3 Cara Cek Garansi Xiaomi, Klaim Garansi Jadi Mudah!

Setelah membeli suatu produk hp, pastilah mendapat surat garansi produk tersebut. Garansi ini sebagai pertanggungjawaban produsen untuk mengganti rugi jika produk cacat. Cara cek garansi Xiaomi juga dapat dilakukan untuk antisipasi jika perangkat mengalami malfungsi.

Dengan adanya garansi, pihak produsen harus bertanggung jawab terhadap suatu produknya yang malfungsi dengan batas waktu dan syarat tertentu. Pada produk hp, garansi biasanya mencakup mic, speaker, tombol-tombol, touchscreen, sensor, software, dan yang lainnya.

Pada hp Xiaomi, setiap perangkat memiliki garansi dengan jangka waktu yang berbeda-beda. Misal, garansi earphone dan baterai bawaan selama 15 bulan. Charger dan aksesori bawaan masa garansinya selama 6 bulan. Simak cara untuk mengecek garansi Xiaomi di bawah ini.

Cara-Cara Cek Garansi Xiaomi

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui garansi perangkat hp Xiaomi. Cara-cara ini tentu saja mudah dilakukan di rumah. Apa saja cara cek garansi Xiaomi? Berikut pembahasannya.

1. Cek Garansi Xiaomi di Dus Hp

Cek Garansi Xiaomi di Dus Hp

Cara ini merupakan cara yang paling mudah. Saat membeli hp baru, hp akan dikemas di dalam dus. Garansi biasanya terdapat pada stiker TAM (Teletama Artha Mandiri) pada dus. TAM adalah distributor resmi di Indonesia.

Baca Juga  10 Cara Mendownload Lagu di Laptop yang Gratis & Lengkap

Jika hp yang dibeli tidak legal atau dari black market, pada dus hp tidak akan ada stiker TAM. Dengan begitu, pemilik Xiaomi tidak akan bisa melakukan klaim garansi.

2. Cek Garansi Xiaomi Melalui Website Xiaomi

Cara cek garansi Xiaomi online ini dilakukan dengan cara mengakses website. Selain itu, persiapkan nomor IMEI hp Xiaomi terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi browser di hp Xiaomi
  • Ketik dan kunjungi web buy.mi.co.id/id/registration

Ketik dan kunjungi web buy.mi.co.id:id:registration

  • Buka menu “Pengaturan” di hp Xiaomi
  • Cari menu “IMEI” dan copy (salin) nomor IMEI
  • Paste (tempel) nomor IMEI di kolom yang tersedia di web
  • Klik “langkah selanjutnya”
  • Lalu verifikasi hp Xiaomi

Hp Xiaomi yang resmi akan muncul informasi tentang negara pembelian, nama seri perangkat, waktu produksi, RAM, ROM, dan waktu aktivasi hp. Akan muncul juga keterangan apakah garansi masih aktif atau tidak.

3. Cek Garansi Xiaomi Melalui Website Kemenperin

Cek Garansi Xiaomi Melalui Website Kemenperin

Cara cek garansi Xiaomi dapat dilakukan dengan mengunjungi website Kementerian Perindustrian. Pada website tersebut terdapat kolom untuk memasukkan nomor IMEI. Lalu masukan nomor IMEI hp Xiaomi.

Apabila status nomor IMEI terdaftar di basis data, artinya hp tersebut legal dan dapat diklaim garansinya di Service Center Xiaomi.

Cara Cek Nomor IMEI Xiaomi

Cara Cek Nomor IMEI Xiaomi

Sebelum melakukan cara cek garansi Xiaomi, hal yang perlu dilakukan dahulu adalah mengecek nomor identitas perangkat atau nomor IMEI. Cara untuk mengetahui nomor IMEI ini sangat mudah.

Terdapat dua cara untuk mengetahui nomor IMEI. Pertama, nomor IMEI tertera di dus hp. Kedua, cek dengan menekan tombol *#06# di dial telepon.

Kondisi Hp yang Dapat Klaim Garansi di Service Center Xiaomi

Kondisi Hp yang Dapat Klaim Garansi di Service Center Xiaomi

Dalam melakukan klaim garansi, Xiaomi memberikan syarat kondisi pada hp untuk dilakukan perbaikan pada perangkat. Berikut ini beberapa syarat agar garansi hp Xiaomi dapat diklaim.

1. Hp Xiaomi Legal

Service Center Xiaomi hanya akan memberi garansi pada hp Xiaomi yang dibeli secara legal. Pastikan hp Xiaomi memiliki nomor IMEI yang terdaftar di basis data Kementerian Perindustrian.

Baca Juga  5 Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci Akun Mi Dengan & Tanpa PC

2. Nota Pembelian

Saat mendatangi Service Center Xiaomi, pastikan membawa nota pembelian didapat saat membeli hp Xiaomi baru di store resmi. Nota pembelian ini menjadi informasi waktu pembelian hp Xiaomi di store resmi.

3. Dus Hp Xiaomi

Pada dus hp Xiaomi baru pastinya ada stiker TAM. Stiker ini biasanya berbentuk bulat berwarna hitam. Stiker TAM berada di muka dus hp Xiaomi. Stiker TAM ini juga menandakan bahwa hp Xiaomi berstatus legal.

4. Tampilan Layar Tidak Normal

Garansi dapat diklaim jika terdapat malfungsi pada layar. Xiaomi akan memperbaiki malfungsi pada hp salah satunya jika tampilan layar tidak ada. Namun, jika layar pecah atau tergores, garansi tidak akan dapat diklaim karena kerusakan tersebut disebabkan oleh human error.

5. Kerusakan pada Hardware

Garansi hardware dapat diklaim jika hp Xiaomi tiba-tiba mati. Selain itu, jika hp tidak dapat dihidupkan atau tidak dapat digunakan untuk menyimpan panggilan. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan pada hardware.

6. Hp Tidak Bergetar atau Berdering

Hp yang tidak bergetar atau berdering biasanya disebabkan karena cacat produksi.

7. Speaker Tidak Mengeluarkan Suara

Sama halnya dengan hp tidak bergetar, speaker tidak bersuara juga disebabkan oleh cacat produksi. Namun, jika speaker rusak karena terjatuh di air, maka garansi tidak dapat diklaim.

8. Kartu SIM Tidak Dapat Berfungsi

Salah satu kondisi yang juga dapat dijadikan syarat klaim garansi adalah kartu SIM yang tidak berfungsi. Malfungsi ini berupa tidak tersambung ke jaringan internet atau sinyal lemah tidak maksimal.

9. Baterai

Kondisi pada baterai yang dapat dijadikan syarat mengklaim garansi adalah ketika sudah di-charge lama atau pengisian baterai penuh, namun hp tetap tidak mau menyala.

10. Aksesori Hp Rusak

Klaim garansi juga dapat dilakukan jika aksesori hp Xiaomi rusak. Aksesori hp Xiaomi meliputi charger dan kabel data.

Daftar Durasi Garansi Perangkat Xiaomi

Daftar Durasi Garansi Perangkat Xiaomi

Garansi terbatas pada hp Xiaomi berlaku jika terjadi kerusakan selama penggunaan normal dan sesuai dengan syarat serta ketentuan perusahaan Xiaomi. Berikut ini daftar durasi perangkat hp Xiaomi.

Baca Juga  Cara Router HUAWEI Login dengan Password & User (Indihome)

1. Perangkat Keras dan Baterai Bawaan

Perangkat keras seperti handset dan baterai bawaan memiliki durasi garansi selama 15 bulan. Ruang lingkup garansinya berupa ongkos kerja dan suku cadang.

2. Charger dan Aksesori Bawaan

Charger dan aksesori bawaan hp Xiaomi memiliki durasi garansi selama 6 bulan.

3. Produk Redmi Note 7

Untuk produk hp Redmi Note 7 memiliki durasi garansi selama 18 bulan.

4. Produk Redmi 8 dan 8A

Sementara itu, untuk produk hp Redmi 8 dan 8A garansinya selama 24 bulan.

5. Produk Redmi 9A dan 9C

Sama dengan sebelumnya, produk hp Redmi 9A dan 9C bergaransi selama 24 bulan. Kelima produk di atas dapat diklaim garansinya dengan menunjukkan dokumen pendukung sebagai syarat mengklaim garansi.

Dokumen tersebut berupa bukti pembelian atau kartu garansi atau nomor IMEI atau nomor seri.

Syarat dan Ketentuan untuk Klaim Garansi di Service Center Xiaomi

Syarat dan Ketentuan untuk Klaim Garansi di Service Center Xiaomi

1. Ketentuan garansi hanya berlaku di Sevice Center Xiaomi di Indonesia

Klaim garansi tidak berlaku untuk layanan internasional. Agar memenuhi syarat tersebut layanan harus dilakukan oleh Service Center Xiaomi yang resmi.

2. Mencadangkan Data Hp

Sebelum menyerahkan hp Xiaomi untuk diperbaiki, pengguna hp tersebut harus melakukan pencadangan data hp. Selain itu, pastikan bahwa Mi Account dalam keadaan keluar (sign out). Pihak Xiaomi tidak bertanggung jawab atas kehilangan data.

3. Hubungi Dahulu Agen Layan Xiaomi

Sebelum ke Service Center Xiaomi, hubungi dahulu agen layanan Xiaomi untuk mengetahui informasi nomor seri, model, nomor IMEI, alamat dan kontak pelanggan, serta nomor pembelian (duplikat faktur pembelian yang asli). 

Cara cek garansi Xiaomi harus dapat dilakukan dengan mudah. Setelah mengetahui durasi waktu garansi, klaim garansi dapat dilakukan di Service Center Xiaomi. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengklaim garansi sebelum datang ke Service Center Xiaomi.

Bagikan Postingan:

Tinggalkan komentar