Google Drive Hampir Penuh? Ini Tips Mengatasinya

Cara mengatasi google drive penuh

 

Google Drive telah menjadi tempat utama untuk menyimpan file bagi pengguna ponsel Android. Setiap pemilik akun Google akan mendapat 15 GB memory di Google Drive secara gratis. Kapasitas yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan cloud service lainnya seperti DropBox yang hanya memberikan 2 GB penyimpanan gratis.

Google Drive digunakan untuk menyimpan data atau sebagai penyimpan data cadangan. Sehingga saat kita mengganti ponsel, semua data dari ponsel yang lama sudah langsung bisa diakses dari Google Drive. Menyimpan data di Google Drive juga akan memudahkan kita untuk mengakses data tersebut dari perangkat lain seperti laptop.

Sepertinya 15 GB bukan jumlah yang sedikit untuk menyimpan file. Tapi masalahnya, memori Google Drive juga dipakai untuk menyimpan semua data dari akun Google seperti Gmail dan Google Photos. Jadi tidak heran meskipun kita merasa jarang menyimpan file, kapasitas Google Drive tiba-tiba menipis.

Jadi tidak hanya untuk yang rajin menyimpan data pekerjaan di Google Drive saja, pengguna yang aktif secara online juga dapat mengalami kehabisan kapasitas Google Drive. Dari yang hobi fotografi hingga hobi game online atau main game di W88 login, dapat juga mengalami kehabisan kuota Google Drive. Apa saja yang dapat dilakukan saat kehabisan kapasitas Google Drive? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Menghapus file Berukuran Besar

Kadang kita lupa telah menyimpan file yang berukuran besar namun sebenarnya tidak begitu diperlukan. Untuk membuat kapasitas Google Drive lega, pertama bersihkan Google Drive dari file yang berukuran besar.

Menghapus file kecil seperti file Doc tidak berpengaruh banyak untuk membuat kapasitas Google Drive semakin luas. Karena itu, jika ingin menghapus file, pilihlah file berukuran besar, misalnya foto beresolusi HD atau video dengan durasi di atas 5 menit.

2. Mengubah file PDF berukuran Besar Menjadi Doc

File yang berbentuk PDF kadang menyita lebih banyak penyimpanan jika dibandingkan file dalam bentuk Doc. Karena itu, jika dalam Google Drive tersimpan file PDF yang berukuran besar dan masih diperlukan sehingga tidak mungkin untuk dihapus, sebaiknya ubahlah file ini menjadi bentuk Doc.

Caranya, pada smartphone ketuk option atau tiga titik pada file PDF tersebut, atau klik kanan jika menggunakan laptop, lalu pilih ‘buka dengan’ dan pilihlah Google Doc. Setelah file tersimpan dalam bentuk Doc, Anda dapat menghapus file PDF yang berukuran besar tersebut.

3. Mengatur Google Photo

Google Photos juga sering menyita banyak kapasitas Google Drive. Karena itu, sempatkan untuk memeriksa Google Photos dan hapus foto yang tidak perlu untuk disimpan. Fokuskan pada foto beresolusi tinggi atau video.

4. Mengubah Kualitas foto yang Disimpan

Memiliki foto beresolusi HD memang enak dipandang. Tapi konsekuensinya, foto kualitas HD akan memakan banyak memori pada smartphone, dan jika fitur pencadangan otomatis pada Google Photos diaktifkan, maka hal ini dapat memakan kapasitas Google Drive juga. Karena itu, untuk menghemat kapasitas Google Drive, sebaiknya gunakan setting foto HD saat diperlukan saja.

5. Menghapus Email yang Tidak Diperlukan

Bagi yang aktif berinternet pasti akan menerima email setiap hari. Misalnya email promosi yang hampir setiap saat bisa muncul. Karena itu, sempatkan untuk menghapus email yang masuk dan tidak diperlukan. Misalnya email promosi atau email yang sudah tersimpan lama.

Jika cara di atas tidak mungkin untuk dilakukan, cara lain untuk menjaga memori Google Drive tetap aman adalah dengan berlangganan. Tentunya akan ada biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya jika Anda memutuskan untuk menjadi pelanggan berbayar Google Drive.

 

Leave a Comment

x