Cara Mudah Setting TV Analog ke TV Digital Menggunakan STB

cara mengubah tv analog ke digital

Menyaksikan televisi adalah salah satu hal yang biasa dilakukan untuk mendapatkan hiburan sebuah tontonan yang menarik, selain itu telivisi juga merupakan sarana atau media untuk mendapatkan informasi terbaru.

Acara-acara yang informatif seperti Berita memberikan wawasan kita terhadap berbagai hal yang sedang terjadi dari berbagai belahan dunia dengan cepat dan akurat.

Berbicara mengenai TV khususnya pada perkembangan teknologi didalamnya, tau gak sih kalau sekarang kita sudah bisa menyaksikan siaran TV dengan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih menggunakan TV Digital!

Buat kamu yang belum tau apa itu TV Digital berikut LewatOnline.com kasih tau informasinya berikut ini.

Apa itu TV Digital ?

Jika dibahas secara detail perbedaan antara kedua teknologi ini mungkin akan panjang, namun disini LewatOnline.com akan mencoba menjelaskan bagian intinya saja berdasarkan dua aspek yakni dari segi sinyal yang digunakan dan output kualitas gambar yang dikeluarkan.

1. Transmisi Sinyal Yang Digunakan

TV Analog menggunakan sinyal analog untuk menyebarkan siaran dari tower stasiun pemancar ke antena TV penerima ke berbagai tempat, TV Digital ya tentu menggunakan sinyal digital sebagai media transmisinya.

Yang jadi perbedaan salah satunya adalah sinyal digital memiliki katahanan terhadap gangguan atau yang biasa disebut noise dibandingkan sinyal analog yang rentan terkena noise.

2. Kualitas Gambar dan Suara Yang Dihasilkan

Seperti yang telah disinggung diatas, jika sinyal TV Analog lebih rentan terhadap noise namun tidak dengan sinyal TV Digital dan ini berpengaruh ke hasil gambar yang kita dapatkan.

TV Digital menghasilkan gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih karna lebih tahan terhadap gangguan sinyal yang sering dialami sinyal TV Analog sehingga gambar dilayar TV seperti muncul bintik-bintik atau “semut” yang sangat mengganggu.

Manfaat Migrasi ke TV Digital

Dengan berpindah dari TV Analog ke TV Digital tentu memberikan beberapa manfaat diantaranya :

  1. Mendapatkan siaran telivisi dengan gambar yang lebih berkualitas tinggi (bersih gambarnya dan jernih suaranya)
  2. Menggunakan dan merasakan Teknologi yang lebih Canggih
  3. Mendukung dan turut serta dalam upaya Pemerintah untuk Migrasi TV Analog ke TV Digital

Apakah TV Digital Berbayar ?

Kabar baiknya nya TV Digital ini ga berbayar alias gratis.

Karna pada dasarnya saluran TV Digital sama saja seperti menggunakan TV Analog kita dapat menangkap siaran televisi yang gratis (free-to-air) yang dipancarkan oleh stasiun tv yang salurannya dapat ditonton tanpa berlangganan.

Karna TV Digital bukan seperti tv kabel atau pun tv satelite yang biasanya membutuhkan biaya berlangganan untuk dapat menyaksikan tayangannya.

Tenang aja pokonya, 100% gratis kamu hanya perlu memastikan perangkat televisi dirumah siap dan dapat menangkap siaran digital ataupun menggunakan alat tambahan dekoder/STB jika kamu menggunakan TV analog atau tabung.

Cara Beralih ke TV Digital

Untuk beralih ke TV Digital tanpa STB mudah sekali, jika TV kamu sudah mendukung penerimaan saluran digital biasanya bisa ditemui pada menu pencarian saluran dengan pilihan digital DVB-T2.

Tinggal ubah pilihan dari analog ke saluran digital yang terdapat embel-embel DVB-T2 tersebut, jika daerah tempat kamu tinggal sudah terjangkau sinyal saluran digital maka secara otomatis akan muncul daftar channel stasiun tv digital nya.

Jenis Televisi Yang Bisa Mendapatkan Siaran TV Digital

Banyak pertanyaan yang mungkin muncul seperti jenis tv yang bisa menyaksikan tv digital ini seperti apa, ciri-ciri tv digital, apakah tv led berarti tv digital, dan apakah tv tabung bisa menjadi dan menangkap siaran tv digital ?

Baiklah, untuk mengetahui dan menemukan jawaban tersebut LewatOnline.com akan berikan informasinya berdasarkan pengalaman migrasi ke TV Digital ini beberapa waktu lalu.

TV dengan Teknologi DVB-T2

Ciri-ciri TV digital yang pertama tentu memiliki fitur atau teknologi penerimaan DVB-T2, jika televisi kamu berlabel DVB-T2 ini sudah dipastikan dapat menyaksikan siaran digital.

Apakah TV LED / TV Datar Berarti Digital ?

Belum tentu dan kembali lagi ke poin sebelumnya, apakah TV tersebut mendukung DVB-T2 ? Silakan lihat dispesifikasi TV kamu masing-masing atau baca pada buku panduan yang didapatkan saat pembelian TV.

Apakah TV Tabung Bisa Menangkap Siaran TV Digital ?

Tentu bisa dong, untuk migrasi ke TV Digital kamu ga harus kok beli TV baru cukup menggunakan TV lama analog kamu lalu tambahkan alat dekoder atau STB DVB-T2 sama yang seperti LewatOnline.com contohkan dibawah ini.

Cara Migrasi TV Analog ke TV Digital Menggunakan STB DVB-T2

Ini adalah berdasarkan pengalaman penulis saat mencoba siaran TV Digital menggunakan STB DVB-T2 ke TV tabung, cara ini juga dapat kamu terapkan ke berbagai jenis TV yang bukan digital lainnya.

Perangkat Yang Dibutuhkan

Untuk tv analog / tabung dibutuhkan perangkat tambahan berupa set top box (STB) sebagai penerima atau alat pemprosesan saluran tv digital untuk selanjutnya ditampilkan ke dalam layar TV biasa atau tabung.

Berikut untuk perangkat yang dibutuhkan :

1. STB DVB-T2

stb matrix apple

Perangkat STB DVB-T2 ini fungsinya sebagai dekoder penerima siaran TV Digital sehingga bisa menghasilkan gambar dan suara pada TV analog / tabung melalui proses konversi.

Untuk perangkat STB yang bisa digunakan dan telah bersertifikasi bisa dicek melalui halaman : https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

2. Antena TV UHF / VHF

antena tv digital terbaik

Antena digunakan sebagai penerima sinyal yang dipancarkan oleh stasiun televisi, antena ini bisa menggunakan jenis antena yang sama dengan TV analog baik indoor maupun outdoor.

3. TV Analog

Cara ubah tv tabung ke tv digital

Tentu TV Analog yang terdapat lubang port AV IN untuk menghubungkan kabel RCA ke perangkat STB, biasanya berada disamping atau dibagian belakang TV yang berwarna kuning, putih, dan merah.

Cara Setting TV Digital Menggunakan STB

1. Hubungkan STB dengan TV melalui kabel RCA Connector sesuai dengan warnanya, jangan lupa colokan juga kabel antena TV ke lubang yang ada pada perangkat STB seperti gambar dibawah

Colokan antena tv digital di STB

2. Nyalakan perangkat STB dan TV, langsung saja tekan tombol AV pada remote TV, atau pada Menu Masukan kemudian pilih AV1 atau AV2 (tampilan pada TV tabung LG) untuk perangkat TV lainnya bisa menyesuaikan

pilih AV1 atau AV2

3. Setelah memilih AV, maka tampilan layar TV akan berubah menjadi seperti gambar dibawah (tampilan bisa berbeda-beda sesuai merk set top box yang digunakan) tapi kurang lebih hampir sama, lalu pilih Search untuk mencari saluran)

mencari sinyal tv digital manual

4. Pastikan pada pilihan Search Mode pilih DVB-T2 kemudian pilih Auto Search dengan menekan OK pada remote STB

Pencarian TV digital melalui set top box

5. Lalu pilih OK saja

Pilih OK pada pencarian saluran di stb

6. Tunggu hingga proses pencarian channel TV selesai

Tunggu proses pencarian saluran tv digital di stb selesai

7. Jika sudah 100% maka akan tersimpan secara otomatis jumlah channel TV yang berhasil ditangkap, jumlah banyak sedikitnya channel ini tergantung dari lokasi daerah masing-masing

Daftar channel TV Digital yang berhasil tertangkap

Dan selesai, sekarang kamu sudah berhasil beralih ke TV Digital dengan kualitas gambar yang jauh bersih dan jernih.

Diatas merupakan tampilan gambar TV Digital pada TV Analog menggunakan perangkat tambahan set top box (STB), untuk kualitas gambarnya terlihat jauh lebih baik dari saluran analog.

Adapun hasil gambar yang kurang bagus karna memang layar tv analog yang LewatOnline.com pakai sudah jelek yaa pemirsa 😅

Bagaimana ? mudah kan Cara Migrasi ke TV Digital ini tanpa beli TV baru hanya bermodalkan sekitar 200rban sudah bisa menyaksikan tayangan televisi dengan gambar yang Bersih, Jernih, dan Canggih.

STB TV Digital dan Antena TV Terbaik

Jika kamu butuh STB digital terbaik dan antena tvnya berikut LewatOnline.com rekomendasikan merk langsung ke halaman produknya :

Sekarang yuk mulai mempersiapkan untuk segera migrasi, karna Pemerintah berdasarkan informasi situs resmi Kominfo siaran tv analog sudah dihentikan dimulai pada tanggal 17 Agustus 2021 di beberapa daerah yang masuk daftar tahap pertama pemberhentian siaran TV analog.

Informasi mengenai daftar wilayah yang dihentikan siaran tv analog ini bisa kamu lihat di link https://siarandigital.kominfo.go.id/

Yang  jelas siaran TV analog atau ASO (Analog Switch Off) ini akan dihentikan selambat-lambatnya pada tanggal 22 November 2022 yang artinya setelah dihentikan kita tidak dapat menyaksikan siaran tv berbasis analog lagi.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kamu ya agar yang lain juga ikutan beralih ke TV Digital!

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment