Ampuh! Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

Jaringan nirkabel atau yang biasa dikenal sebagai WiFi (Wireless Fidelity) adalah salah satu jenis jaringan yang banyak digunakan sebagai penghubung antar perangkat atau devices seperti HP, Laptop, PC, dan piranti lainnya yang mendukung koneksi tanpa kabel untuk saling terhubung.

Umumnya masyarakat kita saat ini menggunakan wifi untuk dapat terhubung ke Internet, kegiatan seperti bermain games online, membuka media sosial, whatsapp, nonton youtube, dll.

Namun, terkadang masalah saat menggunakan wifi pun pasti pernah atau bahkan sering kita temui. Salah satunya yakni wifi tersambung tapi tidak ada internet padahal sinyal yang didapatkan sudah penuh / full.

Wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, termasuk kamu yang sedang membaca postingan LewatOnline.com kali ini kan. Sebenarnya apa sih yang jadi penyebabnya ?

Jika berbicara penyebabnya tentu saja ada beberapa hal yang menjadi faktor sehingga perangkat tidak dapat terkoneksi ke jaringan internet, antara lain bisa dari perangkat (HP, Laptop, PC) ataupun dari perangkat router
wifi itu sendiri.

Dengan demikian kita harus bisa mengecek dan memastikan sebenarnya sumber masalahnya apakah dari perangkat kita sendiri atau dari router modem penyedia layanan internet (ISP). Maka tugas kamu adalah mendiagnosanya satu per satu sebagai langkah awal menemukan solusinya.

Berikut ini LewatOnline.com jabarkan bagaimana caranya.

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak ada Akses Internet

Disini akan LewatOnline.com berikan langkah-langkahnya berdasarkan beberapa cara dan pengalaman mengatasi wifi yang terhubung tapi tidak ada internet di HP, Laptop, maupun Router Wifi itu sendiri yang sudah dicoba
dan berhasil.

Pada HP Android & PC / Laptop

Jika kamu terhubung ke jaringan Wifi menggunakan perangkat HP atau Laptop, berikut ini beberapa penyebab dan solusi hp yang sudah terhubung ke wifi tapi tidak mendapatkan akses internet.

1. HP / Laptop Tidak Mendapat Alokasi IP

Biasanya perangkat yang terkoneksi ke jaringan wifi akan mendapatkan IP Address secara otomatis (DHCP) dari router dimana ia terhubung.

Ada beberapa sebab perangkat kamu tidak mendapatkan IP, diantaranya alokasi yang diberikan oleh router / modem sudah habis (terpakai seluruhnya), layanan DHCP dimatikan (IP static).

Solusi:

Atur pengaturan wifi pada hp / laptop kamu menjadi Statik IP sesuai jaringan wifi (Jika kamu bukan pemilik wifi) silakan tanyakan IP jaringannya berapa.

2. MAC Address Masuk Blacklist

Bisa saja salah satu penyebab berikutnya adalah MAC HP / Laptop kamu terblokir sehingga kamu tidak dapat mengakses Internet.

Biasanya router wifi dilengkapi dengan fitur filtering sebagai keamanan dimana perangkat yang terhubung dan masuk ke dalam daftar blok tidak akan bisa membuka Internet.

Solusi:

Jika kamu pemilik jaringan Wifi, silakan atur pada modem untuk menghapus daftar blokir tersebut. Bisa saja kan kamu lupa atau salah melakukan pemblokiran MAC Address pada saat ingin Memblokir Pengguna Wifi yang sering menggunakan wifi kamu secara diam-diam.

3. Sinyal Kurang Maksimal

Kualitas sinyal wifi yang didapat juga bisa menjadi penyebab selanjutnya, umumnya jika kamu terhubung ke perangkat pemancar wifi yang jauh maka kualitasnya kurang maksimal dan bahkan koneksi internet tidak akan kamu dapatkan.

Solusi:

Dekatkan dengan sumber Router / Modem / Access Point atau bila perlu gunakan Penguat Sinyal Wifi Terbaik.

4. Terhubung ke Wifi Sistem Hotspot

Sistem Hotspot merupakan jaringan wifi publik yang biasanya tidak diberikan keamanan (Password) sehingga siapa saja dapat terhubung.

Contohnya seperti wifi.id, mungkin kamu sudah berhasil tersambung namun kamu tidak akan bisa mengakses Internet sebelum melakukan login.

Solusi:

Lakukan pembelian kode voucher yang digunakan sebagai autentikasi agar dapat terkoneksi ke Internet.

Pada Router Wifi

Perlu diketahui, walau perangkat kita sudah terhubung ke jaringan wifi bukan berarti kita juga sudah dapat membuka Internet.

Jaringan Wifi merupakan media untuk perangkat seperti HP dan Laptop untuk dapat terkoneksi ke perangkat modem yang menghubungkan kita ke jaringan WAN (Internet).

Jadi penyebab Wifi tidak ada akses Internet bisa disebakan oleh beberapa hal seperti berikut ini.

1. Kabel Patchcore Terlepas

Seperti yang telah disebutkan diatas, modem merupakan perangkat yang menghubungkan kita ke jaringan Publik / Internet. Biasanya modem terhubung langsung pada ODP yang terpasang ditiang ISP melalui kabel
Fiber Optic (FO).

Jika kabel ini tercolok kurang pas bahkan terlepas inilah yang bisa jadi penyebab koneksi Internet kita terputus /
tidak ada internet.

Solusi: Kencangkan dengan cara mencabut colok dan pastikan sudah terpasang dengan baik dan benar.

2. Router Hang

Perangkat router / modem yang terus menerus menyala sampai berbulan-bulan bahkan tahunan seringkali mengalami hang sehingga membuat kerja sistem tidak dapat berfungsi, imbasnya aliran data Internet pun akan ikut terputus.

Solusi: Restart perangkat modem / router

3. Terjadi Gangguan Sentral

Jika terjadi gangguan pada sisi sentral biasanya ditandai dengan indikator tanda LOS berwarna merah pada modem menyala.

Solusi: Lapor ke pihak ISP untuk dilakukan pengecekan dan tunggu proses perbaikannya.

Dari beberapa penyebab masalah wifi dan solusi diatas mungkin ada penyebab atau faktor lain, tapi secara garis besar masalah yang paling sering ditemukan oleh pengguna wifi seperti yang sudah LewatOnline.com sebutkan
diatas.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment