Cara Mengatasi Duplex Mismatch Interface Pada Mikrotik

Cara Mengatasi Duplex Mismatch Interface Pada Mikrotik

Duplex Mismatch pada interface atau port  mikrotik 

Kembali lagi bersama LewatOnline.com, dikesempatan kali ini kami akan memberikan solusi terkait masalah Duplex Mismatch pada perangkat jaringan router Mikrotik.

Bagi seorang teknisi jaringan kamu pasti pernah mengalami berbagai masalah yang sifatnya teknis dan terkadang sampai dibuat pusing oleh masalah tersebut.


Walau tidak menjadi masalah yang "besar" namun tetap saja dibuat penasaran karna mungkin saja belum menemukan cara untuk mengatasinya, itu yang juga mungkin dirasakan oleh kamu saat ini kan?

Lihat juga : Cara Setting Mikrotik Dasar dari Awal (RB941-2nD) Terbaru

Untuk troubleshoot jaringan kali ini sesuai dengan judul tentunya, yakni mengatasi router Mikrotik yang menampilkan warning pada log terkait Duplex Mismatch.

Sebenarnya ini bukan sebuah masalah yang fatal pada router mikrotik, berdasarkan pengalaman terjadi hanya karna kesalahan dalam konfigurasi perangkat yang terhubung pada interface atau port mikrotik saja.


Pengertian Duplex Mismatch


Untuk menambah sedikit wawasan  (khususnya bagi pemula) ada baiknya kamu mengetahui tentang pengertian Duplex Mismatch terlebih dahulu berikut ini.

Jadi singkatnya, Duplex Mismatch adalah kondisi ketika dimana dua perangkat jaringan yang terhubung melalui ethernet berbeda mode duplex nya, misal perangkat A Half Duplex sedangkan perangkat B Full Duplex.

Walau tidak sampai membuat jaringan down, tapi efeknya bisa membuat koneksi link antar perangkat menjadi kurang optimal.


Cara Mengatasi Duplex Mismatch di Mikrotik


Biasanya, ketika hal ini terjadi pada perangkat router mikrotik akan muncul pada log berisi keterangan ether1 excessive or late collision, link duplex mismatch seperti tampilan berikut yang terjadi pada router LewatOnline.com 

cara mengatasi ether1 excessive or late collision, link duplex mismatch di mikrotik

Sebagai contoh, disini LewatOnline.com menghubungkan ether1 ke perangkat router Access Point dan baru menyadari setelah melihat konfigurasi pada Port Speed Negotiation tersetting manual ke 100Mbps/Full Duplex seperti berikut :


Sedangkan pada interface/port ether1 mikrotik tersetting Auto Negotiation



Nah, ini lah yang menjadi penyebabnya seperti yang sudah LewatOnline.com jelaskan terkait pengertian Duplex Mismatch diatas.

Untuk mengatasinya mudah, tinggal ubah atau sesuaikan saja kedua perangkat menjadi Auto Negotiation

Cara mengatasi Duplex Mismatch


 Dan selesai, sampai disini seharusnya warning pada log mikrotik ether excessive or late collision, link duplex mismatch tidak akan muncul lagi.

Semoga bermanfaat.