Cara Download Windows 11 ISO Secara Resmi dan Gratis

Cara Download Windows 11 ISO Secara Resmi dan Gratis

Cara Download Windows 11 ISO Secara Resmi dan Gratis
 

Setelah dirilis pada 5 Oktober 2021 lalu Windows 11 kini sudah dapat kita download secara gratis melalui halaman resmi website Microsoft dengan beberapa opsi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah dengan cara mengunduh file iso Windows 11


Umumnya secara bertahap pengguna Windows 10 akan diberikan pilihan untuk meng-upgrade ke Windows 11 secara otomatis melalui pembaharuan Windows Update.

Lihat Juga : 4 Pilihan Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11


Pengguna yang perangkatnya kompatibel atau memenuhi persyaratan minimum yang dibutuhkan dapat menginstall Windows 11 meskipun Windows yang terinstall sebelumnya bukan Windows 10.

Tanpa perlu menunggu update, jika kamu sudah tidak sabar ingin "merasakan" bagaimana sensasi menggunakan Windows 11 terbaru bisa kok dengan cara membuat bootable installasinya secara manual dengan file iso.

Jadi hal yang perlu disiapkan adalah tentu koneksi internet untuk pengunduhan file iso dan flashdisk sebagai bootablenya.
 

Cara Download Windows 11 ISO Resmi Gratis


1. Buka alamat link https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows11 (situs resmi) lalu silakan pilih Windows 11 dan klik Download

Download Windows 11


2. Kemudian kamu akan diminta untuk memilih bahasa sistem operasi Windows 11 yang ingin digunakan, silakan pilih English atau English International

Pemilihan bahasa Windows 11 yang akan digunakan

3. Terakhir klik 64-bit Download untuk mulai mengunduh

Download windows 11 64-bit

Untuk ukurannya kurang lebih hanya sekitar 5 GB, pastikan kamu menggunakan jaringan internet yang stabil dan cepat atau dengan memakai wifi.

Ukuran file iso Windows 11 terbaru


Syarat Install Windows 11 (System requirements)


Sebelumnya LewatOnline.com ingatkan pastikan sebelum kamu menginstall Windows 11 syarat-syarat dibawah ini sudah terpenuhi agar lancarnya proses installasi dan menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Prosesor

Minimal 1 gigahertz (GHz)  2 cores dan mendukung

arsitektur 64-bit (compatible 64-bit processor),

System on a Chip (SoC).

RAM

Minimal 4 gigabyte (GB).

HDD/SSD

Minimal 64 GB


System firmware/BIOS

UEFI, Secure Boot.

TPM

Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

VGA

Kompatibel dengan DirectX 12 atau diatasnya dengan

WDDM 2.0 driver.

Layar

Minimal 1280x720p (HD)


Kamu juga dapat memeriksa PC / Laptop kamu untuk mengetahui apakah dapat menjalankan Windows 11 dengan menggunakan aplikasi PC Health Check.


Cara Install Windows 11 Dengan File ISO


Sebelum proses installasi, ada 3 cara untuk menginstall Windows 11 dengan media file iso, yakni :

  1. Membakar file iso image ke dalam DVD
  2. Flashdisk Bootable
  3. Doubleclick setup.exe langsung melalui File Explorer Windows 10


Untuk cara yang pertama dan kedua kurang lebih sama, yang membedakan hanya medianya saja dan software yang dibutuhkan untuk me-mount file installer ke dalam DVD ataupun Flashdisk (untuk membuat bootable Windows di dvd dan flashdisk caranya bisa kamu lihat di google).

Sedangkan cara yang ketiga dengan Doubleclick file setup.exe ini bisa menjadi alternatif karna sangat simple dan efisien tanpa memerlukan media tambahan lagi, cara ini juga sering LewatOnline.com lakukan saat ingin menginstall ulang Windows 10.

Tapi, dengan catatan komputer PC / Laptop sistem operasi Windows 10 masih dapat berjalanan dan bisa dioperasikan.

Pada File Explorer Windows 10 kita dapat melakukan mount file .iso secara langsung tanpa perlu menggunakan software tambahan, termasuk untuk menginstall software, program, termasuk Windows pun bisa langsung diinstall dengan mengklik file installer yang ada di dalam master ISO nya.

Cara install windows 11 tanpa flashdisk

Jadi tinggal Next, next aja deh.

Dalam proses installasi Windows untuk langkah-langkahnya tidak begitu sulit kok, kamu tinggal mengikuti instruksi dan memiliih pilihan yang ditampilkan pada layar.

Sebagai contohnya sudah LewatOnline.com berikan tutorialnya disini :

Cara Install Windows 11 Terbaru 2021 (Lengkap sampai Akhir)


Baik, mungkin sampai disini dulu pembahasan mengenai Cara Download Windows 11 ISO Secara Resmi dan Gratis kali ini dan tunggu update selanjutnya ya.

Semoga bermanfaat.