Cara Memblokir Pengguna WiFi Indihome Terbaru 2021

Cara Memblokir Pengguna WiFi Indihome Terbaru 2021

Blokir Pengguna WiFi Indihome

Jika kamu memiliki jaringan wifi dirumah dan sering merasakan lambatnya koneksi internet yang didapatkan, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karna banyaknya perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Hal ini sebenarnya bisa dipastikan kembali siapa saja atau berapa user yang menggunakan wifi kamu dengan melihat langsung pada modem maupun router wireless yang biasanya terdapat pada menu Wifi Devices.


Jika dirasa ada pengguna yang memang tidak dikenal orang yang memakai wifi kamu tanpa izin atau pencuri wifi indihome kamu bisa memblokir perangkat orang tak dikenal tersebut dengan cara yang sangat mudah.

Biasanya setiap perangkat seperti modem, router wireless, dan access point sudah dibekali dengan fitur keamanan yang dapat digunakan sebagai filtering untuk mengontrol pengguna yang dapat terhubung ke jaringan wifi.

Lihat Juga : Cara Menyembunyikan Nama Wifi Agar Tidak Terdeteksi

Untuk memudahkan mengetahui siapa saja pengguna wifi yang sedang terhubung kamu juga bisa menggunakan aplikasi android untuk melihat daftar perangkat beserta Mac Address nya. Kita akan menggunakan target berdasarkan alamat Mac (Media Access Control) perangkat yang akan diblokir.

Kamu bisa menggunakan aplikasi android seperti Fing - Network Tools untuk memindai perangkat yang terkoneksi ke jaringan wifi kamu lengkap dengan informasi ip address yang diberikan, brand/merk perangkat, dan tentu saja alamat macnya.

cara memblokir orang yang memakai wifi kita

Langsung saja, silakan lihat bagaimana cara memblokir pengguna wifi yang LewatOnline.com berikan langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Blokir Pengguna Wifi Indihome Huawei HG8245H5

Sebelumnya, disini LewatOnline.com akan mencoba memblokir perangkat yang terhubung ke wifi indihome Huawei HG8245H5. Untuk modem jenis lainnya kurang lebih pointnya sama dan mungkin akan sedikit berbeda pada menu/tampilannya saja.

1. Pertama silakan akses ke dalam konfigurasi modem / router wifi kamu baik dari HP ataupun Laptop, untuk wifi indihome yang menggunakan modem Huawei alamat ip untuk login biasanya 192.168.100.1 username : Admin password: admin


Login admin modem indihome huawei

2. Kemudian silakan pergi ke menu Advanced > Security > Wi-Fi MAC Filtering lalu pastikan kamu mengaktifkannya dengan menceklis Enable WLAN MAC Filter, Filter Mode : Blacklist, dan menambahkan target perangkat yang ingin kamu blokir seperti gambar dibawah ini.




Kamu bisa menambahkan beberapa target MAC Address ke dalam Blacklist agar perangkat yang masuk ke dalam daftar ini tidak akan bisa terhubung ke internet dan menggunakan wifi kamu lagi.

Dengan menerapkan langkah ini seharusnya jaringan wifi kamu akan aman dan bebas dari para pengguna atau pencuri wifi yang kerap meresahkan.

Semoga bermanfaat.