak jujur yang menjual barang KW.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar